cover
Contact Name
Sulha
Contact Email
ojs_mk@uho.ac.id
Phone
+628114097029
Journal Mail Official
ojs_mk@uho.ac.id
Editorial Address
Kampus Hijau Bumi Tridharma, Jl. H.E.A. Mokodompit, Anduonohu, KENDARI 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25032712     DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jmk.v7i2
Adapun bidang-bidang yang tercakup di dalam ruang lingkup Jurnal Media Konstruksi, namun tidak terbatas pada, antara lain: - Teknologi Informasi dan Komunikasi - Pemukiman dan Bencana - Bangunan Berorientasi Lingkungan - Transportasi - Teknologi Proses - Kelautan - Geoteknik - Struktur - Manajemen Konstruksi - Keairan
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019): MedKons" : 7 Documents clear
ANALISIS BIAYA DAN PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA KEGIATAN PEKERJAAN PENGASPALAN PELEBARAN RUAS JALAN KOTA ANDOOLO, KECAMATAN ANDOOLO KABUPATEN KONAWE SELATAN Andi Kukuh Setiawan; Try Sugiyarto Soeparyanto; Muhammad Syarif Prasetia
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.429 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.8382

Abstract

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui biaya dan produktivitas alat berat pada kegiatan Pekerjaan Pengaspalan Pelebaran Ruas Jalan Kota Andoolo Kabupaten Konawe Selatan pada item pekerjaan lapis pondasi agregat kelas B dan lapis pondasi agregat kelas A. Alat berat yang ditinjau pada tugas akhir ini adalah wheel loader, blending equipment, dump truck, motor grader, vibrator roller dan water tank truck.Analisa produktivitas alat berat mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 28 Tahun 2016 Bidang Binamarga.Hasil analisa menunjukan bahwa pada pekerjaan Lapis pondasi agregat kelas B dan Lapis pondasi agregat kelas A, 1 unit wheel loader bekerja selama 117,44 jam dengan biaya alat berat sebesar Rp.150.719.869,61, 1 unit blending equipment bekerja selama 224,63 jam dengan biaya alat berat sebesar Rp.84.795.675,28, 12 unit dump truck bekerja selama 169,22 jam dengan biaya alat berat sebesar Rp.828.701.217,49, 1 unit motor grader bekerja selama 17,13 jam dengan alat berat sebesar Rp.16.657.465,32, 1 unit vibrator roller bekerja selama 97,95 jam dengan biaya alat berat sebesar Rp.72.407.900,33 dan 1 unit water tank truck bekerja selama 52,42 jam dengan biaya alat berat sebesar Rp.15.812.565.35
STUDI PENATAAN AREA PARKIR RUMAH SAKIT UMUM BHAYANGKARA KOTA KENDARI Arung Patandianan; Fitriah Mas'ud; Muhammad Syarif Prasetia; Ainussalbi Al Ikhsan
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.03 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27221

Abstract

Abstract The hospital is a health service institution that organizes individual health services that provide inpatient, outpatient and emergency services. As happened at the Bhayangkara General Hospital Kendari, the parking area that is not suitable for the driver (hospital guest) parked the vehicle on the road in the vicinity of the Kendari City Bhayangkara General Hospital, which at a certain time was changed on the road. This study aims to determine the characteristics of parking in the Bhayangkara Hospital, Kendari City, and to determine the amount of parking area requirements in the coming year and to plan the approved parking area in the Parking Space Unit (SRP). Based on the results of data analysis from research conducted over 3 days, it was shown that for parking area planning in the Bhayangkara Hospital, Kendari City, parking repairs for two-wheeled vehicles and four-wheeled vehicles would be used so that planned vehicles would be used for the next 5 years.  Abstrak Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Seperti yang terjadi pada Rumah Sakit Umum Bhayangkara Kendari, lahan parkir yang tidak memadai mengakibatkan pengendara (tamu rumah sakit) memarkirkan kendaraan pada badan jalan di sekitaran Rumah Sakit Umum Bhayangkara Kota Kendari, yang kemudian pada waktu tertentu mengakibatkan kepadatan lalu lintas pada jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir di RS Bhayangkara Kota Kendari serta untuk mengetahui jumlah kebutuhan lahan parkir pada tahun mendatang dan untuk perencaaan area parkir mengacu pada Satuan Ruang Parkir (SRP). Berdasarkan hasil analisa data dari penelitian yang di lakukan selama 3 hari menunjukan bahwa untuk perencanaan area parkir di RS Bhayangkara Kota Kendari akan di lakukan penambahan petak parkir untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat agar dapat menampung kendaraan yang telah di rencanakan untuk 5 tahun kedepan. 
PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH (ABU TERBANG) PADA CAMPURAN BETON CURING DENGAN SUHU 80°C SELAMA 24 JAM DI TINJAU DARI KUAT TEKAN BETON Ferdinal Ferdinal; Romy S. E. Tamburaka; Aloysius A. Prima Mangiri
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.093 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27217

