cover
Contact Name
rudi salam
Contact Email
rudisalam@unm.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudisalam@unm.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Ad'ministrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran
ISSN : 24071765     EISSN : 25411306     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Administratre focuses on the research of a study on Guidance Administration science, Management Science, Public Policy, Administration Educational and Public Administration. Jurnal Administrare is published twice a year, every June and December, containing papers/articles about the ideas and the research written by experts, educator, scientist, practitioners, and reviewers in the guidance Administration discipline/study.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016" : 6 Documents clear
ASPIRASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR TENTANG WACANA GBHN DITINJAU DALAM PERSPEKTIF IDEOLOGI PEMBANGUNAN A. Aco Agus; Sangkala Ibsik; Firman Muin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.622 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2573

Abstract

Wacana untuk mengembalikan GBHN perlu mendapatkan informasi tanggapan dan aspirasi dari kalangan mahasiswa sebagai warga kampus yang turut berkewajiban dan bertanggung jawab atas pelaksanaan pembangunann nasional Indonesia. Pemasalahan pokok GBNH adalah perlu tidaknya dihidupkan kembali sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimna kondisi aspirasi mahasiswa FIS UNM tentang wacana dikembalikannya GBHN  sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia; (2) seberapa besar/tinggi tingkat aspirasi mahasiswa yang mendukung kembalinya GBHN sebagai pedoman dan pola dasar pembangunan. Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengetahui kondisi aspirasi mahasiswa tentang wacana kembalinya GBHN; (ii) untuk mendapatkan data tinggi rendahnya aspirasi mahasiswa tentang dikembalikannya GBHN. Penelitian ini menggunakan pendekatan/metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara dan fokus group discussion.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kondisi aspirasi mahasiswa FIS UNM menunjukkan respon yang sangat positif dan kesungguhan hati yang kuat mendukung kembali dihidupkannya GBHN, mahasiswa sangat memahami hakekat tujuan, isi, manfaat dan kelebihan suatu GBHN dan memahami siapa yang selayaknya menyusun, membuat, menetapkan, melaksanakan dan mempertanggung jawabkan GBHN. (ii) tingkat aspirasi mahasiswa dalam kategori sangat tinggi (mencapai 91%) untuk mendukung dikembalikannya GBHN sebagai  pedoman dan pola dasar pembangunan nasional Indonesia. Kata Kunci: Kondisi, Aspirasi, Wacana GBHN
STRENGTHENING LOCAL ECONOMY THROUGH COMMUNITY-BASED TOURISM IN GOVERNANCE PERSPECTIVE (Study at Sidomulyo Tourism Village, Batu City) Rifka Aulya; Lely Indah Mindarti; Fadillah Amin
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.255 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2424

Abstract

Tourism has an important role to create and expand the employment opportunities, promote development and increase the district own source revenue, enrich local culture, and preserve the environment. Batu City is one of famous tourism destinations in Indonesia which has a high potential in natural and agricultural tourism attraction. The tourism development in Sidomulyo Tourism Village emphasizes on community empowerment. One of the problems that still faced by its people is the capital limitation, inadequate facilities, lack of human resources and technology. Therefore, the implementation of tourism village should be based on community based tourism that emphasizes self-reliance and community empowerment. Community-Based Tourism (CBT) implementation has the purpose to develop tourism industry; promote rural tourism based on local community empowerment; create jobs; reduce poverty; build an independent and resilient society; create an innovative human; and improve cross-sector cooperation in the tourism village development. Implementation of CBT in Sidomulyo couldn’t be separated from the role of the various stakeholders. It is accordance with the principles of governance that the implementation of development which involving all actors namely the state (government), private sector, and society. The process in realizing the independent community through community empowerment program of tourism with the concept of community based tourism may be optimized for their several contributing factors. Some things become a supporting factor due to give a positive contribution to the implementation of community-based tourism. Keywords: Local Development, Tourism, Governance, Batu City, Indonesia.
PENGARUH PENJUALAN SUKU CADANG ALAT BERAT TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA PT. TRAKTOR NUSANTARA CABANG MAKASSAR Maryadi .
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.547 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penjualan suku cadang alat berat terhadap peningkatan pendapatan. Lokasi penelitian ini dilakukan di Perusahaan PT Traktor Nusantara Cabang Makassar yang berlokasi di jalan Sultan Alaudiddin Makassar. Adapun metode pengumpulan data digunakan yaitu metode kepustakaan dan metode lapangan. Sumber data dalam penelitian ini pada dasarnya menggunakan dua jenis data yaitu; data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan tunai suku cadang alat berat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan PT. Traktor Nusantara cabang makassar tetapi tidak signifikan. Hal ini dapat di buktikan dari nilai signifikan uji t pada penjualan tunai 0,034 lebih besar di banding 0,05 (0,034 < 0,05) maka Ho ditolak berarti variabel bebas yang diuji secara nyata berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat. Kata Kunci: Penjualan, Suku Cadang, Peningkatan Pendapatan. 
ANALISIS KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP DAYA TARIK WISATA MALIOBORO KOTA YOGYAKARTA Aris Baharuddin; Maya Kasmita; Rudi Salam
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.827 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan wisatawan terhadap daya tarik wisata dengan pendekatan deksriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jalan Malioboro, Yogyakarta, Provinsi Daerah istimewa Yogyakarta. Waktu penelitiannya dilaksanakan pada bulan april 2015. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini data diperoleh dari wawancara langsung dan pengisian kuisioner yang ada di obyek wisata Malioboro, Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada prinsipnya berfungsi untuk mengungkapkan variabel yang akan diteliti. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Wawancara, 4) Kuisoner. Adapun analisis data yang dilakukan adalah 1) analisis karakteristik responden, 2) analisis motivasi pengunjung, 3) Analisis Biaya Perjalanan. Hasil penelitian menunjukkan puas terhadap daya tarik wisata Malioboro hal tersebut, dapat dilihat dari 1) pemandangan, 2) Akses/keterjangkauan, 3) keamanan dan kenyamanan, 4) fasilitas yang tersedia, 5) infrastruktur jalan, 6) pelayanan, penerangan dan informasi. Dari keenam indikator tersebut, menunjukkan dalam kategori baik. Kata Kunci: Motivasi Kerja, Pelayanan Publik
STUDI KOMPERATIF MODEL BUMDes DI KABUPATEN BANTAENG Andi Samsir
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.486 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2564

