Jurnal Abdimas Bencoolen			
            
            
            
            
            
            
            
            Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) a scientific multidisciplinary journal published by Mathematics Education Program, University of Bengkulu. The purpose of this journal publication is to disseminate conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of service to the community. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) journal has the main focus on the development of knowledge on community service. The scope of community service includes Training and Marketing are utilized for community empowerment, SMEs and local communities, Community empowerment, Social Access, Community Service Activities by Students, Empowerment of Border Area Communities, Education for Sustainable Development, Community Empowerment Program, Design and Reach Appropriate Technology for Communities. Jurnal Abdimas Bencoolen (JAB) is published three times a year : February, August, and November. JAB was first published in August 2023. JAB has been registered with eISSN 3026-5738 starting edition Vol. 1, No. 1, August 2023.
            
            
         
        
            Articles 
                47 Documents
            
            
                        
            
                                                        
                        
                            SOSIALISASI DAN PELATIHAN PEMBUATAN MAKANAN PENCEGAH STUNTING DI DESA TIAMBANG KECAMATAN PEMATANG TIGA KABUPATEN BENGKULU TENGAH 
                        
                        Rozi, Azizah Syavira                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 1 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i1.30815                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kebersihan, lingkungan, dan gizi yang seimbang menjadi beberapa faktor pendukung pertumbuhan, perkembangan dan kesehatan anak. Anak-anak yang kurang mendapat asupan gizi yang cukup, lingkungan yang kurang bersih dan ekonomi keluarga yang kurang bisa saja mengalami gagal tumbuh kembang. Stunting (kecil) adalah kondisi tinggi badan anak yang kurang berdasarkan usia dibandingkan dengan teman seusianya. Stunting merupakan kondisi yang dirasakan oleh masyarakat sehingga diperlukan pengetahuan lebih dengan masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan pembuatan makanan pencegah stunting. Desa Tiambang merupakan desa yang terletak di Kecamatan Pematang Tiga, Kabupaten Bengkulu Tengah yang menjadi salah satu wilayah di Provinsi Bengkulu. Penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa Universitas Bengkulu dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Tiambang memberikan pengetahuan dan pemahaman berupa sosialisasi dan pelatihan pembuatan makanan pencegah stunting sebagai langkah awal dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            WORKSHOP PENERAPAN PJBL DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI MGMP MATEMATIKA SMP BENGKULU TENGAH 
                        
                        Lestary, Ratnah; 
Stiadi, Elwan                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 1 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i1.30818                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam menunjang pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MGMP Matematika SMP Bengkulu Tengah. Kegiatan ini akan berdampak meningkatkan kompetensi pedagogik guru MGMP SMP Negeri 1 Bengkulu Tengah. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kualitas guru agar dapat mengajar dengan baik, merencanakan dan menggunakan strategi pembelajaran dengan tepat, sehingga siswa akan terfasilitasi untuk belajar dengan mudah dan efektif. Akhirnya juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa workshop ini, diawali dengan adanya diskusi dengan perwakilan MGMP SMPN Bengkulu Tengah yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan pengadaan workshop penerapan Project Based Learning (PjBL) dari prodi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu bagi guru-guru MGMP SMPN Bengkulu Tengah ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNIB. Kegiatan workshop dilakukan pada hari Sabtu, tanggal 29 Oktober 2022, pukul 08.00 - 12.00 WIB. Dalam pelaksanaan kegiatan workshop ini, secara umum tidak mengalami kendala yang berarti saat pelatihan penerapan PjBL. Namun terdapat kendala jaringan internet yang tidak stabil dan tidak adanya pengeras suara ketika pemaparan materi penerapan PjBL, sehingga audio dari pemutaran video tidak terdengar secara maksimal. Terlepas dari kendala tersebut, selama berlangsungnya proses kegiatan ini menunjukkan adanya minat dan respon yang sangat baik dari peserta terhadap penerapan PjBL dalam kelas.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            WEBSITE PROFIL DESA KEBUN LEBAR SEBAGAI WADAH TRANSPARANSI DAN PUSAT INFORMASI DESA 
                        
