Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 11 No 10.A (2025): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Implementasi Active Learning Pada Mata Pelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Di Desa Pucung, Eromoko Wonogiri

Pangestu, Riyas Agung (Unknown)
Anugrah, Abror Dikna (Unknown)
Apriliano, Moza (Unknown)
Insani, Zulaiha Nurul (Unknown)
Azzahrowaini, Lutfi (Unknown)
Febriyani, Fifi Nur Lynda (Unknown)
Kusuma, Ria Nata (Unknown)
Shohib, Muhammad Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pendekatan Active Learning digunakan di Desa Pucung, Wonogiri, untuk mengajarkan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Strategi pembelajaran yang dikenal sebagai "Active Learning" sangat menekankan pada partisipasi aktif siswa dalam memahami materi pelajaran. Metode ini di terapkan melalui beberapa kegiatan diantaranya, seperti Smart Tahsin Class, Tabligh Akbar, Sekolah PosMu, Edukasi Kesehatan dan Cek Kesehatan Gratis, dan Fun Sport, digunakan untuk mencapai strategi ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Active Learning dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran AIK sekaligus memperkuat cita-cita Muhammadiyah dan Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...