cover
Contact Name
Hasruddin Nur
Contact Email
asrul23.23.a2@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
asrul23.23.a2@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Phinisi Integration Review
ISSN : 26142325     EISSN : 26142317     DOI : -
Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review menerima artikel atau tulisan ilmiah dalam bentuk hasil-hasil kajian analitis, penelitian, aplikasi teori, dan pembahasan perpustakaan tentang ilmu pengetahuan sosial terdiri dari pendidikan sejarah, pendidikan IPS terpadu, pendidikan ekonomi, IPS Ke SD-an, Pendidikan Hukum dan Kewarganegaraan, pendidikan sosiologi, Pendidikan Antropologi.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022" : 34 Documents clear
Pengaruh Pemberian Tugas Melalui Quizizz Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah di MAN 2 Makassar Seila Fhebrianti Sharief; Andi Ima Kesuma; Abdurrahman Sakka
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38100

Abstract

This study aims to examine (1) the influence of task giving through Quizizz on students' learning motivation in History learning at MAN 2 in Makassar City, (2) the influence of task giving through Quizizz on learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City, and (3) the influence of task giving through Quizizz and without Quizizz on students’ motivation and learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City. The type of research used is quasi-experimental. The population was all students in grade XI IPS at MAN 2 in Makassar. The research samples were grade XI IPS 1 and XI IPS 3 with 36 students. The data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. The results of the study reveal that (1) there is a difference in learning motivation in the class assigned with a Quizizz with tcount 89.39 and the class without given the Quizizz with tcount 86.64, (2) there are differences in learning outcomes in the class assignment with Quizizz with tcount 87.86 while the other class without the Quizizz obtained tcount 78.72, and (3) task giving through Quizizz gives good influence on students' motivation and learning outcomes in History learning at MAN 2 in Makassar City. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (2) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (3) mengetahui pengaruh pemberian tugas melalui Quizizz dan bukan melalui Quizizz terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi adalah seluruh peserta didik di kelas XI IPS di MAN 2 Makassar. Sampel penelitian ini yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 3 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adlah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi belajar pada kelas yang diberi penugasan melalui Quizizz dengan t_hitung 89,39 dan kelas yang tidak diberikan perlakuan dengan t_hitung 86,64. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas yang diberikan penugasan melalui Quizizz dengan perolehan t_hitung 87,86 sedangkan pada kelas lain yang tidak diberi perlakuan memperoleh t_hitung 78,72. (3) Pemberian tugas melalui Quizizz memberi pengaruh baik terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah di MAN 2 Kota Makassar
Peran Pekerja Sosial Dalam Pemberdayaan Pekerja Anak Pada Sektor Informal Di Kecamatan Panakkukang Andi Elvira Anggraeni; Firdaus W Suhaeb; Mustari Mustari; Najamuddin Najamuddin
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.37545

Abstract

The phenomenon of child labor in the informal sector in Panakkukang District, Makassar which is increasingly attracting the attention of social workers to provide social services for them. The social services provided are of course based on the role of a social worker. This study aims to I) Find out how the description of the role of social workers in empowering child labor in the informal sector in Panakkukang District, Makassar City. This type of research is classified as qualitative research. In this study, the informants were 16 people. This research uses observation, interview, and documentation techniques. The results of the study show that: I) Social workers in implementing the empowerment of child workers in the informal sector have a facilitative role, an educational role, a representative role and a technical role.Adanya fenomena pekerja anak pada sektor informal di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar yang semakin hari semakin banyak jumlahnya menarik perhatian pekerja sosial untuk dapat memberikan pelayanan sosial bagi mereka. Pelayanan sosial yang diberikan tentunya berdasarkan peran yang dimiliki oleh seorang pekerja sosial. Penelitian ini bertujuan untuk I) Mengetahui gambaran peran pekerja sosial dalam pemberdayaan pekerja anak pada sektor informal di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Di dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 16 orang. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: I) Peran pekerja sosial yang terselenggara dalam pemberdayaan pada pekerja anak sektor informal meliputi peran fasilitatif, peran edukasional, peran perwakilan dan peran teknis.
Clubbing: Lifestyle Para Remaja di Kota Makassar Dyan Paramitha Darmayanti; M Iqbal Arifin; Husain Husain
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.39378