                        Zuliuskandar, Valleryan Virgil                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 1 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i1.30819                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Artikel ini membahas tentang pengabdian masyarakat yang dilakukan dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Universitas Bengkulu dengan judul "Website Profil Desa Kebun Lebar sebagai Wadah Transparansi dan Pusat Informasi Desa." Tujuan utama dari website ini sebagai wadah transparansi dan pusat informasi bagi Desa Kebun Lebar. Metode pengembangan yang diterapkan dalam pembangunan website ini adalah Software Development Life Cycle dalam Waterfall Model, yang mengikuti tahapan-tahapan pengembangan perangkat lunak secara sistematis. Dalam konteks analisis, penggunaan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) digunakan untuk memahami berbagai aspek yang relevan dalam pengembangan website profil desa. Hal ini membantu untuk merancang website yang memenuhi kebutuhan masyarakat desa secara komprehensif. Selain itu, untuk memastikan kualitas dan fungsionalitas website, metode pengujian Black Box Testing diterapkan. Hasil dari pengabdian ini adalah sebuah website dengan alamat kebunlebar.my.id yang berperan sebagai pusat informasi dan wadah transparansi bagi masyarakat Desa Kebun Lebar. Website ini menyajikan informasi penting tentang desa, seperti profil desa, kegiatan masyarakat, potensi desa, serta informasi pemerintahan dan layanan publik. Diharapkan bahwa pengembangan website ini dapat memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan transparansi pemerintahan desa, akses informasi masyarakat, dan partisipasi aktif dalam pengembangan desa secara keseluruhan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PEMBINAAN PERSIAPAN KOMPETISI SAINS BIDANG MATEMATIKA JENJANG SMA/MA TAHUN 2021 
                        
                        Agustinsa, Ringki; 
Siagian, Teddy Alfra                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 1 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i1.30820                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan dan motivasi dalam meningkatkan kemampuan siswa SMA IT IQRA’ dalam bidang Matematika dalam rangka mempersiapkan siswa untuk ikut serta dalam kegiatan kompetisi sains (KS). Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan jiwa kompetisi siswa dalam menyelesaikan soal-soal kompetisi sains bidang matematika. Dalam rangka mencapai tujuan ini, maka diadakanlah kegiatan pembinaan dan pelatihan materi dan soal-soal kompetisi sains dalam rangka mempersiapkan siswa dalam menghadapi kompetisi bidang matematika dan sains tingkat sekolah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berupa pembinaan dan pelatihan ini, diawali dengan adanya diskusi dengan perwakilan SMA IT IQRA’ yang kemudian dilanjutkan dengan pengajuan pembimbing olimpiade dari pihak sekolah kepada ketua prodi Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu. Kegiatan pembinaan dilakukan selama dua belas kali pertemuan yang dilakukan setiap hari selasa dan rabu jam 10.00-11.30. Kegiatan ini dilakukan dari awal bulan Februari hingga akhir bulan Maret. Dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan ini, secara umum tidak mengalami kendala yang berarti. Tahapan demi tahapan dalam kegiatan bimbingan intensif dapat dikerjakan dengan lancar sesuai dengan rencana. Hasil bimbingan, pengamatan dan evaluasi selama berlangsungnya proses kegiatan ini menunjukkan adanya minat dan respon yang baik dari peserta terhadap materi yang disampaikan sehingga peserta memiliki pemahanan yang baik terhadap materi yang disampaikan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN PEMBUATAN KUIS INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN LIVEWORKSHEETS BAGI GURU-GURU MGMP MATEMATIKA SMP KOTA BENGKULU 
                        
