cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557176     EISSN : 26208504     DOI : -
PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan November)
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi" : 8 Documents clear
ANALISIS PENJUALAN KENDARAAN BERMOTOR DI PT. HONDA LESTARI MOTORINDO PALEMBANG Liana Liana; Yasir Arafat; Diana Widhi Rachmawati
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.16888

Abstract

This study aims to analyze sales in 2018- 2020 and find out marketing strategies in creasing sales at PT. Honda Lestari Motorindo Palembang set by the company. The reseract meathod used is a descriptive qualitative, data colelection technigues used are interview documentation and observation. The sales results of motor vehicles at motorized vehicles at PT. Honda Lestari Motorindo Palembang in 2018 totaled 652 units of motorcycle products sold, while in 2019 it increased by 794 motorcycle units and in 2020 decreased by 786 motorcycle units, so from year to year details we can see below. In 209 their sales increased.This company has also implemented a marketing strategy correctly and appropriately and the SWOT analysis calculation a outlined in the internal-external matrix table is in position II, namely growth where the company can develop, maintain and improve product quality so that consumers continue to believe in the company PT. Honda Lestari Motorindo palembangPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penjualan tahun 2018-2020 dan mengetahui startegi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di PT. Honda Lestarii Motorindo Palembang yang ditetapkan oleh perusahaan. Metode penelitianya adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data yang harus digunakan dalah dokumentasi wawancara dan observasi. Hasil penjualan kendaraan bermotor di PT.Honda Lestari Motorindo Palembang pada tahun 2018 itu penjualannya senilai 652 unit produk motor yang laku terjual, sedangkan di tahun 2019 naik senilai 794 unit motor dan tahun 2020 menurun 786 unit motor, jadi dari rincian tahun ketahun bisa kita lihat di tahun 209 itu penjualan mereka meningkat Perusahaan ini juga bisa menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat serta pada perhitungan analisis SWOT yang dituangkan pada tabel internal-eksternal matrix berada diposisi II yaitu pertumbuhan yang mana perusahaan dapat mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar konsumen terus percaya pada perusahaan PT.Honda Lestari Motorindo Palembang
ANALISIS MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI Mega Cantika Deva Ningrum; Olivia Febrianti; Sudirman Rizki Ariyanto; Muhammad Annasrulloh; Muhammad Yandi Pratama
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.15884

Abstract

Entrepreneurship is the effort of individuals who want to create or run a business or business. In college, there are entrepreneurship lessons that are useful to grow students' interest in entrepreneurship. This research aims to find out the extent of interest of students of economic education, Bhinneka PGRI Tulungagung University in entrepreneurship. This research is quantitative descriptive research. Data collection is carried out by distributing questionnaires to students of Economic Education Class of 2019. The research findings showed that of the 10 indicators in analyzing students' interest in entrepreneurship, only two indicators had a low percentage below 50%, namely the belief in being a successful entrepreneur and entrepreneurial ability with a percentage of 26.80% and 47.10%. While the other 8 indicators have a high percentage above 50%. Therefore, it can be concluded that the majority of students of the Economic Education Study Program of Bhinneka PGRI University have a high interest in entrepreneurship.Wirausaha adalah upaya individu yang ingin membuat atau menjalankan bisnis atau usaha. Di perguruan tinggi, terdapat pelajaran kewirausahaan yang berguna untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam berwirausaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana minat mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung dalam berwirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuisioner kepada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari 10 indikator dalam menganalisis minat mahasiswa dalam berwirausaha, hanya dua indikator yang memiliki persentase rendah di bawah 50%, yakni keyakinan menjadi wirausaha yang sukses dan kemampuan berwirausaha dengan persentase sebesar 26,80% dan 47,10%. Sedangkan 8 indikator lainnya memiliki persentase tinggi di atas 50%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka PGRI memiliki minat tinggi dalam berwirausaha.
PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA INDEKOS DENGAN MAHASISWA YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA Santia Lestari; Siti Fatimah; Edutivia Mardetini
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.17473

