cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
J@TI (TEKNIK INDUSTRI)
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : -     EISSN : 25021516     DOI : -
Core Subject : Engineering,
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri [e-ISSN 2502-1516] merupakan jurnal nasional yang mengangkat tulisan-tulisan penelitian dalam disiplin ilmu teknik industri. Pertama kali terbit sejak tahun 2006 hingga saat ini dengan frekuensi terbit tiga (3) kali dalam setahun. Setiap edisi terbitan berisi 8 artikel jurnal. Terbit setiap Januari, Mei, dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022" : 8 Documents clear
ANALISIS KETERKAITAN ANTARA GREEN DESIGN, GREEN PROCESS, GREEN DYNAMIC CAPABILITIES, DAN ABSORPTIVE CAPACITY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR Aviasti Aviasti; Asep Nana Rukmana; Agus Nana Supena; Reni Amaranti
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.985 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.62-70

Abstract

Green manufacturing mulai diimplementasikan secara luas pada industri manufaktur untuk mengurangi dampak negatif kegiatan industri pada lingkungan. Berbagai faktor, baik eksternal maupun internal, mempengaruhi implementasi green manufacturing. Hal ini menyebabkan implementasi green manufacturing tidak mudah untuk dilakukan. Penelitian ini membahas keterkaitan faktor internal perusahaan pada praktik green manufacturing, yaitu keterkaitan antara kapabilitas dinamis hijau perusahaan, kemampuan untuk menyerap pengetahuan (absorptive capacity) dan green manufacturing (dalam hal ini terdiri dari green design dan green process). Penelitian dilakukan pada 34 perusahaan manufaktur di Jawa Barat, Indonesia. Model penelitian terdiri dari empat konstruk dengan lima hipotesis keterkaitan antar konstruk. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa green dynamic capability berpengaruh positif dan signifikan terhadap green process akan tetapi tidak berpengaruh pada green design. Absorptive capacity berpengaruh signifikan terhadap green dynamic capabilities dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap green process. Hal ini menunjukkan bahwa kapabilitas dinamis berperan memediasi hubungan absorptive capacity dengan green process.
SIMULASI SISTEM PARKIR SPASIAL BERBASIS AGEN: SEBUAH PERANCANGAN KONSEP DAN IMPLEMENTASI MODEL Ary Arvianto; Wiwik Budiawan; Ahmad Karami; Fachrul Rozi; Jose Daniel Marthin
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.299 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.71-81

Abstract

Parkir dapat menimbulkan permasalah transportasi diperkotaan. Rendahnya okupansi ruang parkir sebuah fasilitas umum juga berdampak pada kemacetan lalu lintas di sekitarnya. Studi ini berfokus pada optimalisasi ruang parkir dengan mengukur tingkat okupansinya. Mikro simulasi diterapkan untuk mendapatkan gambaran okupansi secara spasial. Oleh karena itu, pendekatan agent based digunakan untuk dapat menangkap aspek mikro terutama perilaku pengemudi dalam mencari tempat parkir. Simulasi ini menggunakan tiga skenario dalam analisis okupansinya yaitu parkir yang terjadi pada hari kerja, hari akhir minggu, dan hari raya atau masa libur panjang. Hasilnya adalah okupansi tertinggi terjadi pada skenario hari raya khususnya pada area pintu masuk, railway, dan area mesin tiket. Sementara itu, area tunnel adalah area yang paling sedikit diminati oleh pengendara dan memiliki okupansi paling sedikit. Penambahan pintu masuk dan mesin tiket di dekat area tunnel dapat meningkatkan okupansi parkir yang berarti berpotensi dapat manambah okupansi kendarannya.
WORKERS’ MENTAL WORKLOAD IN INDONESIAN SMALL FOOD-PRODUCING BUSINESS: PRELIMINARY FINDINGS AT A CORN CHIPS BUSINESS Rizky Luthfian Ramadhan Silalahi; Anis Lilian Sari; Putri Intan Sriwahyuni; Dhita Morita Ikasari; Riska Septifani; Ardaneswari Dyah Pitaloka Citraresmi; Panji Deoranto
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (326.192 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.82-91

