cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Articles 15 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012" : 15 Documents clear
Pengaruh Penerapan Metode Predict-Observe-Explain dengan Pendekatan Creative Problem Solving Nurliana, Hapsari Rifka; Santoso, Nurwachid Budi; Siadi, Kusoro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERBASIS ELABORATION STRATEGIES TERHADAP HASIL BELAJAR Puspitaningrum, Vika Rianti; Saptorini, Saptorini; Siadi, Kusoro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA Sulistyowati, Nastiti; Widodo, Antonius Tri Widodo Tri; Sumarni, Woro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMBELAJARAN VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK MENGGUNAKAN MEDIA SWISHMAX MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT Inayati, Ismi; Subroto, Tjahyo; Supardi, Kasmadi Imam
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata pelajaran kimia khususnya materi larutan elektrolit dan non-elektrolit merupakan mata pelajaran yang membutuhkan pemahaman konsep. Kurangnya pemahaman konsep dikarenakan guru kurang memahami gaya belajar yang dimiliki siswa. Untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa agar materi tersebut dapat dipahami. Model pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan berapa besar pengaruh model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Pemalang tahun pelajaran 2011/2012. Teknik penentuan sampel dengan sistem Cluster random sampling diperoleh dua kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas X3 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmaxdan kelas X2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran ceramah diskusi. Data penelitian diperoleh dengan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran VAK menggunakan media Swishmax mempengaruhi hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh yang diberikan model pembelajaran ini yaitu 35,13%.
METODE PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW STRATEGI CONCEPT MAPPING Puspito, Yudha; Latifah, Latifah; Miswadi, Siti Sundari
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BOICOTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOGNITIF SISWA Dewi, Astri; Sumarni, Woro; Santosa, Nurwachid Budi
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilanberpikir kritis dan kognitif siswa kelas XI IA-6SMA Negeri di Kabupaten Kudusmelalui penerapan model pembelajaran BOICOTS. Peningkatan keterampilanberpikir kritis dan kognitif siswa dianalisis melalui beberapa tahapan dalamsiklus-siklus tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metodetes, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis pada siklus I sebesar 70,1 dengan ketuntasanklasikal 56,7%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 73,1dengan ketuntasan sebesar 80%. Untuk nilai rata-rata kognitif pada siklus Isebesar 76,1 dengan ketuntasan 70 % dan mengalami peningkatan pada siklus IIsebesar 82,9 dengan ketuntasan 83,3%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwapembelajaran kimia dengan penerapan model pembelajaran BOICOTS dapatmeningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga dapat membangkitkansemangat belajar lebih dalam tentang suatu materi. Materi pelajaran senantiasadikaitkan dengan fenomena-fenomena yang dapat ditemui di sekitar siswasehingga siswa dapat menghubungkan antara pengetahuan yang diperolehdengan penerapannya dalan kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak padameningkatnya hasil kognitif siswq.
PENGARUH PENDEKATAN PAKEM BERBANTUAN PETA KONSEP ACAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Khikmayanti, Afro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatanPAKEM berbantuan peta konsep acak terhadap hasil belajar materi pokok reaksiredoks siswa kelas X MAN Parakan Temanggung. Populasi dalam penelitianyaitu seluruh siswa kelas X MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah eksperimen, pengambilan sampel dengan teknik clusterrandom samplingterpilih kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10sebagai kelas kontrol.Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi,tes, observasi dan angket. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan pembelajarandengan pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acak dan kelas kontrolmenggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Data penelitian dianalisissecara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pos test untukkelas eksperimen adalah 77,11 dan kelas kontrol 70,08 dengan koefisien korelasibiserial (rb) 0,83 dan besarnya kontribusi yang diperoleh adalah 68,59%. Hal inimenunjukkan bahwa pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acakberpengaruh terhadap hasil belajar kimiamateri pokok reaksi redoks siswa kelasX MAN Parakan Temanggung
