cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
INOVTEK POLBENG
ISSN : 20886225     EISSN : 25802798     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Inovasi dan Teknologi Politeknik Negeri Bengkalis merupakan jurnal berbasis penelitian ilmiah. Artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian, artikel penelitian asli, review dan kajian ilmiah
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2" : 22 Documents clear
Studi Penambahan fly ash pada Komposit Natural Fiber Reinforced Boat Widya Emilia Primaningtyas; Benedicta Dian Alfanda; Kiki Dwi Wulandari; Budhi Santoso
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2886

Abstract

Kapal berpenguat serat kaca masih menjadi mayoritas produksi industri transportasi laut, akibat harga yang relatif murah dan proses produksi yang mudah. Resiko kesehatan kerja yang tinggi saat produksi, dihasilkan dari penggunaan serat kaca yang ringan, tipis, dan tajam mudah terhirup. Maka kebutuhan kapal yang kuat, murah, dengan resiko kesehatan kerja rendah serta ramah lingkungan menjadi tantangan bagi sektor material di industri transportasi laut. Daun nanas, merupakan salah satu limbah komoditas perkebunan Indonesia, yang jumlahnya melimpah dan pemanfaatannya yang belum optimal, berpotensi menggantikan serat kaca pada konstruksi Natural Fiber Reinforce Boat. fly ash, merupakan residu hasil pembakaran batubara,tercatat pemanfaatannya hanya berada maksimum pada 12% dari total pasokan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sintesis pembentukan komposit polyester berpenguat serat daun nanas yang ditambahkan fly ash sebagai filler. Kekuatan tarik dari spesimen komposit diuji mengacu pada ASTM D638-14. Pembuatan komposit dilakukan dengan metode hand lay-up dengan komposisi reinforce dan matriks dalam persen volume sebesar  30:70% dengan variasi penambahan fly ash sebesar 0, 5, 10, 15 % dari tiap-tiap porsi komposisi matriks. Serat daun nanas pendek berukuran 1 mm digunakan dan disusun dengan orientasi random sebagai reinforce. Nilai kekuatan tarik terbaik dihasilkan dari komposit tanpa penambahan filler fly ash senilai 45,060,87 MPa, yang melampaui kekuatan minimum sebagai papan serat densitas tinggi mengacu pada SNI 01-4449-2006 yang dapat digunakan sebagai bahan dinding ruang sekat akomodasi interior kapal. Penambahan sejumlah sedikit fly ash (5%) sebagai filler dalam komposit menurunkan 6,41% kekuatan tarik, namun seiring dengan meningkatnya jumlah filler fly ash yang ditambahkan cenderung meningkatkan kekuatan tarik walaupun belum melampaui kekuatan tarik komposit tanpa tambahan filler fly ash.
Repair Rescheduling KMP.TRANSHIP I With Critical Path Method ari wibawa budi santosa
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2665

Abstract

 Reparasi kapal merupakan  proyek  yang pelaksaannya tidak menutup kemungkinan terjadi keterlambatan akibat beberapa faktor yang mengakibatkan jadwal tidak  sesuai yang ditentukan pada saat kontrak. Network planning dan Critical Path Method adalah metode yang umum digunakan dalam sistem perencanaan untuk mendapatkan jadwal  yang tepat yang produknya adalah jadwal pekerjaan. Metode ini gunakan untuk menyelesaikan penelitian analisis reschedule reparasi KMP.TRANSHIP I digalangan SMI Cilegon untuk mengantisipasi  keterlambatan proyek dengan dibantu software project libre. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jadwal dengan waktu yang lebih efisien dalam menyelesaikan proyek serta menentukan nilai produktivitas tenaga kerja yang dihasilkan agar mendapatkan waktu yang optimal. Hasil penelitian menghasilkan network diagram yang memiliki 11 pekerjaan pada jalur kritis menyebabkan kemajuan dari jadwal awal 19 hari. Crashing menyebabkan percepatan durasi sebanyak 5 hari dari 19 hari menjadi 14 hari dan kenaikan biaya sebesar 17,71% dengan alternative penambahan tenaga kerja,dan diperoleh crashing durasi 4 hari dari 19 hari menjadi 15 hari dengan kenaikan biaya sebesar 58,76% dengan  penambahan jam kerja(lembur). Penambahan biaya 17,71% lebih efesien untuk mempercepat durasi dan biaya proyek. dari jadwal normal.Dengan demikian dalam penelitiaan ini merekomendasikan opsi penambahan jumah tenaga kerja.
Perbandingan Penggunaan Jenis Elektroda E6013 untuk Sambungan Las Plat Baja ASTM A36 Muhammad Ryan Wahyudi; Afriantoni Afriantoni
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2948