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the compressive strength of concrete by using fly ash as a material for reducing the need for cement in a mixture of variations of 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, and 30% with a treatment temperature of 80ºC for 1 day .This test is a research study in the laboratory by examining fine aggregates and coarse aggregates. In this study the composition of the mixture used is contained in the mix design analysis with K-250 concrete quality with variations in the mixture of fly ash 0%, 5%, 10%, 20%, 25%, and 30% with a treatment temperature of 80 ° c for 24 hours then soak using ordinary water for 28 days using the SNI method.The value of concrete compressive strength on average at the age of 3 days using treatment temperature 80°c for 24 hours occurred at 15% variation of fly ash levels 0f 14,94 mpa at the value  of 7 days old concrete compressive strength occurred at 15% variation of fly ash levels 0f 17,69 mpa from concrete without fly ash. And the value of compressive strength of concrete at the age of 28 days occurred at a variation of 10% fly ash levels of 25,00 mpa.  Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton dengan menggunakan fly ash sebagai bahan pengurangan kebutuhan semen pada variasi campuran 0%, 5%, 10%, 15%, 20%,25%, dan 30%dengan perawatan suhu 80ºC selama 1 hari.         Pengujian ini merupakan studi penelitian di laboratorium dengan melakukan pemeriksaan agregat halus dan agregat kasar. Pada penelitian ini komposisi campuran yang digunakan yaitu terdapat dalam analisa mix design dengan mutu beton K-250 dengan variasi campuran fly ash 0%, 5%, 10%, 20%, 25% dan 30% dengan perawatan suhu 80°c selama 24 jam kemudian rendam mengunakan air biasa selama umur 28 hari menggunakan metode SNI.Nilai kuat tekan beton rata-rata pada umur 3 hari dengan menggunakan perawatan suhu 80ºC selama 24 jam terjadi pada variasi kadar fly ash 15% sebesar 14,94 Mpa pada nilai kuat tekan beton umur 7 hari terjadi pada variasi kadar fly ash 15% sebesar 17,69 Mpa dari beton tanpa fly ash. Dan nilai kuat tekan beton pada umur 28 hari terjadi pada variasi kadar fly ash10% sebesar 25,00 mpa. 
TINJAUAN MATERIAL GUNUNG DESA SAWERIGADI KECAMATAN BARANGKA KABUPATEN MUNA BARAT SEBAGAI LAPIS PONDASI AGREGAT KELAS B Ramal Ramal; Try Sugiyarto Soeparyanto; Muhammad Syarif Prasetia
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.009 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27222

