cover
Contact Name
Indriyanti
Contact Email
indriyanti.iyt@bsi.ac.id
Phone
+6285643793653
Journal Mail Official
jurnal.khasanahilmu@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Ringroad Barat, Gamping Kidul, Ambarketawang, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya
ISSN : 26555433     EISSN : 2527449X     DOI : http://dx.doi.org/10.31294/khi
Core Subject : Social,
Jurnal Khasanah Ilmu sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada masyarakat luas. Situs Jurnal Khasanah Ilmu menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal kami adalah jurnal ilmiah nasional yang merupakan sumber referensi akademisi di bidang Pariwisata, Perhotelan dan Budaya.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015" : 8 Documents clear
Perkembangan Destinasi Pariwisata, Benarkah Memang Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Fitri Abdillah; Janianton Damanik; Chafid Fandeli; Sudarmadj Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.322 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.507

Abstract

Abstract - Pemerintah Seringkali Menyatakan Bahwa Pembangunan Pariwisata Telah Berhasil Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.  Fakta Ini Selalu Ditunjukkan Dengan Data Mengenai Meningkatnya Jumlah Kunjungan, Lapangan Kerja Dan Keterlibatan Masyarakat.  Studi Ini Mencoba Menjelaskan Benarkah Masyarakat Memang Memperoleh Manfaat Dari Perkembangan Tersebut.  Hipotesis Disusun Dengan Menyatakan Bahwa Semakin Tinggi Perkembangan Destinasi Pariwisata Maka Kualitas Hidup Masyarakat Yang Terlibat Akan Semakin Tinggi Pula. Lokasi Penelitian Dipilih Adalah Pangandaran.  Metode Deskriptif Dan Korelasional Bivariat Digunakan Untuk Menganalisis Dua Variabel Utama Yaitu Perkembangan Destinasi Pariwisata Dan Kualitas Hidup Masyarakat Lokal.   Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Perkembangan Destinasi Berhubungan Positif Signifikan Dengan Standard Hidup Dalam Hal Penurunan Garis Kemiskinan.  Perkembangan Jumlah Wisatawan Juga Berkorelasi Positif Dengan Peningkatan Daya Beli Khususnya Barang-Barang Non Makanan Dan Penurunan Pengangguran Meskipun Secara Umum Belum Dapat Menurunkan Jumlah Penduduk Miskin.   Perkembangan Wisatawan Juga Berkorelasi Positif Dengan Peningkatan Pendidikan.  Kesimpulan Yang Diperoleh  Menunjukkan Bahwa Perkembangan Kepariwisataan Secara Nyata Memberikan Kontribusi Peningkatan Kualitas Hidup Khususnya Material Dengan Ditopang Oleh Keterlibatan Masyarakat Khususnya Pada Tenaga Kerja Perhotelan, Usaha-Usaha Kecil Di Masyarakat Dan Rumah Makan.  Studi Lanjutan Mengenai Pola Keterlibatan Masyarakat Yang Lebih Sustainable Diperlukan Agar Perkembangan Destinasi Pariwisata Tetap Terjaga. Keywords: destinasi pariwisata, kualitas hidup masyarakat lokal
Analisa Buying Behavior Pada Online Travel Agent Diah Pradiatiningtyas - AMIK BSI Bandung
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.835 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.460

Abstract

Abstract-The growingof technology impacton the world oftravel, especially travel agents.Onlinetravel agentspopping upreplacing offline travel agents. Surely online travel agent service userhas a pattern of buying behavio rthat should beinve stigated. This studytried to determine the role of hedonic shopping value, shopping lifestyle, positive emotion an dimpulse buyingin shaping buying behavior, thusexpected to travel agent online companie scan develop promotions based onpurchasing patternsof consumers.The study was conductedqualitatively by observation of30 active membersof online travel agents, the datais processed descriptively. The results obtained are hedonic shopping value, shopping lifestyle, positive emotionand impulse buying forminga complexof consumer purchasing patterns, variety andgradually become shabitua lbehaviorin using the onlines ervices oftravel agents.Keyword: Online travel agent, buying behavior, konsumen, online Abstrak-The impacton teknologi growingof dunia oftravel, terutama perjalanan agents.Onlinetravel agentspopping upreplacingofflinetravel agentservice wisata agents.Surelyonline userhas pola ofbuying behaviorthat harus beinvestigated. Ini studytried todetermine peran ofhedonicshopping nilai, shoppinglifestyle, positiveemotionandimpulse perilaku buyingin shapingbuying, thusexpected totravelagentonline companiescandevelop promotionsbased onpurchasing patternsof consumers.The penelitian adalah conductedqualitatively byobservation agen membersof of30active onlinetravel, yang datais processeddescriptively. Hasil yang diperoleh nilai arehedonicshopping, shoppinglifestyle, buyingforminga positiveemotionandimpulse complexof pola consumerpurchasing, berbagai andgradually becomeshabitualbehaviorin Menggunakanalat onlineservices oftravel agen. Kata Kunci: agen perjalanan online, perilaku membeli, KONSUMEN, secara online
Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Motivasi Di Rumah Sakit “Yakksi” Gemolong Sragen Hartati Dyah Wahyuningsih -STMIK AUB Surakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.402 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.485

