cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
malihpeddas@gmail.com
Editorial Address
Universitas PGRI Semarang Jl. Sidodadi Timur No. 24 -Dr. Cipto, Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
MALIH PEDDAS
ISSN : 20885792     EISSN : 25806513     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1" : 17 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU KELAS IV SDN 2 KALILUMPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021 zuliazani, Beta amalia; -, Darsimah -; -, Veryliana Purnamasari
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8813

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kogitif siswa melalui model Think Pair Share. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalilumpang dengan populasi 21 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel bertujuan sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share dapat dilakukan dengan langkah-langkah : a. Think (berfikir secara individual), b. Pair (berpasangan dengan teman sebangku), dan c. Share (berbagi jawaban dengan pasangan lain atau seluruh kelas). Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata sebesar 57,5, siklus II menjadi 50% dengan rata-rata sebesar 65, dan siklus III meningkat menjadi 90% dengan rata-rata 78,5.
PROFIL KEMAMPUAN ANALISIS MATERI MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERORIENTASI HIGH ORDER THINKING SKILL Susiloningsih, Wahyu
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.9170

Abstract

Memasuki abad 21 dimana seluruh sector di dunia mengalami perkembangan baik teknologi, politik, dan pendidikan. Pendidikan merupakan dasar untuk menyiapkan SDM agar bisa mengikuti perkembangan. Dalam melaksanakan pembelajaran diperlukan suatu perencanaan yang matang. Mata kuliah perencanaan pembelajaran merupaan mata kuliah yang menuntut mahasiswa kreatif dan inovatif dalam merencanaan pembelajaran melalui salah satu kompetensi analisis materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan analisis mahasiswa melalui model pembelajaran kontekstual berbasis high order thinking skill. Model pembelajaran kontekstual secara tidak langsung menuntut guru dan mengajak siswa untuk belajar mengaitkan materi dengan kehidupan nyata di lingkungan sekitar. Model pembelajaran kontekstual menuntut siswa berpikir tingkat dan mancari  makna  konteks  sesuai  dengan  situasi  nyata  lingkungan  seseorang,  dan itu  dapat  terjadi  melalui  pencarian  hubungan  yang  masuk  akal  dan  bermanfaat. Hal ini sejalan dengan konsep pembelajaran HOTS dimana dalam menyelesaikan masalah peserta didik diajak untuk berfikir kritis dalam menghadapi proses pembelajaran atau materi yang sudah disiapkan , kritis dimaksudkan cara berfikir dengan menggunakan logika mencari konteks materi sesuai dengan kehidupan nyata siswa, sehingga akan berdampak pada kecerdasan dalam menganalisia masalah, mengevaluasi dan menyelesaikan masalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan analisis pada mata kuliah perencanaan yang selajutnya di trianggulasi dengan instruement observasi akivitas mahasiswa. Hasil tes pada mahasiswa yang memiliki kemampuan analisis materi dengan katagoeri sangat baik sejalan dengan hasil observasi yang diamati bahwa akyvitas mahasiswa selama proses perkuliahan dinyatakan aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan analisis materi mahasiswa dikategorikan baik melalui perkuliahan menggunakan model pembelajaran kontektual berorientasi high order thinking skill. Berdasarkan kesimpulan, disarankan untuk pendidik baik guru dan dosen sebaiknya melaksanakan perencanaan sebelum melaksanakan pembelajaran agar tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan dapat tercapai secara optimal.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA SISWA KELAS III SDN LAMBANGAN WETAN Wulandari, Santi; Kusumaningsih, Widya; Suciana, Fransiska
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8763