Abstract

Abstract Aggregate foundation layer is a foundation layer whose main material consists of aggregate (Stone) or granular material. The aggregate is a hard and compact grained material. The aggregate referred to includes, among others, round stones, broken stones, stone ash and sand. This study aims to determine the characteristics and feasibility of mountain material in Sawerigadi Village, as a class B aggregate foundation layer, which refers to the General Specifications of Bina Marga 2010, Revision 3 (Division 5). This research methodology uses data collection methods, conducts research in laboratories to obtain data on the characteristics of mountain materials in Sawerigadi Village in its use for road construction materials. The results showed that based on existing tests, the characteristics of the mountain material Sawerigadi Village, Barangka District, West Muna District, did not meet the specifications according to the 2010 Bina Marga General Specifications Standards, Revision 3 (Division 5), which were with the test data: CBR 54,60 %, Average Abrasion 59.08 %, and the results of the Plastic Index stated that Non-Plastic.  Abstrak Lapis pondasi agregat adalah lapis pondasi yang bahan utamanya terdiri atas agregat (Batu) atau granular material. Agregat adalah material berbutir yang keras dan kompak. Adapun yang dimaksud agregat mencakup antara lain batu bulat, batu pecah, abu batu, dan pasir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan dari material gunung Desa Sawerigadi, sebagai lapis pondasi agregat kelas B, yang mengacu pada Spesifikasi Umum Bina Marga 2010, Revisi 3 (Divisi 5). Metodologi penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, Melakukan penelitian dilaboratorium untuk memperoleh data tentang karakteristik material gunung Desa Sawerigadi  dalam penggunaannya untuk bahan konstruksi jalan raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian yang ada, karakteristik dari material gunung Desa Sawerigadi, Kecamatan Barangka, Kabupaten Muna Barat, tidak memenuhi spesifikasi sesuai Standar Spesifikasi Umum Bina Marga 2010, Revisi 3 (Divisi 5), yang mana dengan data pengujian : CBR 54,60 %, Abrasi Rata-rata 59,08 %, dan hasil Indeks Plastis dinyatakan bahwa Non Plastis. 
ANALISIS KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN PADA AREA PARKIR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HALU OLEO Samsudin Samsudin; Try Sugiyarto Soeparyanto; Ridwan Syah Nuhun
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.363 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27218

Abstract

Abstract The method applied in this research is the metching plate method, which is to record the number of vehicle plates in and out to obtain vehicle data. From the vehicle data analysis is carried out to get accumulation, duration, parking volume, parking turnover and parking index. The analysis results obtained for two-wheeled vehicles have the highest accumulation of 478 on Wednesday, while for four-wheeled vehicles have the highest accumulation of 53 on Monday, the duration of parking vehicles ranges from 2-3 hours to the second highest, the highest parking volume for four-wheeled vehicles as many as 16 vehicles occurred on Monday while for two wheels 107 occurred on Wednesday, the average parking turnover rate was 0.25 cars/plot and 0.219 motorcycles/ parking lots and parking indexes on average for four-wheeled vehicles amounting to 97.38 % and for two-wheeled vehicles by 110.9%. Judging from the characteristics of parking, vehicle parking in the parking area of the Faculty of Engineering, University of Halu Oleo is no longer able to accommodate both four-wheeled and two-wheeled vehicles.  Abstrak Metode yang di terapkan dalam penelitian ini adalah metode plat metching yaitu mencatat nomor plat kendaraan yang keluar-masuk untuk mendapatkan data kendaraan. Dari data kendaraan di lakukan analisis untuk mendapatkan akumulasi,durasi,volume parkir,tingkat pergantian parkir dan indeks parkir. Hasil analisis yang di peroleh untuk kendaraan roda dua memiliki akumulasi tertinggi 478 pada hari rabu, sedangkan untuk kendaraan roda empat memiliki akumulasi tertinggi 53 pada hari senin,durasi kendaraan parkir berkisar 2-3 jam untuk yang tertinggi keduanya,volume parkir tertinggi untuk kendaraan roda empat sebanyak 16 kendaraan terjadi pada hari senin sedangkan untuk roda dua sebanyak 107 terjadi pada hari rabu,tingkat pergantian parkir rata-rata 0,25 mobil/petak dan 0,219 motor/petak parkir serta indek parkir rata-rata untuk kendaraan roda empat sebesar 97,38% dan untuk kendaraan roda dua sebesar 110,9%.Di tinjau dari karakteristik parkir, parkir kendaraan pada area parkir Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo sudah tidak dapat lagi menampung kendaraan baik roda empat maupun roda dua. 
PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH PADA CAMPURAN BETON DENGAN STEAM CURING 80ºC MENGGUNAKAN SEMEN TIPE 1 (OPC) Raymond N. Mangiri; Romy S. E. Tamburaka; Muammar Makmur
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.519 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27219