Abstract

Abstract - The development of the hospital now very rapidly and attracted the attention of researchers to carry out research studies, particularly on the performance pegawainya.Penelitian who took the title Influence of leadership and organizational culture on employee performance through motivation in the Hospital "Yakksi" Gemolong Sragen.Tujuan this study is leadership to determine the effect of organizational culture on employee motivation and performance hospital "Yakksi" Sragen.Penelitian Gemolong This is a survey research data used are primary data and secondary data 40 permanent staff hospital "" Yakksi "" Gemolong Sragen as objects penelitian.Instrumen Data collection in the form of a list of questions (questionnaire) both with open questions or tertutup.Metode data analysis using the testing instrument of accession, linearity test, hypothesis testing, path analysis, regression t-test, test Fdan R2.Hasil this study is very useful for the development of science and knowledge. Keyword: Performance, Leadership, Organizational Culture and Motivation.   Abstrak - Perkembangan rumah sakit sekarang yang sangat pesat dan menarik perhatian peneliti untuk melakukan studi penelitian, khususnya terhadap kinerja pegawainya.Penelitian yang mengambil judul Pengaruh kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Pegawai melalui Motivasi di Rumah Sakit “Yakksi” Gemolong Sragen.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan budaya organisasi terhadap motivasi dan kinerja pegawai rumah sakit “Yakksi” Gemolong Sragen.Penelitian ini merupakan penelitian survei data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder 40 pegawai tetap rumah sakit ““Yakksi”” Gemolong Sragen sebagai obyek penelitian.Instrumen pengumpulan data berupa daftar pertanyaan (kuesioner) baik dengan pertanyaan terbuka maupun tertutup.Metode analisis data menggunakan dengan menguji isntrumen, uji linieritas, uji hipotesis, analisa jalur, regresi uji t, uji Fdan uji R2.Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu dan   pengetahuan. Keyword : Kinerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Motivasi.
Peran Iklan, Promosi Penjualan Dan Acara Khusus Pada Brand Awareness Restaurant Dixie Easy Dining Yogyakarta Abdul Aziz - STIM YKPN; Ubaidilah - AMIK BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.044 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.486

