JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Optimalisasi Manajemen Sekolah untuk Menjamin Aksesibilitas dan Kesetaraan dalam Pendidikan Inklusi di SD Negeri Wonosari 02

Widayanti, Isyania (Unknown)
Febriani, Amelia Dwi (Unknown)
Winarsih, Sri (Unknown)
Novanda, Shabilla Caesar (Unknown)
Amelia, Putri Nurhidayati (Unknown)
Wibowo, Fiska Almayda (Unknown)
Nabilah, Aviana Zuhrotun (Unknown)
Shafira, Hanna (Unknown)
Insania, Chika (Unknown)
Akbariyanto, Fahrizal (Unknown)
Ratnaningrum, Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Wonosari 02 mengenai implementasi pendidikan inklusi yang masih dihadapkan pada dengan berbagai tantangan yang kompleks dan multidimensional. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui macam-macam tantangan pada pelaksanaan pendidikan inklusi yang ada di SD Negeri Wonosari 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan beberapa tantangan yang dihadapi, yaitu permasalahan pada kurikulum yang digunakan, identifikasi peserta didik berkebutuhan khusus, kurangnya SDM atau tenaga pendidik, sarana dan prasarana ramah disabilitas, penerimaan orangtua siswa terhadap PDBK, serta media dan evaluasi pembelajaran untuk PDBK.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...