Abstract

At present the development of urban areas in Indonesia is growing very rapidly, this is marked by the emergence of various tall buildings to the development of the entertainment industry, one of which is Makassar City. Various types of entertainment venues are starting to emerge in the city of Makassar at this time, ranging from children's and youth entertainment venues to entertainment venues that are visited by certain groups and are in demand by some young people, such as nightclubs, namely clubs or so-called discotheques. This study aims to find out about clubbing which has now become a lifestyle for some teenagers in Makassar City. The research used qualitative research and used observation methods and in-depth interviews with 7 informants who were in their early teens to late teens, both from high school and those who had an identity as a student in university. The results of this study explain that these teenagers lead a lifestyle caused by internal factors and external factors. Internal factors consist of boredom with monotonous activities and the notion that clubbing is something that can only be done by cool kids and clubbing is a place to calm down, while external factors are due to association with social circles and curiosity because many clubbing activities have sprung up on social media.Saat ini perkembangan daerah perkotaan di Indonesia semakin bertumbuh dengan sangat cepat hal ini ditandai  , salah satunya Kota Makassar. Berbagai jenis tempat hiburan mulai bermunculan di Kota Makassar saat ini, mulai dari tempat hiburan anak dan remaja hingga tempat hiburan yang dikunjungi oleh kalangan tertentu saja dan diminati oleh beberapa kaum muda, seperti tempat hiburan malam yaitu club atau biasa disebut diskotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai clubbing yang dimana saat ini telah menjadi gaya hidup beberapa remaja di Kota Makassar. Dalam penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam terhadap 7 orang informan yang berusia remaja awal hingga remaja akhir baik dari bangku sekolah menengah atas, hingga yang memiliki identitas sebagai mahasiswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa para remaja ini menjalani gaya hidup disebabkan karena berbagai faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri rasa bosan terhadap aktivitas yang monoton serta anggapan bahwa clubbing adalah hal yang hanya dapat dilakukan oleh anak gaul dan menjadi clubbing sebagai tempat untuk menenangkan diri, sementara faktor eksternal adalah karena pergaulan lingkaran pergaulan dan rasa penasaran karena banyaknya kegiatan clubbing bermunculan di media social.
Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Peserta Didik SMA Negeri 5 Makassar Wahyu Muh Syata
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38167

Abstract

Based on the result of observation at SMAN 5 in Makassar on the utilization of multimedia on Economy subject in IPS (Social Sciences) class showed that the learning quality was low which made impact on students’ learning achievement. The study aimed at explaining the influence of utilizing multimedia and teacher’s creativity on students’ learning achievement in Economy at SMAN 5 in Makassar. The study was a survey research with verificative research and commonly known as explanation research. Technique used in obtaining the sample was Proportional Random Sampling. Data obtained were analyzed using two types of statistics, namely descriptive statistics and inferential statistics. The results of the study reveal that  there is influence of utilizing multimedia on students’ learning achievement in economy in IPS at SMAN 5 in Makassar. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Makassar tentang penggunaan multimedia pada mata pelajaran ekonomi di kelas IPS menujukkan bahwa mutu pembelajaran rendah sehingga berdampak  terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian  ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penggunaan multimedia terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar. Metode penelitian ini adalah penelitian survai yang bersifat verificative research dan lazim diartikan penelitian penjelasan. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Proportional random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan dua jenis statistik yaitu statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat  pengaruh antara penggunaan multimedia dengan prestasi belajar ekonomi peserta didik pada jurusan IPS SMA Negeri 5 Makassar.
Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Kertadana di Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur Candra Guna Laksana; Muhammad Azis; Darman Manda
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38107

Abstract

Community Empowerment Strategy through Kertadana Village-Owned Enterprises in Kertoraharjo Village, East Luwu Regency. (Supervised by: Muhammad Azis and Darman Manda). Social Science Education Study Program, Specialty in Economist Education. Makassar State University Postgraduate Program. This study aims to find out: Community Empowerment Strategies Through Village Owned Enterprises Kertadana Kertoraharjo East Luwu Regency and Constraints and Solutions in Running Community Empowerment Strategies Through Village Owned Enterprises Kertadana in Kertoraharjo Village, East Luwu Regency. This type of research is descriptive qualitative research. It is said to be qualitative because the main data source in this study is the words and actions of the people who are observed or interviewed. The Strategy for Community Empowerment of village owned enterprises Kertadana in Kertoraharjo Village, East Luwu Regency, namely, the program carried out by the three business units in village owned enterprises Kertadana is one strategy to empower the community by providing easy access to the Kertoraharjo village community. Constraints and Solutions in Implementing a Community Empowerment Strategy through village owned enterprises Kertadana in Kertoraharjo Village, East Luwu Regency, namely, how to socialize to the community with the establishment of village owned enterprises Kertadana and market competition with other agents from outside Kertoraharjo village. The solutions carried out are such as outreach to the community, collaborating with the Kertoraharjo village government and community leaders and providing understanding to the community. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Kertadana di Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur. (Dibimbing oleh: Muhammad Azis dan Darman Manda). Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Kekhususan Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Kertadana Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur serta Kendala dan Soslusi dalam Menjalankan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Badan Usaha Milik Desa Kertadana di Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dikatakan kualitatif karenan sumber data utamanya dalam penelitian ini berupa kata-kata dan tindakan orang-orang yang diamati atau yang diwawancarai. Strategi Pemberdayaan Masyarakat BUMDes Kertadana Di Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur yaitu, Program yang dilakukan ketiga unit usaha yang ada di BUMDes Kertadana tersebut merupakan salah satu strategi untuk memberdayakan masyarakat dengan memberikan kemudahan akses kepada masyarakat desa Kertoraharjo. Kendala dan Solusi dalam Menjalankan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui BUMDes Kertadana di Desa Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur yaitu, cara mensosialisasikan kepada masyarakat dengan berdirinya BUMDes Kertadana dan adanya persaingan pasar dengan agen-agen lainnya dari luar desa Kertoraharjo. Adapun solusi yang dilakukan yaitu seperti sosialisasi ke masyarakat, bekerjasama dengan pemerintah desa Kertoraharjo serta tokoh masyarakat dan memberikan pemahaman kepada masyarakat.
Market Digital Era 4.0 Dalam Perspektif Sosiologis (Studi Kasus Sales Toyota Hadji Kalla Cabang Hertasning Kabupaten Gowa) April Cahaya; Muhammad Syukur; Ahmadin Ahmadin; Anrical Anrical
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.37550