Abstract

Abstract - Communication and marketing have a very close relationship when more and more companies competing to attract the attention of consumers in the purchase and enjoy products. Dixie Easy Dining Yogyakarta certainly create a major strategy in advertising, sales promotion techniques and programs to achieve business success culinary see consumers in selecting products today are more intelligent, thorough and meticulous. The problem here is to measure the influence of advertising, promotions and special events are more significant and more dominant in an effort to increase the success of the Dixie Easy Dining on Brand Awareness Restaurant. Methodology used in this study using proportional sampling with multiple linear regression analysis was tested by measuring the validity and reliability. Results of variable relationships advertisements (X1), sales promotion (X2), and special events (X3) together with Brand Awareness by 37, 6%. Once explained that approximately 62.4% Brand awareness is still influenced by other variables not examined and partially that advertising has koefisisen regression variables for 0362, a positive value indicates the effect of the direction of the brand awareness advertising, sales promotion variables to have a positive regression coefficient for 0339, positive sign explains the strong sales promotions that can increase the level of brand awareness. In cateris pribus for each increase of one unit of a sales promotion, brand awareness increased by 0339 units, variable special events and experience a positive influence with a coefficient of 0269, meaning that the more intense special events may increase Brand Awareness. The magnitude of the increase in brand awareness that can be described for each increase of one unit of special events and experiences amounted to 0269 units, when other variables unchanged. Keywords: Advertising, Sales Promotions, Special Events, Brand Awareness   Abstact - Komunikasi dan pemasaran memiliki hubungan yang sangat erat ketika semakin banyak perusahaan bersaing untuk menarik perhatian konsumen dalam membeli dan menikmati produknya. Dixie Easy Dining Yogyakarta tentunya menciptakan berbagai strategi utama dalam beriklan, teknik promosi penjualan dan program khusus untuk mencapai keberhasilan bisnis kuliner melihat konsumen dalam memilih produk dewasa ini lebih cerdas, teliti dan cermat. Permasalahan disini untuk mengukur pengaruh iklan, promosi dan acara khusus yang lebih signifikan dan lebih dominan dalam usaha meningkatkan keberhasilan Dixie Easy Dining pada Brand Awareness Restaurant. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode proposional sampling dengan analisis Regresi linear berganda diuji dengan mengukur validitas dan reliabilitas. Hasil dari hubungan variabel iklan (X1), promosi penjualan (X2), dan acara khusus (X3) secara bersama dengan Brand Awareness  sebesar 37, 6%. Sekaligus menjelaskan bahwa sekitar 62,4% Brand Awareness masih dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dan secara parsial  bahwa variabel iklan memiliki koefisisen regresi sebesar 0.362, nilai positif menunjukan pengaruh iklan  searah dengan Brand Awareness, Variabel Promosi Penjualan memiliki koefisien regresi positif sebesar 0.339, tanda positif menjelaskan promosi penjualan yang kuat dapat meningkatkan  tingkat Brand Awareness. Secara cateris pribus untuk setiap peningkatan satu satuan promosi penjualan, Brand Awareness meningkat sebesar 0.339 satuan, variabel acara khusus dan pengalaman memberikan pengaruh positif dengan koefisien sebesar 0.269, berarti acara khusus yang semakin inten dapat meningkatkan Brand Awarenes. Besarnya peningkatan Brand Awareness yang dapat dijelaskan untuk setiap peningkatan satu satuan acara khusus dan pengalaman adalah sebesar 0.269 satuan, bila variabel lain tidak berubah. Kata Kunci : Iklan, Promosi Penjualan, Acara Khusus, Brand Awareness
Peranan Bellboy Dalam Menangani Barang Bawaan Tamu Di Hotel Grand Wahid Salatiga Wisnu Hadi; Roba Adi Putra - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.581 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.487

Abstract

ABSTRAK - Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya yang dikelola secara komersil. Concierge merupakan bagian penting dari departemen hotel karena pertama kali yang menyambut tamu adalah concierge. Tamu yang datang maupun menginap dari berbagai macam kalangan sehingga barang yang mereka bawa juga berbagai macam. Dalam hal ini bellboy yang merupakan petugas yang menangani barang bawaan tamu Sangat berperan penting dalam pelaksanaan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh peranan bellboy dalam menangani barang bawaan tamu di Hotel Grand Wahid Salatiga, apakah sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur serta mengetahui bagaimana hambatan kerja bellboy dalam menangani barang bawaan tamu. Metode yang digunakan dalam penelitian disusun dalam bentuk deskriptif kualitatif yaitu membandingkan teori yang diperoleh dengan kenyataan yang terjadi dilapangan. Peranan bellboy dalam menangani barang bawaan tamu sangat penting karena merupakan penentu keberhasilan pelayanan, saat tamu pertama datang dan terakhir di hotel. Untuk menjaga kepuasan tamu, bellboy sudah melakukan penanganan tugasnya sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang sudah ditetapkan oleh hotel serta adanya kerjasama yang cukup baik dengan departemen. Lain dalam hal menangani barang bawaan tamu maupun menangani hambatan yang dialami. Kata Kunci: Hotel, PerananBellboy, BarangBawaanTamu
Keterkaitan Visi, Misi Dan Values Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Kulit “Dwi Jaya” R. Jati Nurcahyo - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (80.25 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.476

Abstract

Abstract - The research is aim to investigate the understanding of Employment of Skin Dwi Jaya Company on vision, mission and values as well as implication on its business valuation and kompensasi system on supporting job performance. Based on qualitative analysis, the results emphasize the importance both the understanding of Employment of Skin Dwi Jaya Company valuation and kompensasi system on supporting job performance.Keyword: vision, mission, values, job performance.Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pemahaman kerja di perusahaan kulit “Dwi Jaya” pada visi misi dan nilai-nilai serta implikasinya pada penilaian bisnis dan sistem kompensasi, untuk mendukung kinerja. Berdasarkan analisis kualitatif hasil menekankan pentingnya kedua pemahaman kerja, penilaian dan sistem kompensasi untuk mendukung kinerja pada perusahaan kulit “Dwi Jaya”.Kata kunci: visi, misi, nilai-nilai, prestasi kerja
Peranan Housekeeping Dalam Meningkatkan Kenyamanan Tamu Di The Sahid Rich Yogyakarta Emmita Devi Hari Putri; Fajar Wicaksono - AKPAR BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.429 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.488

