cover
Contact Name
Irfa Waldi
Contact Email
irfawaldinasution29@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
irfawaldinasution29@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
ISSN : 24428353     EISSN : 26852209     DOI : -
Core Subject : Education,
Ihya' al 'Arabiyah is a peer-reviewed academic journal, established in 2015 as part of the UIN Sumatera Utara Medan. Ihya' Journal is dedicated to the publication of scholarly articles in various branches of Arabic Studies, by which exchanges of ideas as research findings is facilitated. Ihya' welcomes contributions of articles on Arabic Studies
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020)" : 7 Documents clear
Konsep Pendidikan Pranatal dan Pasca Natal dalam Perspektif Islam Putri Ani Dalimunthe
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikeltentangkonsep pendidikan pra natal dan pasca natal dalam persfektif Islam ini berisikan kajian tentang keberlanjutan pendidikan ditinjau dari sisi keislaman. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka. Yaitu dengan merujuk kepada beberapa referensi yang berkaitan dengan pokok bahasan yang ada di dalam artikel ini. adapun kesimpulan yang didapat adalah bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembentukan  kepribadian manusia. Sebagai suatu proses, pendidikan tidak hanya berlangsung pada suatu saat saja namun harus dimulai dari pra natal secara berkelanjutan pada fase pasca natal.Konsepsi ajaran Islambanyak ditemukan ayat-ayat Alqur’an (Q.S. Al-Baqarah:222, Q.S. An-Nisa: 22-23, Q.S.An-Nur:3, Q.S. Al-Mumtahanah:10) yang mengisyaratkan adanya proses pendidikan jauh sebelum bayi dilahirkan. Berdasarkan ayat tersebut, pemilihan jodoh (suami/istri) sebagai awal proses pendidikan, atau setidak-tidaknya dianggap sebagai masa persiapan proses pendidikan. Sedangkan pendidikan pasca natal memiliki lima fase, yaitu: (1) Fase bayi, kehidupan bayi biasanya sangat bergantung pada bantuan dan pemeliharaan pihak lain terutama dari seorang ibu. Peranan seorang ibu sangat urgent dalam pendidikan bayi. (2) Fase kanak-kanak. (3) Fase anak-anak. (4) Fase remaja. (5) Fase dewasa. Sedangkan pendidikan yang terakhir bagi seseorang adalah dalammengucapkan kalimat syahadat bagi orang yang syakar al-maut.
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM; PESANTREN Tiroilan Siregar
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Modernisasi Pendidikan Islam; Pesantren. Pesantren  dalam konteks kekinian  tidak bisa mengelak dari pengaruh modernisasi,  perkembangan zaman yang terus menerus  serta diiringi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Modernisasi pesantren sebagai suatu upaya pesantren untuk tetap bertahan dan eksis di tengah persaingan global, dengan mengadakan perbaikan dan perubahan terhadap pendidikan yang diselenggarakan. Masalah yang diketengahkan  dalam tulisan ini yaitu;  pesantren dan latar belakag modernitas, Elemen  pondok pesantren,   bagian yang dimodernisasi di pesantren; tujuan, kurikulum, Sumber daya manusia,  metode pembelajaran, kelembagaan dan prasarana, terakhir  perubahan yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan Library Research yaitu suatu penelitian kepustakaan murni.  Muncul  gagasan  modernisasi  dilingkungan pesantren merupakan jawaban terhadap Arus globalisasi. Di sisi lain, gagasan modernisasi pesantren yang berorientasi kekinian juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi identitas dan fungsi pokok lembaga pendidikan pesantren. Strategi yang dilakukan pesantren dalam merespon perubahan ini antara lain dengan merevisi kurikulum pesantren, membuka kelembagaan dan fasilitas pendidikannya bagi kepentingan pendidikan umum, tata kelola manajemen yang lebih rapi, dan memperkaya metode pembelajaran.
KONSEP PEMBELAJARAN QAWAID DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN Rizki Abdurahman
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu faktor kegagalan dalam pembelajaran qawaid di antaranya adalah ketidakpahaman terhadap konsep pembelajaran qawaid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep pembelajaran qawaid (tata bahasa) Arab. Pendeskripsian konsep pembelajaran qawaid sangat penting untuk dilakukan agar para guru qawaid memahami landasannnya serta tidak salah langkah dan keliru dalam melaksanakan kegiatan pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah jurnal, buku, kitab, dan internet yang berkatain dengan judul penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menunjkkan bahwa konsep pembelajaran qawaid yang perlu dipahami oleh para guru meliputi: hakikat, tujuan, prinsip, metode, teknik, langkah, dan evaluasi pembelajaran qawaid. Konsep ini sangat penting untuk dipahami oleh para guru sebelum melakukan pembelajaran qawaid. Implikasinya terhadap pembelajaran adalah adanya pemahaman yang mendalam sebelum melaksanakan pembelajaran qawaid sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif dan efesien sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dan referensi bagi para guru dalam menentukan seperangkat perencanaan pembelajaran qawaid.
KITAB SHAHIH AL-BUKHARI Abu Bakar Adanan
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

