cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+62274-4342536
Journal Mail Official
jurnal.pariwisata@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pariwisata
ISSN : 25282220     EISSN : 23556587     DOI : https://doi.org/10.31311/par
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. Budaya 5. Makanan
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH COMPARATIVE ADVANTAGE TERHADAP DAYA TARIK WISATA GERABAH DESA WISATA KASONGAN YOGYAKARTA Sri Puspa Dewi, Roels Ni Made; Utami, Nisa Rahmaniyah; Pingkan Vania, Fidelia Brenda
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.15080

Abstract

ABSTRAK  Keunggulan komparatif sebagai salah satu unsur penting dalam menunjang daya tarik wisata. Daya Tarik Wisata Gerabah Desa Kasongan menjadi daya tarik utama destinasi dan perlu didukung dengan keunggulan komparatif. Perkembangan daya tarik wisata didukung dari keunggulan komparatif yang dimiliki UMKM sehingga tercipta desa wisata berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mengukur Comparative Advantage terhadap daya tarik wisata di Desa Wisata Kasongan. Pendekatan penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Jumlah responden adalah 55 orang dari pelaku UMKM dengan teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah Keunggulan Komparatif yang dimiliki UMKM Gerabah di Desa Wisata Kasongan sudah sangat baik ditunjukkan dengan nilai mean rata-rata yaitu 3,56 dan pada daya tarik wisata dengan nilai 3, 64. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukkan Comparative Advantage terhadap daya tarik wisata yaitu sebesar 52,7% dan sisanya 47,3 % dipengaruhi oleh variabel lain. Uji Regresi Linear Sederhana didapatkan persamaan Y= 24,109 + 0,636 X. Uji Hipotesis adalah menunjukkan nilai signifikasi 0,000 yang artinya Comparative Advantage berpengaruh signifikan terhadap Daya Tarik Wisata di Desa Wisata Kasongan.  Kata kunci: Keunggulan Komparatif, Daya Tarik Wisata, Desa Wisata ABSTRACT Comparative advantage as one of the important elements in supporting tourist attraction. Pottery Tourism Attraction of Kasongan Village is the main attraction of the destination and needs to be supported by comparative advantage.. The development of tourist attractions is supported by the comparative advantage of MSMEs so that a sustainable tourism village is created. This research purpose to measure the comparative advantage of tourist attraction in Kasongan Tourism Village. The approach using descriptive quantitative. Data Collection methods are questionnaires and observation. The number of respondents was 55 people from MSME actors with a purposive sampling technique. The analysis data methods with descriptive statistic tests and analysis of simple linear regression. This study show Comparative Advantage of Pottery MSMEs in Kasongan Tourism Village is very good as indicated by the mean value of 3.56 and for tourist attraction with a value of 3.64. Coefficient of Determination test show Comparative Advantage on tourist attraction that is 52.7% and the remaining 47.3% is influenced by other variables not examined in this study. Simple Linear Regression Test the acquisition of goods Y = 24.109 + 0.636 X. The hypothesis test is to show a significance value of 0.000, which means that Comparative Advantage has a significant effect on Tourist Attraction in Kasongan Tourism Village. Keywords: Comparative Advantage, Tourism Attraction, Tourism Village
ANALISIS KINERJA WEBSITE DESA WISATA NGARGORETNO DENGAN MENGGUNAKAN EMICA MODEL DAN SEO ANALYTIC TOOLS Hidayah, Nurdin; Suherlan, Herlan; Wibowo, Budi; Nurrochman, Mochammad
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.14133