Abstract

Dalam pembelajaran kelas III tema 8 perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Maka dari itu perlu menentukan model pembelajaran yang sesuai, merencanakan materi terlebih dahulu, menyusun strategi belajar mengajar, dan media ajar. Hasil pengamatan awal pada rata-rata nilai peserta didik pada Pra Siklus yang tuntas KKM adalah sebanyak 5 peserta didik (19%) dan sebanyak 21 peserta didik (71%) belum lulus KKM. Hal ini menunjukkan masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitan ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III dalam tema 8 pada muatan pelajaran matematika, Bahasa Indonesia dan SBdP dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis Blended Learning. Pada Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus dengan 2 pertemuan pada masing-masing siklusnya. Hasil penelitian Siklus I pertemuan pertama yang tuntas KKM adalah sebanyak 9 peserta didik (35%), pada pertemuan kedua yang tuntas KKM adalah sebanyak 12 peserta didik (46%). Pada siklus II pertemuan pertama yang tuntas KKM adalah sebanyak 15 peserta didik (58%), pada pertemuan kedua yang tuntas KKM adalah sebanyak 16 peserta didik (65%). Dan pada siklus III pertemuan pertama yang tuntas KKM adalah sebanyak 18 peserta didik (69%), pada pertemuan kedua yang tuntas KKM sebanyak 19 peserta didik (73%) sehingga telah mencapai nilai KKM yang ditentukan. Hasil tersebut menunjukan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning berbasis Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran kelas III tema 8 pada muatan pembelajaran matematika, Bahasa Indonesia dan SBdP.
Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik pada Pembelajaran Tema8 Kelas IV SD Supriyadi Semarang Azizah, Mafrikhah
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8895

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu keaktifan belajar Pembelajaran Tematik yang masih rendah karena model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi, pembelajaran kurang interaktif, sehingga peserta didik kurang termotivasi dalam pembelajaran. Tujuan: “Meningkatkan keaktifan  belajar  peserta didik, aktivitas pendidik dan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Tema 8 Kelas IV SD Supriyadi Semarang melalui Model Project Based Learning”. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya yaitu peserta didik Kelas IV A SD Supriyadi Semarang sebanyak 32 terdiri dari 20 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Model Project Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. Pada prasiklus skor nilai keaktifan peserta didik sebesar 2,3 dengan kategori kurang aktif. Setelah dilakukan tindakan Siklus I, skor nilai keaktifan belajar peserta didik naik menjadi 3,1 dengan kategori cukup aktif, Siklus II menunjukkan kenaikan skor menjadi 4,0 dengan kategori aktif. Dan meningkat kembali pada Siklus III dengan skor 4,3 kategori aktif. Model ini juga menunjukkan peningkatan aktivitas pendidik pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. Pada Siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 72,5% dengan taraf keberhasilan cukup, Siklus II sebesar 79% dengan taraf keberhasilan baik, sedangkan pada Siklus  III sebesar 95% taraf keberhasilan sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada Siklus I 62,5% “kurang”, Siklus II 68,8% “cukup”, Siklus III 84,4% dengan taraf keberhasilan “baik”.Kata Kunci: keaktifan, project based learning, tematik
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN TEKS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 3 DI SD NEGERI DAMPYAK 02 KABUPATEN TEGAL Rahmawati, Sofiyana; Sumarno, Sumarno; Aziz, Alimuddin
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8849

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis ringkasan teks pada pembelajaran tematik kelas 3 dengan menggunakan model Quantum Teaching di SDN Dampyak 02.Jenis penelitian yang dilaukakn yaitu penelitan tindakan kelas (classroom action research), penelitian yang dilakukan terdiri atas tiga siklus dimana setiap siklus terdiri atas 1 kali pembelajaran adapaun dalam setiap pembelajaran dilakukan beberapa tahap seperti perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Dampyak 02, subyek penelitian yaitu siswa kelas III yang berjumlah 14 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keterampilan menulis siswa pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa kelas III. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kinerja menulis. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II dan III. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia (keterampilan menulis) siswa kelas III SDN Dampyak 02  Tahun Ajaran 2020/2021 sebesar 13%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata presentase hasil belajar Bahasa Indonesai (keterampilan menulis) siswa pada siklus 1 sebesar 36% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 71% pada siklus III yang ada pada kriteria tinggi 100%. Dengan demikian penerapan model Quantum Teaching mampu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia (ketrampilan menulis) siswa kelas III SDN Dampyak 02.Kata Kunci: Quantum Teaching, hasil belajar bahasa Indonesia,(keterampilan menulis).
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TEMA 8 KELAS V SDN RANDUSANGA WETAN 01 Nurfadilah, Diyah; Kusumaningsih, Widya; Suciana, Fransiska
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8757

