cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 4 (2024)" : 9 Documents clear
PERAN MOTIVASI KERJA MEMEDIASI PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP TURNOVER INTENTION Ida Bagus Ketut Widnyana; I Gusti Suwandana
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p05

Abstract

Turnover merupakan pengunduran diri karyawan dari suatu prusahaan. Tingkat turnover di Artini Bali Groups setiap tahunnya dari 2019-2021 selalu di atas 10 persen, dimana turnover intention ini merupakan keinginan karyawan untuk keluar dari perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran motivasi kerja dalam memediasi pengaruh kompensasi terhadap turnover intention. Penelitian ini dilakukan pada Artini Bali Groups dengan menggunakan metode non probability sampling khususnya sampling jenuh. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 51 responden yang merupakan karyawan dari Artini Bali Groups. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis dari penelitian ini yakni kompensasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap tingkat turnover intention, kompensasi berpengaruh positif dan sigifikan terhadap motivasi kerja, motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention, Motivasi kerja mampu memediasi pengaruh kompensasi terhadap turnover intention. Implikasi penelitian ini adalah pihak Artini Bali Groups dapat lebih meningkatkan motivasi kerja yang dimiliki karyawannya dengan memberikan kompensasi yang sesuai dengan beban kerja yang diberikan kepada karyawannya sehingga mampu mengurangi tingkat turnover intention keryawannya. Turnover is the resignation of employees from a company. The turnover rate at Artini Bali Groups every year from 2019-2021 is always above 10 percent, where this turnover intention is the desire of employees to leave the company. This study aims to determine the role of work motivation in mediating the effect of compensation on turnover intention. This research was conducted at Artini Bali Groups using non-probability sampling methods, especially saturated sampling. The number of respondents in this study were 51 respondents who were employees of Artini Bali Groups. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis, classical assumption test, path analysis and Sobel test. The results of the analysis of this study are that compensation has a negative and significant effect on the level of turnover intention, compensation has a positive and significant effect on work motivation, work motivation has a positive and significant effect on turnover intention, work motivation is able to mediate the effect of compensation on turnover intention. The implication of this research is that Artini Bali Groups can further increase the work motivation of its employees by providing compensation according to the workload given to its employees so as to reduce the level of turnover intention of its employees.
PENGARUH FAKTOR FUNDAMENTAL PERUSAHAAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERIODE PANDEMI COVID-19 I Wayan Mahesa Putra; I Gede Kanjeng Baskara
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p01

Abstract

Return saham merupakan keuntungan yang didapat oleh investor atas modal yang ditanamkan pada perusahaan yang menerbitkan saham. Adanya pandemi covid-19 menyebabkan perekonomian di Indonesia pada tahun 2020 menurun sesuai data BPS (Badan Pusat Statistik). Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja perusahaan, faktor fundamental, dan prospektus (laporan) perusahaan, serta dapat merubah pola perdagangan saham yang berpengaruh terhadap return saham perusahaan. Melihat fakta bahwa tidak ada kepastian mengenai return yang akan didapat, penting bagi investor melakukan analisis sebelum mengambil keputusan berinvestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh faktor fundamental perusahaan yang dilihat dari rasio keuangan yang diproksikan dengan rasio ROA, ROE, DER, EPS, PER, dan PBV terhadap return saham di perusahaan Indeks LQ45 pada masa pandemi covid-19 tahun 2020 dan 2021. Sampel sebanyak 40 perusahaan dengan tahun pengamatan selama 2 tahun sehingga diperoleh data sebanyak 80 amatan. Teknik analisis data menggunakan uji Regresi Linear Berganda. Berdasarkan hasil penelitian, ROA, ROE, DER, EPS, PER, dan PBV tidak berpengaruh terhadap return saham pada masa pandemi covid-19. Hal ini memberikan tambahan bukti empiris bahwa penelitian ini tidak sesuai dengan teori sinyal. Stock return is the profit obtained by investors for the capital invested in companies that issue shares. The existence of the covid-19 pandemic caused the economy in Indonesia to decline in 2020 according to BPS (Badan Pusat Statistik) data. This condition will affect company performance, fundamental factors, and company prospectuses (reports), and can change stock trading patterns that affect company stock returns. Seeing the fact that there is no certainty about the return to be obtained, it is important for investors to carry out an analysis before making an investment decision. The purpose of this study was to obtain empirical evidence regarding the influence of company fundamentals as seen from financial ratios proxied by the ratios ROA, ROE, DER, EPS, PER, and PBV on stock returns in LQ45 index companies during the covid-19 pandemic in 2020 and 2021. A sample of 40 companies with a year of observation for 2 years so that 80 observations were obtained. Data analysis technique using Multiple Linear Regression test. Based on the research results, ROA, ROE, DER, EPS, PER, and PBV have no effect on stock returns during the covid-19 pandemic. This provides additional empirical evidence that this study is not in accordance with signaling theory.
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, KEPUASAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI APOTEK ANUGERAH I Made Dwi Satria Pramartha; I Gusti Bagus Honor Satrya
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p06

