cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elementary.ummat@gmail.com
Editorial Address
Jln. KH. Ahmad Dahlan, No. 1 Pagesangan, Kota Mataram, NTB
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : 10.31764/elementary
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: Juni 2020" : 13 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TEMA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN Nursina Sari; Nani Suarni
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (100.874 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2425

Abstract

Konsep materi pembagian dan perkalian pecahan dalam pelajaran matematika masih dianggap sulit oleh peserta didik kelas IV di SDN 3 Batu Kumbung. Hal ini terukur dari rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik yaitu rata-rata di bawah KKM. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif melalui variasi model pembelajaran yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SDN 3 Batu Kumbung  dengan tema pembagian dan perkalian pecahan melalui dua tahap siklus. Adapun data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan tes yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif peserta didik di tinjau dari hasil rerata N-Gain skor pada setiap siklus yaitu I dan II sebesar 0,299 dan  0,566. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori rendah menjadi kategori sedang Adapun keterlaksanaan model cooperative learning tipe NHT mengalami peningkatan dilihat dari tahapan-tahapan pembelajaran dari siklus I dan siklus II yang terlaksana dengan baik menjadi sangat baik yaitu sebesar 87,0 % dan  97,22%
Analysis of Student's Problem Understanding Grade V Elementary School in Solving Mathematical Story Problems Pani Suswari; Tatang Herman
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1287.711 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2379

Abstract

The aim of study will to look at skill of student’s problem understanding in solving mathematical story problems. This is study qualitative that describe skill of student’s problem understanding in solving mathematical story problems. The collecting of data is used are test and observation. The analysis of its data are reduction, display, and taking of conclusion. As for resulting of the study seem that skill of student’s problem understanding in solving mathematical story problem was classified moderate, where the means of score as big as 56.34 with the standard of deviation 21,02. Others that, from many students were do the test are looked at that just one of indicator did get answered by more than half of students were doing of test.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK SEKOLAH DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SAMAWA BERBENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF Dina Fadilah; Rohini Rohini; Sumiati Sumiati
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1310.878 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2430

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal samawa berbentuk multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh skor 93 dan rata-rata skor 57 dengan kriteria “sangat baik”, penilaian ahli media mendapatkan skor 64 dan rata-rata 42 dengan kriteria “sangat baik”, uji lapangan dengan 29 siswa kelas 5 SDN Tuananga terhadap minat belajar siswa mendapatkan skor 75 dan rata-rata 45 dengan kriteria “sangat baik” serta hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 80,34 dengan ketuntasan klasikal 100% tuntas. Sehingga bahan ajar ini dikatakan layak digunakan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK AKROSTIK DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS V Lalu Yusman; Lindra Defita
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1389.179 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2427

Abstract

Masalah dalam penelitian ini siswa kesulitan menulis puisi dengan menyusun kata-kata menjadi sebuah barisan puisi yang indah. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN 1 Midang Kabupaten Lombok Barat. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 dan siklus II pada tanggal 6 Februari 2020. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik akrostik dengan memanfaatkan lingkungan sekolah dapat meningkatkan nilai rata-rata kelas sebesar 70,9 dengan ketuntasan klasikal 74% pada siklus I menjadi 75,4 dengan ketuntasan klasikal 89% pada siklus II.
PENGEMBANGAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGGKONSTRUKSIAN VOLUME BANGUN RUANG Nurjamilatul Wahdah; Sukirwan Sukirwan; Aan Subhan Pamungkas
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (6182.585 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2263

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan kemampuan spasial siswa sekolah dasar melalui pengkostruksian volume bangun ruang. Metode yang digunakan adalah design research terdiri dari tiga tahap, yaitu: preparing for the experiment; design experiment (Pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Penelitiaan ini mengembangkan kemampuan spaisal dalam pembelajaran bangun ruang melalui serangkaian aktivitas, prosedur, dan strategi bagi siswa dalam menemukan kemampuan berpikir melalui pendekatan Realistic Mathematic Education. Hasil penelitian ini berupa learning trajectory pada masing-masing aktivitas yaitu: 1) Aktivitas 1, siswa mengenal benda terkait dengan situasi kehidupan sehari-hari yang memiliki kapasitas atau volume kubus dan balok. 2) Aktivitas 2, siswa mampu beralih dari situasi kontekstual ke tingkat yang lebih abstrak yaitu menggambar konstruksi kubus dan balok. 3) Aktivitas 3, siswa mampu  memahami struktur dan menggunakan strategi penataan ruang untuk menentukan jumlah kubus dan balok.
PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PECAHAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Musabihatul Kudsiah; Mijahamuddin Alwi
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1187.535 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2431