Abstract

This research investigated conditions of mental workload among workers in Indonesian small foodproducing business, and how work and workers characteristics might influence the workers’ mental workload. A corn chips business located in an industrial central of corn chips in Malang municipality, Indonesia was the research object, in which its seven workers were involved as participants. NASA-TLX measurement involving six mental workload subscales was deployed to observe the current state of workers mental workload, along with determination of mean WWL value as representation of mental workload level. Measured NASA-TLX subscales varied among tasks and subscales, with indications of exposures of mental workload to the workers. This was indicated by high ratings of Mental Demand, Temporal Demand, Effort, and Frustration subscales which reached 70, 80, 90, and 70, respectively. Mean WWL values were in the range of 46.00 to 70.67, with the highest value observed was on Task 2 with 70.67 and Task 5 has the lowest value of 46.00. It is suggested that tasks and workers characteristics could have different influence on the observed mental workload subscales ratings and WWL. This research provides base of understanding and findings on states of workers’ mental workload in Indonesian small food-producing business.
ANALISIS RISIKO DAN STRATEGI MITIGASI RISIKO SUPPLY CHAIN PRODUK CRUDE PALM OIL (CPO) (STUDI KASUS: PT XYZ) Rohimmah Rohimmah
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.759 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.92-101

Abstract

PT XYZ merupakan pabrik pengolahan TBS menjadi produk CPO. Dalam sistem rantai pasoknya, belum memperhitungkan risiko yang terjadi. Risiko tersebut apabila dibiarkan maka akan menyebabkan beberapa kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko rantai pasok produk CPO mengunakan model SCOR yaitu plan, source, make, deliver dan return kemudian melakukan pengukuran tingkat prioritas risiko menggunakan metode fuzzy FMEA dan melakukan penentuan strategi mitigasi risiko prioritas produk CPO menggunakan metode AHP. Hasil identifikasi menunjukkan terdapat total 23 risiko dari aktivitas plan, source, make, deliver dan return. Dari hasil pengolahan data, didapatkan prioritas risiko plan yaitu ketidaksesuaian antara rencana produksi dengan pelaksanaan produksi dengan strategi pengoptimalan mesin dan peralatan, risiko source yaitu risiko kekurangan bahan baku TBS di penampungan sementara dengan strategi prioritas training secara berkala pada pekerja, risiko make yaitu risiko keterlambatan pelaksanaan produksi dengan strategi prioritas pengoptimalan mesin dan peralatan, risiko deliver yaitu risiko adanya kerusakan kendaraan selama proses pengiriman CPO dnegan strategi prioritas meningkatkan pengawasan terhadap kinerja karyawan, dan risiko return yaitu risiko kualitas/ mutu CPO tidak sesuai dengan permintaan dengan strategi prioritas adalah menjaga kualitas bahan baku.
ASSESSMENT TINGKAT KEINOVATIFAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR DENGAN STUDI KASUS PT. VOLTA INDONESIA SEMESTA Bambang Purwanggono; Ratna Purwaningsih; Arfan Bachtiar; Febrina Agusti; Kumara Pinasthika Dharaka
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.228 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.128-133

Abstract

PT. Volta Indonesia Semesta merupakan perusahaan yang berfokus memproduksi dan menghadirkan kendaraan listrik berserta teknologinya. Saat ini, perusahaan masih terkendala oleh menentukan posisi dan daya saing perusahaan di dalam dunia persaingan transportasi. Keinovatifan perusahaan adalah kunci pendorong kemajuan perusahaan terutama menghadapi kompetisi dan mengetahui posisi perusahaan. Keinovatifan perusahaan dapat dilihat menggunakan penilaian tingkat keinovatifan. Penilaian tersebut didasarkan pada dua aspek, yakni kapabilitas inovasi dan hasil inovasi. Penelitian ini dilakukan untuk menilai tingkat keinovatifan perusahaan dan merumuskan rekomendasi. Metode yang digunakan dalam penilaian ini yaitu Delphi dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa PT. Volta Indonesia Semesta termasuk dalam Emerging Industry Learder di Indonesia dengan nilai keinovatifan sebesar 580,47. Lebih lanjut, terdapat rekomendasi bagi perusahaan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keinovatifan yaitu dengan memberikan reward kepada karyawan, melakukan sistem rekrutmen buta, membentuk gugus kendali mutu, pelatihan bagi karyawan, customer dan supplier gathering, mengadakan divisi RnD, membentuk knowledge center, mengembangkan lab uji produk, dan pengukuran carbon footprint secara berkala.
IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN PENERAPAN KEBIJAKAN K3 DI SEBUAH PASAR TRADISIONAL, KABUPATEN KLATEN, PADA MASA PANDEMI COVID-19 Cindy Yunitasari; Hanifa M. Denny; Baju Widjasena
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.8 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.134-140

