cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
lontarkomputer@unud.ac.id
Editorial Address
Research institutions and Community Service, University of Udayana, Kampus Bukit Jimbaran Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Lontar Komputer: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Published by Universitas Udayana
ISSN : 20881541     EISSN : 25415832     DOI : 10.24843/LKJITI
Core Subject : Science,
Lontar Komputer [ISSN Print 2088-1541] [ISSN Online 2541-5832] is a journal that focuses on the theory, practice, and methodology of all aspects of technology in the field of computer science and engineering as well as productive and innovative ideas related to new technology and information systems. This journal covers research original of paper that has not been published and has been through the double-blind reviewed journal. Lontar Komputer published three times a year by Research institutions and community service, University of Udayana. Lontar Komputer already indexing in Scientific Journal Impact Factor with impact Value 3.968. Lontar Komputer already indexing in SINTA with score S2 and H-index 5.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2, No. 1 Juni 2011" : 10 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM LELANG ON-LINE PEGADAIAN Gusti Made Arya Sasmita; Lie Jasa
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (408.643 KB)

Abstract

Perkembangan dunia teknologi semakin cepat dewasa ini. Teknologi sudah dipakai dalam berbagai macam aspek kehidupan masyarakat, khususnya teknologi internet. Penerapan teknologi internet ini memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi karena tidak adanya batasan dalam hal akses informasi. Pada kesempatan ini, penulis mencoba untuk mengembangkan suatu Sistem Lelang Pegadaian Berbasis WEB. Jasa penyedia layanan pelelangan barang yang sudah jatuh tempo ini nantinya akan berguna untuk melakukan pelelangan secara online yaitu panitia melelang barang lelang nasabah yang sudah jatuh tempo dan pembeli melakukan penawaran harga. Jasa Penyedia Layanan Pelelangan Barang Lelang Pegadaian yang sudah jatuh tempo ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL, dan webserver XAMPP 1.6. Aplikasi ini akan dibuat berbasis web sehingga memudahkan untuk diakses oleh berbagai macam pihak dan menggunakan antarmuka yang user friendly sehingga nyaman untuk dipergunakan. Aplikasi ini dapat dijalankan diberbagai macam web browser internet yang ada. Pembuatan aplikasi ini, penulis mengambil kesimpulan bahwa dengan adanya Jasa Penyedia Layanan Pelelangan Pegadaian ini akan semakin membuka kesempatan bagi masyarakat luas untuk memperoleh kesempatan melelang dan memperoleh barang lelang berupa barang lelang yang sudah jatuh tempo dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran.
RANCANG BANGUN APLIKASI PENDIDIKAN JARAK JAUH BERBASIS CSCL (COMPUTER-SUPPORTED COLLABORATIVE LEARNING) Satria Pratama; Gusti Agung Ayu Putri
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (201.379 KB)

