cover
Contact Name
Ardiansyah
Contact Email
ardiansyahm.pd@uin-suska.ac.id
Phone
+6282365552568
Journal Mail Official
konfigurasi.pka@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan
ISSN : 25491679     EISSN : 28078241     DOI : 10.24014/konfigurasi
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Konfigurasi Membahas tentang pengembangan model / media pendidikan dan menerapkan hasil penelitian laboratorium di bidang pengembangan pendidikan kimia yang terintegrasi dengan konsep islam.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2025)" : 7 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA SUB MATERI REAKSI EKSOTERM DAN ENDOTERM SEBAGAI SUMBER BELAJAR Khairunnisa, Khairunnisa; Lazulva, Lazulva; Mahartika, Ira
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37802

Abstract

This research was instigated with the limitations of tools and materials in the process of practical work activities and the use of limited chemistry learning media. This research aimed at finding out the validity, practicality, and student response tests whose validity was tested by media experts, material experts, language experts, teachers, and students. The research method use was Research and Development (R&D) with Design and Development Research (DDR) model. The preliminary field test was conducted to the eleventh-grade students of class 3 at Senior High School of muhammadiyah 1 Pekanbaru. The product in the form of Flashcard media with Augmented Reality in Thermochemistry practical work was developed in this research. The validation score by media experts, material experts, and language experts wa 82,9% with very valid criterion. Teacher practicality test result was 90% with very practical criterion, and student response test result was 81,7% with very good category. Based on the results obtained from the validity test, practicality test and response test, it can be concluded that augmented reality-assisted flashcard media on exothermic and endothermic reaction sub-material as a learning resource is very feasible and practical to use in the learning process of exothermic and endothermic reactions.Keywords: Augmented Reality, Flashcard, Exothermic and Endothermic ReactionsAbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan alat dan bahan dalam proses kegiatan praktikum serta penggunaan media pembelajaran kimia yang terbatas. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan uji respon peserta didik terhadap media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm sebagai sumber belajar yang diuji kevalidannya oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, guru, dan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Desain and Development Research (DDR). Uji lapangan awal dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru terhadap peserta didik kelas XI.3. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm dengan nilai validasi ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh sebesar 82,9% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas guru mendapatkan hasil sebesar 90% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon peserta didik mendapatkan hasil sebesar 81,7% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari uji validitas, uji praktikalitas dan uji respon dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbantuan augmented reality pada sub materi reaksi eksoterm dan endoterm sebagai sumber belajar sangat layak dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran reaksi eksoterm dan endoterm. Keywords: Augmented Reality, Flashcard, Reaksi Eksoterm dan Endoterm
ISU SOSIOSAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA : SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW Nabila, Alya Salsa; Okmarisa, Heppy; Humaira, Tarisa
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37800

Abstract

This study aims to assess the use of socioscientific issues (SSI) in chemistry learning at the SMA/MA level based on a systematic literature analysis. Using the PRISMA method, 25 articles published between 2019 and 2024 were analyzed to evaluate trends, learning materials, and the impact of SSI implementation in the context of chemistry education. The analysis showed that organic chemistry and environmental chemistry had the highest proportion of use (16%), followed by acid-base, polymers, electrolyte solutions, and thermochemistry. The year 2022 became the peak of SSI-related publications with 7 articles, while 2023 showed a significant decline with only 1 article. The use of SSI is proven effective in improving learning relevance, student motivation, critical thinking skills, andenvironmental awareness. This research provides guidance for chemistry teachers to design SSI-based learning that is contextual, applicable, and meaningful
Analisis Efektivitas Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Mata Pelajaran Kimia Jenjang SMA/MA dengan Studi Literature Review Zulfania, Annisa; Syahrozi, Syahrozi; Rahmawan, Setia
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37164

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis implementasi pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran kimia bagi siswa SMA/MA. Metode yang digunakan adalah literature review yakni dengan menganalisis sepuluh artikel penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterbitkan dalam sepuluh tahun terakhir. Hasil analisis melaporkan bahwasannya menerapkan CTL secara konsisten akan membuat hasil belajar siswa meningkat, keaktifan, motivasi belajar, serta logis dalam berpikir kritis. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan oleh kenaikan ketuntasan belajar pada semua studi, sementara aktivitas siswa meningkat melalui keterlibatan aktif dalam inkuiri dan diskusi. Motivasi siswa juga mengalami kenaikan signifikan, mendorong pembelajaran yang lebih bermakna dan berkelanjutan. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan logis siswa berkembang melalui penerapan strategi pembelajaran berbasis kontekstual. Faktor lain yang turut mempengaruhi efektivitas CTL adalah peran guru sebagai fasilitator, penggunaan media pembelajaran yang relevan, dan manajemen waktu yang efektif. Temuan ini menegaskan bahwa model CTL merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia tingkat SMA/MA.
Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Science, Technology, Religion, Engineering, Art, Mathematics Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Laju Reaksi Alfitria, Ghina
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.36714

