NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial dan humaniora termasuk politik, hukum dan ekonomi; pembangungan ekonomi dan perubahan sosial termasuk di dalamnya antara lain pokok-pokok persoalan tentang gender, pemberdayaan masyarakat, kelembagaan sosial dan pemerintahan dan sistem pengetahuan lokal
Articles
56 Documents
Search results for
, issue
"Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial"
:
56 Documents
clear
UPAYA UNICEF MENGATASI BULLYING DAN HUKUMAN FISIK DI SEKOLAH INDONESIA TAHUN 2018-2020
Qorry Oktavia Permata Putri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3171-3183
Kekerasan di sekolah merupakan bentuk kekerasan yang terjadi di sekolah, dapat dilakukan oleh murid, guru, atau teman sebaya. Bullying dan hukuman fisik merupakan bentuk kekerasan yang dihadapi oleh siswa yang masih bersekolah. Kekerasan pada anak telah menjadi prioritas multisectoral untuk ditangani UNICEF. Tujuan penelitian ini yakni untuk menjabarkan upaya UNICEF melalui Kampanye End Violence untuk mengatasi kekerasan anak di sekolah. Melalui penelitian deskriptif untuk penelitian ini, penulis memaparkan suatu peristiwa dan menjelaskan permasalahan secara rinci. Upaya UNICEF melalui Kampanye End Violence untuk mengatasi kekerasan anak di sekolah yaitu dengan mengkampanyekan kekerasan anak di sekolah melalui Program Roots untuk mengatasi perundungan dan pelatihan disiplin positif untuk guru agar tidak menggunakan kekerasan untuk mendisiplinkan murid.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN DI DESA CIKAOBANDUNG PURWAKARTA
Lusi Octaviyanti;
Haura Atthahara;
Lina Aryani
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3447-3454
Keikutsertan seseorang di dalam sebuaah kelompok sosial untuk mengambil peran dari bagian kegiatan masyarakat yang ada, di luar pekerjaannya merupan arti dari partipasi masyarakat. Dalam konteks penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa lebih dipahami sebagai kontribusi masyarakat desa yang memeliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembangunan. Sebagaimana yang tertuang dalam t UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional berupa Musrembang. Dengan adanya Musrenbang ini, rakyat banyak diharapkan untuk bisa turut berpartisipasi dalam proses penyelenggrasaan pembangunan. Desa Cikaobandung dalam kehidupan pedesaannya dengan segala serangkaian perumusan pembuatan maupun pengambilan keputusan-keputusan, baik mengenai masalah yang besar maupun kecil dalam suatu perencanaan pembangunan. penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan di Desa Cikaobandung Purwakarta. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil penelitian itu sendiri ialah tentang partisisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan desa yang sesuai dengan prosedur formal pelaksanaan perumusan perencanaan pembangunan yang ada di Desa Cikaobandung, adapun bentuk pastisipasi di dalam perencanaan pembangunan desa seperti pastisipasi ide dan gagasan yang di sampaikan kepada perangkat Desa Cikaobandung.
PELAKSANAAN PUBLIC RELATION DI BALAI BESAR PENELITIAN TANAMAN PADI SUKAMANDI
Irpan Irpan;
Ana Fitriana Poerana;
Muhammad Ramdhani
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3370-3375
Dalam suatu organisasi atau lembaga perlu adanya komunikasi antara organisasi dengan pihak luar atau masyarakat dalam hal ini BBPTP sebagai suatu lembaga dan petani, kementrian pertanian serta stokeholder lainnya sebagai publik. Menurut Djanalis Djanaid yang dikutip oleh Kusumastuti (2002: 22), “ada dua fungsi public relations yaitu fungsi konstruktif dan fungsi korektif”. Dalam fungsi konstruktif ini, public relations mendorong semua aktivitas/ kegiatan yang dilakukan perusahaan/ organisasi sehingga dapat terencana dan berkesinambungan yang cenderung bersifat proaktif. Sedangkan dalam fungsi korektif, public relations diibaratkan sebagai pemadam kebakaran, artinya apabila sebuah perusahaan/organisasi terjadi masalah-masalah dengan publik, maka dapat segera mengatasi dan menyelesaikan masalah tersebut. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengamati fenomena sosial dengan menghasilkan data dekskriptif berupa kata – kata tertulis maupun lisan dari perilaku atas fenomena tersebut. Menurut Denzin dan Licoln (dalam Moleong, 2007:5). Berdasarkan pembahasan yang telah di uraikan peneliti mendapatan tujuan public relation dalam BBPTP. (1). Untuk mengubah citra umum di mata khalayak sehubungan adanya kegiataan dan menurut penulis sudah mendeskripsi kan bahwa instansi BBPTP sangat peduli terhadap perkembangan masyarakat yang ingin mengetahui bagaimana cara merawat dan cara m,emelihara tanaman padi yang di ajukan (2)Untuk meciptakan identitas baru yang mencioptakan sebuah perubahan dalam sistem pemberian informasi yang lebih pantas dan bisa di mengerti oleh kalangan muda.(3)Untuk menyebarkan informasi melalui website internet yang menuju ke pada kawula muda agar bisa ikut berpartisipasi ingin mengetahui bagaimana cara menaman dan merssawat tanaman padi yang di lakukan oleh instansi ini.