Abstract

ika berbicara mengenai pendidikan, maka yang pastinya terbayang adalah duduk di suatu ruangan, dengan beberapa orang yang memiliki tujuan yang sama untuk belajar, dengan dibimbing dan diajarkan oleh seorang guru di depan kelas. Jika dilihat perkembangan jaman seperti sekarang ini, tidaklah mengherankan apabila pendidikan telah dikembangkan sehingga dapat dilakukan menggunakan teknologi informasi yang telah tersedia. Dengan berdasarkan pada kemajuan teknologi dan berkembangnya internet, maka dibuatlah sebuah aplikasi pendidikan jarak jauh dengan menggunakan basis CSCL. Perangkat lunak yang dibuat adalah Aplikasi Pendidikan Jarak Jauh Berbasis CSCL (Computer- Supported Collaborative Learning) yang akan mengadaptasi kemampuan dari pendidikan konvensional yang mengandalkan pertemuan secara langsung untuk dibawa ke dalam pertemuan secara maya dalam bentuk sebuah kelas virtual. Pendekatan yang digunakan adalah pengembangan terstruktur untuk membangun sebuah sistem pendidikan berbasis CSCL yang mendukung pembelajaran secara synchronous ataupun asynchronous. Pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem yang dikembangkan telah mampu untuk mengakomodasi metode pendidikan jarak jauh dengan basis CSCL antara lain untuk fitur ruangan forum, ruangan chatting, dan proses manajemen perkuliahan.
METODE KETIDAKPASTIAN DAN KESAMARAN DALAM SISTEM PAKAR Putu Manik Prihatini
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecerdasan buatan dikembangkan untuk membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik manusia. Sistem Pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu atau banyak pakar ke dalam satu area pengetahuan tertentu. Pengetahuan dan pengalaman yang ada dalam dunia nyata yang akan direpresentasikan kedalam sistem pakar penuh dengan unsur ketidakpastian dan kesamaran. Beberapa metode yang sering digunakan untuk menangani masalah ketidakpastian dan kesamaran adalah dengan menggunakan teknik probabilitas, faktor kepastian dan logika fuzzy. Teorema Bayes merupakan bagian dari teknik probabilitas yang menekankan pada konsep probabilitas hipotesis dan evidence, sedangkan teknik probabilitas dengan teori Dempster-Shaffer menekankan pada konsep beliefe dan plausability. Pada metode dengan faktor kepastian menekankan pada nilai kepercayaan yang diberikan oleh seorang pengguna dan pakar. Pada metode dengan logika fuzzy menekankan pada derajat keanggotaan dari suatu evidence pada suatu himpunan fuzzy sehingga mampu menangani masalah kesamaran. Untuk memberikan solusi yang lebih baik, metode-metode yang ada bisa dikombinasikan antara yang satu dengan yang lainnya.
IMPLEMENTASI STRUKTUR TREE PADA RANCANG BANGUN SISTEM PENELUSURAN SEJARAH PURA KAWITAN DAN KAHYANGAN JAGAT BERBASIS WEB A. A. K. Oka Sudana
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (748.375 KB)

Abstract

Keberadaan Pura Kahyangan Jagat dan Pura Kawitan bagi Umat Hindu adalah mutlak untuk diketahui. Berbeda dengan kenyataan tersebut, ada sementara orang dari Umat Hindu di Bali yang kurang mengetahui atau mengenal tempat, status dan fungsi dari sebuah pura atau kahyangan terutama pura atau kahyangan yang lazim disebut Kawitan atau Pedharman dan Pura Kahyangan Jagat yang ada di Bali. Demikian juga mengenai tata cara dan prosedur melakukan persembahyangan sering diabaikan dan tidak dilaksanakan sebagai mana mestinya. Guna mengatasi keterbatasan informasi keberadaan Pura Kahyangan Jagat dan Pura Kawitan di Bali, maka dirancang dan dibuat suatu sistem yang dapat memberikan informasi keberadaan Pura Kahyangan Jagat dan Pura Kawitan yang ada di Bali sehingga umat dapat lebih mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di pura tersebut. Struktur Tree yang dikombinasikan dengan aplikasi model hirarki pada pemrograman berbasis web digunakan sebagai dasar implementasi penelusuran. Sistem ini mampu memberikan pelayanan penelusuran dan pendataan pura secara efisien dan cepat, juga mampu menyimpan data secara aman. Sistem ini sangat praktis karena bersifat on-line yaitu dapat diakses melalui internet.
PENGARUH DUKUNGAN MANAJEMEN PUNCAK, PENGALAMAN TI DAN KEAHLIAN TI LUAR ORGANISASI TERHADAP KESELARASAN STRATEGIS (STUDI KASUS PADA UKM EKSPORTIR DI PROVINSI BALI) I Ketut Adi Purnawan
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.615 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh dukungan manajemen puncak, pengalaman TI dan keahlian TI luar organisasi terhadap keselarasan strategis. Hipotesis yang diajukan adalah: (1) dukungan manajemen puncak berpengaruh positif terhadap keselarasan strategis, (2) pengalaman TI organisasi berpengaruh positif terhadap keselarasan strategis dan (3) keahlian TI luar organisasi berpengaruh positif terhadap keselarasan strategis. Objek penelitian berjumlah 60 perusahaan, yang terdiri dari perusahaan Kargo, Tekstil dan produk tekstil, Handicraft, Kerajinan Perak, Furniture dan Produk lainnya yang ada di Provinsi Bali. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket kuesioner. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan hubungan yang positif signifikan antara dukungan manajemen puncak, pengalaman TI dan keahlian TI luar organisasi terhadap keselarasan strategis pada UKM eksportir di Provinsi Bali. (R2=0.184 ; Adjusted R2 =0.140; F =4.199; Sig. F = 0,009).
SISTEM MONITOR DAN KENDALI RUANG SERVER DENGAN EMBEDDED ETHERNET A.A. Ketut Agung Cahyawan W
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.742 KB)