Abstract

Pandemi Covid-19 terjadi hampir 2 tahun. Kegiatan di pasar tradisional selama pandemic tetap dijalankan dan salah satunya di Pasar Keden. Dalam melaksanakan kegiatan di masa pandemi terdapat aturan yang harus diterapkan diantaranya Panduan ILO tentang Pencegahan dan Mitigasi Covid-19 di UKM, Permenkes Nomor 84 Tahun 2020, dan Kepmenkes No. Hk. 01.07/Menkes/328/2020. Peneliti tertarik meneliti tentang implementasi dan tantangan penerapan kebijakan di Pasar Keden. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi dan tantangan yang dihadapi dalam  penerapan kebijakan K3 terkait Covid-19 di Pasar Keden. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pedoman wawancara mendalam disusun berdasarkan 3 peraturan yang digunakan. Penelitian menggunakan 3 informan utama, 3 informan pendukung, dan 2 informan kunci. Informan dipilih dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian  menunjukkan dalam pencegahan Covid-19 pengelola pasar sudah menerapkan komitmen  penanggulangan Covid-19, himbauan dan penyediaan APD, penyediaan berbagai fasilitas umum  (alat cuci tangan, desinfektan, ventilasi udara, dan pengukuran suhu), pendataan vaksinasi, dan menyediakan fasilitas pendukung yakni kebersihan area pasar. Ketentuan yang belum dilaksanakan adalah penyediaan informasi dan mitigasi pencegahan meliputi pelaporan dan penanganan Covid-19. Meskipun pandemi mulai menurun diharapkan pengelola pasar dan pengunjung pasar terus menerapkan protokol kesehatan untuk memutus rantai Covid-19.
PERANCANGAN STRATEGI LEAN SAFETY-HIRARC UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN PADA STASIUN KERJA MOB CAP DI PT. ANARA MEDICAL INDONESIA Dian Mardi Safitri; Muhamad Yusuf Fadhilah; Sucipto Adisuwiryo
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.616 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.102-117

Abstract

Meningkatnya jumlah permintaan alat kesehatan pada masa pandemi Covid-19 di Indonesia, mendorong perusahaan manufaktur alat kesehatan untuk memaksimalkan kapasitas produksinya. Pengoperasian mesin produksi Mob Cap memiliki tingkat kesulitannya dan potensi kecelakaan yang tinggi. Pada tahun 2020-2021, terdapat sebanyak empat kali kecelakaan kerja pada lantai produksi PT. Anara Medical Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah merancang strategi pencegahan kecelakaan menggunakan pendekatan HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control) yang diintegrasikan dengan pendekatan Lean Safety. Mengintegrasikan HIRARC dan Lean Safety adalah kebaruan dalam penelitian untuk pencegahan kecelakaan kerja. Penelitian ini terdiri atas Hazard Identification, Risk Assessment, dan integrasi Risk Control dengan Lean Safety-5S. Terdapat tujuh aktivitas yang berpotensi memiliki bahaya terpapar panas, tersengat listrik, dan terjepit pada mesin. Berdasarkan Risk Assessment, terdapat 5 bahaya yang memiliki level kategori risiko medium dan high. Untuk meminimalkan potensi terjadinya kelima bahaya tersebut dilakukan pengendalian risiko menggunakan pendekatan Lean Safety-5S. Pengendalian risiko berupa implementasi strategi pencegahan kecelakaan dengan membuat checklist pemilahan produk cacat, pengaturan material, pembersihan mesin, program pelatihan, pembuatan standard operation procedures, dan pembuatan poster pentingnya penggunaan alat pelindung diri.
USULAN STRATEGI PENINGKATAN KEPERCAYAAN PELANGGAN DAN KEPUTUSAN BOOKING PELANGGAN HOTEL X Jasmine Raisya Salsabila; Agus Achmad Suhendra; Ilma Mufidah
J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022
Publisher : Departemen Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.557 KB) | DOI: 10.14710/jati.17.2.118-127

