cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KORPUS
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : -     EISSN : 26146614     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1: APRIL 2020" : 15 Documents clear
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI DRA (DIRECTED READING ACTIVITY) DENGAN STRATEGI KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU Sang Ayu Nyoman Sri Asih; Syukri Hamzah; Gumono Gumono
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8338

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar membaca pemahaman mengunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) dengan strategi konvensional pada siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 27 siswa kelompok 1 dan 27 siswa kelompok 2. Instrumen penilitian berupa tes objektif (pilihan ganda). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil perhitungan diperoleh bahwa (1) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman menggunakan strategi DRA (Directed Reading Activity) siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu diperoleh rata-rata (posttest) sebesar 78,52 kategori baik dan (2) hasil belajar kemampuan membaca pemahaman dengan strategi konvensional siswa kelas XI SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan rata-rata sebesar 68,52 kategori cukup, dan (3) terdapat perbedaan kategori  penguasaan pemahaman. Penerapan strategi DRA (Directed Reading Activity) dapat meningkatkan pemahaman reorganisasi siswa dengan baik dan siswa lebih aktif.
KETERAMPILAN GURU MEMBERI PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X IPA DI SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU Memi Agustina; Didi Yulistio; Padi Utomo
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8227

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi silabus dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru bersertifikasi di SMP Negeri Seluma berdasarkan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa komponen silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sumber data dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia bersertifikasi yang mengajar di kelas VII di SMP Negeri Seluma bedasarkan kurikulum 2013.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: 1) mengumpulkan perencanaan pembelajaran yang meliputi; silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) membaca/memahami, 3) mengklasifikasi/mengelompokkan 4) penyajian data, 5) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pebelajaran yang dibuat guru yang meliputi 1) Silabus yang dibuat guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat enam model atau variasi. 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)  yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat dua model atau variasi.
ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA SISWA DAN GURU SMP NEGERI 03 KOTA BENGKULU Reni Veronika; Ngudining Rahayu; Bambang Djunaidi
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.12429

Abstract

KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 KOTA BENGKULU TAHUN 2019 Echa Meidika Saraswati; Ria Ariesta; Susetyo Susetyo
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8359

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menyimak siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 45 butir soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu statitiska sederhana dengan menghitung nilai rata-rata dari setiap aspek, serta mencari skor akhir. Penelitian ini dinilai berdasarkan empat aspek dalam menyimak berita, yaitu: menemukan unsur berita, memahami isi (topik dan pokok berita), menyimpulkan berita, dan menanggapi isi berita. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menemukan unsur berita adalah 94,2, berkategori sangat baik, (2) rata-rata kemampuan menyimak berita dengan memahami isi berita adalah 80,32, berkategori baik, (3) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menyimpulkan berita adalah 72,34, berkategori cukup, (4) rata-rata kemampuan menyimak berita siswa dengan menanggapi berita adalah 81,91, beraktegori baik, dan (5) rata-rata nilai akhir dari penelitian kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019 adalah 90,57, berkategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu dapat menyimak berita dengan sangat baik, meskipun ada beberapa siswa dalam menyimak berita masih dinyatakan kurang, tetapi secara keseluruhan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 6 Kota Bengkulu tahun 2019 dinyatakan sangat baik
KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN MEDIA AUDIO VISUAL MENJADI TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU Husnul Jayati; Suhartono Suhartono; Muhammad Arifin
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.12424

Abstract

The purpose of this study was to describe the ability to write through audio-visual media into an explanatory text in class VIII students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. The method used in this research is descriptive method with quantitative approach. This research was conducted at SMP Negeri 11 Kota Bengkulu. The technique used in this data collection is a test. Data analysis techniques used are descriptive analysis with a simple quantitative approach, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that the ability to describe audio-visual media into explanatory text in class VIII students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu in general gained an average of 77,85 or the criteria for the ability to describe audio visual media into explanatory text in class VIII students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu was good. The ability to describe audio-visual media into explanatory text in class VIII students of SMP Negeri 11 Kota Bengkulu specifically from the content aspect gained an average of 17,9 with very good criteria, the sentence aspect gained an average of 24 with good criteria, the sentence aspect gained an average of 14,7 with good criteria, aspects of diction gained an average of 14,32 with good criteria, and spelling gained an average of 7,08 with good criteria.
NYAMBEI DALAM BIMBANG PERNIKAHAN PADA ETNIK REJANG Riqqah Dhiya Ramadhanty; Sarwit Sarwono; Agus Joko Purwadi
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8355

