cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
ISSN : 25486535     EISSN : 26156784     DOI : -
Core Subject : Economy,
Journal " Equilibria Pendidikan" (P-ISSN: 2548-6535; E-ISSN: 2615-6784).This journal published every May and November. Articles published contain scientific research results and the results of a study of books in the fields of applied economics and economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024" : 6 Documents clear
PENERAPAN REGRESI DATA PANEL: KAJIAN KETIMPANGAN PENDAPATAN DI EKS-KERESIDENAN KEDIRI TAHUN 2018-2023 Wika, Sega Purwa; Putri, Citra Redia
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.18813

Abstract

Dalam jangka menengah, Pemerintah Indonesia merumuskan RPJMN untuk menjalankan misi pembangunan di mana salah satu agendanya adalah mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan dengan sasarannya adalah meningkatnya pemerataan antar wilayah. Menilik data dari BPS, indikator ketimpangan pendapatan nasional ternyata masih kurang mampu menggambarkan kondisi spesifik suatu wilayah. Salah satunya ialah di Provinsi Jawa Timur yang mengalami peningkatan nilai rasio gini tahun 2021-2023. Menariknya, wilayah eks-keresidenan Kediri yang menjadi salah satu wilayah yang menopang perekonomian Provinsi Jawa Timur, ternyata hanya terdapat dua kota di eks-keresidenan Kediri yang mempunyai rasio gini di atas rerata nasional, yaitu Kota Blitar dan Kota Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji gambaran ketimpangan pendapatan yang terjadi di wilayah eks-keresidenan Kediri, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh pada ketimpangan pendapatan di wilayah eks-keresidenan Kediri periode 2018-2023 memanfaatkan analisis regresi data panel. Berdasarkan kajian yang telah dilaksanakan, IPM mempunyai pengaruh positif dan signifikan pada ketimpangan pendapatan dan share sektor industri terhadap total PDRB berpengaruh negatif dan signifikan pada ketimpangan pendapatan. Kata Kunci: Ketimpangan Pendapatan, Rasio Gini, Model Fixed Effect
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTO CEPAT SAJI DI MALL LIPPO CIKARANG Pramulanto, Himawan; Karomah, Nurul Giswi; Estiana, Ria; Rif’an, Ira
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.19397

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Ketatnya persaingan bisnis kuliner menjadi ancaman bagi para pelaku usaha,sehinggan membuat pelaku usaha berusaha untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis asosiatif dan dengan data sekunder dan data primer sebagai seumber data yang diperoleh dari hasil angket. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan Resto cepat saji yang diambil berjumlah 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah Teknik Regresi Linier Sederhana, Uji Validitas, Uji Realibilitas, Uji Hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F, Uji Asumsi Klasik yaitu Uji Normalitas dan Uji Koefisien Determinasi. Teknik pengukuran instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah Skala Likert karena untuk mengukur jenis kelamin, usia, pendidikan, profesi dan instansimembeli produk. Hasil penelitian pada uji t bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel pengaruh kualitas pelayanan (x) terhadap variabel kepuasan pelanggan (y), karena nilai signifikan x terhadap y adalah 0,000 0,05 dan nilai t-hitung t-tabel (14,491 1,661) atau dengan kata lain h0 ditolak dan ha diterima. Sehingga keismpulan dari penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Resto Cepat Saji di Mall Lippo Cikarang. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
KRISIS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN DI INDONESIA Artha, Bhenu; Sari, Utami Tunjung; Hadi, Antonius Satria; Sari, Niken Permata; Bahri, Bahri; Asri, Cahya Purnama; Aditya, Ascasaputra
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.19795

Abstract

Dividen merupakan bagian dari keuntungan perusahaan yang diberikan kepada para pemegang saham sesuai dengan besarnya kepemilikan saham mereka di perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh krisis terhadap kebijakan dividen di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data 250 laporan keuangan Perusahaan di Indonesia pada tahun 2008-2020. Metode purposive sampling digunakan dalam pemilihan sampel, dimana kriteria yang digunakan adalah perusahaan yang menyampaikan jumlah dividen pada laporan keuangan serta penggunaan tahun 2008 dan 2020 sebagai tahun terjadinya krisis, dan tahun 2009, 2014, 2017, 2018, dan 2019 sebagai tahun tidak terjadi krisis. Jumlah data yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 250 data. Krisis diproksikan dengan tahun-tahun terjadinya krisis yang diberikan notasi satu, sementara tahun-tahun selain tersebut dinotasikan nol. Dividen merupakan jumlah dividend per share yang diberikan kepada para pemegang saham. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan regresi panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa krisis berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen di Indonesia. Kata Kunci: dividen, perusahaan, krisis, Indonesia
RED TAPE: KAJIAN KONSEPTUAL DAN IMPLEMENTASI Astuti, Wuku; Mindhayani, Iva
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.19796