                        Stiadi, Elwan; 
Susanto, Edi                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 1 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i1.30821                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif dengan Menggunakan Liveworksheets Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kota Bengkulu. Kegiatan ini akan berdampak meningkatkan kompetensi pedagogik guru MGMP Matematika SMP kota Bengkulu. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kualitas guru agar dapat mengajar dengan baik, merencanakan dan menggunakan strategi pembelajaran dengan tepat, sehingga siswa akan terfasilitasi untuk belajar dengan mudah dan efektif. Akhirnya juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa pelatihan ini, diawali dengan adanya diskusi dengan perwakilan MGMP SMP kota Bengkulu yang kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan pengadaan Pelatihan Pembuatan Kuis Interaktif dengan Menggunakan Liveworksheets Bagi Guru-Guru MGMP Matematika SMP Kota Bengkulu ke Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) UNIB. Kegiatan pelatihan dilakukan pada hari Rabu, tanggal 14 Juni 2023, pukul 13.00 - selesai WIB. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, secara umum tidak mengalami kendala yang berarti saat pelatihan pembuatan kuis interaktif dengan liveworksheets. Namun terdapat kendala jaringan internet yang tidak stabil dan rusaknya pengeras suara ketika pemaparan materi pembuatan kuis interaktif dengan liveworksheets, sehingga audio dari pemutaran video tidak terdengar secara maksimal. Terlepas dari kendala tersebut, selama berlangsungnya proses kegiatan ini menunjukkan adanya minat dan respon yang sangat baik dari peserta terhadap pelatihan pembuatan kuis interaktif dengan liveworksheets dalam kelas.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN CONVERSATION DI PESANTREN TAHFIDZ TAKHASSUS DAARUL QUR'AN PALEMBANG 
                        
                        Ningsih, Wirda; 
Aryanti, Nurul; 
Ningrum, Sulistya; 
Tanjung, Ahmad Khoirul Akhir                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 2 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31234                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Bahasa Inggris berfungsi sebagai bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kemampuan menguasai Bahasa Inggris menjadi semakin penting. Khususnya, kemampuan berbicara (speaking) dalam bentuk percakapan sangat krusial, karena menjadi sarana utama untuk menyampaikan ide dan pendapat. Berdasarkan kebutuhan tersebut, tim Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Sriwijaya menginisiasi pelatihan conversation di Pesantren Tahfidz Takhasus Daarul Qur’an Palembang. Pelatihan ini menggunakan metode drill untuk melatih kompetensi santri dalam berbicara Bahasa Inggris. Proses pelatihan dimulai dengan pengenalan materi melalui sesi ceramah dan diskusi, yang kemudian diikuti dengan penerapan materi menggunakan metode drill. Pentingnya pelatihan ini tidak hanya sebatas pada pengembangan kemampuan berbicara Bahasa Inggris, tetapi juga pada pemahaman dan penerapan kemampuan tersebut dalam konteks percakapan sehari-hari. Dengan demikian, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi Bahasa Inggris para santri, yang pada gilirannya dapat memberdayakan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dalam lingkup global yang semakin terhubung.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN TOEFL DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ QUR’AN PALEMBANG 
                        
                        Ma’ruf, Zidni; 
Yusri, Yusri; 
Hutagalung, Genta Ulina; 
Rohliah, Leni; 
Lestari, Pratiwi                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 2 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31337                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang sering digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia, baik untuk kepentingan bisnis, pendidikan, hingga percakapan sehari-hari. Karena itu, banyak negara yang melatih kecakapan berbahasa Inggris. Ironisnya, berdasarkan laporan lembaga pendidikan Education First (EF), Indonesia memiliki indeks kecakapan bahasa Inggris sebesar 502 pada urutan ke 79 dari 113 negara di dunia pada 2023. Skor tersebut masuk kategori kemampuan rendah dan membuatnya berada di peringkat ketiga belas di Asia. Oleh karena itu sangat diperlukan pelatihan-pelatihan bahasa Inggris yang harus diberikan kepada para generasi muda untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Salah satu pelatihan bahasa Inggris adalah pelatihan TOEFL. TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah salah satu metode test yang dapat mengukur kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Berdasarkan fakta tersebut, pengabdian ini dilakukan kepada para santri berupa pelatihan TOEFL dengan metode diagnostic teaching di Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Palembang dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris generasi muda. Melalui pengabdian ini, para santri dapat memahami pentingnya Bahasa Inggris dan mendapatkan ilmu-ilmu dasar mengenai TOEFL.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA DI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI 
                        
