Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

DAMPAK KEKERASAN VERBAL GURU TERAHDAP MOTIVASI BELAJAR SISWA : STUDI KASUS DI SEKOLAH MENNENGAH PERTAMA

Maya Farhanna Napitupulu (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Eka Susanti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Feby Annisa Yasmin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Anis Syafa Wani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ela Carmelia Mukti Sambas (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Azzahra Natasya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Nur Hasanah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Julaika (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Liyundzira Fikroh Gani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Putri Rizki Rahmadhani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Khoiriya Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Jauharah Jilan Situmorang (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rizki Putri Yunisa Khairani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Durrah Mawaddah Srg (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Kekerasan verbal guru terhadap siswa telah menjadi perhatian utama dalam konteks pendidikan, karena dapat memiliki dampak yang merugikan terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak kekerasan verbal guru terhadap motivasi belajar siswa di sekolah menengah pertama, serta untuk mengeksplorasi faktor-faktor penengah yang memoderasi hubungan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui kuesioner motivasi belajar, wawancara dengan siswa dan guru, serta observasi di kelas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa yang menjadi korban kekerasan verbal cenderung mengalami penurunan motivasi belajar, minat terhadap pelajaran, dan kepercayaan diri dalam konteks akademis. Faktor-faktor penengah seperti dukungan sosial dan kualitas hubungan guru-siswa juga memainkan peran dalam mengurangi dampak negatif kekerasan verbal. Kesimpulannya, temuan ini menekankan pentingnya tindakan preventif dan intervensi yang efektif untuk mencegah dan mengatasi kekerasan verbal di sekolah, serta pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan memotivasi bagi perkembangan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...