Abstract

Tujuan penelitian ini mengembangkan media puzzle pecahan matematika.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi 5tahapan yaitu: analisis kebutuhan, desain, pembuatan dan validasi produk, uji coba lapangan, dan revisi produk. Hasil  penelitian menunjukkan bahwavalidasi ahli media puzzle pecahan matematika dikategorikan “baik” dengan total skor 24 dan rata-rata 3.42  sedangkan ahli materi dalam kategori sangat baik dengan total skor 44 dan rata-rata 4.8. Hasil angket respon siswa dalam kategori “sangat baik dengan perolehan 92.2%, dari 27 siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle pecahan matematika memenuhi kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI GAYA BAGI SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR Julhidayat Muhsam
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.015 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2111

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model CTL. Rancangan penelitian menggunakan rancangan PTK. Populasi berjumlah 74 dan sampel yang diperoleh sebanyak 26 orang, dengan cara pengambilan sampel random sampling. Data dikumpul menggunakan cara tes, observasi, dan wawancara. Analisa data menggunakan teknik data kuantitatif.  Temuan pada putaran 1 mencapai 38,46% dengan rata-rata angka 61,92, dan perolehan aktivitas guru hanya memperoleh 63,23% dan aktivitas siswa 59,61. Persentasi ketuntasan belajar pada putaran 2 yaitu 92% dan ketidaktuntasan belajar 8%, dengan hasil pengamatan guru 98,52% serta aktivitas siswa 98,07%. Maka disimpulkan dengan pemberian model CTL sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya sudah berhasil.
STUDI PENDAHULUAN IDENTIFIKASI KESULITAN MEMBACA SISWA KELAS III SDN BULUH 2 Winika Mauludiana; Agung Setyawan; Tyasmiarni Citrawati
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1359.784 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2297

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan membaca siswa kelas III SDN Buluh 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 siswa kelas III SDN Buluh 2 yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh yang termasuk non-probability sampling yaitu sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumennya menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan lembar angket. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan kesulitan beberapa siswa dalam membaca yang mana berkaitan dengan penggunaan tanda baca, pelafalan kata pada satu kalimat, serta pemahaman isi dari suatu bacaan. Kesulitan siswa tersebut dikarenakan pengaruh dari teman bermain serta kurangnya perhatian dari orang tua.
KELAYAKAN PANDUAN PRAKTIKUM IPA SEDERHANA SEKOLAH DASAR BERORIENTASIKAN LINGKUNGAN SEKITAR N.W.S Darmayanti
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1204.801 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2502

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum yang dikembangkan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik terkait kelayakan dari panduan praktikum. Ahli materi dan ahli media berjumlah masing-masing 2 orang dari dosen pendidikan IPA dan pendidik masing-masing berjumlah 2 orang dari guru SD. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah berupa angket yang dianalisis dengan skala likert. Total skor hasil penilaian dari ahli dan pendidik dikonversi menjadi data kualitatif dengan skala lima, yaitu amat baik (A), baik (B), cukup baik (C), kurang baik (D), dan kurang baik sekali (E). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar berkualifikasi baik (B) dari penilaian oleh ahli dan pendidik. Berarti panduan praktikum tersebut telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran praktikum.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR umar yampap
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 2: Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1333.7 KB) | DOI: 10.31764/elementary.v3i2.2180

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar kelas v SD Inpres Seringgu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Dari 25 peserta didik hanya 11 peserta didik yang mencapai KKM yaitu sekitar 44%. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan critical thinking skill melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang saling berhubungan dimana masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil pada setiap indikator mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga akhir siklus II dan sesuai target yang telah ditentukan yaitu ≥18,34%. Capaian Ʃrata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar 32,47%. Sedangkan hasil observasi yang berhubungan dengan critical thinking skill meningkat antara lain; peserta didik aktif dalam pembelajaran, peserta didik lebih leluasa dalam mencari dan mengumpulkan informasi yang diinginkan, dan peserta didik juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar bersama teman.

Page 1 of 2 | Total Record : 13