Abstract

Penggunaan jenis elektroda di lapangan seringkali ditemukan dengan beberapa merk yang berbeda, dimana setiap merk elektroda yang digunakan biasanya memiliki harga yang berbeda Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengujian impact beberapa merk elektroda dengan pengelasan SMAW pada plat baja ASTM A36. Spesifikasi elektroda yang digunakan adalah E6013 untuk filler dan capping dari 3 (tiga) merk yang berbeda, sedangkan untuk root menggunakan satu jenis merk elektroda E7016. Alur yang digunakan sudah sesuai dengan petunjuk yang tertera pada kemasan. Bahan dasar yang digunakan adalah plat baja ASTM A36 dengan dimensi tebal 10 mm, panjang 200 mm dan lebar 100 mm. Jenis sambungan yang digunakan adalah V-joint dengan sudut 60 derajat. Dari hasil uji impact diperoleh hasil pengujian untuk elektroda merk A sebesar 0,8593 J/mm², elektroda merk B sebesar 0,6396 J/mm² dan elektroda merk C sebesar 1,3206 J/mm². Semakin rendah nilai impact yang diperoleh, semakin kuat kelenturan patahan yang terjadi pada benda uji.
DESAIN MODIFIKASI KAPAL NELAYAN MENJADI KAPAL AMFIBI UNTUK DESA SIMPANG AYAM KABUPATEN BENGKALIS pardi pardi
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2841

Abstract

Kapal amfibi merupakan salah satu tipe kapal yang paling flexibel digunakan di sektor transportasi darat atau perairan, terutama sebagai kendaraan untuk peralatan oprasi militer maupun fungsi lainnya. Sifat kapal ini sangat cocok untuk diterapkan dipelabuhan kapal ikan desa Simpang Ayam Kabupaten Bengkalis yang memiliki wilayah pantai yang landai. Pada saat kondisi air laut surut nelayan mengalami kesulitan untuk mengopersikan kapal karena air laut cukup jauh dari posisi kapal bersandar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membantu nelayan agar lebih mudah beroperasi baik pada saat kapal surut maupun pasang dengan cara membuat desain modifikasi sistem pengerak kapal yang dapat berfungsi diair maupun didarat seperti layaknya kapal amfibi. Kapal yang dibuat desain modifikasi berukuran Loa = 6 m, lebar (B) = 1,4 m, Tinggi (H) = 0,8 m dan draft (T) = 0,4 m. Untuk dapat bergerak diair maupun di darat kapal ini membutuhkan jenis penggerak motor tempel dan penggerak dengan sistem hidrolik agar berfungsi sebagai kapal amfibi. 
HUBUNGAN ANTARA KEAUSAN TEPI PAHAT DENGAN RASIO DELAMINASI LUBANGATAS PADA PROSES MENGGURDI KOMPOSIT BERPENGUAT SERAT DAUN NANAS ( PALFs ) mur dani murdani; Ismet Hari Mulyadi Ismet Hari Mulyadi
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2920

