Indonesian Research Journal on Education
Vol. 4 No. 4 (2024): irje 2024

Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Makalah Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Negeri Medan

Siallagan, Lasenna (Unknown)
Kristin, Okta Viani (Unknown)
Sitanggang, Karolin Gabrela (Unknown)
Br Kaban, Etri (Unknown)
Umaira, Nabila (Unknown)
Nababan, Rachel Stephanie (Unknown)
Nurainah, Azra Lena (Unknown)
Pratiwi, Dian Maulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penyimpangan penggunaan bahasa Indonesia dalam karya tulis ilmiah mahasiswa jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, menggunakan lima makalah mahasiswa sebagai sampel analisis. Hasil penelitian menunjukan terdapat 83 kesalahan berbahasa yang terkategori dalam empat aspek: 24,09% berkaitan dengan pemakaian kosakata asing dengan jumlah 20 kesalahan, 22,89% terkait penulisan huruf kapital dengan jumlah 18 kesalahan, 21,68% mengenai penggunaan kata depan dan imbuhan "di-" dengan jumlah 20 kesalahan, serta 31,32% menyangkut penggunaan kata baku dan non-baku dengan jumlah 26 kesalahan. Frekuensi kesalahan tertinggi terletak pada aspek penggunaan kata baku dan non-baku. Hasil ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap aturan berbahasa Indonesia yang tepat. Seharusnya mahasiswa aktif Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) sebagai acuan penulisan, serta pemanfaatan alat bantu teknologi untuk meminimalisir kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam proses penulisan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...