cover
Contact Name
ayumahyumi@gmail.com
Contact Email
ayumahyumi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jtk@fkip.unsri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ogan ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Tumbuh Kembang
Published by Universitas Sriwijaya
ISSN : 23557443     EISSN : 26570785     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD (P-ISSN: 2355-7443, E-ISSN: 2657-0785), adalah jurnal peer-review online yang bertujuan untuk menyediakan forum nasional bagi para peneliti, profesional, dosen, dan praktisi pendidikan pada semua topik yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Jurnal ini diterbitkan oleh PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya. Jurnal Tumbuh kembang terdiri dari naskah teknis berkualitas tinggi tentang kemajuan dan inovasi dalam pendidikan anak usia dini yang canggih; baik pendekatan teoretis dan pendekatan praktis yang berkaitan dengan perkembangan anak, psikologi, kurikulum dan semua hal yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini. Semua artikel yang diterbitkan dalam Jurnal tumbuh kembang dapat diakses secara bebas di situs website ini. Frekuensi terbitan: 2 Edisi per tahun (Mei dan November).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER" : 10 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MATA KULIAH MATEMATIKA AWAL ANAK USIA DINI MELALUI PENGGUNAAN HASIL PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH syafdaningsih syafar
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.10767

Abstract

This class action research aims to improve students' ability to understand early mathematics courses in early childhood through the use of lecturer assignments at school. The study was conducted in two cycles. The action in cycle I is to give assignments to students to make plans for implementing daily learning and practice them using the learning process in kindergarten. Based on the reflection of cycle I, then in the second cycle of action, students are given the task of making an educational play tool whose material is in accordance with the design of daily learning plans that have been prepared in cycle I. The results of the study indicate an increase in students' ability towards understanding mathematics courses in early childhood which is indicated by the existence of educational play tools that have been prepared by students. At the beginning of learning (pre-test) the average score is 6.0 while the average score at the end of the learning (post-test) is 7.8. This shows that there is a significant improvement in the ability of students in early mathematics courses in early childhood through the use of lecturer assignments at school.
EKSISTENSI KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI Sri Yulia Sari; Aris Dwi Nugroho; Indrawati Indrawati
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9961

Abstract

Keluarga  merupakan  benih akal penyusunan kematangan individu struktur kepribadian dan karakter anak usia dini.  Anak usia dini  mengikuti orang tua dari berbagai kebiasaan  dan  perilaku dengan demikian keluarga adalah elemen pendidikan lain yang paling nyata, tepat dan amat besar. Keluarga adalah salah satu elemen pokok pendidikan, menciptakan proses naturalisasi sosial, membentuk karakter dan kepribadian anak usia dini serta memberi berbagai kebiasaan baik. Keluarga sebagai tempat bernaung, merupakan wadah penempaan karakter individu anak usia dini
Pengembangan Video Animasi Berbasis Sains Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Prima Palembang Fitri Nurmalasari
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.10086

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul Pengembangan Video Animasi Berbasis Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Melati Prima Palembang, bertujuan untuk mengembangkan produk media animasi berbasis sains pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK yang valid dan praktis. Pengembangan dilakukan menggunakan model ADDIE dan evaluasi formatif Tessmer. Model pengembangan ADDIE ada lima tahap, yaitu tahap analysis, design, development, implementation, evaluation. Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif Tessmer dengan empat tahap, yaitu tahap self evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, observasi dan dokumentasi. Hasil expert review diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,58 dengan kategori sangat valid karena dari segi materi dengan aspek validitas isi dan validitas konstruk yakni kesesuaian pembelajaran untuk anak dan kesesuaian dengan kebutuhan serta perkembangan anak usia 5-6 tahun. Produk video animasi berbasis sains dinyatakan sangat valid karena sesuai dengan desain tampilan, penyajian, penggunaan font, tampilan pada layar dan suara. Tahap one to one evaluation anak terhadap penggunaan video animasi didapatkan rata-rata hasil observasi sebesar 81,9% dengan kategori sangat praktis dan pada tahap small group evaluation didapatkan hasil sebesar 71,5% dengan kategori praktis karena sesuai dengan indikator penilaian observasi yakni antusias dalam menggunakan media, kemudahan dalam menunjukkan jumlah ikan pada game, mentaati petunjuk penggunaan game.
ANALISIS PEMAHAMAN GURU PADA PEMBELAJARAN TRANSISI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANAK Rizki Winitri
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9914

Abstract

Pemahaman pembelajaran transisi, matematika, studi literatur
Paradigma Pendidikan Seni; Belajar Melalui Seni Dalam Pendidikan Anak Usia Dini R Angga Bagus Kusnanto
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9933