Abstract

The objectives of the study are to discover: 1) the adaptation of the Toyota Heartasning sales dialer in Gowa district in entering the digital era 4.0. and 2) the sales strategy in promoting Toyota products. The study employed a qualitative descriptive employed observation, interviews, and documentation. The data analysis techniques were conducted in three stages, namely: data reduction, data presentation, and conclusions drawing. The results of the study reveal that: 1) the form of adaptation conducted by Toyota Hadji Kalla Hertasning sales in Gowa district is the transition from a conventional sales system to a digital market system that functions as: a) sales tools, b) customer services, c) a means of communication, d) cost efficiency, and e) a brand development tool; 2) the strategies used by sales of Toyota Hadji Kalla Hertasning in Gowa district in marketing products are, a) conducting an online gatering, b) using social media such as Facebook, Instagram, WhatsApp Sender, Tik Tok, and Web in marketing Toyota products, c ) visiting consumers' homes directly, d) maintaining good relations with consumers who have previously purchased cars, and 5) expanding social networks to sales competitors.Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana adaptasi sales dialer toyota Heartasning Kabupaten Gowa dalam memasuki era digital 4.0. 2) Untuk mengetahui bagaimana strategi sales dalam mempromosikan produk toyota. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, informan dalam penelitan sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk adaptasi yang dilakukan oleh sales Toyota Hadji Kalla Hertasning Kabupaten Gowa yaitu peralihan dari sistem penjualan konvensional ke sistem market digital yang berfungsi sebagai: a) alat penjualan (sales tools), b) Sebagai pelayanan konsumen (customer services), c) Sebagai alat berkomunikasi, d) Sebagai efsiensi biaya, dan e) Sebagai alat pengembangan merk. 2) Adapun strategi yang digunakan oleh sales Toyota Hadji Kalla Hertasning Kabupaten Gowa dalam memasarkan produk yaitu, a)  melakukan gatering secara daring, b) menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, whatsApp Sender, Tik Tok, dan Web dalam memasarkan produk Toyota, c) Visit konsumen atau mengunjungi langsung kerumah konsumen. d) Menjaga hubungan baik dengan konsumen yang telah melakukan pembelian mobil sebelumnya, dan 5) memperluas jejaring sosial kepada sales competitor.
Penggunaan Media Dakon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Yonathan Saba Passingi; Nurul Mukhlisa; Nurhatisah Nurhatisah
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38252

Abstract

The problem of this research is low learning achievement of students. The purpose of the research isto improve the process and learning achievement byusing dakon media. Qualitative approach with typeof Classroom Action Research (CAR). Implementation begins withthe pre-action stage, withthe cycle includes four stages planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques used observation, testsand documentation. Research subjects are teachers andfourth grade students consisting of 15 students, 9 male and 6 female. The data analysis technique usedis qualitative data analysis techniques. The results of the research during the implementation of the first cycle in the sufficient category and in the second cycle there was an increase in the good category and reached the predetermined indicators. The conclusion of this study is that the use of Dakon media can improve students' learning outcomes on grade IV at UPTD SDN 18 Parepare. Permasalahan dalam penelitian yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah proses dan hasil pembelajaran dengan menggunakan media dakon. Pendekatan  yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan dilakukan dalam 2 siklus di awali dengan kegiatan pra tindakan kemudian tahap siklus yang terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 15 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh selama pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh bahwa hasil penelitian pada siklus I berada pada kategori cukup dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategori baik serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV UPTD SDN 18 Parepare.
Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening di SMK Negeri 5 Pangkep Fadillah Fadillah; Thamrin Tahir; Inanna Inanna; Muhammad Azis; Najamuddin Najamuddin
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38164

