Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 4 No 4 (2024): JPMI - Agustus 2024

Sosialisasi Literasi Digital Masyarakat Guna Optimalisasi E-Government di Kelurahan Hargobinangun, Sleman

Andina Elok Puri Maharani (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Jadmiko Anom Husodo (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Sunny Ummul Firdaus (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Isharyanto Isharyanto (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Agus Riwanto (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Adriana Grahani Firdausy (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Maria Madalina (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Airlangga Surya Nagara (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Achmad Achmad (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)
Sri Wahyuni (Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2024

Abstract

Pelayanan Publik yang berbasis E-government mempermudah akses agar terwujudnya pelayanan publik yang baik secara merata dan menyeluruh. Namun, pemerintah menghadapi kendala yakni kurangnya pengetahuan masyarakat akan teknologi yang masih dibawah rata-rat karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah kepada masyarakat. Pemerintahan Desa atau Kelurahan menjadi dasar awal dalam menjalankan E-government untuk membangun kesejahteraan dan kualitas masyarakat desa. Pemerintah harus mempersiapkan diri untuk mengimbangi ekosistem digital yang berkembang, karena sumber daya manusia terdiri dari pegawai pemerintah dan masyarakat. E-government pada tingkat kelurahan didukung pula dengan peningkatan literasi digital masyarakat agar masyarakat memiliki informasi yang luas dan sebagai upaya pengembangan desa. Untuk optimalisasi e-government dengan meningkatkan literasi digital, maka dilakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dalam bentuk kegiatan sosialisasi. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan di Kelurahan Hargobinangun, Sleman, terdiri atas tahap meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini diikuti oleh tokoh masyarakat, pemuda karang taruna, dan pemerintah Kelurahan Hargobinangun, Sleman. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa kegiatan sosialisasi ini memberikan dampak peningkatan pemahaman masyarakat Kelurahan Hargobinangun tentang literasi digital masyarakat guna optimalisasi e-government.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...