Abstract

Tujuan penelitian untuk memahami dan menjelaskan nyambei dalam bimbang pernikahan etnik Rejang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif etnografi. Data pada penelitian ini diperoleh melalui studi lapangan yang mencakup teks sambei dan rekaman audio maupun visual. Sumber data dari penelitian ini adalah kegiatan observasi, dokumentasi, wawancara terhadap informan yang dinilai memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap nyambei. Lokasi penelitian dilakukan di desa Lubuk Kembang kecamatan Curup Utara kabupaten Rejang Lebong. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan penafsiran, penjelasan, dan deskripsi. Bimbang pernikahan merupakan pesta akan perayaan pernikahan dalam masyarakat Rejang, mereka biasa merayakannya dengan menyelenggarakan kejai. Umumnya kejai dilaksanakan dalam jangka waktu tujuh hari. Inti acara kejai adalah menari kejai yang ditarikan oleh anok sangei. Saat menari para anok sangei akan berhenti tiba-tiba untuk melantunkan sambei. Lirik sambei menggambarkan kehidupan masyarakat Rejang salah satunya adalah hierarki sosial, adab kesantunan, penunjuk kekuasaan, nasihat, dan ungkapan pelipur lara. Setelah melalukan analisis, hasil dari penelitian ini adalah untuk memaknai sambei diperlukan pemahaman terhadap latar belakang etnografi masyarakat pemilik sambei agar menemukan pemaknaan yang tepat. Selain itu sambei juga berfungsi pendidikan, pengesahan strata sosial, proyeksi keinginan, dan penekan berlakunya nilai dalam masyarakat.
REFERENSI PADA TEKS CERITA PENDEK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA ANGKATAN 2015 Elta Suryana; Irma Diani; Dian Eka Chandra Wardhana
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.9483

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis referensi yang digunakan dalam cerita pendek mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2015 berupa referensi endoforis yang terdiri dari referensi persona, referensi demonstratif dan referensi komparatif baik yang anaforis maupun kataforis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumentasi yang berupa tulisan cerita pendek karya mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2015. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling yaitu cerpen dikelompokkan berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria yang digunakan dalam penentuan sampel disini adalah kriteria berdasarkan tema. Berdasarkan tema, cerpen tergolong menjadi 8 tema yaitu tema cinta, keluara, agama, pendidikan, horor, alam, humor, dan politik. Setelah itu digunakan lagi teknik purposional yaitu setiap tema yang jumlah cerpennya hanya satu akan diambil 100%, sedangkan tema yang cerpennya lebih dari satu akan diambil 60%. Teknik analisis data terdapat lima tahap (1) pembacaan data, (2) identifikasi data, (3) klasifikasi data, (4) analisis secara deskriptif, (5) kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah jenis referensi yang terdapat dalam cerita pendek mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2015 berjumlah 210. Jenis referensi tersebut adalah (1) Referensi persona yang berjumlah 190. Referensi jenis persona ini terdapat referensi persona bentuk pertama yaitu bentuk aku, ku, saya, kita, dan kami. Referensi persona bentuk kedua yaitu bentuk -mu dan kamu. Referensi persona bentuk ketiga yaitu bentuk dia, -nya, ia, dan mereka. (2)Referensi demonstratif yang berjumlah 22. Referensi demosntratif yang ditemukan adalah referensi demonstratif bentuk ini dan itu. (3) Referensi komparatif yang berjumlah 5. Referensi komparatif yang ditemukan adalah referensi komparatif bentuk berebeda dan sama. (4)Jenis referensi yang paling banyak digunakan adalah jenis referensi persona bentuk ketiga yaitu dia, -nya dan ia, karena dalam cerita pendek karya mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia angkatan 2015 penulis adalah orang yang serba tahu, jadi penulis banyak sekali menggunakan referensi persona bentuk ketiga.
PEMERTAHANAN BAHASA PASEMAH DI DESA BABATAN KECAMATAN SEGINIM Gusti Randa; Supadi Supadi; Rokhmat Basuki
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.12426