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara terjadinya delaminasi dengan keausan tepi pahat pada proses menggurdi material komposit berpenguat serat daun nanas. Untuk material komposit berpenguat serat daun nanas dipersiapkan dalam bentuk lembaran yang dijalin (woven mat).Lembaran komposit kemudian disusun dalam3 (tiga) lapisan (stacking) dalam matrik termoplastik dengan metoda Hand Lay-up. Adapun orientasi serat masing-masing lembaran adalah 900 dan 450.Komposit kemudian dilubang dengan mempergunakan proses menggurdi dengan dua kondisi, yaitu kondisi ringan dan berat. Kualitas lubang dalam aspek delaminasi dan keausan tepi pahat diukur dengan mempergunakan mikroskop optik yang dilengkapi perangkat lunak pengukuran. Selanjutnya hubungan antara nilai rasio delaminasi dan keausan tepi pahat hasil menggurdi dibangun. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan antara pertumbuhan keausan tepi pahat dengan terjadinya delaminasi lubang pada proses menggurdi material komposit ini dan dengan kondisi pemotongan yang dipilih. Hasil ini telah diverifikasi dengan menggunakan Analysis of Variances (ANOVA) dan Trend Analysis.
DESAIN PONTON DERMAGA PENUMPANG MENGGUNAKAN BAHAN ALTERNATIF DARI FIBERGLASS REINFORCED POLYMER (FRP) pardi Pardi
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2710

Abstract

Perancangan sebuah dermaga apung adalah salah satu solusi alternatif yang dinilai paling tepat dengan kondisi daerah pesisir pantai. Bangunan ponton pada dermaga sangat penting peranannya tetapi masih banyak pelabuhan rakyat yang ada disekitar pesisir kabupaten Bengkalis tidak memiliki bangunan ponton sebagai media sandarnya kapal. Dalam penelitian ini dermaga apung direncanakan berdasarkan hasil survey data di lapangan lokasi tempat pelabuhan yang ditargetkan. Dalam hal ini, material yang dipilih dalam perancangan yaitu Fiberglass Reinforced Polymer (FRP) sebagai material alternatif ponton kemudian di desain menggunakan beberapa sofwer untuk pengambaran dan analisis perhitungan kekuatan. Berdasarkan survey lapangan didapat dimensi dermaga apung dalam bentuk ponton dengan ukuran panjang (L)= 10 m, lebar (B) = 4 m, tinggi (H) = 1 m dan sarat (T)= 0,5 m. Dengan menggunakan bahan dasar FRP didapat berat total konstruksi adalah 1,82 ton. Konstruksi penguat yang digunakan dalam ponton ini adalah sistem konstruksi memanjang dan sistem kontruksi melintang.
Cover dan Daftar Isi VOL. 12 NO 2 2022 Admin Jurnal Inovtek
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.3000

Abstract

POTENSI ENERGI LAUT DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER LISTRIK BARU TERBARUKAN Sanam Sanam; Inda Aidatul Azpah; Muhamad Suhaedi; Rasendriya Arya Guna; Deddy Supriyatna
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2862

Abstract

Indonesia dan negara-negara lain telah cukup lama menghadapi krisis energi. Salah satu sumber energi alternatif yang memanfaatkan sumber daya yang tidak hayati dan memiliki banyak potensi untuk dikembangkan adalah energi laut. Seharusnya tidak mengherankan bahwa Sejumlah negara maju berlomba memanfaatkan potensi laut yang diperkirakan mampu memenuhi empat kali lipat kebutuhan listrik dunia. Tinjauan literatur (study literature) digunakan untuk mengkaji penelitian ini, tujuan penelitian ini untuk menganalisis pemanfaatan energi laut di Indonesia sebagai sumber energi baru terbarukan atau energi listrik alternatif. Sehingga penelitian ini memiliki manfaat terhadap pentingnya potensi energi laut sebagai energi terbarukan yang biasa dimanfaatkan di Negara Indonesia. Adapun hasil dari penelitian ini ialah energi laut di Indonesia memiliki banyak potensi karena Indonesia sendiri Negara yang memiliki laut yang sangat luas dan memiliki rata rata gelombang laut yang cukup tinggi sehingga dapat menghasilkan sumber ebergi listrik yang melimpah. Serta pemanfaatan energi gelombang laut juga dapat dipadukan dengan teknologi lain seperti teknologi pemecah gelombang
Studi Kelayakan Pemindahan Area Pelayaran Batam Marine Ambulance (BMA) dari Pelabuhan Tanjung Punggur ke Area Sekupang Kota Batam SAPTO WIRATNO SATOTO; Muhammad Zainuddin Lubis; Lalu Giat Juangsa Putra; Hanifah Widiastuti; Rahman Hakim; Benny Hadli Irawan; Ihsan Saputra; Naufal Abdurrahman; Budi Baharudin
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2585