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja website Desa Wisata Ngargoretno dengan menggunakan pendekatan eMICA Model dan Search Engine Optimization Tools (SEO). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelusuran secara eksplanasi. Data dianalisis melalui penelusuran konten website Desa Wisata Ngargoretno serta Site Audit dari Ubersuggest. Hasil analisis eMICA memperlihatkan bahwa website Desa Wisata Ngargoretno masih jauh dari standar kelengkapan konten suatu website yang digunakan sebagai alat digital marketing.  Begitupula dengan hasil Site Audit Ubersuggest memperlihatkan bahwa website Desa Wisata Ngargoretno keberadaannya dalam mesin pencari (search engine presence) masih jauh dari kategori baik. Hal tersebut harus menjadi perhatian bagi pengelola Bumdes Argo Inten untuk dapat meningkatkan kapasitas dari para pengelola website tersebut, seperti memfasilitasi pelatihan atau bekerjasama dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, tenaga ahli dari perguruan tinggi dan atau para praktisi digital marketing. Kata Kunci: Website Desa Wisata; eMICA; Search Engine Optimization; Digital Marketing; Desa Wisata ABSTRACT This study aims to evaluate the performance of the Ngargoretno Tourism Village website using the eMICA Model and Search Engine Optimization Tool (SEO) approach. The research method uses a quantitative approach with an explanatory search. The data were analyzed through browsing the content of the Ngargoretno Tourism Village website and the Site Audit from Ubersuggest. The results of the eMICA analysis show that the Ngargoretno Tourism Village website is still far from the standard of completeness of the content of a website that is used as an internet marketing tool. Likewise, the results of the Ubersuggest Site Audit show that the Ngargoretno Tourism Village website's presence in search engines is still far from a good category. This should be a concern for the Bumdes Argo Inten managers to be able to increase the capacity of the website managers, such as facilitating training or collaborating with the company's Corporate Social Responsibility (CSR) program, experts from universities and or digital marketing practitioners. Keywords:  Website Desa Wisata; eMICA; Search Engine Optimization; Internet Marketing, Tourism Village
KAJIAN DESTINASI WISATA PESANTREN MODERN GUNUNG MENYAN PAMIJAHAN, BOGOR Gunawijaya, Jajang; Nusraningrum, Dewi; Sulisyadi, Yohanes; Nugraha, Irfan; Febrian, Febrian
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.13038

Abstract

ABSTRAK Pesantren Modern Gunung Menyan dengan luas 72 Hektar  yang berada di Bogor berpeluang menarik minat pengunjung secara umum, dan secara khusus dapat menjadi area pendukung kawasan wisata terpadu yang sedang dikembangkan Dinas Pariwisata Kabupaten Bogor, yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Daerah Halimun-Salak dan sekitarnya. Kajian kualitatif pengembangan destinasi wisata pesantren modern Gunung Menyan dilakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi kreatif sektor pariwisata. Hasil kajian menunjukkan terdapat sembilan obyek pariwisata dapat ditawarkan kepada wisatawan yang terdapat di lingkungan pesantren modern Gunung Menyan. Sembilan obyek yang dikaji dalam proses pengembangnnya bisa bersifat jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kata kunci: pesantren modern Gunung Menyan, destinasi wisata, Bogor, wisata halal ABSTRACT Pesantren Modern Gunung Menyan with an area of 72 hectares located in Bogor has the opportunity to attract visitors in general, and in particular can become a supporting area for an integrated tourist area that is being developed by the Bogor Regency Tourism Office, namely the Tourism Strategic Area of the Halimun-Salak Region and its surroundings. The study of the development of modern islamic boarding school tourist destinations was carried out to support government policies in improving the creative economy of the tourism sector. The results of the study show that there are nine tourism objects that can be offered to tourism in the modern Gunung Menyan islamic boarding school environment. The nine objects studied in the development process can be short-term, medium-term, and long-term. Keywords : modern pesantren Gunung Menyan, tourist destinations, Bogor, halal tourism
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA RESTORAN KOI JAKARTA BARAT Prabandari, Wijayanti Dewi; Sembiring, Vienna Artina; Herienda, Florensia
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.15113