Abstract

Selama ini seorang network administrator harus berada pada ruang server jika ingin menyalakan server yang ada disana, atau memeriksa apakah temperatur ruang server sudah cukup agak server dapat bekerja optimal. Permasalahan timbul karena ruang server biasanya terletak cukup jauh dan harus selalu terkunci demi alasan keamanan. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem kendali dan monitor yang dapat menyalakan server dari jarak jauh sekaligus memantau suhu ruangan server, menaikkan atau menurunkan temperatur AC dan juga mematikan dan menghidupkannya. Desain yang dibuat berbasis Arduino Duemilanove dan Arduino Ethernet Shield, yang merupakan suatu platform kit elektronik yang open source. Dengan sistem ini seorang network administrator dapat melakukan kontrol ruang server dari jarak jauh.
VERIFIKASI BIOMETRIKA SUARA MENGGUNAKAN METODE MFCC DAN DTW Darma Putra; Adi Resmawan
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.58 KB)

Abstract

Teknologi pengenalan suara merupakan salah satu teknologi biometrika yang tidak memerlukan biaya besar serta peralatan khusus. Suara merupakan salah satu dari bagian tubuh manusia yang unik dan dapat dibedakan dengan mudah. Aplikasi yang dibuat dalam penelitian ini adalah sistem verifikasi suara yang dapat memverifikasi/membuktikan identitas yang di klaim oleh seseorang berdasarkan suara yang di-input-kan. Perangkat lunak ini dirancang menggunakan metode MFCC (Mel Frequency Cepstrum Coefficients) untuk proses ekstraksi ciri dari sinyal wicara dan metode DTW (Dynamic Time Warping) untuk proses pencocokan. Proses MFCC akan mengkonversikan sinyal suara menjadi beberapa vektor yang berguna untuk proses pengenalan. Vector ciri hasil dari proses MFCC selanjutnya akan dibandingkan dengan vector ciri yang tersimpan dalam basis data melalui proses DTW berdasarkan ID yang di klaim oleh pengguna. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam merancang perangkat lunak ini adalah Visual C# 2008. Pengujian dilakukan terhadap 35 orang pengguna yang terdiri dari 27 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Masing-masing orang mengucapkan 5 buah kata yang telah ditentukan sebelumnya, dimana untuk masing-masing kata diucapkan sebanyak 7 kali. Enam buah sampel dijadikan sebagai acuan dan 1 sebagai sampel uji. Hasil pengujian memperlihatkan tingkat akurasi paling rendah adalah 59.664 %, sedangkan tingkat akurasi tertinggi yaitu 93.254 %. Baik buruknya sistem dalam melakukan pengenalan dipengaruhi oleh panjang frame, panjang overlapping, jumlah koefisien fileterbank, dan jumlah koefisien MFCC.
STEGANOGRAFI PADA CITRA JPEG DENGAN METODE SEQUENTIAL DAN SPREADING I Nyoman Piarsa
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.567 KB)