Abstract

Abstract - Hotel is the one type of acommodations, be using a part or all of the building to provide an acommodation food and baverage and the other service that managed by commercially. In the hotel have a many more departement to operations control. The One is Hosekeeping. On the accumulation to finish the task, a writer doing a riset according a observation, literature, documentasi and interview with the informant. Where in the doing a job housekeeping do with Standart Operasional and Procedure (SOP), so it’s can create the maximum in the job and decrease being a complaint from guest.The housekeeping job in the hotel is important. Smooth completion and maintenance of sanitary room and hotel area is determined by the housekeeping. Because of that the sanitary must be note the well to create enjoying and guest endure to stay in hotel. Keyword : Hotel, Housekeeping, Complaint, Purity, Enjoying
Penerapan Standard Hygienes Dan Sanitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Food & Beverage Departement @Hom Platinum Hotel Yogyakarta Atun Yulianto; Nurcholis - Akademi Pariwisata BSI Yogyakarta
Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (137.604 KB) | DOI: 10.31294/khi.v6i2.484

Abstract

Abstrak - Persaingan hotel yang semakin ketat saat ini mendorong industri perhotelan di Yogyakarta untuk meningkatkan kualitas pelayanan baik pelayanan kamar maupun makanan dan minuman. Kenyataan dilapangan menunjukkan sebagian pengolahan makanan dihotel tidak menggunakan motode dan cara yang memenuhi standar hygiene dan sanitasi yang baik. Akibatnya hasil olah makanan akan menjadi tidak sehat untuk konsumsi manusia. Hotel @Hom Platinum Yogyakarta berupaya meningkatkan kualitas makanan yang ada di dapur dengan cara menerapkan standar hygienes dan sanitasi dalam setiap proses pengolahan makanan dan minumannya. Oleh karena itu penulis tertarik menelaah lebih jauh dalam tugas akhir ini dengan judul “Penerapan Standar Hygienes Dan Sanitasi Dalam Meningkatkan Kualitas Makanan Di Kitchen @Hom Platinum Yogyakarta”. Pengambilan data dilakukan dengan tehnik wawancara, dan pengamatankepada juru masak (cheef) di food&beverage departemen hotel. Disamping hal tersebut studi pustaka juga menjadi salah satu tehnik yang dilakukan untuk mengetahui teori pendukung tentang standar hygienes dan sanitasi hotel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pekerjaan cheefdapur (kitchen) @Hom Platinum Yogyakarta sudah memiliki standar hygienes dan sanitasi yang baik seperti, standar hygienes sanitasi personel yang mencakup semua kebersihan pribadi karyawan, (2) hygienes dan sanitasi area dapur yang menjadi tanggung jawab seluruh karyawan telah dilaksanakan maksimal meliputi lantai, ventilasi, dinding, langit-langit dan pencahayaan, (3) telah diterapkan hygienes dan sanitasi peralatan yang bertujuan untuk membunuh bakteri yang ada di peralatan dapurmelaluiprosedur pemanasan dan dengan bahan kimia, (4) hygienes dan sanitasi bahan makanan yang diterapkan hotel meliputi proses penyimpanan bahan makanan disesuai dengan tempat dan spesifikasi bahan yang akan di simpan. Kata Kunci: Hygiene, Sanitasi, Kualitas

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 16, No 1 (2025): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2025 Vol 15, No 2 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2024 Vol 15, No 1 (2024): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2024 Vol 14, No 2 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2023 Vol 14, No 1 (2023): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2023 Vol 13, No 2 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2022 Vol 13, No 1 (2022): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2022 Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2021 Vol 12, No 1 (2021): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2021 Vol 11, No 2 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2020 Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2020 Vol 10, No 2 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2019 Vol 10, No 1 (2019): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2019 Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2018 Vol 9, No 1 (2018): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2018 Vol 8, No 2 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2017 Vol 8, No 1 (2017): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2017 Vol 7, No 2 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2016 Vol 7, No 1 (2016): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2016 Vol 6, No 2 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2015 Vol 6, No 1 (2015): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2015 Vol 5, No 2 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2014 Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2014 Vol 4, No 2 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2013 Vol 4, No 1 (2013): Jurnal Khasanah Ilmu - Masret 2013 Vol 3, No 2 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - September 2012 Vol 3, No 1 (2012): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2012 Vol 1, No 1 (2010): Jurnal Khasanah Ilmu - Maret 2010 More Issue