Abstract

ABSTRAK Pemberian kompensasi di Restoran KOI Jakarta Barat harus diatur dengan baik, sehingga dapat diterima oleh kedua belah pihak dengan harapan dapat menjamin kepuasan karyawan yang pada gilirannya nanti perusahaan dapat mencapai tingkat kinerja yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Restoran KOI Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh karena populasi sama dengan sampel yaitu sebanyak 50 karyawan Restoran KOI. Lokasi penelitian terletak di Restoran KOI Puri Indah Mall Jakarta Barat. Metode pengumpulan data  dengan menyebarkan kuisioner dengan skala likert dari 1 sampai dengan 5.  Hasil penelitian menunjukkan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada Restoran KOI Jakarta Barat. Semakin tinggi kompensasi yang diberikan Restoran KOI, maka semakin tinggi pula produktivitas kerja semua karyawannya, hal tersebut membuat para karyawan sangat loyal dan setia kepada Restoran KOI Jakarta Barat. Diharapkan Pimpinan Restoran KOI di Jakarta dapat lebih memperhatikan tunjangan-tunjangan yang diberikan pada karyawannya, yaitu memberikan jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan kerja. Kata Kunci: Kompensasi, Kinerja Karyawan ABSTRACT Compensation at KOI West Jakarta Restaurantmust be properly regulated, so that it can be accepted by both parties with the hope of guaranteeing employee satisfaction which in turn the company can achieve the desired level of performance.This study aims to determine the effect of compensation on employee performance at KOI West Jakarta Restaurant. This type of research is descriptive quantitative with multiple regression analysis method. The sampling technique uses a saturated sampling technique because the population is the same as the sample, namely as many as 50 KOI Restaurant employees. The research location is located at the KOI Puri Indah Mall Restaurant, West Jakarta. The data collection method is by distributing questionnaires with a Likert scale from 1 to 5. The results show that compensation has a significant effect on employee performance at the KOI West Jakarta Restaurant. The higher the compensation given by KOI Restaurant, the higher the work productivity of all its employees, this makes employees very loyal and loyal to KOI West Jakarta Restaurant. It is hoped that the leadership of the KOI Restaurant in Jakarta can pay more attention to the benefits given to their employees, namely providing health insurance and work accident insurance. Keywords: Compensation, Employee Performance
STRATEGI PENGEMBANGAN MINUMAN TRADISIONAL WEDANG REMPAH DI PENDOPO nDE’ LUWEH RESTAURAN SEBAGAI WISATA KULINER DI YOGYAKARTA Hakim, Fathurrahman Nurul
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.15111

Abstract

ABSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk mencari strategi yang tepat guna untuk mengembangkan minuman tradisional wedang rempah di pendopo nDe’luweh restauran sebagai produk wisata kuliner di Yogyakarta dan mencari faktor yang dipertimbangkan masyarakat dalam mengkonsumsi minuman tradisional wedang rempah.Penelitan ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh mengenai suatu hal, menurut pandangan manusia yang ditelitinya, penelian  dilakukan selama 5 bulan, sumber data berupa data primer dan sekunder dengan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan study dokumentasi alat untuk menganalisa data yakni mengunakan Tringulasi data.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka menjawab permasalahan menunjukan bahwa strategi difernsasi adalah strategi yang paling kuat untuk bisa di terapkan dalam pengembangan minuman tradisional wedang rempah di pendopo nDe’luweh restauran karena keunikan produk yang tidak di temui ditempat lain, atmosfir dan desain ruangan yang selaras dengan konsep membuat strategi pembeda ini yang menjadikan kekuatan yang paling dominan sedangkan faktor yang mempengaruhi masyarakat mengkonsusmsi wedang rempah adalah faktor internal yaitu prilaku gaya hidup dan demografi sedangkan faktor eksternal mencakup bauran pemasaran yaitu produk place, price, people dan service Kata kunci : Strategi Pembeda, pengembangan,  wedang Rempah produk wisata kuliner. ABSTRACT This research aims to find the right strategy in order to develop a traditional drink wedang rempah in the Pendopo nDe’luweh restaurant as a culinary tourism product in Yogyakarta and also found for the factors considered in the community to consume traditional drink wedang spices.This research uses a qualitative approach with case study method is find out symptoms overall according to the context or purpose to get a complete picture about something humanly he studied, this recent research carried out for 5 months, the source data in the form of primary and secondary data sources with data collection techniques such as interviews, observation and study documentation tools for analyzing the data which is using Tringulasi data.Based on the results of research conducted in order to answer the problems showed that difernsasi strategy is the most powerful strategy to be applied in the development of traditional drinks wedang rempah in the pendopo  nDe’luweh restaurant because of the unique products that are not encountered elsewhere in the atmosphere and in harmony with the room design This makes the concept of differentiating strategy that makes the most dominant force while the factors that affect the consuming public is the spice wedang internal factors are behavioral lifestyle and demographics, while external factors include the marketing mix is the product place, people, price, and service Keywords: different strategy, development, wedang rempah culinary product.
VALUASI LINGKUNGAN BERBASIS ITCM DAN WTP WISATA EMBUNG TAMBAKBOYO, KABUPATEN SLEMAN, DIY Lupiyanto, Ribut; Nurmawati, Subekti; Sodikin, Sodikin; Hidayati, Ruti Nurul
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.14775