Abstract

Pemindahan area pelayaran dilakukan guna memeperluas area pelayanan Batam Marine Ambulance (BMA). Kapal BMA merupakan kapal yang dibuat dengan kerjasama 3 instansi antara lain: Lembaga Amil Zakat (LAZ) Batam, Rumah Sakit Awal Bros Batam dan Politeknik Negeri Batam. Pemindahan area memerlukan kajian secara teknis baik terkait dengan kapal maupun tingkat kebutuhan transportasi yang digunakan. Lokasi pemindahan yang direncanakan adalah dari pelabuhan Tanjung Punggur menuju ke Pelabuhan Belakang Padang (Sekupang). Pemindahan ini diharapkan dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat dan kemanfaatan dari BMA. Dari hasil kajian awal dan literatur didatapkan data bahwa, banyak masyarakat yang masih membutuhkan adanya sarana taransportasi yang tidak berbayar untuk melayani kesehatan. Hal ini terlihat dari banyaknya warga yang enggan untuk memeriksakan kesehatan karena kendala pada pembiayaan transportasi. Dari segi teknis terkait dengan kondisi perairan, area pelayaran lama dan area pelayaran yang direncanakan tidak memiliki perbedaan yang signifikan, sehingga untuk dampak lingkungan terhadap gerakan kapal dirasa tidak akan begitu jauh dan masih memiliki performa yang sama.
Tinjauan Pengaruh Perubahan Diameter Baling-baling Terhadap Thrust KMP. ROKATENDA Fany - Laamena; Benjamin.G. Tentua; Yulianti P.Kubela
INOVTEK POLBENG Vol 12, No 2 (2022): INOVTEK Vol 12, No 2
Publisher : POLITEKNIK NEGERI BENGKALIS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35314/ip.v12i2.2942

Abstract

KMP. ROKANTENDA merupakan jenis kapal Ferry Ro-Ro yang memiliki rute pelayaran Ambon – Seram. Berdasarkan  dokumen kapal, KMP. ROKATENDA saat ini telah beroperasi selama 28 tahun dengan  berbagai kerusakan yang  telah di alami oleh kapal tersebut tetapi penanganan perbaikan belum dilakukan secara optimal sehingga pada tahun 2020 saat dok tahunan ternyata didapati ada masalah pada diameter baling-baling yang mengalami pengurangan diameter yang dari 1,219 m menjadi 1,131 m.  Untuk mendapatkan gaya dorong optimal aspek yang harus di perhatikan salah satunya adalah diameter baling-baling. Kerusakan baling-baling berpengaruh terhadap performance dari kapal, dimana daya yang ditransferkan dari mesin induk tidak dapat di serap secara maksimal. Sehingga Perlu dilakukan Tinjauan Pengaruh Perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA untuk mengetahui berapa besar pengaruh perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA. Penelitian menggunakan metode observasi lapangan,wancara dan pengolahan data Syang dilakukan maka mendapatkan Thrust dengan daya 1 motor induk 650 HP, diameter awal 1,219 m, KT 0,2 dan KQ 0,04, P/D 0.93 Thrust sebesar 525,897 N. Dimeter setelah mengalami pengurangan  1,131 m, KT 0,21 dan KQ 0,41 P/D 0,91 Thrust sebesar 452,196 N. Dilakukan perbandingan terlihat adanya pengurangan nilai Thrust sebesar 147 N dari diameter normal. Dari hasil perhitungan yang ada maka diameter baling-baling terbaik untuk menghasilkan Thrust sebesar 904,393 N pada KMP. ROKATENDA adalah diameter 1,219 m dengan daya terpasang sebesar 2 x 650 HP.

Page 1 of 3 | Total Record : 22