Abstract

Birokrasi internal maupun eksternal mengacu pada prosedur birokrasi, peraturan, dan rutinitas. Jumlah obyektif birokrasi dalam suatu organisasi merupakan salah satu hal yang digunakan untuk mempelajarinya. Hal ini diukur dengan indikator seperti waktu pemrosesan dan jumlah persetujuan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas manajerial utama. Hal ini diukur dengan indikator seperti waktu pemrosesan dan jumlah persetujuan yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas manajerial utama. persepsi tentang birokrasi, dan bukannya birokrasi itu sendiri, yang menjadi penghalang bagi inovasi sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan red tape atau birokrasi dan dengan innovative collaboration, corporate social performance, dan idiosyncratic risk. Artikel ini menggunakan metode theoretical review dengan menggunakan 41 artikel sebagai bahan kajian. Birokrasi menyebabkan masalah dalam hal usaha, anggaran, perencanaan, interaksi pemangku kepentingan, konektivitas, dan integrasi. Corporate Social Performance (CSP) perusahaan berhubungan negatif dengan risiko pasar, baik risiko total, risiko sistematis, atau risiko idiosinkrasi. CSP juga dapat berdampak pada risiko sistematis perusahaan. CSP yang lebih baik akan menghasilkan kekuatan penetapan harga yang lebih tinggi dan margin laba yang lebih tinggi. Dari perspektif investor yang menghindari risiko, margin laba yang lebih tinggi menyebabkan elastisitas laba yang lebih rendah terhadap guncangan agregat, dan karenanya menurunkan risiko sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa red tape mempengaruhi  innovative collaboration dan corporate social performance, serta idiosyncratic risk dipengaruhi oleh corporate social performance.Kata Kunci: birokrasi, risiko, perusahaan, sektor publik, tanggung jawab sosial
PERAN KETERLIBATAN SISWA DALAM MEMODERASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN, PRAKERIN, KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMPETENSI BERWIRAUSAHA Kamila, Kuni; Rahman, M. Fathur; Feriady, Muhammad
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.18793

Abstract

Tingkat rasio wirausaha di Indonesia masih rendah yaitu sebesar 3,47%, salah satunya disebabkan karena kompetensi wrausaha yang rendah, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kompetensi berwirausaha dari aspek pembelajaran kewirausahaan, prakerin, dan kecerdasan emosional dengan keterlibatan siswa sebagai variabel moderasi. Jenis dan desain penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan populasi siswa kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran SMK N 9 Semarang. Sampel yang digunakan sebanyak 104 responden dengan teknik total sampling dan pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi analisis SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha, prakerin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha, dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi berwirausaha. Adapun pada uji moderasi, keterlibatan siswa tidak memoderasi pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap kompetensi berwirausaha, keterlibatan siswa mampu memoderasi pengaruh prakerin terhadap kompetensi berwirausaha, dan keterlibatan siswa mampu memoderasi pengaruh kecerdasan emosional terhadap kompetensi berwirausaha. Kata Kunci: Kompetensi Berwirausaha, Pembelajaran Kewirausahaan, Prakerin, Kecerdasan Emosional, Keterlibatan Siswa
STRATEGI ADAPTIF SURVIVAL MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS PILIHAN RASIONAL PENJUAL DAN PEMBELI DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN) Kusumawati, Dian; Utomo, Utomo; Muslim, Rachmat Imam; Wuryani, Meilan Tri
Equilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Vol 9, No 1 (2024): Mei 2024
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/ep.v9i1.19797

Abstract

Kemampuan memenuhi kebutuhan dasar hidup terkadang terhambat oleh keadaan dan kondisi eksternal. Pada tahun 2019, pandemi COVID-19, yang juga dikenal sebagai virus corona, menyebar dengan cepat ke seluruh dunia, memengaruhi hampir semua negara dan berdampak pada berbagai sektor, yang pada akhirnya berujung pada krisis kesehatan global. Sektor ekonomi, pariwisata, sosial, bahkan budaya sangat terdampak akibat pandemi COVID-19. Salah satu dampak terbesarnya adalah meningkatnya angka pengangguran. Tujuan dari penelitian ini menganalissis kebijakan pemerintah serta pilihan rasional dan strategi adaptif untuk memastikan kelangsungan hidup selama pandemi COVID-19. Penelitian yang disajikan dalam teks ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menyelidiki kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah untuk mengekang penyebaran COVID-19, serta alasan dan pilihan rasional yang diambil oleh penjual dan pembeli melalui strategi adaptif sebagai cara untuk bertahan hidup selama masa pandemi. pandemi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan berbagai informan dan tinjauan pustaka serta arsip untuk mengumpulkan informasi yang relevan. Temuan utama penelitian ini menunjukkan bahwa munculnya strategi adaptif di kalangan pedagang dan pembeli dapat dilihat sebagai bentuk pilihan rasional untuk menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19. Strategi Adaptif melibatkan pengambilan keputusan mengenai pemenuhan kebutuhan dasar mereka dengan tetap mempertimbangkan kebijakan dan panduan yang diberikan oleh pemerintah. Kata Kunci: Strategi Adaptif, Survival, Pandemi, Covid 19

Page 1 of 1 | Total Record : 6