Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Analisis Media Pembelajaran Digital Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Mata Pelajaran Biologi Untuk Peserta Didik Kelas X SMAN 18 Medan

Sabrina Pasaribu, Annisa (Unknown)
Sangkuti, Dinda (Unknown)
Dionesa Sitanggang, Joyce Basana (Unknown)
Nazmyra Siregar, Nayla (Unknown)
Sagala, Nur’aini (Unknown)
Husna, Raudhatul (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)
Mukra, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2025

Abstract

dalam mata pelajaran Biologi di tingkat sekolah menengah. Salah satu pendekatan inovatif yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media pembelajaran digital berbasis PjBL dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas X di SMA Negeri 18 Medan serta mengidentifikasi tantangan dalam penerapannya.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memperoleh pemahaman yang baik terhadap materi Biologi melalui penerapan media pembelajaran digital berbasis PjBL. Sebanyak 41,9% siswa memberikan nilai tinggi terhadap metode ini, sementara nilai rendah hanya dipilih oleh 6,2% siswa. Guru juga memberikan penilaian positif terhadap efektivitas metode ini, dengan 67,7% memberikan nilai tertinggi. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan akses perangkat digital dan adaptasi terhadap metode pembelajaran baru.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...