Abstract

Abstract The purpose of this study was to determine the compressive strength of concrete by using fly ash as a material for reducing the need for cement in mixed variations of 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% with a treatment temperature of 80̊C for 1 day.This test is a research study in the laboratory by examining fine aggregates and coarse aggregates. In this study the composition of the mixture that will be used is contained in the mix desing analysis with variations of the mixture of fly ash 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% with a maintenance temperature of 80ºC for 24 hours later at soak using ordinary water for 28 days using the SNI method.The value of concrete compressive strength on average at the age of 3 days using maintenance temperature of 80ºC for 24 hours occurred at 0% variation of 23.27 MPa, the value of 7-day concrete compressive strength occurred at 0% variation of 23.93 and the compressive strength value 28 days old concrete occurs in a variation of 0% of 32.56.  Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kuat tekan beton dengan menggunakan fly ash sebagai bahan pengurangan kebutuhan semen pada variasi campurn 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% dengan perawatan suhu 80̊C selama 1 hari.Pengujian ini merupakan studi penelitian di laboratorium dengan melakukan pemeriksaan agregat halus dan agregat kasar. Pada peneltian ini komposisi campuran yang akan di gunakan yaitu terdapat dalam analisa mix desing dengan variasi campuran fly ash 0%,5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% dengan perawatan suhu 80ºC c selama 24 jam kemudian di rendam menggunakan air biasa selama umur 28 hari menggunakan metode SNI.Nilai kuat tekan beton rata – rata pada umur 3 hari dengan menggunakan perawatan suhu 80ºC selama 24 jam terjadi pada variasi 0% sebesar 23,27 Mpa, nilai kuat tekan beton umur 7 hari terjadi pada variasi 0% sebesar 23,93 dan nilai kuat tekan beton umur 28 hari terjadi pada variasi 0% sebesar 32,56. 
PENGARUH PENAMBAHAN FLY ASH (ABU TERBANG) PADA CAMPURAN BETON CURING DENGAN SUHU 80°C (SELAMA 12 JAM) DI TINJAU DARI KUAT TEKAN BETON I Komang Arya Yogi Paramita; Romy S. E. Tamburaka; Muammar Makmur
Media Konstruksi : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 2 (2019): MedKons
Publisher : PRODI D3 TEKNIK SIPIL

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.523 KB) | DOI: 10.33772/jmk.v4i2.27220

Abstract

Abstract Curing is a procedure after casting that is carried out to maintain the concrete during the hydration process so that the desired concrete strength can be achieved. There are several methods for treating curing based on the temperature used, among others, normal maintenance and maintenance at 80 ° C.This research was conducted to see the effect of fly ash mixture variations on the compressive strength of concrete with normal maintenance methods and curing temperature treatments and also to see the behavior of concrete compressive strength according to the age of the concrete.From the results of the study, the value of concrete compressive strength on cylindrical test specimens of 10/20 cm was treated with 80 ° C curing treatment with a mixture of 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% in obtaining strong results. the highest press occurs at 28 days. then it is known that while the life span of the concrete is higher, the compressive strength is generated  Abstrak Perawatan  beton  (curing)  adalah  prosedur  setelah  pengecoran  yang  dilakukan  untuk menjaga beton selama proses hidrasi berlangsung agar kekuatan beton yang diinginkan dapat tercapai. Ada beberapa metode dalam  perawatan beton (curing) berdasarkan  suhu  yang  digunakan  antara lain, perawatan  normal dan perawatan pada suhu 80°C.Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh variasi campuran fly ash terhadap kuat tekan beton dengan metode perawatan normal dan perawatan suhu curing dan juga untuk melihat prilaku kuat tekan beton menurut umur beton. Dari hasil penelitian nilai kuat tekan beton terhadap benda uji silinder 10/20 cm yang dirawat dengan perawatan curing  80°C dengan variasi campuran 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% di dapatkan hasil kuat tekan tertinggi terjadi pada umur 28 hari. maka diketahui bahwa semkain lama umur beton maka semakin tinggi kuat tekan yang di hasilkan.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7