cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Ilmiah POTENSIA
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25279270     EISSN : 26212382     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, mahasiswa S1 PAUD, peneliti, pengamat dan pemerhati seputar Pendidikan Anak Usia Dini. Terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2021): JULI" : 10 Documents clear
Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang Irsakinah Irsakinah; Yaswinda Yaswinda
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.99-108

Abstract

Keterampilan gerak dasar perlu diberikan kepada anak semenjak dini. Keterampilan gerak dasar yang penting untuk anak yaitu gerak lokomotor dan gerak manipulatif. Keterampilan gerak dasar anak dipengaruhi oleh kondisi tempat tinggal. Keterampilan gerak dasar anak yang tinggal di wilayah perbukitan cenderung kurang dibandingkan anak yang tinggal di wilayah pesisir pantai. Tujuan penelitian untuk melihat keterampilan gerak dasar yang dipunyai oleh anak di TK Sani Ashilla II Kota Padang. Penelitian ini memakai metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk memaparkan keterampilan gerak dasar anak. Populasi penelitian ini adalah anak-anak di TK Sani Ashilla II. Populasi penelitian berjumlah sebanyak 70 responden. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yaitu teknik purporsive sampling (sampel pertimbangan). Berdasarkan teknik pengambilan sampel maka penelitian terdiri dari 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes untuk mengukur kemampuan anak. Teknik tes dilaksanakan dengan cara memberikan tugas kepada anak untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan keterampilan gerak dasar. Hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan gerak dasar anak di TK Sani berada kategori sedang dengan skor 44,77. Keterampilan gerak lokomotor anak di TK Sani Ashilla II memiliki berada kategori tinggi dengan skor 19,76. Sedangkan untuk keterampilan gerak manipulatif anak di TK Sani Ashilla II berada pada kategori sedang dengan skor 25. Keterampilan gerak dasar bisa ditingkatkan dengan pemberian stimulasi dan bimbingan secara terus-menerus
Analysis of Motor and Cognitive Development in Early Childhood by Gender and Learning Styles Through Drawing and Coloring Activity Isfauzi Hadi Nugroho; Anik Lestariningrum; Jamiludin Usman
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.109-108

Abstract

Motor and cognitive development of children is very important to improve for their success in the future. This study aims to find out the development of motor and cognitive skills in early childhood by gender and learning styles through drawing and coloring activity. The subjects in this study were children aged 5-6 years consisting of 27 boys and 25 girls who attend Early Childhood Education (PAUD) in Purwoasri, Kediri Regency. This study used an experimental design. The learning styles questionnaire developed by the researcher refers to the learning style theory indicators developed by DePorter & Hernacki, (2007) which are used to identify and classify children learning styles into visual, auditory, and kinesthetic. The children's fine motor and cognitive skills were measured by assessing their ability to draw and color a picture in a worksheet. The results of the analysis using the independent T-Test sample showed that a significance value of 0,047 for drawing and 0,036 for coloring (p<0.05) in terms of gender, it means there was a difference in motor and cognitive skills used in drawing and coloring activity. The results of the One-way ANOVA analysis showed that there was no significant difference in drawing ability between the three groups of learning styles. However, a significant difference in coloring ability was found between the visual and kinesthetic groups with significance value of 0,038 (p<0,05).
Layanan Belajar Inovatif Berbasis Kebudayaan Lokal Melalui Permainan Tradisional Pada Satuan PAUD di DKI Jakarta Nila Fitria; Ari Putra; Ririn Gusti
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.142-150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fasilitasi layanan PAUD yang ada di DKI Jakarta dalam menkontruksi kegiatan bermain konteks kebudayaan lokal melalui permainan tradisional menjadi pembelajaran inovatif. Kebudayaan lokal menjadi sarana untuk membangun fondasi pada diri anak agar karakter cinta tanah air dan nasionalisme semakin melekat dalam diri anak. Hal ini dikarenakan pada anak usia 0-6 tahun anak dapat merekam dan membiasakan pada dirinya dalam kebiasaan-kebiasaan baik. Penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara. Responden penelitian ini adalah pendidik PAUD yang tersebar dibeberapa wilayah di DKI Jakarta. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa kajian terkait rekayasa pembelajaran yang diciptakan oleh pendidik dan prosedur bermain yang diterapkan oleh pendidik melalui permainan tradisional. Tidak hanya itu, pendidik sebelum menerapkan kegiatan bermain terjadi proses analisis nilai-nilai kearifan lokal dari masing-masing permainan tradisional yang nantinya berguna untuk dikenalkan kepada anak usia dini. Sebaran nilai-nilai kearifan lokal yang terkandung dalam permainan tradisional berfungsi sebagai acuan pendidik dalam membangun karakter anak sehingga rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada diri anak dapat berkembang kegiatan bermain sehingga sesuai dengan tema pembelajaran. Untuk itu, kegiatan fasilitasi. Mendukung tumbuh kembang anak dengan memfasilitasi layanan pembelajaran inovatif berbasis budaya lokal dapat menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak ditengah era globalisasi. Memberikan pengalaman bermain anak dengan mencampurkan permainan tradisional dalam kegiatan pembelajaran dapat memberikan pijakan pada diri anak agar terus mencintai kebudayaan yang dimiliki oleh bangsanya
Analisis Peran Orang Tua dalam Penerapan 3M pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Sri Wahyuningsi Laiya; Yenti Juniarti
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.151-157

