cover
Contact Name
Damsir D
Contact Email
damsir_fkip@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
damsir_fkip@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Gema Pendidikan
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 08549044     EISSN : 2684866X     DOI : -
Gema Pendidikan is one of the publications of research results in the field of Education. Research studies in this journal cover all topics related to Education. The targets in the publication of this journal are Lecturers, Teachers, and Researchers in the field of Education.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN PANDUAN PRAKTIKUM BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI MAN 1 SURAKARTA Zulfa Nidaul Hasanah; Ishafit Ishafit
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.17579

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mendesain panduan praktikum yang dikembangkan berbasis keterampilan proses sains pada materi fluida statis, Mengetahui kualitas panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains pada materi fluida statis, Mengetahui respon siswa terhadap panduan praktikum berbasis keterampilan proses sains pada materi fluida statis. Metode penelitian ini yaitu merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, evaluation. Penelitian ini hanya sampai pada tahap implementasi karena tujuan penelitian hanya sampai pada respon dari penerapan produk yang dihasilkan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar penilaian ahli materi, lembar penilaian ahli instruksional dan lembar respon siswa. Lembar penilaian ahli materi dan ahli instruksional diberikan kepada 2 ahli materi dan 2 ahli instruksional. Hasil penilaian dari ahli materi yaitu 3,15 termasuk dalam kategori baik, hasil penilaian dari ahli instruksional 3,57 termasuk dalam kategori sangat baik. Respon siswa terhadap panduan praktikum fluida statis yang telah dibuat yaitu setuju dengan skor rata-rata 0,94 sehingga panduan praktikum dapat dikatakan sebagai produk akhir. 
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ATLAS JAMUR PADA MATERI FUNGI/JAMUR UNTUK KELAS X SMA Sitti Masyitha; Kasman Arifin; Suriana Gende Ede
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.20053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan atlas jamur yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Fungi/Jamur di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan subjek penelitian; validator ahli media dan ahli materi, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik SMA Negeri 1 Konawe Selatan. Instrumen penelitian merupa lembar isian dengan skala semantik diferensial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil validasi desain media Atlas Jamur oleh ahli media dan ahli materi diperoleh rerata persentase berturut-turut 94,16% (kriteria sangat valid), dan 80,70% (kriteria valid). Hasil tanggapan produk   media dan materi oleh guru dan peserta didik diperoleh rerata persentase berturut-turut 84,92% (kriteria sangat baik) dan 86,22% (kriteria sangat baik). Kriteria tersebut menggambarkan bahwa Atlas Jamur layak digunakan sebagai media pembelajaran di SMA.
ANALISIS BUTIR SOAL TES BUATAN GURU BERDASARKAN TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL BIOLOGI Asmawati Munir; Pallawagau Sappaile; Jierana Sasmita
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.20036

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kesukaran soal, daya beda soal, dan kualitas soal tes biologi buatan guru kelas XII MIPA SMAN 01 dan SMAN 06 Bombana. Jenis penelitian ex post facto. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini berdasarkan tingkat kesukaran soal ulangan biologi buatan guru kelas XII MIPA SMAN 01 Bombana berjumlah 20 soal diperoleh tidak terdapat soal kategori sukar, 17 soal kategori sedang, 3 soal kategori mudah. Sedangkan kelas XII MIPA SMAN 06 Bombana berjumlah 20 soal diperoleh 3 soal kategori sukar, 16 soal kategori sedang, 1 soal kategori mudah. Untuk soal ulangan biologi buatan guru kelas XII MIPA SMAN 01 Bombana berdasarkan daya beda soal diperoleh 2 soal kategori sangat jelek, 5 soal kategori jelek, 4 soal kategori cukup, 8 soal kategori baik, dan 1 soal kategori sangat baik. Sedangkan SMAN 06 Bombana yang berjumlah 20 soal diperoleh 4 soal kategori sangat jelek, 6 soal kategori jelek, 4 soal kategori cukup, 6 soal kategori baik, dan tidak terdapat soal kategori sangat baik. Soal tes biologi buatan guru kelas XII MIPA SMAN 01 dan SMAN 06 Bombana belum memenuhi kualitas soal yang baik berdasarkan tingkat kesukaran dan daya beda soal.
STUDI PROSES BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DEPORTER DAN HERNACKI Fuji Rianti; Aripin Aripin; Supratman Supratman
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.16415

Abstract

This study aims to describe students' critical thinking process in solving problems in terms of DePorter and Hernacki's learning styles. This type of research includes qualitative research with exploratory research methods. The data collection method uses the think-aloud method. The research subjects were taken from class XI students of SMAN 1 Singaparna. The data analysis technique used was data reduction, data presentation and conclusion drawing. From the study results, it can be concluded that the critical thinking process: (1) visual students can pass the clarification and assessment stages well. However, at the inference and strategy stages, some students go through it well, and some cannot. Visual students use image media as visualization, link existing data to solve problems, have good writing skills and solve problems in a coherent, systematic, detailed and thorough manner. (2) auditorial students can pass the clarification and assessment stages well, but at the inference and strategy stages, some students pass it well and some who cannot. Auditorial students use prior knowledge constructs to solve problems, speak with a patterned rhythm, have difficulty writing but are good at speaking, are fluent speakers, and solve problems systematically but are less careful in doing calculations so that the answers they get are not correct. (3) Kinesthetic students can pass the clarification and assessment stages well. However, at the inference and strategy stages, some students go through it well, and some cannot pass it because they cannot understand the problem.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI Muchammad Rifqi Setiyawan; Retno Mustika Dewi
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.18562