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model Discovery Learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SDN Randusanga Wetan 01 Kecamatan Brebes berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar angket kinerja guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan keaktifan siswa melalui model Discovery Learning dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah: a. stimulation (pemberian rangsangan), problem statement (pernyataan / identifikasi masalah), data collection (pengumpulan data), data processing (pengolahan data), verification (pembuktian), generalization (menarik kesimpulan/generalisasi). Hal ini dapat dilihat dari pengolahan data skor rata-rata keaktifan siswa pada pra siklus 50% (rendah), pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 58% (sedang), mengalami peningkatan kembali pada siklus II 74% dan siklus III 80%. Seiring dengan pengolahan data keaktifan siswa oleh observer pada siklus I skor keaktifan siswa 65% (sedang) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 72% (tinggi) dan siklus III mengalami peningkatan kembali 80% (tinggi). Selain itu kinerja guru dengan pembelajaran menggunakan model discovery learning  memperoleh skor siklus I  dari 74% (tinggi) meningkat pada siklus II menjadi 78% (tinggi) dan mengalami peningkatan menjadi 81% (tinggi) pada siklus III.Kata Kunci: Keaktifan, Discovery Learning
PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TEMA 8 KELAS IV SDN 2 CANDIROTO TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Pratiwi, Meilina Intan; Sumarno, Sumarno; Aziz, Alimuddin
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8846

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini untuk dapat mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning.  Model pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar belum optimal, untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran. Dengan kondisi tersebut tujuan penelitian tindakan kelas “Seberapa Besar Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem  Based  Learning  Tema 8 Kelas IV SDN 2 Candiroto Tahun pelajaran 2020/2021?”. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Candiroto, Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal pada semester II tahun pelajaran 2020/2021 dengan subjek penelitian berjumlah 15 siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus setiap siklus satu pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibuktikan hasil data penelitian sebagai berikut, Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 74, persentase ketuntasan klasikal 67%. Pada siklus II nilai rata-rata 81 dan persentase klasikal 86% Dan pada siklus III ini nilai rata-rata 91 persentase ketuntasan klasikal 93%. Hasil penelitian pada motivasi belajar siswa pada siklus I skor 2,8 (C), siklus II skor 4,1 (A), dan Siklus III skor 4,5 (A). peningkatan tersebut membuktikan bahwa penelitian tersebut berhasil.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL KOTA KUDUS TEMA 7 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KELAS III SD 2 PURWOSARI Nawawi, Agus; Reffiane, Fine; Karsono, Karsono
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8873

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada peserta didik kelas III SD 2 Purwosari keterampilan membaca pemahaman belum optimal. Hal tersebut karena keterbatasan media yang masih belum memanfaatkan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran. Buku teks yang beredar dicetak secara nasional sehingga memiliki kelemahan yaitu masih terdapat contoh-contoh yang tidak ada di lingkungan siswa dan contoh-contoh yang diberikan kurang sesuai dengan daerah tempat tinggal siswa sehingga siswa tidak memiliki pengetahuaan awal atau pondasi terhadap materi yang dipelajari. Perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan pengembangan media dan bahan ajar membaca berbasis lokal Kecamatan Kota Kudus yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran dalam keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik.Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus 1 sebesar 72 dengan ketuntasan 42%, rata-rata kelas pada siklus 2 sebesar 76 dengan ketuntasan 55% dan rata-rata kelas pada siklus 3 mencapai 84 dengan ketuntasan 90%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas III SD 2 Purwosari Kudus dan kualitas pembelajaran mengalami peningkatan dengan menggunakan bahan ajar berbasis lokal Kudus.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD N 6 GETAS MENGGUNAKAN LKPD ONLINE DENGAN APLIKASI LIVEWORKSHEET.COM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG Retno, Ponco Dewi
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8865

Abstract

Dalam pembelajaran daring, hasil belajar peserta didik rendah yang disebabkan oleh banyak peserta didik yang tidak mengerjakan LKPD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V SD N 6 Getas menggunakan LKPD online dengan aplikasi liveworksheet.com, dan untuk mengetahui penggunaan LKPD online dengan aplikasi liveworksheet.com. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian kelas 5 SD N 6 Getas, Kec. Singorojo Kendal tahun pelajaran 2020/2021 pada muatan pelajaran matematika materi bangun ruang. Instrumen penelitian ini meliputi lembar pengamatan guru, peserta didik, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah penerapan LKPD online dengan aplikasi liveworksheet.com mata pelajaran matematika materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar pada siklus 1,2, dan 3. Perbandingan hasil belajar pada siklus 1,2,3 yaitu rata –rata 66, 72 dan 75,5, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus 1,2,3 yaitu 74 %, 82 % , 88 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan LKPD online dengan aplikasi liveworksheet.com mata pelajaran matematika materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar hasil belajar peserta didik kelas V SD N 6 Getas muatan pelajaran matematika materi bangun ruang.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASE LEARNING SECARA DARING TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV SD Aji, Sulistyo
Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/malihpeddas.v11i1.8931

