cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Bindo Sastra
ISSN : 25405305     EISSN : 25797379     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal Bindo Sastra is a journal of Indonesian Language and Literature Education of Faculty of Teacher Training and Education at Universitas Muhammadiyah Palembang. Journal Bindo Sastra includes articles of Indonesian Language and Literature Education and published in twice a year, march and September. Journal Bindo Sastra focusses on teachers, lecturers, students, reseacrhers who consentrate in Indonesian Language and Literature.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra" : 7 Documents clear
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR MATA KULIAH MENYIMAK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SUMATERA SELATAN Samaya, Doni; Amalia, Falina Noor; Sari, Senny Novita; Syafitri, Juwita
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.7618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar khsusunya Mata Kuliah Menyimak yang Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif Bahan ajar yang tepat dan layak digunakan dalam suatu pembelajaran sebaiknya berdasarkan kebutuhan mahasiswa terhadap mata kuliah yang diajarkan agar mahasiswa dapat pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan dan inginkan. Hasil penelitian berupa data yang menggali respons mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar mata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap pengembangan buku ajarmata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap evaluasi buku ajarmata kuliah menyimak; respons mahasiswa terhadap pengembangan buku ajar mata kuliah menyimak; kendala dan saran mahasiswa terkait buku ajar mata kuliah menyimak. Berdasarkan data yang ditemukan dan dianalisis dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Tridinanti membutuhkan buku ajar menyimak yang sesuai kebutuhan. 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DI SMK Aisyah, Mutia Putri; Parwanti, Sri; Mulyati, Mulyati
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.8671

Abstract

Rendahnya kemampuan menulis teks prosedur siswa dan siswa belum berperan aktif selama proses pembelajaran. Dalam rangka mengatasai masalah tersebut peneliti mencari tahu apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa SMK YP Gajah Mada Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa. Penelitian ini menggunakan metode pre-experiment design. Dalam penelitan ini, teknik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data adalah wawancara, tes (pretest dan posttest), dan angket. Populasi pada kegiatan pre-eksperimen ini adalah siswa kelas XI SMK YP Gajah Mada Palembang, sampel dipilih secara purposive sampling yang menghasilkan kelas XI TITL 2 berjumlah 32 siswa.  Data yang diperoleh pada kegiatan tes awal (pretest) kepada siswa sampel, menunjukkan 2 orang meraih skor terkecil yaitu 25  dan 3 orang meraih skor tertinggi yaitu 75 dan menghasilkan nilai rata-rata 51.93. Pada kegiatan tes akhir (posttest), menunjukkan 4 orang siswa sampel meraih skor terkecil yaitu 66 dan 2 orang meraih skor tertinggi yaitu 100, dan nilai rata-rata yang dicapai adalah 81.93. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa di SMK YP Gajah Mada Palembang.
ANALISIS STRUKTURALISME GENETIK PADA NOVEL PANCARONA KARYA ERISCA FEBRIANI Sariasih, Yanti; Sholikah, Hani Atus; Sucitra, Sucitra; Atmojo, Tekad Wadyo; Marasabessy, Fachria Yamin
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.7628

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis novel Pancarona karya Erisca Febriani dengan menggunakan pendekatan strukturalisme genetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini berupa novel Pancarona karya Erisca Febriani. Teknik penelitian yang digunakan ialah teknik analisis dokumen berupa novel Pancarona. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat unsur intrinsik berupa tema, sudut pandang, alur, tokoh dan penokohan, latar, gaya bahasa, serta amanat. Terdapat pula unsur struktural genetik berupa fakta kemanusiaan yaitu fakta individu yang berupa fakta dibalik sifat tangguh dan ceria Rima, ia memiliki sifat cemas dan penakut. Terdapat pula fakta sosial yaitu masyarakat lampung percaya bahwa setiap orang harus memiliki anak laki-laki untuk menjadi pengganti ayahnya. Adanya fakta sosial tersebut menyebabkan terjadinya perselingkuhan. Adapun subjek kolektif yaitu mengenai kehidupan sosial kelas menengah, yang mana terdapat larangan bagi wanita untuk bekerja. Terdapat juga pandangan dunia pengarang pada novel yaitu menentang perlakuan semena-mena kepada seorang perempuan, menentang keras perselingkuhan dan setiap orang harus berdamai dengan luka.
REALITAS NILAI MORAL DALAM NOVEL ORANG-ORANG PROYEK KARYA AHMAD TOHARI KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA Arifin, Ahmad; Safari, Dede Muhtar; Mohadib, Mohadib
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.6661