KEHUJJAHAN ISTISHLĀH / MASLAHAH MURSALAH SEBAGAI DALIL HUKUM : PERSPEKTIF 4 MADZHAB
Farkhan Muhammad
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3589-3609
Kehujjahan maslahah mursalah yaitu berubahnya maslahat-maslahat manusia secara umum dan umat Islam secara khusus seiring berjalannya waktu dan zaman. Jika dalam menyikapi maslahat-maslahat mereka hanya berlandaskan apa yang tercantum di dalam nash-nash atau menggunakan qiyas terhadap nash yang ada pula, maka umat akan jatuh pada sebuah keadaan yang amat sulit, sempit, dan rumit. Maka dibutuhkanlah kelonggaran di dalam syariat dengan menerapkan metodologi maslahah mursalah selama tidak keluar dari jalur maqashid syar’iyah. Perlunya mengulas kembali masalah klasik ini, mengingat permasalahan manusia cepat berkembang dan semakin kompleks, maka umat Islam dituntut untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Dan metodologi hukum yang paling tepat dan relevan untuk menjawab tantangan umat tersebut adalah maslahah mursalah yang dikaji terus menerus seiring berkembangnya zaman. penelitian ini bersifat literatur, termasuk pada jenis penelitian pustaka (library research). Penelitian kepustakaan (library research).Hal yang mendasari perbedaan antara imam madzhab dalam menggunakan maslahah mursalah sebagai dalil hukum adalah perbedaan penafsiran mereka dalam memaknai maslahah mursalah dan kedudukannya sebagai dalil hukum. Seperti kalangan Malikiyah dan Hanabilah melihat bahwa maslahah mursalah merupakan dalil hukum yang bersifat mandiri, sedangkan imam madzhab yang lain melihat bahwa maslahah mursalah bukan sebagai metodologi hukum yang bersifat mandiri, akan tetapi mengikuti terhadap metodologi lain seperti qiyas, munasib mursal, atau istihsan.
GAMBARAN RUKUN MASYARAKAT ASLI YOGYAKARTA
Ayom Wahabi;
Tabah Aris Nurjaman
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3300-3307
Penelitian bertujuan untuk mengkonstruksi bagaimana gambaran kerukunan yang dimaknai masyarakat asli Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan Psychology Indigenous dengan model pengembangan riset berbasis tema. Pengumpulan data dilakukan melalui dua tahap yaitu melalui kuesioner terbuka (primer)dan wawancara (sekunder). Responden penelitian merupakan masyarakat asli Yogyakarta yang lahir dan tinggal di Yogyakarta. Sebanyak 111 responden mengisi kuesioner terbuka. Wawancara dilakukan kepada dua responden dengan karakteristik yang sama. Data dianalisis mengunakan pendekatan analisis isi dengan kerangka kerja grounded theory meliputi open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian menunjukan kerukunan dimaknai sebagai situasi tanpa pertengkaran dan perselisihan yang dilandasi oleh perilaku peduli (rewang), berkumpul (srawung) dan menghargai (ngajeni). Kerukunan terbagi menjadi dua ketegori berdasarkan motivasinya. Pertama, memandang kerukunan sebagai tujuan yang dilatarbelakangi oleh kesadaran sosial sehingga membentuk sifat rukun dalam, yaitu kerukunan yang tulus dan dimaknai sebagai tujuan akhir. Kedua, memandang kerukunan sebagai alat yang dilatarbelakangi oleh faktor relasional sehingga membentuk sifat rukun dangkal, yaitu kerukunan yang dimaknai sebagai alat untuk mencapai tujuan lain.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH TERHADAP KEPUASAN PEMOHON PADA KANTOR BPN KOTA BANDUNG
Ekki Khaerunia Ruhendy
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3218-3229
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pemohon secara parsial maupun simultan. Metode pengumpulan data untuk pengujian hipotesis menggunakan pengisian kuesioner yang ditunjukan kepada 75 responden pemohon yang menerima pelayanan pembuatan sertifikat tanah di BPN Kota Bandung. Berdasarkan hasil koefisien regresi yang menunjukan arah positif antara variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pemohon, dapat disimpulkan bahwa apabila kualitas pelayanan (X) meningkat maka kepuasan pemohon (Y) juga akan meningkat ataupun sebaliknya. Hasil Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,845 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan (X) terhadap variabel kepuasan pemohon (Y) yaitu sebesar 84,5%. Berdasarkan hasil koefisien determinasi secara parsial, menunjukan diantara keseluruhan indikator kualitas pelayanan, empati memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan pemohon, kemudian disusul oleh indikator keyakinan, keandalan, keresponsifan, serta indikator yang memiliki pengaruh paling lemah terhadap kepuasan pemohon ialah indikator bukti fisik. Berdasarkan hasil uji t, seluruh hipotesis diterima dengan artian bahwa indikator keandalan, keresponsifan, keyakinan, empati, serta bukti fisik seluruhnya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemohon
