JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 14 No 2 (2024): Desember 2024

Penguatan Numerasi dan Literasi Digital Bagi Guru dan Calon Guru Matematika

Sardin (Unknown)
Wilda Syam Tonra (Unknown)
Roni Priyanda (Unknown)
Hesty Marwani Siregar (Unknown)
Talisadika Serrisanti Maifa (Unknown)
Rani Martalisa Taorina (Unknown)
Iryana Muhammad (Unknown)
Rima Aksen Cahdriyana (Unknown)
Reni Nuraeni (Unknown)
Puji Savvy Dian Faizati (Unknown)
Willy Abdul Ghany (Unknown)
Finola Marta Putri (Unknown)
Marhami (Unknown)
Wahyu Setiawan (Unknown)
Bobbi Rahman (Unknown)
Rindi Antika (Unknown)
Al Jupri (Unknown)
Dadang Juandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Kemampuan numerasi pelajar sangat penting untuk menangani masalah matematika yang muncul dalam aktivitas sehari-hari. Hasil PISA dan penelitian ahli menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa Indonesia sangat rendah. Dalam Revolusi Industri 4.0, teknologi dalam pendidikan matematika sangat penting. Teknologi dalam pendidikan tidak semata-mata bergantung pada alat dan aplikasinya, tetapi juga pada bagaimana guru menggunakannya. PkM ini bertujuan untuk membantu guru dan calon guru matematika memperkuat numerasi dan literasi digital. Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi adalah tahapan kegiatan PkM ini. PkM ini dilaksanakan secara online melalui pertemuan Zoom. Materi yang disampaikan adalah numerasi dan literasi digital matematika. Berdasarkan hasil evaluasi melalui pretest, posttest, angket literais digital, dan angket kepuasan kegiatan, diperoleh dampak pelatihan bagi peserta yaitu (1) Penguatan materi numerasi memiliki dampak positif terhadap pemahaman konsep numerasi peserta PkM. Hal ini terlihat dari persentase dari jumlah peserta yang menjawab benar pada posttest lebih banyak daripada persentase jumlah peserta yang menjawab benar pada pretest; (2) Penguatan materi literasi digital memiliki dampak positif terhadap keterampilan digital (digital skill) peserta. Hal ini terlihat dari angket literasi digital yang menunjukkan indikator digital skill mendapatkan nilai tertinggi dibandingkan dengan tiga indikator literasi digital lainnya; (3) Pelatihan memberikan motivasi bagi guru dan calon guru untuk merancang pembelajaran yang mendukung kemampuan numerasi siswa dan mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPKM

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) Universitas Islam Nusantara (UNINUS) adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2088-6977 dan E-ISSN 2548-1487 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan, Hukum, Ekonomi, ...