Abstract

Sumber daya manusia yang terampil dan profesional akan mempengaruhi keberhasilan perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Apotek Anugerah, yang merupakan apotek dengan beberapa cabang di Denpasar. Apotek perlu memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk meningkatkan kualitas hidup dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis pengaruh dan hubungan variabel terkait stres kerja dan kinerja pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran dari lingkungan kerja, kepuasan kerja, dan stres kerja terhadap kinerja pegawai. Penelitian ini menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu kuisioner dan wawancara. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi responden. Penelitian ini menemukan hasil bahwa lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Apotek Anugerah; kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Apotek Anugerah; stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Apotek Anugerah. Implikasi teoritis penelitian ini memberi sumbangan terhadap teori atribusi (attribution theory). Implikasi praktis penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dan masukan bagi kepala tiap cabang Apotek Anugerah dalam meningkatkan kinerja pegawainya. Skilled and professional human resources will influence the success of the company. This research was conducted at Anugerah Pharmacy, which is a pharmacy with several branches in Denpasar. Pharmacies need to provide quality health services to improve quality of life and consumer satisfaction. This research uses associative research methods with a quantitative approach to analyze the influence and relationship of variables related to work stress and employee performance. This research aims to examine the role of the work environment, job satisfaction, and work stress on employee performance. This research uses several data collection methods, namely questionnaires and interviews. The Likert scale is used to measure respondents' attitudes, opinions and perceptions. This research found that the work environment had a positive and significant effect on the performance of Anugerah Pharmacy employees; job satisfaction has a positive and significant effect on the performance of Anugerah Pharmacy employees; Work stress has a negative and significant effect on the performance of Anugerah Pharmacy employees. The theoretical implications of this research contribute to attribution theory. The practical implications of this research are material for consideration and input for the heads of each Anugerah Pharmacy branch in improving the performance of their employees.
PERAN KEPUASAN MEMEDIASI KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN Tasya Husna Alfareza; I Putu Gede Sukaatmadja
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p02