PENGARUH POSTINGAN IKLAN BILLBOARD ERIGO DI TIMES SQUARE NEW YORK PADA INSTAGRAM @ERIGOSTORE TERHADAP BRAND AWARENESS (ANALISIS REGRESI LINIER SEDERHANA PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @ERIGOSTORE)
Efi Ardayanti;
Weni Adityasning Arindawati;
Oky Oxygentri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3497-3505
Erigo merupakan brand lokal Indonesia yang bergerak pada kategori fashion. Era digital dan meningkatnya minat belanja online membawa bisnis yang terus berkembang dan memerlukan media promosi. Erigo memanfaatkan media promosi melalui Instagram dan billboard pada versi iklannya dalam postingan iklan billboard di Times Square New York. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengatuh postingan iklan billboard Erigo di Times Square New York terhadap brand awareness. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Intergrated Marketing Communication (IMC), Teori S-O-R, Model SUPER A (Simple, Unexpected, Persuasive, Entertaining, Relevant, dan Acceptable). Teknik yang digunakan adalah non-probability dengan sampel dari purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, dan uji spearman (uji hipotesis). Hasil penelitian ini adalah faktor Simple, Unexpected, Persuasive, Entertaining, Relevant, dan Acceptable pada variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel brand awareness.
PENGELOLAAN PERMINTAAN DAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM SEKTOR JASA DI KOTA BATAM
Alfred Joven;
Charmaine Charmaine;
Irene Vangoh;
Kelly Kelly;
Joan Goh;
Viona Viona;
Wenny Wenny;
Rizni Aulia Qadri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3420-3425
Theorybakes merupakan salah satu UMKM yang ada di Kota Batam. Disini penulis ingin membantu pemilik dalam mengelola internal UMKM menjadi lebih baik lagi melalui pengelolaan permintaan dan serta kapasitas produksi yang ada pada UMKM. Metode yang dipakai adalah dengan metode wawancara untuk mempermudah perolehan data yang akan digunakan.
MODEL PENYALURAN FILANTROPI ISLAM SECARA PRODUKTIF
Anriza Witi Nasution;
Diena Fadhilah;
Anita Putri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3633-3641
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pendayagunaan dana filantropi islam yang dapat diterapkan oleh lembaga zakat inisiatif zakat Indonesia. Model pendayagunaan ini diharapkan dapat membuat program penyaluran dana filantropi islam yang dilakukan oleh inisiatif zakat indonesia lebih berfariasi, efektif, dan efesien. Sehingga dapat menghasilkan kebermanfaatan lebih bagi para mustahik. Keberhasilan model pendayagunaan dana filantropi islam secara produktif ini dapat diukur dari persentasi keberhasilan lembaga zakat inisiatif indonesia dalam merubah mustahik menjadi muzaki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data secara observasi, dan wawancara, dimana tim peneliti akan melakukan wawancara kepada amil dan para mustahik penerima dana filantropi islam produktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model penyaluran dana filantropi pada lemba zakat IZI dapat dibagi menjadi tiga proses yaitu, proses penghimpunan dna yang terbagi dalam dua aktivitas yaitu desain program dan promosi, selanjutnya adalah proses penentuan mustahik yang terdiri dari lima aktivitas yaitu menghitung dana filantropi yang akan disalurkan, mencari calon mustahik, memverifikasi calon mustahik, penetapan mustahik penerima manfaat, pengelompokan mustahik, dan proses terakhir adalah penyaluran dana filantropi yang terdiri dari empat aktivitas yaitu memberi pembinaan, memberikan dana filantropi, melakukan pendampingan, dan melakukan evaluasi.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BUKU TAHUNAN
Muhammad Aswan Kurniawan;
Mayasari Mayasari;
Oky Oxygentri
NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 9, No 9 (2022): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Publisher : Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31604/jips.v9i9.2022.3340-3347
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana sebuah event organizer hungerbook bisa di bilang sebagai sebuah instansi yang memang bisa membuat meyakinkan konsumen tentang sangat menguntungkan bila berkerjasama dengan hungerbook yang memiliki strategi komunikasi yang sangat mendukung dan sangat membatu konsumen dalam melancarkan kerjasama yang baik. Sesuai dengan judul skripsi di atas tentang bagaimana event organizerhungerbook ini bisa menjadi salah satu bagian dari isntansi yang baik, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengunakan metode wawancara yang mendalam agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan motif dan seseorang yang di wawancarai bagaiman berkerjasama dengan pihak hungerbook dan bisa melajutkan sampai ke angkatan selanjutnya.