cover
Contact Name
Akhyar Anshori
Contact Email
akhyaransori@umsu.ac.id
Phone
+6282277000285
Journal Mail Official
jurnalinteraksi@umsu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UMSU Gedung C Jalan Kapten Mukhtar Basri No 3 Medan, Sumatera Utara 20238
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
urnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : -     EISSN : 25806955     DOI : https://doi.org/10.30596/interaksi
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APIK PTM) yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2017.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi" : 15 Documents clear
Strategi Pemerintah Karesidenan Surakarta dalam Penanganan Vaksinasi Covid dengan SCCT pada Media Online Solopos.com dan Tribunsolo.com Azizah Nurhakim; Rona Rizkhy Bunga Chasana
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14506

Abstract

Lebih dari 210 negara terkena wabah Covid-19 termasuk Indonesia. Salah satu langkah agar terbebas dari pandemi Covid-19 yaitu dengan melakukan upaya vaksinasi. Di Indonesia pelaksanaan vaksinasi masih mengalami pro dan kontra, selain itu masyarakat juga mempertanyakan efektivitas dari vaksin dengan alasan bahwa vaksin menimbulkan efek samping dan kehalalannya masih diragukan. Penelitian ini ingin meneliti tentang strategi respon pemerintah Eks karesidenan Surakarta terhadap penanganan Vaksinasi Covid-19. Teori yang digunakan yaitu SCCT Situational Crisis Communication, sumber data yang diambil yaitu berita online mengenai vaksin di daerah Eks karesidenan surakarta pada media Solopos.com dan Tribunsolo.com. Penelitian ini menggunakan validitas, reliabilitas dan uji beda. Validitas yang digunakan yaitu validitas isi, reliabilitas antar coder, uji beda menggunakan uji t independent. Strategi yang digunakan Pemerintah Karesidenan Surakarta adalah justification, excuse, victimage, compensation, reminder, scapegoat, apology. Strategi yang dominan digunakan yaitu justification (pembenaran/bertanggung jawab).
Strategi Personal Branding Comedian Influencer di Media Sosial Tri Riska Utami; Maylanny Christin
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.13678

Abstract

ABSTRAKSaat ini, personal branding mulai mencuri banyak perhatian orang. Personal branding biasanya dilakukan oleh artis, influencer, public figure, serta tokoh ternama lainnya, salah satunya yaitu Aul “Tutorial Hidub”. Sebagai sosok yang dikenal oleh banyak orang, Aul menerapkan strategi personal branding di akun media sosialnya. Dengan membangun personal brand, khalayak dapat mengenal sosok Aul dalam bidang tertentu hingga disebut sebagai comedian influencer dan content creator. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi personal branding yang dilakukan oleh Aul sebagai comedian influencer di media sosial mulai dari awal karir hingga saat ini. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam bersama Aul sebagai informan utama. Selain itu, penulis juga melakukan observasi terkait data dokumentasi yang bersumber dari media sosial untuk mendukung hasil pada penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Aul memiliki strategi personal branding yaitu dengan menjadi dirinya sendiri. Aul memahami karakter asli dan bidang yang ia kuasai, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai personal brand yang dapat ditanamkan di benak khalayak.Kata Kunci: Personal Branding, Media Sosial, Influencer, Strategi ABSTRACTCurrently, personal branding is starting to get people's attention. Personal branding is usually done by artists, influencers, public figures, and other well-known figures, one of which is Aul "Tutorial Hidub". As a well-known figure, Aul implements a personal branding strategy on his social media accounts. By building a personal brand, audiences can get to know Aul's figure in certain fields so that he is known as a comedian influencer and content creator. This study aims to find out how personal branding strategies were carried out by Aul as a comedian influencer on social media from the beginning of his career to the present. The method used is a qualitative approach with descriptive analysis. Data collection techniques were carried out by conducting in-depth interviews with Aul as the main informant. In addition, the authors also made observations regarding data sourced from social media to support the results of this study. The results of this study indicate that Aul has a personal branding strategy, namely by being himself. Aul understands the original character and the field he is good at, so that it can be used as a personal brand that can be applied in the minds of the public.Keywords: Personal Branding, Social Media, Influencer, Strategy
Jaringan Wacana Isu Publik: Studi DNA pada Isu ASN Terpapar Radikalisme Rachmi Soraya
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.13161