Abstract

Perkembangan zaman menyebabkan banyak jenis usaha bermunculan ditengah kalangan masyarakat Indonesia, salah satu usaha yang saat ini banyak dilakukan adalah bisnis di bidang kuliner. Berbagai macam usaha yang bermunculan menyebabkan persaingan semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan bagaimana kepuasan berperan sebagai mediator antara pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Kober Mie Setan di Kota Denpasar. Penelitian ini melibatkan 140 responden dengan data dikumpulkan melalui kuesioner berdasarkan skala Likert. Metode analisis yang digunakan termasuk path analysis, uji sobel, dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan; kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan; kepuasan merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan pada produk Kober Mie Setan di Kota Denpasar. Implikasi teoretis dari penelitian ini mendukung konsep teori dan penelitian terdahulu serta kajian terkait teori perilaku konsumen. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pihak manajemen Kober Mie Setan konsisten dalam menjaga kualitas produk yang disajikan dan meningkatkan kepuasan yang berimplikasi terhadap loyalitas pelanggan. The advancement of time has led to the emergence of various types of businesses among the Indonesian society, with one prevalent field being the culinary industry. The increasing number of businesses has resulted in intensified competition. The aim of this research is to examine and elucidate how customer satisfaction acts as a mediator between the influence of product quality and customer loyalty in the context of Kober Mie Setan's product in Denpasar City. The study involved 140 respondents, and data was collected using a Likert scale-based questionnaire. The analysis methods employed included path analysis, Sobel test, and VAF test. The results showed that product quality and satisfaction had a positive and significant effect on customer loyalty; product quality has a positive and significant effect on satisfaction; Satisfaction is a partially mediating variable for the effect of product quality on customer loyalty to Kober Mie Setan products in Denpasar City. The theoretical implications of this study support theoretical concepts and previous research and studies related to consumer behavior theory. The practical implication of this research is that Kober Mie Setan management is consistent in maintaining the quality of the products served and increasing satisfaction which has implications for customer loyalty.
PERAN BRAND LOVE MEMEDIASI PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP POSITIF WORD OF MOUTH PADA MASSIMO GELATO Ni Putu Ageng Suda Indrayani; I Gde Ketut Warmika
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p07

Abstract

Dunia kuliner saat ini sangat berkembang pesat khususnya pada minuman dan es krim sebagai dessert & beverage. Hal ini menimbulkan persaingan diantara pelaku usaha untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya, termasuk pada Massimo Gelato Restaurant. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami peran brand love dalam memediasi pengaruh brand image terhadap positif word of mouth. Penelitian ini melibatkan 130 responden yang merupakan konsumen Massimo Gelato di Denpasar dimana jawaban responden dikumpulkan secara online melalui formulir Google Form. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif word of mouth, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand love, brand love berpengaruh positif dansignifikan terhadap positif word of mouth, dan brand love memediasi secara parsial hubungan antara brand image dan positif word of mouth pada produk Massimo Gelato. The culinary world is currently experiencing rapid growth, especially in the realm of beverages and ice cream as desserts & beverages. This has led to fierce competition among businesses to excel in their fields, including Massimo Gelato Restaurant. The aim of this research is to understand the role of brand love in mediating the influence of brand image on positive word of mouth. The study involved 130 respondents who are consumers of Massimo Gelato in Denpasar, and their responses were collected online through a Google Form. The path analysis technique was used for data analysis. The results of this research indicate that brand image has a positive and significant effect on positive word of mouth. Additionally, brand image has a positive and significant influence on brand love. Furthermore, brand love has a positive and significant impact on positive word of mouth. Moreover, brand love partially mediates the relationship between brand image and positive word of mouth for Massimo Gelato products.
PENGARUH HARGA, PROMOSI PENJUALAN, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS COFFEE DI BALI Muhammad Rifandy Taufik; Tjokorda Gde Raka Sukawati
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p03