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kondisi pandemi akibat Covid 19. Peranan orang tua menjadi penentu dalam keberlangsungan keluarga terutama masalah anak. Tujuan penelitian ini untuk melihat peran orang tua dalam menerapkan perilaku 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan mendeskripsikan penerapan 3M pada anak usia dini. Objek penelitian adalah Orang Tua murid Labschool Kiddie Care. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang tua mengalami kendala saat memantau anak dalam menerapkan perilaku 3M. Kendalanya adalah anak-anak terkadang tidak menaati perintah orang tuanya dan tidak disiplin dalam menerapkan anjurannya. Selain itu pula orang tua pun terdapat ketidakdisiplinan dalam memantau anak. Meskipun demikian tidak terdapat kejadian penularan penyakit dalam penelitian. Sehingga bisa disimpulkan daya tahan tubuh orang tua dan dan anak telah tercapai
Pengembangan Pocket Book Untuk Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini Aknes Zelly Meyriana; Fatrica Syafri; Asiyah Asiyah
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.113-119

Abstract

Mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini ini sangat penting bagi orang tua agar anak menjadi dewasa yang berperilaku baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pocket book untuk orang tua dalam mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini yang valid dan praktis. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak usia 3-6 tahun dengan perilaku tantrum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Langkah-langkah model pengembangan yang dikemukakan oleh Richey and Klein. Hasil validasi ahli materi sebesar rata-rata skor 4 dikategorikan Sangat Baik, kemudian hasil validasi ahli desain grafis sebesar rata-rata 3,72 dengan kategori sangat Baik. Hasil dari respon orang tua sebesar rata-rata 3,85 dengan kategori Sangat Baik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah layak untuk digunakan. Pocket book bisa menjadi pedoman untuk orang tua dalam mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Syahputra Perdana; Arwansyah Arwansyah; Hasyim Hasyim
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.158-164

Abstract

Mengatasi permasalahan hasil belajar siswa yang rendah sangat penting bagi pendidik agar siswa mendapatkan hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakanpenggunaanmedia pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan. (2) keefektivitasan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI Tata Boga 1 dan Tata Boga 2 sebanyak 60 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknis sampel jenuh yang berarti keseluruhan populasi dijadikan sampel. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaraninteraktifberbasis android pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel).Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi dengan persentase 76.36% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android inilayakuntukdigunakan. Pada penilaian ahli media denganpersentase 79,33% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android inilayakuntukdigunakan. Pada penilaian praktisi guru denganpersentase 93.67% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android ini sangat layakuntukdigunakan. Media pembelajaran interaktif berbasis android efektifdigunakan berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh data bahwa thitung> ttabel atau 5,868 > 2,00172 atau dengan  kata lain H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapatlah disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android sebesar 88,56%.
Gambaran Isu dan Kebijakan Lembaga PAUD di TK Negeri Tapus Kabupaten Lebong Ulya Rahmanita; Vevi Asri Lestari; Ali Akbarjono
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.120-130

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan satu dari tahap pendidikan yang harus diperhatikan, karena berperan menentukan perkembangan dan keberhasilan anak di masa mendatang. Namun sayangnya, TK Negeri Tapus yang merupakan satu-satunya TK di kecamatan Topos kabupaten Lebong ini masih kurang diminati oleh masyarakat disana. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai PAUD dan karena beberapa permasalahan yang ada di dalam lembaga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengungkap gambaran isu dan permasalahan yang ada di TK Negeri Tapus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh beberapa gambaran isu seperti (1) sarana dan prasarana yang sangat kurang dan mengancam keselamatan dan kesehatan anak; (2) kurikulum 2013 yang sulit dipahami dan tidak dapat dikembangkan oleh guru; (3) sistem pembelajaran selama pandemi yang tidak dapat dilakukan secara daring; dan (4) isu manajerial seperti kurangnya tenaga SDM sehingga guru masih melakukan rangkap jabatan. Isu-isu ini perlu diatasi melalui internal lembaga seperti menyediakan sarana dan prasarana yang layak serta pelatihan untuk guru mengenai kurikulum, keahlian, dan kreatifitas sebagai tenaga pendidik, maupun dari luar lembaga seperti dilakukan pembinaan dari Diknas setempat.
Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dimasa Pandemi Covid-19 di Taman-kanak di Kecamatan Sungai Beremas Mici Ara Monica; Yaswinda Yaswinda
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.165-171