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pentingnya seni dihadirkan dalam pendidikan anak usia dini. Tujuan  pendidikan seni bukan untuk menjadikan anak sebagai seorang seniman melainkan membina kreativitasnya sedini mungkin. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan penggunaan payung paradigma fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, paradigma belajar melalui seni dalam dunia anak menuntut bahwa seni sebagai media pembelajaran yang melibatkan anak turut serta dalam proses kreatif guna anak mendapatkan banyak pengetahuan lain untuk mencapai tujuan pendidikan. Kedua, bentuk pembelajaran berbasis seni bersifat multilingual, multidimensional dan multikultural. Anak tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang seni melainkan ada upaya dalam membangun sebuah konsep pelajaran lain. Maka dari itu, belajar melalui seni bersifat konstruktif bagi perkembangan kognitif anak karena melibatkan pengalaman artistik serta pengetahuan lain yang didapat oleh anak melalui pembelajaran melalui seni.
MEDIA KARTU “HIPAT” SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN PAUD DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 arwendis wijayanti
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9899

Abstract

Artikel ini merupakan kajian mengenai Media Kartu “HIPAT” sebagai Inovasi Pembelajaran PAUD di Era Revolusi Industri 4.0. Tujuan dari kajian ini adalah mendeskripsikan pentingnya inovasi pembelajaran PAUD melalui kartu HIPAT. Salah satu kemampuan yang akan dikembangkan menggunakan kartu HIPAT yaitu kemampuan berhitung permulaan. Hal ini didasari dari tuntutan orang tua yang menginginkan anak mereka menguasi calistung sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pendidik dalam berinovasi tentang media pembelajaran. Tentunya sesuai dengan standar PAUD yang dikeluarkan dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014. PAUD yang dilaksanakan harus berdasarkan prinsip pembelajaran PAUD dan sesuai dengan ketentuan standar nasional. Dengan adanya media kartu HIPAT sebagai Inovasi Pembelajaran PAUD memberikan pemahaman pada anak terhadap kemampuan berhitung secara mudah, menyenangkan dan menjadi bagian dari kehidupan anak sehari-hari. Media kartu HIPAT sebagai Inovasi Pembalajaran PAUD sehingga diharapkan memberikan kontribusi positif di Era Revolusi Industri 4.0.Kata Kunci: Media Kartu HIPAT; Berhitung Permulaan; Pembelajaran PAUD.
PENERAPAN METODE PERMAINAN AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA DAUR ULANG SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK DI PAUD PERMATA HATI Hasan Hasan
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9935

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah terhadap peningkatan kepedulian anak dalam menjaga lingkungan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru di lapangan, peneliti menemukan bahwa kepedulian dan inisiatif anak untuk menjaga lingkungan masih sangat rendah, salah satunya anak masih membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan guru hanya memberikan stimulasi secara verbal tanpa memberikan contoh konkret yang menarik bagi anak dalam menjaga lingkungan dan pemanfaatan sampah. Oleh karena itu peneliti tertarik melakukan penelitian dengan menerapkan metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah untuk meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen, dilakukan melalui pendekatan permainan aktif dengan menggunakan media daur ulang sampah di PAUD Permata Hati. Peneliti menciptakan 4 permainan aktif, yaitu : 1) permainan bowling botol; 2) permainan bola dus; 3) permainan lari kresek; 4) permainan lompat tali berwarna. Pengambilan data dilakukan sebanyak 5 kali. 1 kali pretest, 3 kali perlakuan dan 1 kali post test. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode permainan aktif menggunakan media daur ulang sampah terhadap peningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak di PAUD Permata Hati.
PENERAPAN YOGA DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN DISIPLIN ANAK USIA DINI Harliana _ Harliana
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9891