Abstract

Hotel X merupakan salah satu hotel di Kabupaten Kuningan Jawa Barat yang didirikan pada tahun 2005. Hotel X termasuk dalam klasifikasi hotel bintang 1 yang berada di Kuningan. Dalam upaya pemasarannya Hotel X melakukan digital marketing menggunakan website, Instagram dan bahkan selama 6  bulan terakhir bekerja sama dengan virtual hotel operator untuk meningkatkan tingkat booking dari kamar hotel. Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan online consumer review terhadap kepercayaan pelanggan dan keputusan booking dari pelanggan Hotel X dan juga upaya peningkatannya menggunakan marketing mix berdasarkan hasil wawancara. Populasi dalam penelitian kali ini adalah pelanggan yang sudah pernah melakukan booking Hotel X. Ukuran sampel diambil sebanyak 104 responden, dengan menggunakan metode probability sampling khususnya simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah metode analisis SEM Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa  hanya online consumer review yang mempengaruhi kepercayaan pelanggan dan keputusan booking. Berdasarkan hasil analisis marketing mix diperlukan adanya peningkatan strategi pada variabel product, price, promotion dan customer relations.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 3 (2025): September 2025 Vol 20, No 2 (2025): Mei 2025 Vol 20, No 1 (2025): Januari 2025 Vol 19, No 3 (2024): September 2024 Vol 19, No 2 (2024): Mei 2024 Vol 19, No 1 (2024): Januari 2024 Vol 19, No 2 (2024): Article In-Press Vol 18, No 3 (2023): September 2023 Vol 18, No 2 (2023): Mei 2023 Vol 18, No 1 (2023): Januari 2023 Vol 17, No 3 (2022): September 2022 Vol 17, No 2 (2022): Mei 2022 Vol 17, No 1 (2022): Januari 2022 Vol 16, No 4 (2021): Edisi Khusus ACISE 2021 Vol 16, No 3 (2021): September 2021 Vol 16, No 2 (2021): Mei 2021 Vol 16, No 1 (2021): Januari 2021 Vol 15, No 3 (2020): September 2020 Vol 15, No 2 (2020): Mei 2020 Vol 15, No 1 (2020): Januari 2020 Vol 14, No 3 (2019): September 2019 Vol 14, No 2 (2019): Mei 2019 Vol 14, No 1 (2019): Januari 2019 Vol 13, No 3 (2018): September 2018 Volume 13, No. 2, Mei 2018 Volume 13, No. 1, Januari 2018 Volume 12, No. 3, September 2017 Volume 12, No. 2, Mei 2017 Volume 12, No. 1, Januari 2017 Volume 11, No. 3, September 2016 Volume 11, No. 2, Mei 2016 Volume 11, No. 1, Januari 2016 Volume 10, No. 3, September 2015 Volume 10, No. 2, Mei 2015 Volume 10, No. 1, Januari 2015 Volume 9, No.3, September 2014 Volume 9, No.2, Mei 2014 Volume 9, No.1, Januari 2014 Volume 8, No.3, September 2013 Volume 8, No.2, Mei 2013 Volume 8, No.1, Januari 2013 Volume 7, No.3, September 2012 Volume 7, No.2, Mei 2012 Volume 7, No.1, Januari 2012 Volume 6, No.3, September 2011 Volume 6, No.2, Mei 2011 Volume 6, No.1, Januari 2011 Volume 5, No.3, September 2010 Volume 5, No.2, Mei 2010 Volume 5, No.1, Januari 2010 Volume 4, No. 3, September 2009 Volume 4, No. 2, Mei 2009 Volume 4, No. 1, Januari 2009 Volume 3, No.3, September 2008 Volume 3, No.2, Tahun 2008 Volume 3, No.1, Januari 2008 Volume 2, No.2, Mei 2007 Volume 2, No.1, Januari 2007 Volume 1, No.3, September 2006 Volume 1, No.2, Mei 2006 Volume 1, No.1, Januari 2006 More Issue