Abstract

Dalam proses pembelajaran media mempunyai peranan penting, menentukan media sebaiknya berdasar pada karakteristik materi dan perserta didik. Sekolah yang di jadikan sebagai tempat penelitian mengindikasikan adanya permasalahan yakni kurang sesuainya media yang diterapkan dengan karakteristik materi dan karakteristik peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui proses pengembangan media pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan media, mendeskripsikan keefektifan media, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian research and development (R&D) dengan mengaplikasikan model 4-D Thiagarajan. Subjek uji coba pada penelitian ini yaitu 20 peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 14 Surabaya. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar telaah dan validasi oleh ahli materi serta ahli media, soal tes, angket respon peserta didik. Hasil penelitian pada pengembangan media pembelajaran video animasi powtoon menunjukan bahwa media berhasil dikembangkan dengan model 4-D Thiagarajan, dengan memperoleh persentase ahli materi 81% dan ahli media 90% dengan berkategori sangat layak, hasil belajar peserta didik memperoleh persentase ketuntasan belajar sebesar 80% dengan berkategori tuntas, hasil respon peserta didik dengan persentase sebesar 95% dengan berkategori sangat baik. Sehingga dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan yakni media powtoon memiliki pengaruh positif terhadap kelayakan, keefektifan, kepraktisan, dan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.Kata kunci: media pembelajaran; powtoon; pendekatan saintifik; ekonomi.
ANALISIS LITERASI MATEMATIK PESERTA DIDIK DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES-GALENUS: TIPE SANGUINIS Farida Hendriani; Nani Ratnaningsih; Nurfadilah Siregar
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.16414

Abstract

This study analyses students' mathematical literacy in terms of the Hippocrates-Galenus Personality Type, which focuses on the Sanguinist Type; This study uses a qualitative descriptive method with an exploratory approach. The subjects of this study were four grade, six students. The research subjects were taken based on each personality type's most dominant personality type and had the highest mathematical literacy. Data collection techniques used a Hippocrates-Galenus personality type questionnaire, mathematical literacy tests, and unstructured interviews. The Hippocrates-Galenus Personality Type questionnaire results show that five students have the sanguine type characteristics; there are two choleric types, three melancholy types, and seven phlegmatic types.
ANALISIS LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING DIMASA PANDEMI 19 Rina Anggraeni; Nani Ratnaningsih; Khomsatun Nimah
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.18416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan literasi matematis peserta didik ditinjau dari Self Regulated Learning di masa covid 19. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang peserta didik kelas X di SMAN 1 Singaparna. Data diperoleh dari penyebaran angket Self Regulated Learning di masa covid 19 dan tes kemampuan literasi matematis. Hasil analisis data menunjukan bahwa Self Regulated Learning peserta didik pada masa Covid 19 untuk kategori tinggi sebesar 10%, kategori sedang 80% dan 10% pada kategori rendah. Berdasarkan hasil angket Self Regulated Learning diambil 6 subjek untuk dianalisis kemampuan literasi matematisnya. Dua orang mewakili setiap kategori. Hasil analisis untuk literasi matematis yang berada pada kategori tinggi, peserta didik hanya mampu mengerjakan soal sampai level 3 yaitu peserta didik dapat mengidentifikasi informasi, memilah dan memilih serta menerapkan strategi pemecahan masalah, menginterpretasi berdasarkan informasi yang berbeda dan mampu mengemukakan alasan terhadap hasil yang didapatkan. Untuk kategori sedang, peserta didik mampu mengerjakan sampai level 2 yaitu dapat mengidentifikasi informasi, mengenali situasi dalam konteks serta memberikan alasan dan melakukan penafsiran dari hasil. Sedangkan untuk kategori rendah, peserta didik hanya mampu mengidentifikasi informasi yang terdapat pada soal level 1 namun belum mampu menyelesaikan sesuai dengan prosedur dan mendapatkan hasil yang benar.
PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ACCELERATED INSTRUCTION) DALAM MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMK DENGAN MENGGUNAKAN EDMODO Rakhma Ayu Maulidah; Dwi Sulisworo
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.17340

Abstract

This study aims to develop a cooperative learning guide type TAI (Team Accelerated Instruction) in physics class X SMK using Edmodo and validate the guide. This study uses a research and development method with a 4D model (defines, design, develop, and disseminate). The data collection method in this study was obtained through the validation of the module which was analyzed descriptively and quantitatively, which was expressed as a percentage. The results of the validation are as follows; in the module validation that was carried out by the validators after being analyzed, the average result was 79% which indicated that the module was feasible and valid to be tested in the field with revisions
ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI MIPA MENGGUNAKAN MEDIA WHATSAPP Sarifah Fadilah; Djatmiko Hidajat; Ethina Primasari
Gema Pendidikan Vol 28, No 2 (2021): Juli, Gema Pendidikan
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/gapend.v28i2.20051

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas XI MIPA 1 SMA Veteran 1 Sukoharjo selama pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika selama pandemic covid-19. Prosedur analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian dilihat dari persentase respon peserta didik, keempat aspek memiliki respon positif dari peserta didik.  Aspek efektivitas penggunaan media mencapai 66.30%, minat belajar 71.57%, motivasi belajar 69.02%, dan tingkat kepuasan 64.67%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media whatsapp dalam pembelajaran daring mata pelajaran matematika kelas XI MIPA 1 SMA Veteran 1 Sukoharjo selama pandemic covid-19, yaitu baik dan cukup efektif digunakan meskipun ada beberapa kendala.

Page 1 of 1 | Total Record : 9