Abstract

Faktor keamanan data dalam proses pertukaran data antar perangkat informasi dalam sebuah jaringan informasi menjadi sebuah topik permasalahan yang sangat penting untuk diperhatikan seiring dengan kerahasiaan dari data yang dimiliki. Teknik kriptografi yang menyandikan informasi menjadi sekumpulan kode-kode acak terkadang tidak cukup dalam penyembunyian informasi karena bentuk informasi yang dikirimkan akan memudahkan pihak ketiga untuk menerka dan memecahkan sandi dari enkripsi tersebut. Alternatif lain adalah dengan menggunakan metode steganografi yang bertujuan untuk menyembunyikan informasi yang sebenarnya dalam sebuah data yang tidak dicurigai oleh pihak ketiga sebagai pesan rahasia. Teknik steganografi pada penelitian ini diimplementasikan pada data citra dengan format JPEG menggunakan metode sequential (low bit coding) dan spreading. Metode sequential melakukan penyisipan secara berurutan pada koefisien dari DCT sedangkan metode spreading melakukan penyisipan secara acak berdasarkan proses hashing yang digunakan. Proses pengujian yang dilakukan terdiri dari perbandingan kapasitas perhitungan dengan kapasitas pengujian, perhitungan statistik error measurement, pengujian dengan metode MOS untuk mengukur kualitas data citra serta ketahanan teknik steganografi yang digunakan terhadap penyerangan yang dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa teknik steganografi dengan transformasi DCT bisa menghasilkan data hiding dengan tingkat validitas mencapai 100% dengan catatan bahwa data citra memiliki kapasitas penyisipan yang memadai. Penyisipan data yang dilakukan tidak berpengaruh terlalu banyak pada kualitas data citra yang dihasilkan, serta nilai PSNR yang dimiliki data citra terstego lebih besar sama dengan 30 dB. Tingkat kemiripan antara citra asli dengan citra terstego mencapai 96%. Teknik steganografi dengan metode spreading dan sequential tidak robust terhadap manipulasi yang dilakukan pada media stegonya sehingga data yang ada akan rusak jika terjadi manipulasi sekecil apapun pada media stegonya
CUSTOMER SEGMENTATION DENGAN METODE SELF ORGANIZING MAP (STUDI KASUS: UD. FENNY) A. A. Gde Bagus Ariana
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.735 KB)

Abstract

Saat ini persaingan bisnis pada perusahaan retail tidak hanya dengan menggunakan perangkat sistem informasi namun sudah dilengkapi dengan sistem pendukung keputusan. Salah satu metode sistem pendukung keputusan yang digunakan adalah data mining. Data mining digunakan untuk menemukan pola-pola yang tersembunyi pada database. UD. Fenny sebagai perusahaan retail ingin menemukan pola segmentasi pelanggan dengan menggunakan model RFM (Recency, Frequency, Monetary). Metode data mining untuk melakukan proses segmentasi adalah metode clustering. Clustering merupakan proses penggugusan data menjadi kelompok-kelompok yang memiliki kemiripan secara tidak terawasi (unsupervised). Sebelum melakukan proses clustering, dilakukan proses persiapan data dengan membuat datawarehouse menggunakan skema bintang (star scema). Selanjutnya dilakukan proses clustering dengan menggunakan metode Self Organizing Map (SOM/Kohonen). Metode ini merupakan salah satu model jaringan saraf tiruan yang menggunakan metode unsupervised. Dari hasil percobaan metode SOM melakukan proses clustering dan menggambarkan hasil clustering pada SOM plot. Dengan melakukan proses clustering, pihak pengambil keputusan dapat memahami segmentasi customer dan melakukan upaya peningkatan pelayanan customer.
RANCANG BANGUN WEB IKLAN BERBASIS MOBILE Made Sukarsa; Gede Made Rupayana
Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Vol. 2, No. 1 Juni 2011
Publisher : Institute for Research and Community Services, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.413 KB)

Abstract

Teknologi periklanan semakin berkembang saat ini. Iklan saat ini tidak terbatas pada iklan-iklan yang dimuat pada media cetak seperti surat kabar, majalah dan papan-papan reklame yang dipasang di pinggir-pinggir jalan, ataupun media elektronik seperti televisi dan radio, tetapi sudah mulai merambah ke dunia maya. Layanan web iklan baris berbasis mobile adalah layanan berbasis SMS gateway yang digunakan untuk melakukan pendaftaran iklan melalui SMS dan mempublikasikan iklan yang dipasang di internet. Layanan ini diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Delphi 7.0 untuk aplikasi SMS gateway, PHP untuk layanan web dan J2ME untuk aplikasi mobile. Manfaat dari layanan ini adalah tersedianya fasilitas SMS iklan berbasis SMS gateway, tersedianya situs untuk publikasi dan memanipulasi data iklan di internet.

Page 1 of 1 | Total Record : 10