Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 13 No 2 (2025): Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

EFEKTIFITAS VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI EDPUZZLE PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS 7

Chahnia, Juwi (Unknown)
Nurdin, Syafruddin (Unknown)
Kosim, Muhammad (Unknown)
Sepriyanti, Nana (Unknown)
Misra (Unknown)
Zalnur, Muhammad (Unknown)
Kurnia Illahi, Rilci (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada saat ini yaitu kurangnya variasi guru dalam penggunaan media pembelajaran, terutama pada mata pelajaran PAI, sehingga perlu inovasi baru dalam penggunaan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis efektivitas penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Edpuzzle terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII di SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi-experiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji independent sample t-test dan N-Gain Score untuk melihat perbedaan peningkatan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan Hₐ diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan video interaktif Edpuzzle dengan yang menggunakan metode konvensional. Selanjutnya, hasil analisis N-Gain Score menunjukkan bahwa kelas eksperimen memperoleh skor 0,61141, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 0,48997. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif berbasis Edpuzzle terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran PAI kelas 7 di SMP

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tjmpi

Publisher

Subject

Education

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam is a scientific journal that published by IAIN Sultan Amai Gorontalo. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education in any fields including: Policy in Education, Leadership in Education, ...