Journal of Social Work and Empowerment
Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021

Pengenalan Big Data Untuk Siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Piwulang Becik Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah

Ni Kadek Ariasih (STMIK STIKOM Indonesia)
I Komang Arya Ganda Wiguna (STMIK STIKOM Indonesia)
Wayan Gede Suka Parwita (STMIK STIKOM Indonesia)
Ni Putu Suci Meinarni (Unknown)
I Made Dwi Putra Asana (Unknown)
Gede Wirya Wardhana (STMIK STIKOM Indonesia)
Eddy Hartono (Unknown)
Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha (STMIK STIKOM Indonesia)
Emmy Febriani Thalib (STMIK STIKOM Indonesia)
Agus Ari Iswara (Unknown)
Dwi Novitasari (Unknown)
Ni Luh Putu Agetania (STMIK STIKOM Indonesia)
Ni Luh Putu Mery Marlinda (STMIK STIKOM Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2021

Abstract

Tujuan: Memberikan solusi untuk mitra yaitu, pengembagan konten-konten digital untuk mendukung akun sosial media mitra seperti facebook, Instagram, TikTok, dan youtube sebagai strategi pemasaran, pelatihan sosial media marketing dan mengolah konten digital untuk keperluan promosi. Tidak lupa mitra juga menerapkan model protokol kesehatan new normal dalam pemberian jasa bagi konsumen. Menyediakan konten-konten digital yang kreatif bagi mitra untuk mendukung proses pemasaran merupakan tujuan yang ingin dicapai melalui program ini dan selanjutnya mitra diharapkan mampu mengembangkan konten-konten digital secara mandiri. Metode Penelitian: Metode Pelaksanaan meliputi beberapa kegiatan, dimulai dari analisis kebutuhan mitra hingga evaluasi dan pelaporan. Analisis kebutuhan dilakukan terhadap manajemen pemasaran, manajemen tugas, manajemen produk dan pelayanan jasa sehingga dapat dirumuskan pada program ini kegiatan yang berbasis pemanfataan teknologi dan penerapan standar protokol Kesehatan. Penemuan: Kondisi pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada mitra yaitu menurunnya omzet dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Jasa rias adalah salah satu jasa yang mengharuskan antara pemberi jasa dan penikmat jasa saling bersentuhan. Hal ini cukup menyulitkan mitra untuk berstrategi agar tetap mendapatkan pelanggan baik jasa rias maupun penyewaan busananya. Selain itu, kemampuan mitra untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu sarana marketing dirasa belumlah maksimal. Implikasi: Dalam hal pemanfaatan teknologi, kegiatan akan berfokus pada pemanfaatan berbagai media sosial untuk meningkatkan promosi dengan menambah konten-konten digital melalui foto produk berupa layanan jasa makeup dan penyewaaan kostum. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan dan mengingat kuantitas dari program ini yang cukup banyak, tim program akan melaksanakan penelitian ini sesuai dengan bidang keahlian masing-masing tim agar segala seuatunya berjalan secara efisien, efektif dan selesai tepat waktu.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

joswae

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Social Work and Empowerment (e-ISSN 2808-2915, p-ISSN 2808-330X) merupakan jurnal yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bersifat umum, mencakup segala bidang kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai disiplin keilmuan. JSWE mengakomodir publikasi Pengabdian ...