Abstract

This study aims to examine (1) the influence of education and training on motivation partially, (2) the influence of education and training on motivation simultaneously, (3) the influence of education on teacher performance directly and indirectly through motivation, (4) the influence of training on teacher performance directly and indirectly through motivation, and (5) the influence of motivation on teacher performance directly. This study employs ex post facto method using a quantitative approach. The sampling employed the saturated sample technique where the entire population was used as the research sample. The sample of the study was all teachers consisted of 39 teachers. The results of the study reveal that (1) Partially, there is a direct influence significantly of education and training on motivation, (2) Simultaneously, there is a direct influence significantly of education and training on motivation, (3) there is a direct and significant influence of education on teacher performance as well indirectly through motivation, (4) there is a direct and significant influence of training on teacher performance as well as indirectly through motivation, and (5) there is a direct and significant influence of motivation on teacher performance at SMKN 5 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi secara parsial, (2) pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi secara simultan, (3) pengaruh pendidikan terhadap kinerja guru secara langsung dan tidak langsung melalui motivasi, (4) pengaruh pelatihan terhadap kinerja guru secara langsung dan tidak langsung melalui motivasi, (5) pengaruh motivasi terhadap kinerja guru secara langsung. Penelitian ini menggunakan metode expost facto menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel penelitian Sampel penelitian ini adalah seluruh guru yang terdiri dari 39 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara parsial terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi, (2) Secara simultan terdapat pengaruh langsung yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap motivasi, (3) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan pendidikan terhadap kinerja guru juga secara tidak langsung melalui motivasi, (4) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan pelatihan terhadap kinerja guru juga secara tidak langsung melalui motivasi, (5) terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan motivasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 5 Pangkep.
Pengaruh Literasi Membaca Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar Fatimah Irhas; Ahmadin Ahmadin; Abdul Rahman
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.38101

Abstract

This study aims to examine (1) the influence of reading literacy on students' learning motivation in History subject at MAN 2 in Makassar City, (2) the influence of reading literacy on learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City, (3) whether there are influences of reading literacy and without reading literacy on students’ motivation and learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City. The type of research used is quasi-experimental. The population of the study were all students of grade X IPS at MAN 2 in Makassar City. The samples were grade X IPS 3 and X IPS 4 that each class consisted of 37 students. The data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. The results of the study reveal that (1) there is an influence of reading literacy on students' motivation in History subject at MAN 2 in Makassar City, (2) there is an influence of reading literacy on learning outcomes in History at MAN 2 in Makassar City, and (3) there are influences of students' motivation and learning outcomes in History subject at MAN 2 in Makassar City in classes that are given reading literacy treatment and without reading literacy. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (2) mengetahui pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. (3) mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis literasi membaca dan tanpa melalui literasi membaca terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah di MAN 2 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas X IPS di MAN 2 Kota Makassar. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 dan X IPS 4 masing-masing berjumlah 37 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap motivasi belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. (2) terdapat pengaruh literasi membaca terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar. (3) terdapat pengaruh motivasi dan hasil belajar sejarah peserta didik di MAN 2 Kota Makassar pada kelas yang diberikan perlakuan literasi membaca dan tanpa literasi membaca.
Perspektif Sosiologi Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Sim Sesuai Visi Polri Presisi Adi Sumandiyar; Hasruddin Nur
Phinisi Integration Review Volume 5 Nomor 3 Tahun 2022
Publisher : Universitas Negeri Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26858/pir.v5i3.37547

Abstract

This article aims to obtain in-depth information about the sociological perspective of the organization on the quality of SIM services in accordance with the Vision of the Precision Police. Using a descriptive qualitative approach and digging up information about the involvement of all SIM service providers carried out by the South Sorong Police, West Papua. The results showed that the quality of the SIM service was in accordance with the Service Operational Standard (SOP) which was supported by the facilities and infrastructure needed by the community, including the availability of queuing machine facilities, waiting rooms, assistive facilities for people with disabilities and humanism services by the personnel of the South Sorong Police Traffic Unit.Adanya fenomena pekerja anak pada sektor informal di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar yang semakin hari semakin banyak jumlahnya menarik perhatian pekerja sosial untuk dapat memberikan pelayanan sosial bagi mereka. Pelayanan sosial yang diberikan tentunya berdasarkan peran yang dimiliki oleh seorang pekerja sosial. Penelitian ini bertujuan untuk I) Mengetahui gambaran peran pekerja sosial dalam pemberdayaan pekerja anak pada sektor informal di Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Di dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah 16 orang. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: I) Peran pekerja sosial yang terselenggara dalam pemberdayaan pada pekerja anak sektor informal meliputi peran fasilitatif, peran edukasional, peran perwakilan dan peran teknis.

Page 1 of 4 | Total Record : 34