Abstract

The purpose of this studty was to show the difference in learning motivation between indekos and students who live with their parent. This research is comparative research using quantitative methods. The Product Moment Correlation formula is used for instrument validation and the Spearman Brown formula (Split Half Method) is used for reliability testing. The population of this study is all students of Economic Education 2018 Faculty of Teacher Training and Education, Sriwijaya University, which amounts to 62 people. Questionnaires and interviews are used for variable data X1 (motivation to study indekos students) and X2 (motivation to learn students who live with their parents). The results of this study showed that there was no significant difference between the learning motivations of indekos students and students who lived with parents. The motivation to study indekos students has an average of (80.71), while the motivation to learn students who live with parents is (84). The hypothesis using parametric statistics the t-test is obtained that thitung=-8.09 ? ttabel =1.671 then Ha was rejected and Ho accepted.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan perbedaan motivasi belajar antara mahasiswa indekos dengan mahasiswa yang tinggal bersama orang tuanya. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan metode kuantitatif. Rumus korelasi product moment digunakan untuk validasi instrumen dan rumus spearman brown (metode split half) digunakan untuk pengujian reliabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi 2018 FKIP UNSRI yang berjumlah 62 mahasiswa. Angket dan wawancara digunakan untuk mencari data variabel X1 (motivasi belajar mahasiswa indekos) dan X2 (motivasi belajar mahasiswa yang tinggal bersama orang tua). Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa indekos dan mahasiswa yang tinggal bersama orang tua. Motivasi belajar mahasiswa indekos memiliki rerata sebesar (80,71), sedangkan motivasi belajar mahasiswa yang tinggal bersama orang tua sebesar (84). Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji-t dan diperoleh t-hitung = - 9,09 ? t-tabel = 1,671 maka h0 diterima h0 ditolakKREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI
MENINGKATKAN KREATIVITAS DESAIN FLYER DIGITAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) Juwairia Juwairia; Dewi Koryati; Dian Eka Amrina; Usmi Sintara
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.16084

Abstract

Based Learning ((PjBL) learning model to increase students' creativity in making digital flyer designs using the Canva application. This research method uses Classroom Action Research (CAR). The population of this study was all students of class XI BDP at SMK Negeri 1 Pemulutan. The sample in this study was selected by purposive sampling. Data collection techniques used Focus Group Discussion (FGD), interview methods, and observations. The data analysis technique used was descriptive qualitative data analysis. researcher An shows that the Project based Learning learning model has an influence in increasing students' creativity in designing digital flyers using the Canva application. Making this digital flyer is one of the concrete evidences that students can create promotional media creatively according to the demands of the business world/industrial world, train students' creativity, and improve students' skills in designing flyers into a business opportunity.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran di kelas berbasis proyek dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam membuat desain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI BDP di SMK Negeri 1 Pemulutan. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD), metode wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Project Based Learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kreativitas peserta didik mendesain flyer digital menggunakan aplikasi Canva. Pembuatan flyer digital ini merupakan salah satu buktinya peserta didik dapat membuat media promosi dengan kreatif sesuai tuntutan dari dunia usaha/dunia industri, melatih kreativitas peserta didik, dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mendesain flyer menjadi sebuah peluang usaha
PENGARUH PENDIDIKAN, KESEHATAN, USIA DAN UPAH TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI DKI JAKARTA Chika Chairunnisa; Indri Arrafi Juliannisa
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.16878

Abstract

This study aims to determine the effect of education level, health level, age and wage level on labor productivity. This study uses the province of DKI Jakarta. The sample used was from 19991-2020 of which the total sample was 30. The data in this study is secondary data obtained from BPS DKI Jakarta. Hypothesis testing using Time Series Analysis using the Eviews 9 program with a significance level of 5% (0.05). The results of the data partially show that age and wage levels have a positive effect on labor productivity, while education and health levels have no effect on labor productivity. And simultaneously all the existing variables together affect labor productivity.Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, usia dan tingkat upah terhadap produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini menggunakan wilayah provinsi DKI Jakarta. Sampel yang digunakan dari tahun 19991-2020 yang mana total sampelnya 30. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang didapatkan dari BPS DKI Jakarta. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Time Series menggunakan program Eviews 9 dengan tingkat signifikansi 5% (0,05). Hasil data secara parsial mengatakan variabel usia dan tingkat upah berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja, sedangkan tingkat pendidikan dan tingkat kesehatan tidak berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja. Serta secara simultan semua variabel yang ada secara bersama-sama mempengaruhi produktivitas tenaga kerja.
PENGARUH DARING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Muh Fahrurrozi; Agus Riswanto; Irda Nur Oktafiani
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.17047