Abstract

Pendapatan masyarakat pesisir yang tergolong masih sangat rendah merupakan fenomena yang masih dapat terlihat di Kabupaten Takalar dan Pangkep. Berdasarkan baseline survey ketahanan pangan yang dilakukan oleh Oxfam bekerjasama dengan Perkumpulan Katalis pada tahun 2015 di dua daerah tersebut menunjukan bahwa hal ini disebabkan oleh rendahnya produktivitas lahan pertanian dan rumput laut serta kurangnya modal usaha yang dapat diakses oleh masyarakat local. Hal tersebut mengindikasikan bahwa desa harus mengambil peran yang besar secara makro ekonomi untuk memecahkan masalah-masalah di pedesaan yang memberikan implikasi secara mikro ekonomi. Dengan demikian, berbagai lembaga ekonomi pedesaan menjadi bagian penting sekaligus dalam rangka mendukung penguatan ekonomi perdesaan. Jenis penelitian ini adalah bersifat kualitatif (deskriptif research) dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik field work research dan library research dengan teknik proporsive and snowball sampling dari lembaga BUMDes yang ada di Kabupaten Bantaeng. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya; pertama, BUMDes yang dikembangkan di Kabupaten Banteng dapat mendorong dan mengembangkan potensi ekonomi desa; kedua, unit usaha yang dikembangkan melalui BUMDes seperti unit usaha simpan pinjam, perdagangan, dan agroindustri dianggap mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir Kabupaten Takalar dan Pangkep. Kata Kunci: Model BUMDes, ekonomi pedesaan, pembangunan pedesaan
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PERAWATAN KULIT PADA KLINIK KECANTIKAN DRM SKIN CLINIC DI MAKASSAR Syarifuddin Arief
Jurnal Ad'ministrare Vol. 3 No. 2, Juli - Desember 2016
Publisher : Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (362.955 KB) | DOI: 10.26858/ja.v3i2.2572

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, partisipan, proses, dan lingkungan fisik) terhadap keputusan konsumen perawatan kulit pada klinik kecantikan DRM Skin Clinic di Makassar secara simultan, (2) pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, partisipan, proses, dan lingkungan fisik) terhadap keputusan konsumen perawatan kulit pada klinik kecantikan DRM Skin Clinic di Makassar secara parsial, dan (3) faktor yang paling dominan dari bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, partisipan, proses, dan lingkungan fisik) yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen perawatan kulit pada klinik kecantikan DRM Skin Clinic di Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer melalui survei sebanyak 96 orang pelanggan sebagai sampel dari seluruh jumlah populasi sebanyak 2.500 orang. Survei dilakukan dari bulan Desember 2012 sampai Februari 2013. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui kuesioner. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan regresi linier berganda dan menggunakan program statistik SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara simultan, bauran pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi, partisipan, proses, dan lingkungan fisik) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen perawatan kulit pada klinik kecantikan DRM Skin Clinic di Makassar, (2) secara parsial, produk, lokasi, promosi, proses, dan lingkungan fisik berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan harga berpengaruh negatif namun tidak signifikan dan partisipan  berpengaruh positif namun tidak signifikan, dan (3) variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen perawatan kulit pada klinik kecantikan DRM Skin Clinic di Makassar adalah promosi.  Kata Kunci: bauran pemasaran, keputusan konsumen, perawatan kulit klinik kecantikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6