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan realitas nilai moral novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari yang berkaitan dengan pengklasifikasian keterkaitan relitas nilai moral manusia kepada Pencipta, keterkaitan relitas nilai moral manusia dengan manusia lain, dan relitas nilai moral berdasarkan keterkaitan manusia dengan diri sendiri. Selain itu, keterkaitan realita nilai moral yang tercermin dalam novel Orang-Orang Proyek merupakan objek kajian dengan pendekantan sosiologi sastra. Penelitian ini mengedepankan studi pustaka, pendataan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, membaca dan mencatat, data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengedepankan wujud relitas nilai moral seperti keyakinan, integritas, kejujuran, solidaritas, dan keadilan. Realitas nilai moral tersebut diharapkan mampu memberikan konstribusi pencerahan pada masyarakat agar ketimpangan sosial dapat ditanggulangi. 
ANALISIS KONFLIK DAN RESOLUSI DALAM NOVEL SI ANAK KUAT PERSPEKTIF PEACE ECOLOGY Rohman, Ahmad Syauqi ‘Alaikar; Lessy, Zulkipli
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.7604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik dan penyelesaian tokoh utama dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye, khususnya permasalahan lingkungan hidup yang ditinjau dengan menggunakan perspektif ekologi perdamaian. Penelitian ini termasuk analisis wacana. Metode penelitian yang digunakan adalah desain penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif. Data yang diambil berupa cerita sederhana, konflik dan penyelesaian dengan pendekatan sosiolinguistik dan psikolinguistik. Hasil penelitian adalah konflik dan resolusi dalam novel Si Anak Kuat dilihat dari 5 aspek menurut perspektif ekologi perdamaian. Aspek pertama adalah asumsi ontologis yang menekankan pada penciptaan perdamaian dan keharmonisan (dalam skala kecil) dengan memanfaatkan lingkungan sebagai instrumen pemecahan masalah. Aspek kedua adalah asumsi aksiologis merupakan tindakan langsung dalam upaya mencapai nilai kerukunan dan kedamaian dalam menyelesaikan permasalahan yang dialami, yaitu tindakan penyemaian benih kopi unggul dan memberikan pemahaman kepada masyarakat desa. Sisi aspeknya adalah asumsi epistemologis yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah, yaitu membaca penjelasan buku teks dari orang yang ahli atau berpengalaman atau mengamati. Aspek keempat adalah asumsi retoris yaitu bahasa yang digunakan dalam upaya memecahkan permasalahan yang ada, yaitu respon atau reaksi yang digunakan untuk menjelaskan atau membicarakan permasalahan. Aspek kelima asumsi metodologi merupakan langkah-langkah dalam upaya penyelesaian permasalahan yang ada yaitu menyiapkan tempat penyemaian benih kopi, pemilihan biji kopi yang akan disemai, penanaman biji kopi pilihan, perawatan biji kopi yang sudah disemai, pemindahan kecambah biji kopi, mempersiapkan lahan untuk penanaman bibit kopi dan yang terakhir adalah bibit kopi siap ditanam.
KESALAHAN BERBAHASA MAHASISWA UNIVERSITAS BANGKA BELITUNG: STUDI KASUS MAKALAH MAHASISWA Rozani, Muhammad; Asista, Aruna; Hartati, Lasmi
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.7094

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan berbagai bentuk kesalahan bahasa tulis yang ditemukan dalam makalah mahasiswa. Manfaat hasil penelitian ini dapat menjadi khazanah pengetahuan dan acuan penulisan bagi pembaca terkait berbagai bentuk kesalahan yang harus dihindari dalam penulisan makalah. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Analisis data dilakukan dengan cara mengkaji kesalahan berbahasa pada aspek ejaan, morfologi, dan sintaksis. Selanjutnya, data divalidasi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, yakni membandingkan atau mengecek data hasil kesalahan berbahasa makalah mahasiswa dengan sumber teori yang relevan. Data penelitian ini berupa makalah yang ditulis mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan berbahasa tulis dalam berbagai aspek, diantaranya aspek ejaan dan tanda baca, kata dan kalimat, dan pengembangan paragraf. Kesalahan tersebut bersumber pada penggunaan tanda baca, penggunaan huruf tebal dan huruf miring, pemakaian ungkapan bahasa asing, gabungan kata dasar, dan pembuatan kalimat serta pengembangan paragraf yang baik. Hasil analisis kesalahan berbahasa dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi formulasi dan rujukan dalam menulis makalah.
NILAI MORAL DALAM PANTUN MUDA-MUDI MUARA ENIM DIALEK TEMPIRAI Haryadi, Haryadi; Gunawan, Gunawan
Jurnal Bindo Sastra Vol 8, No 1 (2024): Jurnal Bindo Sastra
Publisher : Universitas Muhammadiyah Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32502/jbs.v8i1.8428

Abstract

Penelitian yang digunkaan ini bertujuan mendeskripsikan nilai moral yang terkandung dalam pantun muda-mudi Muara Enim Dialek Tempirai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan perekaman. Hasil penelitian terdapat enam jenis pantun yaitu: (1) Pantun perkenalan, (2) Pantun percintaan, (3) Pantun bersedih hati, (4) Pantun perceraian, (5) Pantun teka-teki. (6) Pantun teka-teki. Nilai moral yang terdapat dalam pantun tersebut adalah sebagai berikut. (i) Nilai moral yang berhubungan manusia dengan Tuhan, yaitu beriman, taat, ikhlas, tawakal, dan menjaga amanat. (ii) Nilai moral yang berhubungan manusia dengan manusia, ialah tanggung jawab, kasih sayang, ramah-tamah, menepati janji, dan memberi perhatian. (iii) Nilai moral yang berhubungan manusia dengan masyarakat adalah sikap tolong-menolong, berani membela kebenaran, dan perasaan senasib-sepanggungan. (iv) Nilai moral yang berhubungan manusia dengan dirinya sendiri, yaitu sikap berhati-hati, sikap sabar, memiliki rasa malu, dan memperoleh pegalaman. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pantun muda-mudi Muara Enim Dialek Tempiraia terdapat nilai moral yang dijadikan rujukan untuk pembelajaran di sekolah.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7