KEEFEKTIFAN PEREDUKSIAN MISKONSEPSI MELALUI STRATEGI KONFLIK KOGNITIF PADA PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN ALGORITMIK ; Sumarni, Woro; Siadi, Kusoro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kimia berstrategi konflik kognitif dalam pereduksian miskonsepsi pada pemahaman konseptual dan algoritmik. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA suatu sekolah di kabupaten Magelang tahun ajaran 2011/ 2012. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling melalui undian. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes berbentuk multiple choice dengan reasoning terbuka, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektifan pereduksian miskonsepsi peserta didik mencapai 86,67% dan pereduksian miskonsepsi per item soal mencapai 70,00%. Hal ini berarti pembelajaran berstrategi konflik kognitif efektif untuk mereduksi miskonsepsi pada pemahaman konseptual dan algoritmik. Faktor penyebabnya adalah pembelajaran yang berorientasi student centered dalam menemukan konsep ilmiah. Penelitian ini belum mampu menuntaskan miskonsepsi secara optimal karena adanya perbedaan pengolahan informasi dan tingkat penalaran peserta didik. Peserta didik yang mengabaikan informasi yang diperoleh atau menyimpannya pada memori jangka pendek tidak akan mampu menyimpan konsep secara permanen. Tingkat penalaran yang rendah menyebabkan peserta didik tidak mampu berpikir hipotesis deduktif, proporsional, kombinatorial, dan refleksif sehingga pengetahuan tidak mampu ditangkap dengan baik. Akibatnya, miskonsepsi masih tetap ditemukan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THREE STAY TWO STRAY BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR Rakhmawati, Zulfia; Saptorini, Saptorini; Soeprodjo, Soeprodjo
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DIDUKUNG PENGGUNAAN CHEMDIARY BOOK Fadilah, Anik; Santoso, Nurwachid Budi; Siadi, Kusoro
Chemistry in Education Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012
Publisher : Chemistry in Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh penerapan pembelajarankooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)didukung penggunaan chemdiary book terhadap hasil belajar materi pokokkelarutan dan hasil kali kelarutan. Sampel penelitian diambil dengan teknikcluster rondom sampling,setelah syarat populasi normal dan homogen terpenuhi.Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IA3 sebagai kelas eksperimen diberipembelajaran CIRC didukung penggunaan chemdiary book dan kelas XI IA4sebagai kelas kontrol diberi metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab,dan diskusi kelas. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitupre-test and post-test control group design. Berdasarkan analisi, diperoleh uji tsatu pihak kanan thitung (3,957) > ttabel (1,99) yang berarti rata-rata hasil belajarkognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada perhitungan rbdiperoleh harga rb = 0,052. Simpulan penelitian ini yaitu pembelajarankooperatif tipe CIRC didukung penggunaan chemdiary book berpengaruhterhadap hasil belajar kimia pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutandengan rb 0,52 dan kontribusi sebesar 27,085%.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 2 (2023): Terbit bulan Oktober 2023 Vol 12 No 1 (2023): Terbit bulan April 2023 Vol 11 No 2 (2022): Terbit bulan Oktober 2022 Vol 11 No 1 (2022): Terbit bulan April 2022 Vol 10 No 2 (2021): Terbit bulan Oktober 2021 Vol 10 No 1 (2021): Terbit bulan April 2021 Vol 9 No 2 (2020): Terbit bulan Oktober 2020 Vol 9 No 1 (2020): Terbit bulan April 2020 Vol 8 No 2 (2019): Terbit bulan Oktober 2019 Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2019 Vol 8 No 1 (2019): Terbit bulan April 2018 Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018 Vol 7 No 2 (2018): Terbit bulan Oktober 2018 Vol 7 No 1 (2018): Terbit bulan April 2018 Vol 7 No 1 (2018): Terbit April 2018 Vol 6 No 2 (2017): Terbit Bulan Oktober 2017 Vol 6 No 1 (2017): Terbit Bulan April 2017 Vol 6 No 1 (2017): Terbit bulan April 2017 Vol 5 No 1 (2016): Terbit bulan April 2016 Vol 5 No 1 (2016): Terbit Bulan April 2016 Vol 4 No 2 (2015): Terbit bulan Oktober 2015 Vol 4 No 2 (2015): Terbit Bulan Oktober 2015 Vol 4 No 1 (2015): Terbit bulan April 2015 Vol 4 No 1 (2015): Terbit Bulan April 2015 Vol 3 No 2 (2014): Terbit bulan Oktober 2014 Vol 3 No 2 (2014): Terbit Bulan Oktober 2014 Vol 3 No 1 (2014): Terbit bulan April 2014 Vol 3 No 1 (2014): Terbit Bulan April 2014 Vol 2 No 2 (2013): Terbit Bulan Oktober 2013 Vol 2 No 2 (2013): Terbit bulan Oktober 2013 Vol 2 No 1 (2013): Terbit Bulan April 2013 Vol 2 No 1 (2013): Terbit bulan April 2013 Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012 Vol 1 No 2 (2012): Terbit bulan Oktober 2012 Vol 1 No 1 (2012): Terbit Bulan April 2012 Vol 1 No 1 (2012): Terbit bulan April 2012 More Issue