Abstract

ABSTRAK Embung Tambakboyo berlokasi pada kawasan strategis dan memiliki daya tarik wisata yang potensial. Permasalahannya wisata Embung Tambakboyo belum dikelola secara baik dan jelas. Valuasi ekonomi lingkungan belum pernah dilakukan untuk wisata Embung Tambakboyo. Penelitian ini penting dan menarik sebagai sumber informasi valid dan bahan rumusan kebijakan pengelolaan dan pengembangan wisata Embung Tambakboyo ke depannya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai ekonomi jasa lingkungan, menilai estimasi kesediaan untuk membayar (Willingness To Pay/WTP) terhadap jasa lingkungan, dan menyusun rekomendasi optimalisasi jasa lingkungan Kawasan Wisata Embung Tambakboyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode biaya perjalanan individu (Individual Travel Cost Method/ITCM) dan pendekatan kesediaan untuk membayar (WTP). Hasil penelitian menunjukkan surplus konsumen per individu per kunjungan berdasarkan analisis regresi adalah Rp. 106.470 dan nilai ekonomi totalnya adalah Rp. 6.569.170.531. Surplus konsumen per individu per kunjungan berdasarkan kurva permintaan adalah Rp. 156.854 dan nilai ekonomi totalnya adalah Rp. 9.677.865.078. Hasil perhitungan WTP antara lain rata-rata WTP peningkatan kebersihan Rp. 1.273 per pengunjung, rata-rata WTP penambahan penghijauan Rp. 5.156 per pengunjung, rata-rata WTP peningkatan keindahan Rp. 10.000 per pengunjung, dan rata-rata WTP pemberlakuan retribusi Rp. 1.556 per kunjungan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa eksistensi Kawasan Wisata Embung Tambakboyo memberikan keuntungan nilai ekonomi jika dilakukan perlindungan lingkungan secara berkelanjutan melalui usaha perbaikan kualitas lingkungan dan perbaikan layanan yang diawali dengan kejelasan kelembagaan pengelola. Adapun usaha perbaikan lingkungan dapat dilakukan berbasis partisipasi pengunjung, baik langsung maupun tidak langsung. Kata kunci: valuasi lingkungan, jasa lingkungan, kualitas lingkungan, metode biaya perjalanan, kesediaan membayar   ABSTRACT  Embung Tambakboyo ecotourism located in strategic areas  and has a potential tourist attraction. The problem is that the Embung Tambakboyo ecotourism has not been managed properly and clearly. An environmental economic valuation has never been carried out for Embung Tambakboyo ecotourism. This research is important and interesting as a source of valid information and material for policy formulation for the management and development of Embung Tambakboyo ecotourism in the future. This study aims to analyze the economic value of environmental services, estimate willingness to pay of enviromental services and give recommendation to optimize environmental services. This study is a survei research conducted using the method of Individual Travel Cost Method and approach of Willingness To Pay. The results showed that consumer surplus for each person of each visit based on regression analysis is Rp. 106.470 and economic value is Rp. 6.569.170.531. Beside that, consumer surplus for each person of each visit based on demand curve is Rp. 156.854 and economic value is Rp. 9.677.865.078. The result of Willingness To Pay approach is average of Willingness To Pay for cleaning facilities is Rp. 1.273 each visitor, average of Willingness To Pay for green facilities is Rp. 5.156 each visitor, average of Willingness To Pay for public facilities in ecotourism is Rp. 10.000 each visitor and average of Willingness To Pay for retribution Rp. 1.556  each visitor.  The results of this study, it can be concluded that the existence of Embung Tambakboyo ecotourism provides great economic benefits if its sustainability continues to be maintained by quality improvement of enviroment and environmental services, that started with good performance institutional management. Furthermore, environmental quality improvement can be implement with visitors participation, directly and indirectly.  Keywords: economic valuation, environmental services, environmental quality, travel cost method, willingness to pay
IDENTIFIKASI KOMPONEN PRODUK WISATA MASJID JAMI’ AN-NAWIER SEBAGAI WISATA ZIARAH DI JAKARTA BARAT Laksmi, Gratia Wirata; Ingkadijaya, Rahmat; Osman, Ismeth Emier
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.15327