                        Hidayat, Toni; 
Dzulfikar, Ahmad; 
Fitriasari, Putri; 
Suarsana, I Made; 
Darhim, Darhim; 
Juandi, Dadang                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 2 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31386                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan berupa workshop penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk membekali para peserta dengan pemahaman dan kemampuan menulis artikel ilmiah yang layak diterbitkan pada jurnal ilmiah, khususnya dalam bidang pendidikan matematika. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan memadukan tiga, yaitu participatory rural appraisal, technology transfer, serta pelatihan dan pendampingan luring dan daring. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam dua tahapan, yaitu workshop secara tatap muka dan pendampingan berupa On Job Training penulisan karya ilmiah yang dilaksanakan secara daring. Pasca pelaksanaan workshop, diperoleh informasi bahwa para peserta telah menunjukkan peningkatan pemahaman dan kemampuan terkait penulisan karya ilmiah. Hal ini ditunjukkan oleh para peserta yang telah memiliki draft artikel ilmiah dan 33% di antaranya telah memperoleh Letter of Acceptance dari jurnal ilmiah pada saat penutupan kegiatan workshop. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan workshop ini efektif untuk meningkatkan pemahaman dan unjuk kerja peserta dalam menulis karya ilmiah. Oleh karena itu, program serupa dapat diadaptasi dan dilaksanakan pada subjek dan lokasi lainnya.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            ALUR MERRDEKA PADA WORKSHOP PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) UNTUK PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI SPNF- SKB KABUPATEN BENGKULU TENGAH 
                        
                        Putra, Ari; 
Sofino, Sofino                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 2 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31441                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pendidikan kesetaraan memiliki peran krusial dalam melibatkan masyarakat yang belum dapat mengakses pendidikan formal agar masyarakat memperoleh akses dan manfaat dari pendidikan. Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan utama memperdalam pemahaman Pamong Belajar dan Tutor di SPNF-SKB Kabupaten Bengkulu Tengah terkait dimensi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Program Pendidikan Kesetaraan. Pendekatan pelaksanaan kegiatan pengabdian ini diwujudkan dalam bentuk workshop dengan langkah-langkah konkret yang diimplementasikan melibatkan alur MERDEKA. Adapun langkah-langkah dalam alur merdeka belajar yang digunakan, meliputi: 1) mulai dari diri, 2) eksplorasi konsep, 3) ruang kolaborasi, 4) demonstrasi kontekstual, 5) elaborasi pemahaman, 6) koneksi antar materi, dan 7) aksi nyata. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini mengindikasikan peningkatan pemahaman Pamong Belajar dan Tutor terhadap pemahaman dimensi profil pelajar yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila. Peningkatan pemahaman ini menjadi kunci untuk mencapai tujuan utama dari kurikulum merdeka, yaitu membentuk karakter dan memperkuat identitas Indonesia pada diri warga belajar. Workshop ini juga mengungkapkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman Pamong Belajar dan Tutor terhadap dimensi/ nilai-nilai P5 melalui mata pelajaran pemberdayaan dan keterampilan. Keberhasilan implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan menggunakan alur MERRDEKA dalam pendidikan kesetaraan dapat menciptakan lingkungan belajar yang tidak hanya inklusif dan bermakna, tetapi juga mendorong pengembangan karakter positif pada warga belajar. Oleh karena itu, workshop ini dianggap sebagai langkah strategis dalam memperkaya dan memperkuat pengalaman belajar pamong dan tutor di SPNF-SKB Kabupaten Bengkulu Tengah.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN PERANCANGAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN TEKNOLOGI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA 
                        
                        Utari, Tria; 
Rahimah, Dewi                        
                         Jurnal Abdimas Bencoolen Vol. 1 No. 2 (2023) 
                        
                        Publisher : UNIB Press 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.33369/abdimas.v1i2.31726                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Salah satu karakteristik utama dari kurikulum merdeka belajar adalah pembelajaran berbasis proyek untuk pengembangan soft skills dan karakter sesuai profil pelajar Pancasila. Pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan dan keterampilan guru tentang perancangan project based learning pada mata pelajaran matematika menggunakan teknologi dan untuk mengetahui respon guru terhadap hal tersebut. Subjek pengabdian ini ialah MGMP Matematika SMA Kota Bengkulu. Pengabdian ini berupa pelatihan yang dilakukan dengan metode presentasi, demonstrasi dan praktik. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pelatihan berjalan sukses berdasarkan respon para peserta yang menunjukkan bahwa mereka bertambah pengalamannya dalam pelatihan terkait Project Based Learning dan bertambah wawasan dan keterampilannya dalam merancang pembelajaran menggunakan Project Based Learning.