Abstract

Penelitian ini menggunakan Discourse Network Analysis (DNA) untuk mengetahui Peta aktor radikalisme paham keagamaan, etnis, dan ideologis yang memapar Aparatur Sipil Negara (ASN), serta keterhubungan antar berbagai kajian dan untuk mengetahui informasi yang andal terkait dengan pola wacana berikut aktor radikalisme paham keagamaan, etnis, dan ideologis di tubuh ASN. Studi Literatur tentang diskursus isu radikalisme di Indonesia pernah dilakukan sebelumnya namun berfokus khusus pada dinamika jaringan aktor dan diskursus intoleransi dan radikalisme di internal Islam. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pola dan dinamika konflik isu radikalisme pada ASN. Hasil menunjukkan bahwa terdapat wacana Ideologisasi pancasila di K/L kurang terkoordinasi, Kelompok Teroris menggunakan kedok amal untuk mendukung pendanaannya dan Mengoptimalkan peran patroli siber merupakan wacana yang banyak diperbincangkan dikalangan aktor dan masyarakat dalam isu ASN terpapar radiklisme sehingga menjadi topik utama dalam banyak media online. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa bahwa belum terbentuknya koalisi besar terhadap wancana radikalisme dan ASN yang di perbincangkan oleh para aktor. Adapun aktor utama yang menjadi pendorong terkait radikalisme yang memiliki nilai degree tertinggi yaitu Tjahjo Kumolo karena aktor tersebut memiliki jaringan yang sangat kuat dalam hal menghembuskan wacana radikalisme dan ASN.
Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Human Relations Dalam Komunikasi Organisasi Pada Startup Di Indonesia Diyah Deviyanti; Eulis Utami
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14517

Abstract

Saat ini, banyak anak muda yang tertarik untuk memilih karir di dunia startup, yaitu perusahaan rintisan untuk mengembangkan sebuah produk berbasis teknologi. Menurut data hasil survei World Economic Forum (WEF) tahun 2019 bahwa minat kerja anak muda di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yaitu untuk bekerja di perusahaan rintisan (startup) atau mendirikan perusahaan rintisan di masa depan. Bekerja di startup dinilai menjadi kebanggaan anak muda saat ini, karena selain fleksibilitas jam kerja, gaya komunikasi di perusahaan startup yang cenderung horizontal, di mana para atasan dan bawahan dapat berkomunikasi dua arah secara langsung, tidak bersifat birokratis, menjadi daya tarik anak muda untuk terjun di dunia startup. Tentunya, dalam proses komunikasi tersebut, hubungan antar manusia (human relations) menjadi kunci untuk membangun komunikasi yang persuasif dan efektif demi mencapai tujuan bersama organisasi. Keith Davis (1957) mengatakan bahwa dalam menjalin hubungan dengan manusia, ada delapan prinsip yang harus dipegang untuk mengembangkan human relations yang lebih baik dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip hubungan antar manusia (human relations) berdasarkan teori Keith Davis dalam komunikasi organisasi pada startup yang ada di Indonesia, yaitu Zuzu Hospitality. Hasil analisis menemukan bahwa Zuzu Hospitality menerapkan delapan prinsip human relations.
Pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di E-Commerce Shopee Dzakwan Amar Zuhdi; Wichitra Yasya; Dwinarko Dwinarko
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14761