Abstract

ANALISIS WACANA KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA PELAKSANAAN DEBAT KELAS X SMA NEGERI 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2019 Tri Rizki Meri Handayani; Agus Trianto; Ria Ariesta
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8354

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis wacana kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada pelaksanaan debat kelas X SMA Negeri 09 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini menggunakan catatan lapangan observasi. Sumber data pada penelitian ini yaitu guru dan siswa pada pelaksanaan debat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini: (1) pentranskripsian data, (3) pengkodean data, (4) pengklasifikasian data, (5) penyimpulan data. Hasil penelitian ini dalam wacana kelas terdapat empat pola dalam peristiwa tutur pembelajaran yaitu Teacher Structuring terdapat delapan peristiwa diantaranya: tindak menyatakan, rasa syukur, ungkapan pujian, ungkapan kepuasan, tindak berusaha, tindak mendikte, penanaman kebiasaan tertib dan penumbuhan ketertiban menyusun pertanyaan. Teacher Soliciting terdapat tiga puluh satu peristiwa diantaranya: tindak memberitahukan, memperkirakan, menegaskan, menyimpulkan, meyakini, rasa eling, ungkapan pemberian maaf, menjanjikan, mengajak, menjamin, memerintah, membatasi, menuntun, mensyaratkan, meminta, mengajak, mengundang, menasihati, mengingatkan, membolehkan, mengizinkan, menoleransi, kebiasaan sopan, menyusun jawaban, menyatakan pendapat, memberikan komentar, bekerja sama secara berpasangan, bekerja sama secara klasikal dan rasa yakin. Learner Responding terdapat peristiwa tindak menolak dan Teacher Reacting terdapat dua belas peristiwa diantaranya: tindak menyetujui, mengakui, ungkapan kekhawatiran, ungkapan kekecewaan, permintaan maaf, mengancam, menginstruksi, memperingatkan, bertanya, menyarankan, kebiasaan disiplin, dan rasa berani.
KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN TEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU Fitriya Dewanti; Padi Utomo
Jurnal Korpus Vol 4, No 1: APRIL 2020
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jik.v4i1.8436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi dengan tema lingkungan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Bengkulu tergolong pada kategori baik dengan nilai rata-rata skor 73. Artinya siswa telah mampu menulis puisi dengan tema lingkungan namun, harus lebih ditingkatkan lagi agar tercapainya hasil yang maksimal. Pada aspek penilaian isi puisi ditemukan bahwa siswa telah mampu mengembangkan tema lingkungan. Skor rata-rata yang diperoleh siswa untuk aspek isi adalah 21,17 dari skor maksimal 30. Pada aspek diksi siswa menggunakan kata-kata yang berhubungan dan bermakna lingkungan dengan perolehan skor rata-rata 15,76 dari skor maksimal 20. Pada aspek imaji siswa telah mampu mengungkapkan lebih dari satu imaji dalam penulisan puisi. Skor rata-rata yang diperoleh siswa adalah 14,5 dari skor maksimal 20. Pada aspek gaya bahasa ditemukannya gaya bahasa metafora, perbandingan dan perumpamaan yang dominan digunakan oleh siswa. Siswa memperoleh skor rata-rata 14,82 dari skor maksimal 20. Pada aspek rima dan ritma siswa masih perlu latihan untuk pengaturan rima/ritma. Skor rata-rata aspek rima/ritma adalah 6,6 dari skor maksimal 10.

Page 1 of 2 | Total Record : 15