Abstract

Kurikulum merupakan pondasi yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD. Namun kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan Indonesia sehingg pembelajaran dilakukan secara Belajar Dari Rumah (BDR). Perubahan kurikulum pun di buat untuk penyesuaian. Sehingga perlu pemahaman dan strategi guru dalam merancang kurikulum agar pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan terlaksana sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi  Kurikulum 2013 PAUD di masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak Kecamatan Sungai Beremas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) kurikulum 2013 di sesuaikan dengan masa Pandemi Covid-19; 2) pembelajaran dilakukan tidak secara tatap muka di sekolah tetapi pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara BDR di rumah guru dengan jumlah anak maksimal 5 orang; 3) pada muatan pembelajaran disederhanakan dan waktu belajar juga disederhanakan menjadi 1 jam belajar; 4) kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu anak terlihat kurang antusias dalam pembelajaran karena kurangnya interaksi bermain anak dan media dan alat bermain. Hal ini diakibatkan karena fasilitasnya kurang memadai
Analisis Penggunaan Gawai Terhadap Interaksi Sosial Anak Sekolah DasarNegeri Kota Singkawang Mindi Maria Domitila; Fajar Wulandari; Dina Anika Marhayani
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.131-141

Abstract

Latar belakang peneliti melakukan penelitian tentang penggunaan gawai dan interaksi sosial adalah siswa yang menggunakan gawai lebih besar dibandingkan siswa yang tidak menggunakan gawai, siswa malas belajar, siswa malas bergerak, siswa menjadi pendiam, siswa suka menyendiri, siswa mengabaikan lingkungan sekitarnya dan lebih memilih bermain gawai dibandingkan bermain dengan teman-temannya, siswa suka meniru adegan yang ada di gawai tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan cara mewawancarai guru dan siswa sesuai dengan pedoman yang dibuat, setelah wawancara selesai maka peneliti melakukan observasi lapangan dengan melihat keadaan sebenarnya, kemudian hasil wawancara dan observasi disimpulkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa kurang sopan dalam berbicara dan bersikap, siswa acuh tidak acuh terhadap proses pembelajaran di kelas, siswa jadi malas belajar, siswa kurang berinteraksi dengan temannya, siswa lebih banyak main game dari pada belajar, dan siswa menjadi pemalu. Berdasarkan hasil observasi di atas maka diperoleh jawaban pada observasi pertama yang menjawab “Ya” 3 orang dan menjawab “Tidak” 2 orang, observasi kedua yang menjawab “Ya” 4 orang dan menjawab “Tidak” 1 orang, dan observasi ketiga yang menjawab “Ya” 5 orang dan menjawab “Tidak” 0 orang
Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Psikologi Sosial Anak Di TK Nusa Indah Palembang Cindy Destarika; Taty Fauzy
Jurnal Ilmiah POTENSIA Vol 6, No 2 (2021): JULI
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33369/jip.6.2.172-177

Abstract

Berdasarkan observasi di TK Nusa Indah Palembang pembelajaran pada anak dengan via online, dengan menggunakan media berbasis komputer atau laptop yang menggunakan aplikasi (zoom) dan whatsApp, dengan melalui aplikasi tersebut seorang guru yang diberikan pembelajaran pada anak dalam bentuk, lembar kerja, vidio, dan tugas dirumah dalam proses pembelajaran. Sehingga Indikasi dalam pembelajaran ini dapat dilihat anak mempunyai fokus pembelajaran maksimal 10 menit maka dari situ dari 32 anak yang mengikuti pembelajaran online, dapat dilihat 15 anak yang merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online anak terhadap psikologi sosial di TK Nusa Indah Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 Siswa TK Nusa Indah Palembang, dengan tehnik analisis dengan teknik pengambilan sampel Sensus. Data dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dipakai yaitu metode dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Tehnik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t (parsial). Hasil pengujian yang telah dilakukan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan regresi linier sederhana yang didapat Y= 0,188 + 0,961X, artinya bahwa nilai konstanta sebesar 0,188 artinya jika pembelajaran online (X) = 0 maka psikologi sosial anak (Y) sebesar 0,188 serta nilai koefisien regresi variabel pembelajaran online (X) sebesar 0,961 menandakan apabila variabel pembelajaran online (X) meningkat 1% maka akan terjadi peningkatan terhadap psikologi sosial anak sebesar 0,961. untuk uji t didapat nilai t hitung = 11,129 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,10 artinya ditolak Ho dan diterima Ha. dengan demikian disimpulkan ada pengaruh secara signifikan antara variabel Pembelajaran Online terhadap Psikologi Sosial Anak Siswa TK Nusa Indah Palembang

Page 1 of 1 | Total Record : 10