Abstract

This study aims to determine the effect of online learning motivation on student achievement at SMK Negeri 2 Selong during the Covid-19 pandemic. This research uses quantitative methods. Research data collection techniques using a questionnaire. The research sample was 53 students of SMKN 2 Selong using purposive sampling technique. The analytical tool used is multiple linear regression model. Based on the results of multiple linear regression analysis with an online coefficient value of 0.778 indicating a positive influence and a learning motivation regression coefficient value of 0.078 indicating a positive influence. While the results of the partial analysis show that the online significance value on learning achievement is 0.00 < 0.05 and the t-count value is 6.930>2.00, the significance value of learning motivation on learning achievement is 0.00 < 0.05 and the t-count value is 3.977 > 2.00, partially showing that there is a significant effect. So the results of this study indicate that there is a positive and significant influence between online and learning motivation partially on student achievement.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daring motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Selong selama pandemi Covid19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian adalah siswa SMKN 2 Selong 53 orang siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah model regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan nilai koefisien daring sebesar 0.778 menunjukkan pengaruh positif dan nilai koefisien regresi motivasi belajar sebesar 0.078 menunjukkan pengaruh positif. Sedangkan hasil analisis parsial menunjukkan nilai signifikansi daring terhadap prestasi belajar sebesar 0.00 < 0.05 dan nilai t hitung sebesar 6.930 > 2.00, nilai signifikansi motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 0.00 < 0.05 dan nilai t hitung sebesar 3.977 > 2.00menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh signifikan. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara daring dan motivasi belajar secara parsial terhadap prestasi belajar siswa.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING Susanto Susanto; Riswan Jaenuddin; M.Djahir Basir
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.17177

Abstract

This study aims to develop a Student-Centered Learning (SCL) based learning video on Social Science subjects at the Raudhatul Ulum Integrated Islamic Junior High School that is valid, practical, and effective on student learning outcomes. This research is a development research using the Hannafin Peck model. Data collection techniques used in this study were interviews, walkthroughs, questionnaires, and tests of student learning outcomes against the developed video media. This research was declared valid because it was obtained through a validation process from experts. For practicality obtained from student responses at the small group stage obtained by 65.5% indicating that this multimedia has been tested for practicality because the video media produced is attractive to students, easy to understand, and students master the competencies to be achieved faster, while the effectiveness of student learning outcomes seen from the results of the N-gain 0.36 in the medium category. Based on the results of the study, it can be concluded that the video media based on student centered learning that was developed proved to be valid, practical, and effective on student learning outcomes.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis student centered learning (SCL) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Raudhatul Ulum yang valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Hannafin Peck. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, walkthrough, angket atau kuesioner, dan tes hasil belajar peserta didik terhadap media video yang dikembangkan. Penelitian ini dinyatakan valid karena didapatkan melalui proses validasi dari para ahli. Untuk kepraktisan didapat dari tanggapan siswa pada tahap kelompok kecil diperoleh sebesar 65,5% menunjukkan bahwa multimedia ini telah teruji kepraktisannya karena media video yang dihasilkan menarik bagi siswa, mudah dipahami, dan siswa lebih cepat menguasai kompetensi yang akan dicapai, sedangkan efektifitas hasil belajar siswa terlihat dari hasil N-gain 0,36 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media video berbasis SCL yang dikembangkan terbukti valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar peserta didik
KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI Taufiq Tsany Mahmud; Jonet Ariyanto Nugroho; Khresna Bayu Sangka
Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 9, No 1 (2022): PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jp.v9i1.17128

Abstract

This study aims to determine the effect of teacher creativity and parent attention contributions to learning motivation of students, teacher creativity on the learning motivation, and the effect of parent attention to the learning motivation. This research is a descriptive quantitative with the pupulation is student from SMKN in Sukoharjo regency, with number of sample was 343 student. The results of this study obtained that the F-count is higher than the F-table (67.068 > 3.00), so that the two independent variables have a simultaneous effect. The results of the T-count variables for teacher instructional creativity and parental attention were 3.802 and 8.434, respectively. Both are above the T-table (1.966). So that the two independent variables have a partial effect on students' learning motivationTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dan mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasinya adalah siswa SMK Negeri se kabupaten Sukoharjo. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 343 siswa. Pengumpulan datanya adalah menggunakan kuisioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini didapatkan kreativitas mengajar guru dan perhatian orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan yang ditunjukkan dari nilai F hitung (67,068) lebih besar dari F tabel (3,00). Signifikan diperoleh dari uji hipotesis dengan uji F yang bernilai 0,00 yang mana lebih kecil dari pada 0,05. Analisis koefisien determinasi vaiabel kreativitas mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 6,97%, perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil sebesar 21,28% dan sebesar 77,3% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 8