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat dan penggunaan media yang efektif dalam pembelajaran tema 9 kayanya negeriku kelas IV. Seringkali penerapan model pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar masih belum diterapkan secara optimal dan terus menerus, untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran misalnya Problem Based Learning yang dapat di terapkan pada materi tema 9 kayanya negeriku di kelas IV. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN 2 Turunrejo Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal pada semester II tahun pelajaran 2020/2021 selama 2 bulan dari bulan April sampai bulan Mei, dengan subjek penelitian berjumlah 19 siswa kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus setiap siklus dua kali pertemuan dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes evaluasi untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dibuktikan dengan hasil data penelitian sebagai berikut, Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Turunrejo pada siklus I di peroleh nilai rata-rata 78 dengan persentase ketuntasan klasikal 85%. Pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 82 dan persentase klasikal 95% Dan pada siklus ketiga ini dengan nilai rata-rata 88 dengan persentase ketuntasan klasikan 100%. Walaupun hanya sedikit peningkatan pada setiap siklusnya, data hasil peningkatan tetap masih menunjukkan bahwa penelitian ini mencapai indikator keberhasilan yaitu 75%.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 15, No 1 (2025): Malih Peddas, Volume 15, Nomor 1 Vol 14, No 2 (2024): Malih Peddas, Volume 14, Nomor 2 Vol 14, No 1 (2024): Malih Peddas, Volume 14, Nomor 1 Vol 13, No 2 (2023): Malih Peddas, Volume 13, Nomor 2 Vol 13, No 1 (2023): Malih Peddas, Volume 13, Nomor 1 Vol 12, No 2 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 2 Vol 12, No 1 (2022): Malih Peddas, Volume 12, Nomor 1 Vol 11, No 2 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 2 Vol 11, No 1 (2021): Malih Peddas, Volume 11, Nomor 1 Vol 10, No 2 (2020): Malih Peddas, Volume 10, Nomor 2 Vol 10, No 1 (2020): Malih Peddas, Volume 10, Nomor 1 Vol 9, No 2 (2019): Malih Peddas, Volume 9, Nomor 2 Vol 9, No 1 (2019): MALIH PEDDAS, Volume 9, Nomor 1 Vol 8, No 2 (2018): MALIH PEDDAS, Volume 8, Nomor 2 Vol 8, No 1 (2018): MALIH PEDDAS, Volume 8 Nomor 1 Vol 7, No 2 (2017): MALIH PEDDAS, Volume 7 Nomor 2 Vol 7, No 1 (2017): Malih Peddas, Volume 7, Nomor 1 Vol 6, No 2 (2016): Volume 6 Nomor 2 Des 2016 Vol 6, No 1 (2016): MALIH PEDDAS Vol 5, No 2 Desember 2015 (2015): Malih Peddas Vol 5, No 1 Juli 2015 (2015): MALIH PEDDAS Vol 5, No 2 (2015): Malih Peddas Vol 5, No 1 (2015): MALIH PEDDAS Vol 4, No 2 Desember 2014 (2014): MALIH PEDDAS Vol 4, No 1 Juli 2014 (2014): MALIH PEDDAS Vol 4, No 2 (2014): MALIH PEDDAS Vol 4, No 1 (2014): MALIH PEDDAS Vol 3, No 2 Desember 2013 (2013): MALIH PEDDAS Vol 3, No 1 Juli 2013 (2013): MALIH PEDDAS Vol 3, No 2 (2013): MALIH PEDDAS Vol 3, No 1 (2013): MALIH PEDDAS Vol 2, No 2/ Desember (2012): malih peddas Vol 2, No 2 (2012): malih peddas Vol 2, No 1 (2012): malih peddas Vol 2, No 1/ juli (2012): malih peddas Vol 1, No 2/ Desember (2011): MALIH PEDDAS Vol 1, No 2 (2011): MALIH PEDDAS Vol 1, No 1/ Juli (2011): MALIH PEDDAS Vol 1, No 1 (2011): MALIH PEDDAS More Issue