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan tentang hasil penerapan yoga dalam menstimulasi kemampuan disiplin anak usia dini di PAUD Bali Public School Denpasar. Subjek penelitian terdiri dari para siswa PAUD berusia empat hingga enam tahun, guru, kepala PAUD, instruktur yoga serta, kegiatan yoga itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan, studi dokumentasi. Analisis data dilakukan saat proses penelitian sedang berlangsung (on going process). Data dinalisis secara deskriptif melalui pengumpulan data yang diperoleh di lapangan berupa lembar hasil observasi, catatan hasil wawancara dan, dokumen yang relevan dengan fokus penelitian.Tahap analisis data kualitatif terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu: (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan kesimpulan atau verifikasi data.  Kegiatan yoga dikemas dalam bentuk permainan dan story telling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah anak mengikuti kegiatan yoga secara rutin selama tiga hingga enam bulan terjadi perubahan yang signifikan dalam sikap disiplin. Hal ini dapat dilihat langsung saat anak mengikuti kegiatan selama disekolah antara lain;anak mulai bisa berbaris masuk kelas dengan rapi tanpa saling dorong, mengantri saat kegiatan cuci tangan, dapat mengikuti aturan main yang sudah disepakati, mengembalikan alat/benda yang sudah digunakan ketempatnya semula dan, kesekolah tepat waktu. Kata Kunci: disiplin, anak usia dini, yoga  ABSTRACTThis study describes the results application of yoga in stimulating ability of early childhood discipline at PAUD Bali Public School Denpasar. Research subjects consisted of students four to six years old, teachers, headmaster, yoga instructors and yoga activities. Data collection is done by observation, interview and documentation studies. Data analysis is carried out on going process. Descriptive data analysis through data collection obtained in the field in the form of observation sheets, records of interview results and documents relevant to the focus of the research. The qualitative data analysis phase consists of three lines of activities that occur simultaneously, namely: (1) data reduction; (2) data presentation; and (3) drawing conclusions or verifying data. Yoga activities are packaged in the form of games and story telling. The results of the study showed that after children routinely participated in yoga activities for three to six months there was a significant change in discipline. This can be seen directly when the child follows the activities during school, among others: children begin to line up in class neatly without pushing each other, queuing during handwashing activities, can follow the agreed rules of the game, return the tools / objects that have been used to their place and , go to school on time.Keywords: discipline, early childhood, yoga
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN DAN ALAT PERMAINAN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN. aru fendra kurniawan
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9900

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk buku panduan bermain dan alat permainan berbasis scientific approach untuk anak usia 5-6 tahun yang valid dan praktis. jenis penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree dan evaluasi tesmerPenelitian ini melibatkan guru dan  peserta didik kelompok B atau yang berusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian Rowntree dengan tiga tahap yaitu perencanaan, pengembangan, evaluasi. Pada evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tesmer  yang terdapat empat tahapan yaitu tahap self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik data adalah walktruogh, observasi, wawancara, angket. Pada hasil yang diperoleh pada tahap validasai materi dan media mendaptkan nilai rata – rata 86% dengan yang terdiri dari validasi isi, validasi konstruk dan validasi media dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil perolehan dari analisis data obsrvasi anak tahap one-to-one mendapatkan hasil rata – rata 88 % dan ,small group memperoleh hasil rata-rata 92%. Kemudian hasil perolehan rata - rata dari  kedua tahap analisis data yaitu tahap one-to-one dan small group tersebut persetase yang di dapatkan sebesar 90 % dengan kategori sangat praktis dengan indikator. praktis disini buku dapat membantu guru dalam menyediakan alat permaianan, mempermudah guru dalam menggunkan buku panduan tersebut untuk memandu kegiatan bermain anak dan dapat megetahuai perkembangan anak. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa buku panduan bermain dan alat permainan berbasis scientific approach untuk anak usia 5-6 tahun telah valid dan praktis sehingga dapat di gunakan dilapangan dan dilanjutkan ke tahap field test . Kata kunci : Pengembangan Buku Panduan, Bermain, Scientific approach        
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (TELAAH DALAM PERMENDIKBUD 146 TAHUN 2014 ) TERHADAP KURIKULUM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI lusi marlisa
Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD Vol 6, No 2 (2019): JURNAL TUMBUH KEMBANG EDISI NOVEMBER
Publisher : FKIP Universitas sriwijaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36706/jtk.v6i2.9895

Abstract

Kontradiksi dalam kurikulum 2013 saat ini masih menjadi polemik, dikarenakan peralihan dari kurikulum tingkat satuan pendidikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan KTSP beralih menjadi kurikulum 2013. Pengembangan kurikulum dan konsep pembelajaran pada kurikulum ini masih terdapat kesenjangan pada beberapa sekolah dalam pengaplikasiannya. Konsep pembelajaran yang berpusat pada anak dengan menggunakan pendekatan saintifik, masih menjadi pembelajaran yang harus dikaji lebih dalam oleh para praktisi pendidikan anak usia dini, sehingga dalam implementasinya pada saat ini diperlukan sosialisasi lebih lanjut. Pedoman pembelajaran yang digunakan melalui pendekatan saintifik memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada anak dan mendorong anak-anak untuk berpikir lebih kritis, analisis, dan kemampuan dalam memcahkan masalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran bersifat saintifik. Kemudian, manfaat yang akan dirasakan dalam Mengembangkan berpikir saintifik sejak usia dini akan mempermudah transfer keterampilan saintifik yang mereka miliki menjadi area akademik yang dapat mendukung prestasi akademik saat anak masuk jenjang SD, SMP,SMA, dan perguruan tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10