cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
BioCONCETTA
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4" : 5 Documents clear
INDIKATOR HISTOPATOLOGI PENCEMARAN AIR PADA INSANG IKAN NILA (Oreochormis niloticus L) Mandia, Sayati; Susanti, Silvi; Maharani, Ade Dewi
Jurnal Bioconcetta Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/bc.2020.v6i2.4147

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat efek pencemaran perairan terhadap ikan melalui observasi preparat histologis insang ikan nila (Oreochormis niloticus L). Penelitian dilakukan pada Bulan Januari 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode observasi langsung terhadap struktur insang ikan nila. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling pada 3 lokasi di Danau Maninjau. Pembuatan preparat menggunakan metode paraffin dan pewarnaan Haematoxylin-Eosin di Laboratorium Balai Veteriner, Bukittinggi. Hasil pengamatan struktur histologi insang menunjukkan adanya perubahan struktur histologi berupa hipertropi, fusi lamella, kerusakan struktur lamella hingga hilangnya struktur lamella. Dapat disimpulkan bahwa efek pencemaran perairan dapat mengakibatkan perubahan terhadap struktur histologi insang ikan nila.
ANALISIS SOAL ULANGAN MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SMP Zikra, Zikra; Laras, Neelam Pricellya
Jurnal Bioconcetta Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/bc.2020.v6i2.4175

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kualitas soal secara kuantitatif pada materi pemanasan global kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Gumanti Kabupaten Solok. Soal yang di analisis sebanyak 41 soal objektif yang dianalisis secara kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Hasil analisis soal menunjukkan nilai validitas dan reliabilitas sangat tinggi. Indeks kesukaran soal kategori cukup (75,61%), terlalu sukar (17,10%), terlalu mudah (7,32%). Analisis daya pembeda soal didapatkan 2 buah soal dengan kriteria jelek sekali (4,88%), 11 soal (26,83% jelek), 21 soal (51,2%) sedang dan 7 soal (17,07% baik). Hasil penelitian menunjukkan analisis kuantitatif meliputi validitas dan reliabilitas, telah memenuhi kriteria soal yang baik. Indeks kesukaran soal memiliki kriteria cukup dan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan daya beda soal memiliki kriteria sedang yang berarti soal sudah dapat digunakan sebagai pembeda siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan rendah.
HUBUNGAN GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA Hardian, Ramzi; Nerita, Siska; Maizeli, Annika
Jurnal Bioconcetta Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/bc.2020.v6i2.3996

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar visual terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dan sampel penelitian adalah mahasiswa angkatan 2017 dengan jumlah populasi 64 mahasiswa dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa angket sebanyak 14 butir pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu menghitung persentase indikator angket serta analisis korelasi product moment. Analisis data dilakukan membandingkan nilai thitung > ttabel pada taraf 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung < ttabel maka Ho diterima, artinya gaya belajar visual terhadap hasil belajar mahasiswa tidak memiliki hubungan yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar mahasiswa dengan korelasi sangat rendah.
UJI KUALITAS AIR SUNGAI DI HUTAN SUMATERA UTARA DITINJAU DARI KANDUNGAN BAKTERI Sianipar, Herna Febrianty
Jurnal Bioconcetta Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/bc.2020.v6i2.4538

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air  sungai di hutan Sumatera Utara ditinjau  dari  segi  mikrobiologi  perairan. Pengambilan  sampel  dilakukan  di  tiga  titik  pada  lokasi yaitu sungai dekat hutan, sungai dekat pemukiman masyarakat, dan sungai dekat pertanian.  Uji kandungan mikrobiologi dilaksanakan  di  Laboratorium  Manajemen  Pengelolaan  Sumberdaya  Perairan dengan menggunakan metode seri tabung 3-3-3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang ditemukan pada sungai di hutan Sumatera Utara adalah bakteri coliform fecal dengan jumlah pada titik 1 (1360/100 ml), titik 2 (1580/100 ml), titik 3 (1210/100 ml). Kualitas air Sungai di hutan Sumatera Utara tidak memenuhi baku mutu air karena kandungan bakteri fecal coliform berada di atas baku mutu 1000/100 ml.
IMPLEMENTASI FIELD TRIP DENGAN BERBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Saefudin, Saefudin; Permana, Ari
Jurnal Bioconcetta Vol 6, No 2 (2020): Sinta 4
Publisher : Universitas PGRI Sumatera Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22202/bc.2020.v6i2.4469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan pembelajaran field trip dengan strategi terfokus dan setengah fokus pada keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimental dengan desain penelitian pre-and posttest yang melibatkan 28 siswa dari dua kelompok10 jenjang SMA sebagai sampel penelitian yang dipilih menggunakan cluster random sampling dibagi menjadi dua kelompok penelitian (kelompok eksperimen dan kelompok pembanding). Pengumpulan data dilakukan melalui tes soal keterampilan berpikir kritis sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis meningkat secara moderat, baik pada kelompok eksperimen maupun kelompok pembanding. Disimpulkan bahwa pembelajaran field trip berbasis strategi terfokus dan terfokus sedangmampu menstimulasi peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Page 1 of 1 | Total Record : 5