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kepercayaan dan Pengalaman pembelian online terhadap minat beli konsumen di e-commerce Shopee baik secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Survei Kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden untuk memperoleh data primer dan studi pustaka menggunakan buku dan jurnal sebagai data sekunder. Responden dipilih menggunakan purposive sampling dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah pengguna/konsumen aplikasi atau website Shopee dan tinggal di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial terdapat pengaruh variabel Kepercayaan terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai t hitung 3,594 t tabel 1,984 dan terdapat Pengaruh Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai t hitung 4,9971,984 t tabel. Secara simultan terdapat pengaruh variabel Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli di e-commerce Shopee dengan nilai F hitung 56,226 lebih besar dari Ftabel 3,09. Hasil uji regresi linier berganda antara Kepercayaan dan Pengalaman Pembelian Online terhadap Minat Beli menunjukkan hasil bahwa pengaruh Kepercayaan (X1) dan Pengalaman Pembelian Online (X2) terhadap Minat Beli (Y) koefisien (R) sebesar 0,733, artinya memiliki nilai tingkat hubungan koefisien korelasi yang kuat. koefisien determinasinya R Square (R2) sebesar 0,537. Artinya 53,7% adalah pengaruh variabel Kepercayaan (X1) dan Pengalaman Pembelian Online (X2) terhadap Minat Beli (Y), sedangkan sisanya sebesar 46,3% dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian.
Analisis Perencanaan dan Strategi Pemasaran Digital Perusahaan Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19: Tinjauan Pustaka Sistematis Alia Noor Fadliana
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14550

Abstract

Pemasaran digital kini menjadi salah satu strategi utama dalam berbagai industri karena efeknya yang signifikan dalam menekan biaya iklan, menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan minat beli, bahkan kepercayaan pelanggan. Para manajer pemasaran harus mengeksplorasi, menganalisa, dan memanfaatkan berbagai alat pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO), media sosial, iklan berbayar, serta pemanfaatan big data. Berkembangnya pemasaran digital tidak hanya didukung oleh teknologi, tapi juga berubahnya perilaku manusia. Fenomena pandemi COVID-19 pun besar pengaruhnya terhadap pemasaran digital, karena imbasnya yang sangat hebat terhadap bisnis, industri, dan juga kehidupan sehari-hari manusia. Tinjauan literatur sistematis ini bertujuan untuk melihat perkembangan kajian akan pemasaran digital tiga tahun sebelum hingga tiga tahun selama pandemi terjadi. Data-data dicari dengan tinjauan pustaka sistematis yang menemukan 26 artikel untuk dikaji yang terindeks dalam Scopus database. Ditemukan bahwa sebelum pandemi, artikel mengenai pemasaran digital secara kuantitas tidak sebanyak dibanding saat masa pandemi. Konteks dan konsep pun semakin berkembang selama COVID-19, karena alat-alat pemasaran digital menjadi alternatif baru untuk mencari dan terpapar oleh informasi baru. Dari hasil yang ditemukan, konteks pariwisata menjadi paling banyak dibahas karena merupakan industri yang paling terdampak selama COVID-19 dan bahwa pemasar semakin peduli pada aspek keberlanjutan dalam perusahaan.
Strategi Promosi Kampung Batik Kembang Mayang Tangsel Sebagai Daerah Wisata Batik Amalliah Amalliah; Katry Anggraini; Firman Amir
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14704

Abstract

Strategi promosi yang digunakan Kampung Batik Kembang Mayang  dalam mempromosikan daerah wisata batik dengan menggunkan media sosial Instagram dan juga memanfaatkan media relantionship sebagai alat promosi
Online News Framing: Muhammadiyah's Stance On The COVID-19 Vaccine Controversy Amin Shabana; Oktaviana Purnamasari; Astriana Baiti Sinaga; Harmonis Harmonis
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.13744