Abstract

Inovasi teknologi internet sangat mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pemilihan keputusan berbelanja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan pengaruh dari harga, promosi penjualan, dan citra dari merek pada penjualan Starbucks Coffee. Sampel penelitian berjumlah 200 responden diperoleh melalui metode penyebaran kuesioner online menggunakan Google Forms bertujuan untuk menjelaskan pengaruh antara harga, promosi penjualan, dan citra merek terhadap keputusan pembelian waralaba Starbucks Coffee di Bali. Analisis Regresi Linier Berganda, Uji Asumsi Klasik, Uji t (Uji Parsial), Uji F (Uji Simultan), dan Uji Koefisien Determinasi (R Square) adalah metode analisis yang digunakan. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan harga dari suatu produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, kemudian promosi dan citra merek penjualan berpengaruh positif dan relevan terhadap keputusan pembelian. Harga, promosi penjualan, dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan membantu Starbucks Coffee Bali memberikan pengalaman pelanggan yang baik dan memberikan penilaian yang tepat sehingga persepsi pelanggan memengaruhi keputusan pembelian mereka. The development of internet technology has a significant impact on how consumers choose to purchase. The purpose of this study is to clarify how pricing, sales promotions, and brand perception affect Starbucks consumer. 200 people online are gathered as sample in form of Google questionares. Multiple Linear Regression analytical, the Classical Assumption Test, the T Test (Partial Test), the F Test (Simultaneous Test), and the Coefficient of Determination Test (R Square) are the analytical methods employed. The results of this study suggest that the price of items in a coffee shop has a negative and significant impact onpersonal purchasing decisions. Furthermore Sales promotions influence purchases in a good and substantial way. Brand reputation frequently has a favorable effect on individual purchase choices. Pricing, promotions, and brand image all have a big influence on what people decide to buy. The purpose of this study is to advise Starbucks coffee Bali on how to constantly provide customers a positive experience and how to get consumers to give an accurate evaluation so that perception can influence purchase decisions.
PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN SABUN MANDI MEREK LIFEBUOY DI KOTA DENPASAR Ni putu Yeni Diahandari; I. Gst. Ngurah Jaya Agung Widagda; I. Gusti Ayu Ketut Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p08

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran citra merek memediasi pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap loyalitas pelanggan sabun mandi merek Lifebuoy di Kota Denpasar. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan responden sebanyak 104 orang yang menggunakan sabun mandi merek Lifebuoy dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini tidak terbatas karena ukuran penelitian yang besar. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuisioner melalui google form dengan menggunakan media sosial whatsapp. Hasil penelitian menemukan bahwa kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kredibilitas celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan mampu memediasi secara signifikan pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini adalah semakin baik kredibilitas celebrity endorser sabun mandi Lifebuoy, maka akan semakin baik citra merek yang dimiliki sabun mandi Lifebuoy. Dengan semakin baiknya citra merek, maka akan menjadi salah satu peran yang penting untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sabun mandi Lifebuoy. This study aims to explain the role of brand image mediating the influence of celebrity endorser credibility on customer loyalty of Lifebuoy brand bath soap in Denpasar City. This research was conducted in Denpasar City with respondents as many as 104 people who used Lifebuoy brand bath soap using the purposive sampling method. The population used in this study was not limited due to the large size of the study. Data collection using questionnaire distribution through google form using whatsapp social media. The results found that the credibility of celebrity endorsers has a positive and significant effect on customer loyalty. The credibility of celebrity endorsers has a positive and significant effect on loyalty, brand image has a positive and significant effect on customer loyalty and is able to mediate significantly the influence of celebrity endorser credibility on customer loyalty. The use of celebrity endorsers with good credibility will improve brand image and maintain customer loyalty. The implication of this research is that the better the credibility of the celebrity endorser of Lifebuoy bath soap, the better the brand image of Lifebuoy bath soap. With a better brand image, it will play an important role in increasing customer loyalty for Lifebuoy body wash.
PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Ida Ayu Widya Santika Dewi; I Made Artha Wibawa
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p04