kajian ini mencakup tentang sejarah imam Bukhari dan karya-karyanya dan lebih fokus pada kitab shahih bukhari. Kitab-kitab Hadis dalam bentuk subjek-subjek khusus atau minat tertentu telah muncul sejak abad pertama Hijrah. Kodifikasi-kodifikasi yang muncul berbeda-beda, baik secara kuantitas dan kualitasnya, sesuai dengan kapasitas masing-masing penyusunannya. Bahkan banyak pula karya-karya yang muncul pada paruh pertama abad kedua Hijrah.Pada akhir abad kedua sampai abad keempat Hijrah perubahan terjadi dengan munculnya kitab-kitab Hadis yang hanya memuat Hadis Nabi dengan pengaturan sistematika tertentu. Pada periode inilah munculnya kitab-kitab Hadis yang dikenal dengan “Kutub al-Sittah”, yakni : Șhahih Al-Bukhari karya Imam Al-Bukhari (w.256H/870M), Șahih Muslim karya Imam Muslim (w.261H/875M), Sunan Abu Dawud karya Imam Abu Dawud (w.275H/888M), Sunan at-Tirmizi karya Imam at-Tirmizi (w.279H/ 875M), Sunan Ibn Majah karya Imam Ibn Majah (w.283H/896M) dan, Sunan al-Nasa’i karya Imam al-Nasa’i (w.303H/915M).            Abad ketiga hijriyah dinyatakan sebagai masa pemurnian dan penyempurnaan penulisan kitab-kitab Hadis. Periode ini berlangsung sejak masa pemerintahan Khalifah al-Makmun (198-218 H) sampai kepada awal pemerintahan Khalifah al-Muqtadir (295-320 H) dari Dinasti Abbasiyah. Pada periode ini para Ulama Hadis memusatkan perhatian mereka kepada pemeliharaan keberadaan dan terutama kemurnian Hadis-hadis Nabi s.a.w. hal tersebut mereka lakukan, selain sebagai pemeliharaan terhadap Hadis Nabi, juga dalam rangka antisipasi terhadap kegiatan pemalsuan Hadis yang semakin marak pada masa itu.
تطبيق مهارة الكتابة في تعليم الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا Balqis, Nur
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

هذا البحث يهدف لتصوير تطبيق مهارة الكتابة في تعليم الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا بالطريقة الوصفية الكيفية. وأما جمع البيانات في هذا البحث على سبيل المراقبة والمحاورة دراسة الوثائق. أما الأهداف في هذا البحث تعبير منها قدرة الطلاب على مهارة الكتابة بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا والعوامل التي تؤثر نجاح الطلاب في تعليم الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا وخطوات الأستاذ في كتابة الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا وتطبيق مهارة الكتابة في تعليم الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا. وتعبّر نتائج البحث بأربعة نتائج وهي: إن قدرة الطلاب على مهارة الكتابة  بالمدرسة الثانوية علوم القرآن لنجسا جيد هذا يظهر من حصولهم على الجوائز في مسابقات خط القرآن على مستوى المركز، والقطاع، والمحافظة، والعوامل التى تؤثر النجاح الطلاب في تعليم الخط العربي بتلك المدرسة تتأثر بحسب المواهب والممارسة الأكثر عند الطلبة في كتابة الخط العربي، وخطوات الأستاذ في كتابة الخط العربي بالمدرسة الثانوية علوم القرآن جيد بحسب مراعات الدائمة عن ما يكتبه طالبه وتطبيق مهارة الكتابة في تعليم الخط العربي بالمدرسة علوم القرآن لنجسا على حسب الإطار النظري جيد أي تطبيقها لمواد التعليمية الخط العربي واستخدام وسائلها المرجوة.
Compulsory Education dan Sistem Pembiayaan di Indonesia Abdul Gani Jamora Nasution
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : UIN Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kajian artikel yang ini bergendre studi pustaka yang memberikan informasi tentang wajib belajar (compulsory education) yang diprogramkan oleh pemerintah. Kesadaran terhadap compulsory education, merupakan amanah Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945 pasal 31. Kemudian, sesuai perkembangan kebutuhan global dan kenyataan pendidikan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) nasional dimulai dari wajib belajar enam tahun, 9 tahun dan sekarang 12 tahun. Ini menunjukkan, adanya peningkatan pembangunan SDM skala nasional yang melek terhadap literasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan tehnologi sesuai landasan UU Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) nomor 20 tahun 2003.Kata kunci: Wajib Belajar, enam tahun, 9 tahun, 12 tahun, sumber daya manusia
تحليل اسم الجنس واسم العلم في القرآن الكريم Fahrurrozi, S.
Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ihya.v6i2.15198

Abstract

كان في الواقع، كثير من الناس أقل الغارقين في علم النحو والصرف، ولكن المزيد من التركيز في مجالات العلوم التي هي مشتركة. ولازم علينا أن ندرس ونطبق محتويات القرآن الكريم. التالي، فإن دراسة علم النحو والصرف تشمل أيضا في القرآن الكريم. على الرغم من أن القرآن قد نشر في ترجمة اللغة الاندونيسية ، ولكن نفهم أنها ليست بالترجمة فقط، بل من خلال فهم العلم من استخدام الأدات. وتعلّم النحو والصرف لها قيمة خاصة عند الله تعالي. هناك حديث النبي بحيث أن معناه تقريبا "عندما في أمر الدنيا ننظر ما تحتنا ولكن إذا كانت في أمر الدينية فلننظر ما فوقنا. هذا البحث في دراسة تحليل المحتوى (Content analysis)  أو ما يسمى أيضا بتحليل المضمون، لأن البيانات الموجودة في هذا البحث كانت كلها بيانات وثيقية. تعقد الباحث طريقة تحليل المضمون الوصفي. طريقة تحليل المضمون الوصفي هي تحليل لتصور المضمون أو نسخة المعينة تفصيلا. هذا التحليل لايقصد لاختبار فرض أو المتعلق بين متغير. هذا التحليل لتوصيف وتصوير النواحي والخصائص من الجملة مطلقا. فاستنبط الباحث كما يلى: كان لاسم الجنس صورتان في القرآن الكريم، وهي اسم جنس جمعي وافرادي. ومعاني اسم الجنس في القرآن هو إن كان جمعيا فمعناه ما يدلّ على أكثر من اثنين، وإن كان افراديا فمعناه ما يصـدق على الكثيـر والقليـل واللفظ واحد. 

Page 1 of 1 | Total Record : 7