Abstract

Seperti terjadi di banyak negara, program vaksin COVID-19 di Indonesia  mengalami tantangan akibat beragam hoax yang menyertainya. Salah satu kontroversi di masyarakat yaitu adanya hoax kandungan vaksin yang diragukan ke-halalannya. Menghadapi situasi ini, Pemerintah mengajak Muhammadiyah  sebagai organisasi masyarakat Islam terbesar ikut mensosialisasikan penggunaan vaksin guna menekan kasus Pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui media berita online yang melakukan pembingkaian berita Persyarikatan Muhamadiyah menghadapi kontroversi vaksin COVID-19 dan menganalisis pembingkaian berita tersebut menggunakan teori Robert Entman. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif konten analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat beberapa perbedaan dan persamanan media berita online (non-Muhammadiyah dan afiliasi Muhammadiyah) dalam membingkai sikap Muhammadiyah pada aspek definisi masalah, diagnosa masalah, penilaian moral dan penyelesaian masalah terkait kontroversi vaksin COVID-19. Perbedaan yang ditemui yaitu jumlah artikel dan isi pesan yang diangkat antara media non-afiliasi Muhammadiyah dengan  media afiliasi Muhammadiyah. Persamaannya terletak pada  isi pembingkaian dimana menampilkan dukungan Muhammadiyah atas ajakan Presiden Joko Widodo dalam melawan hoax vaksin COVID-19. Sehingga hasil penelitian ini penting dalam menjawab posisi Muhammadiyah dalam menghadapi situasi penolakan program vaksin yang dijalankan pemerintah. 
Pemahaman Literasi Politik Pemilih Pemula dalam Upaya Pencegahan Informasi Hoax Pemilu 2024 Akhyar Anshori; Rudianto Rudianto; Jehan Ridho Izharsyah
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14727

Abstract

Beginner voters are part of the community who in their daily lives are inseparable from the use of gadgets or cell phones. The use of gadgets in the context of seeking information, especially political information, must be accompanied by the ability to digest any information obtained so that wrong information can be avoided. Through political literacy, an understanding of receiving political information obtained by first-time voters will be able to have a significant impact on the attitudes of first-time voters toward their political choices in the 2024 election. The purpose of this research is to determine the level of political understanding of first-time voters in Medan City through political literacy in dealing with the dissemination of hoax information on the 2024 election. This research was conducted using a quantitative approach involving 400 first-time voters. Data collection techniques were carried out using a questionnaire tool with data analysis carried out through single table analysis, simple linear regression, and Pearson correlation test. The results of the study found that the t value obtained through count was 7.118 ttable 1.9659 which means that there is an influence between political literacy variables on preventing the spread of hoax information on the 2024 election with a degree value of 0.336 units or 33.6% which is included in the weak category.
Pengaruh Terpaan Berita Kecelakaan Di Media Online @infobekasi Terhadap Persepsi Safety Riding Rizky Putri Pradiyan; Wichitra Yasya; Dwinarko Dwinarko
Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 7, No 2 (2023): Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/ji.v7i2.14760

Abstract

Perkembangan saat ini hampir membuat kebanyakan orang mulai bergantung pada teknologi. Salah satu yang mengalami perkembangan cukup pesat yaitu di bagian media massa, dimana media massa saat ini mengalami beberapa perubahan inovasi. Media massa yang dikenal awalnya dari media cetak dan media elektronik, saat ini sudah merambah pada ruang digital, salah satunya media online dan media sosial. Salah satu Media Sosial yang cukup digemari para pengguna adalah Instagram. Instagram memiliki beberapa fitur yang cukup mendukung untuk berperan sebagai sarana penyaluran berita. Informasi yang selalu menjadi sorotan para pengguna atau para pengikut akun Instagram tersebut tidak jauh dari kriminalitas dan perkembangan kondisi lalu lintas. Salah satu akun Instagram yang berfungsi sebagai penyalur berita salah satunya adalah @infobekasi. Tujuan penelitian ini adalah ingin melihat ada atau tidaknya pengaruh terpaan berita kecelakaan terhadap persepsi safety riding pada followers akun Instagram @infobekasi. Penelitian ini menggunakan Teori Ekologi Media dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah penyebaran kuesioner dengan responden penelitian follower akun @infobekasi. Hasil dari penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel terpaan berita kecelakaan berpengaruh secara positif dan signifikan sebesar 29% terhadap variabel persepsi safety riding. Dengan demikian, media online dapat berperan dalam memengaruhi perilaku masyarakat untuk lebih paham mengenai berkendara yang aman, sesuai dengan teori ekologi media di mana perilaku masyarakat dipengaruhi oleh media dan media membentuk persepsi dan pengalaman masyarakat dalam mengelola kehidupannya.Kata-kata Kunci: Media Massa, Instagram, Ekologi Media, Safety Riding

Page 1 of 2 | Total Record : 15