Abstract

Pemilihan model pembelajaran sangat penting sebelum melakukan proses pembelajaran karena akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran project based learning (PjBL) . Model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan proses belajar siswa melalui kegiatan yang melibatkan partisipasi aktif siswa, namun dalam penerapannya masih kurang maksimal dikarenakan masih fokus pada penyelesaian materi, sehingga pembelajaran masih cenderung pasif dan kurang bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Penerapan PjBL dengan pendekatan STREAM menjadikan pembelajaran menjadi lebih inovatif dan dapat membangun pemahaman siswa serta menggali kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara siswa yang menerapkan model pembelajaran PjBL berbasis STREAM dikelas eksperimen dengan yang tidak menggunakan pendekatan STREAM pada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MA Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan dua kelas sampel yaitu kelas XI Teknik 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Kedokteran 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes pretest posttest , lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai uji T signifikansi 2-tailed sebesar 0,010. Oleh karena itu, penggunaan model PjBL berbasis STREAM memberikan dampak yang baik dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia khususnya materi laju reaksi.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA/MA SEDERAJAT Sukma, Fitri Melati; Wulandari, Putri Adita; Abdullah, Abdullah
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37535

Abstract

Kurikulum yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran, dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Project Based Learning (PjBL) menggunakan Flip PDF Professional pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur kelas X SMA/MA. Model PjBL mendorong peserta didik untuk aktif membangun pengetahuan melalui keterlibatan langsung dalam proyek nyata yang relevan dari materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil validasi berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media dengar skor rata-rata 98,33% dengan kategori valid. Uji coba respon pengguna sangat baik diperoleh rata-rata skor 97,22%  dari guru dan peserta didik diperoleh rata-rata skor 89,78%. E-modul ini valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
DESAIN DAN UJI COBA MEDIA BERBASIS WEBLOG PADA MATERI PERKEMBANGAN MODEL ATOM TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM Yenti, Elvi; Lestari, Marsya Diah
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37810

Abstract

This research was instigated with the education aiming as a communication process form students who believe, and have noble character and have good knowledge. In order to unite scientific knowledge and Islamic values, so innovation that can make these two sciences into one unified whole is needed.  This research aimed at producing Weblog based learning media design and finding out the appropriateness level and student response to the media.  It was Research and Development with Design Development Research (DDR) model.  The result of this research was Weblog learning media on Islamic Values integrated the Development of the Atomic Model lesson.  a) the validity level consisted of the percentages 92.5% by media expert validators with very valid criterion, 100% by material expert validators with very valid criterion, and 84.37% by integration expert validators with very valid criterion; b) Chemistry subject teacher response through practicality test showed that the percentage was 95% with very practical criterion; and c) the response of the tenth-grade students of class  to the media showed that the percentage was 85% with very good criterion.
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR Difa, Lusyan; Afrianis, Neti
Konfigurasi : Jurnal Pendidikan Kimia dan Terapan Vol 9, No 2 (2025)
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/konfigurasi.v9i2.37829

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya semangat belajar peserta didik dan hasil belajar kimia siswa yang belum maksimal dan juga dalam melakukan aktivitas belajar mengajar guru jarang menggunakan media pembelajaran dan saat melakukan pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya penggunaan media pembelajaran flashcard terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur. Jenis penelitian ini merupakan  penelitian kuantitatif, yang menggunakan metode penelitian quasy eksperimen yaitu Pretest-Posttest, Non-Equievalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X di SMA N 2 Tambang yang terdiri dari 10 kelas untuk kelas X berjumlah 356 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis datanya menggunakan uji t dan uji N-Gain Score. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai sig 0,000< 0,05 sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Selain itu nilai N-Gain kelas eksperimen dari masing-masing peserta didik, yaitu terdapat sebanyak 9 peserta didik kategori tinggi dengan persentase 25%, 25 peserta didik dalam kategori sedang dengan persentase 69,44% dan 2 peserta didik dalam kategori rendah dengan persentase 5,56%. Selain itu nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah 58,6732  termasuk kedalam kategori cukup efektif. Kesimpulannya adalah penggunaan media flashcard cukup efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem periodik unsur.

Page 1 of 1 | Total Record : 7