Abstract

Organizational Citizenship Behavior (OCB) merupakan kontribusi ekstra oleh karyawan untuk mengerjakan pekerjaan lebih dengan sukarela dan memiliki keinginan membantu rekan kerja dalam melakukan pekerjaannya yang memberikan manfaat terhadap perusahaan untuk meningkatkan hasil kinerja karywan dalam mencapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh organizational justice terhadap OCB yang dimediasi oleh komitmen organisasional di PT. Pertamina IT Manggis (Fungsi Marine Operation). Jumlah sampel yang digunakan 55 orang karyawan dengan metode sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi, serta studi pustaka. Data yang dikumpulkan tersebut kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa organizational justice berpengaruh positif terhadap OCB dan komitmen organisasional. Komitmen organisasional berpengaruh positif terhadap OCB. Komitmen organisasional memediasi pengaruh organizational justice terhadap OCB. Implikasi dari penelitian ini adalah PT. Pertamina IT Manggis (Fungsi Marine Operation) harus bersikap secara adil kepada karyawannya agar terbentuk perilaku OCB dan dapat meningkatkan komitmen organisasional. Organizational Citizenship Behavior (OCB) is an extra-role behavior or deep contribution from employees who are willing to work voluntarily outside of work without being paid, and want to help others in completing their tasks. OCB is very beneficial for companies because this behavior will encourage employee performance in doing all jobs. The aim of this research is to analyze the effect of organizational justice on OCB which is mediated by organizational commitment at PT. Pertamina IT Manggis (Marine Operation Function). The number of samples used was 55 employees with the saturated sample method. Data collection methods were carried out by questionnaires, interviews, observation, and literature study. The data collected is then analyzed using path analysis techniques (path analysis). The results of the study show that organizational justice has a positive effect on OCB and organizational commitment. Organizational commitment has a positive effect on OCB. Organizational commitment mediates the effect of organizational justice on OCB. The implication of this research is that PT. Pertamina IT Manggis (Marine Operation Function) must treat its employees fairly in order to form OCB behavior and increase organizational commitment.
PENGARUH IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN ORGANISASIONAL DENGAN KEPUASAN KERJA I Putu Indra Samyoga Edom Mulyana; Ida Bagus Ketut Surya
E-Jurnal Manajemen Vol 13 No 4 (2024)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i04.p09

Abstract

Komitmen karyawan terhadap perusahaan tidak tumbuh dengan sendirinya. Komitmen juga dipengaruhi oleh iklim organisasi di mana seorang karyawan bekerja. Fenomena terkait komitmen organisasional di Batu Karang Resort and Spa adalah karyawan menyatakan bersedia untuk meninggalkan perusahaan dan tidak memiliki rasa penyesalan jika mendapatkan tawaran yang menguntungkan dari perusahaan lain. Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasional dengan kepuasan kerja sebagai pemediasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik sampling jenuh dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 86 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional. Kepuasan kerja memediasi secara parsial pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen organisasional. Implikasi penelitian ini adalah perusahaan perlu mengadopsi strategi pengelolaan sumber daya manusia yang efektif, termasuk kebijakan kompensasi yang adil, peluang pengembangan karir, program pelatihan dan pengembangan, serta manajemen kinerja yang baik. Hal ini dapat membantu meningkatkan iklim organisasi, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional karyawan. Employee commitment to the company does not grow by itself. Commitment is also influenced by the organizational climate in which an employee works. The phenomenon related to organizational commitment at Batu Karang Resort and Spa is that employees state they are willing to leave the company and have no regrets if they receive a profitable offer from another company. The aim of this research is to analyze the influence of organizational climate on organizational commitment with job satisfaction as a mediator. The sampling technique used in this research was a saturated sampling technique with a total sample of 86 people. Data collection was obtained from the results of distributing questionnaires. The analysis techniques used are partial least square. The research results show that organizational climate has a positive and significant effect on organizational commitment. Organizational climate has a positive and significant effect on job satisfaction. Job satisfaction has a positive and significant effect on organizational commitment. Job satisfaction partially mediates the influence of organizational climate on organizational commitment. The implication of this research is that companies need to adopt effective human resource management strategies, including fair compensation policies, career development opportunities, training and development programs, and good performance management. This can help improve organizational climate, job satisfaction and employee organizational commitment.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 4 (2025) Vol 14 No 3 (2025) Vol 14 No 2 (2025) Vol 14 No 1 (2025) Vol 13 No 12 (2024) Vol 13 No 11 (2024) Vol 13 No 10 (2024) Vol 13 No 9 (2024) Vol 13 No 8 (2024) Vol 13 No 7 (2024) Vol 13 No 6 (2024) Vol 13 No 5 (2024) Vol 13 No 4 (2024) Vol 13 No 3 (2024) Vol 13 No 2 (2024) Vol 13 No 1 (2024) Vol 12 No 12 (2023) Vol 12 No 11 (2023) Vol 12 No 10 (2023) Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3 No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue