Jurnal Abdimas Bencoolen
Vol. 2 No. 3 (2024)

PENDAMPINGAN PENERAPAN MODEL TGT BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Lusa, Herman (Unknown)
Supriatna, Irfan (Unknown)
Yusnia, Yusnia (Unknown)
Ramadhani, Muhammad Habib (Unknown)
Agusdianita, Neza (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Kegiatan pendampingan bagi guru SD ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran, meningkatkan pengetahuan guru dalam penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot, meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot. Metode pelaksanaan pengabdian ini ialah dengan observasional dan modelling dengan empat fase, yaitu : fase perhatian, fase retensi, fase reproduksi, dan fase motivasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan peningkatan, yakni (1) pemahaman guru tentang media pembelajaran dengan rata-rata sebesar 81,24 menjadi 93,75 pada posttest; (2) pemahaman guru tentang penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot dengan rata-rata nilai pretest sebesar 80,63 pada pretest menjadi 93,75; (3) keterampilan penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot dengan nilai rata-rata pretest sebesar 71,35 menjadi 88,54 pada posttest. Simpulan kegiatan ini adalah pendampingan guru SD dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan aplikasi Kahoot dapat meingkatkan pemahaman tentang meningkatkan pengetahuan guru tentang media pembelajaran, meningkatkan pengetahuan guru tentang penerapan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan aplikasi Kahoot, Meningkatkan keterampilan guru dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot. Serta meningkatkan keterampilan dalam penerapan model TGT berbantuan aplikasi Kahoot untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) a scientific multidisciplinary journal published by Mathematics Education Program, University of Bengkulu. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of service to the ...