Abstract

ABSTRAK Masjid Jami’ An-Nawier merupakan salah satu masjid tertua di DKI Jakarta. Terdapat makam keramat yang terletak di dalam kompleks Masjid Jami’ An-Nawier yang banyak dikunjungi oleh peziarah.  Masjid Jami’ An-Nawier memiliki potensi wisata religi terutama wisata ziarah yang besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen produk wisata Masjid Jami’ An-Nawier sebagai wisata ziarah di Jakarta Barat. Peneliti menggunakan konsep komponen produk wisata 3A+H yang meliputi attraction, accessibilities, amenities, dan hospitality.  Penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara, dan studi literatur menemukan bahwa Masjid Jami’ An-Nawier merupakan bangunan cagar budaya bersejarah yang memiliki potensi besar sebagai daya tarik wisata ziarah di Jakarta Barat. Namun, diperlukan adanya pengembangan serta persiapan terhadap komponen produk wisata tersebut. Jika, dikembangkan Masjid Jami’ An-Nawier sebagai wisata ziarah berpotensi dapat mendukung pengembangan destinasi Kota Jakarta yaitu kawasan Kota Tua sebagai destinasi tujuan utama wisatawan. Keywords: Produk Wisata, Daya Tarik Wisata, Wisata Ziarah, Masjid Jami’ An-Nawier, Pekojan ABSTRACT The Jami' An-Nawier Mosque is one of the oldest mosques in DKI Jakarta. There lies a sacred tomb inside Jami' An-Nawier Mosque, which many pilgrims have visited. The Jami' An-Nawier Mosque has the potential for religious tourism, mainly big pilgrimage tours. The study aimed to determine the elements of the Jami' An-Nawier Mosque tourism product as a pilgrimage tourism in West Jakarta. Researchers use the concept of 3A + H tourism product components which include attractions, accessibilities, amenities, and hospitality. Descriptive qualitative research using the methods of observation, interviews, and literature studies found that the Jami' An-Nawier Mosque is a historic cultural heritage building possess potential as a pilgrimage tourist attraction. However, it is necessary to develop and prepare the elements of the tourism product. The pilgrimage tourism development of Jami' An-Nawier Mosque has the potential to support the development of the city of Jakarta destination, namely the Kota Tua area qua major tourist destination. Keywords : Tourism Product, Tourism Attraction, Pilgrimage Tourism,, Jami’ An-Nawier Mosque
PENGEMBANGAN WISATA KULINER KHAS WONOGIRI MELALUI BESENGEK TEMPE Wardani, Dyah Mustika; Saputro, Lilik Edi; Putri, Emmita Hari Devi
Jurnal Pariwisata Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Pariwisata
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/par.v10i1.15696

Abstract

ABSTRAK Wisata kuliner khas Wonogiri menjadi daya tarik yang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut. Salah satu kuliner khas Wonogiri yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah besengek tempe. Besengek tempe merupakan masakan tradisional yang terbuat dari tempe yang diolah dengan bumbu rempah khas Wonogiri, seperti kencur, lengkuas, dan serai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan potensi wisata kuliner khas Wonogiri melalui besengek tempe. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besengek tempe memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan sebagai wisata kuliner khas Wonogiri karena memiliki cita rasa yang khas dan merupakan masakan yang mudah diakses oleh wisatawan. Beberapa faktor pendukung pengembangan wisata kuliner khas Wonogiri melalui besengek tempe adalah ketersediaan bahan baku yang mudah ditemukan, kemudahan dalam pembuatan, dan potensi pasar yang besar. Namun, terdapat beberapa kendala seperti kurangnya promosi dan informasi yang cukup mengenai besengek tempe. Oleh karena itu, diperlukan upaya promosi dan peningkatan informasi kepada wisatawan tentang besengek tempe sebagai kuliner khas Wonogiri yang dapat meningkatkan kunjungan wisata kuliner khas Wonogiri. Kata Kunci : Makanan Tradisional, Besengek Tempe, Wisata Kuliner ABSTRACK  Wonogiri's culinary tourism is an attractive feature for tourists visiting the region. One of the local culinary specialties that can be developed to increase the number of tourist visits is besengek tempe. Besengek tempe is a traditional dish made from tempeh processed with typical Wonogiri spices, such as galangal, ginger, and lemongrass. The purpose of this study is to develop the potential of Wonogiri's culinary tourism through besengek tempe. This research used a qualitative method with data collection techniques through interviews and observations. The results show that besengek tempe has great potential to be developed as a local culinary tourism in Wonogiri due to its unique taste and easy accessibility for tourists. Some supporting factors for the development of Wonogiri's culinary tourism through besengek tempe are the availability of easily found raw materials, ease of preparation, and a large potential market. However, there are some challenges such as the lack of promotion and sufficient information about besengek tempe. Therefore, promotional efforts and increasing information for tourists about besengek tempe as a local culinary specialty in Wonogiri are needed to increase the number of culinary tourism visits to Wonogiri. Keywords: Traditional Food, Besengek Tempe, Culinary Tourism

Page 1 of 1 | Total Record : 8