cover
Contact Name
Putu Indra Christiawan
Contact Email
indra.christiawan@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
indra.christiawan@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
ISSN : 24074551     EISSN : 24074551     DOI : -
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 6 bulanan dan jurnal ilmiah ini berisikan tulisan, artikel dan hasil penelitian yang menyangkut bidang ilmu sosial.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial" : 11 Documents clear
EVALUASI KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN GEOGRAFI DAN IPS DI SMP N 1 KARIMUNJAWA, MTs DAN MA NU SAFINATUL HUDA PULAU KARIMUNJAWA Andi Irwan Benardi; Yudanti Anika Romadhoni
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.13905

Abstract

AbstractResearch on the evaluation of teacher professionalism competence on geography and ips subjects in smp n 1 karimunjawa, mts safinatul huda karimunjawa and ma nu safinatul huda karimunjawa aims to know the level of professionalism of geography teacher and ips at karimunjawa island schools especially in smp n 1 karimunjawa, mts safinatul huda karimunjawa and ma nu safinatul huda karimunjawa and constraints faced by geography teachers and ips in building professional competence. The competency indicators used for this research are pedagogical, professional, personality and social competence. The result of professional competence of teacher of geography and ips in karimunjawa categorized as competent. Constraints faced by teachers to improve professional competence include lack of school infrastructure and media used for classroom learning. Suggestion in this research is that school is expected to improve facility to support teacher performance so as to achieve professional competence of geography teacher and ips to be better. Teachers are expected to be able to develop their performance and meet teacher standards by increasing knowledge insight in the field that is experienced through teacher education training.
SENA SAKTI (Sekolah Bencana; Siaga, Aksi dan Mitigasi) Qoidul Umam; Fahyumi Rahman
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.13925

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis penanggulangan bencana tanah longsor berbasis komunitas sekolah dasar, (2) untuk menyusun strategi penyampaian pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana, (3) untuk mengetahui metode yang digunakan guru untuk memberikan pemahaman tentang bencana tanah longsor dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah pendekatan kualitatif dengan melakukan kajian melalui sumber empirik dan studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, studi dokumen, observasi dan wawancara kepada stakeholder terkait yaitu salah satu kepala sekolah dasar di Desa Gitgit. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penanggulangan bencana longsor di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan membentuk komunitas yang terdiri dari (1) agen sosialisasi bencana, (2) agen pertolongan pertama, (3) agen informasi dan komunikasi pasca bencana. sedangkan strategi pengetahuan dan keterampilan mtigasi bencana dilakukan dengan pelatihan keterampilan pertolongan pertama, pembentukan komunitas dan simulasi bencana. Pemahaman tentang bencana longsor diberikan kepada siswa dilakukan terintegrasi pembelajaran di kelas serta memasukkan peran kearifan lokal yang mendukung sebagai upaya dalam memanfaatkan kearifan lokal. Kata kunci: Komunitas, Sekolah Dasar, dan tanah longsor
PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) GURU GEOGRAFI SMA Usup Setiawan; Enok Maryani; Nandi Nandi
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.13943

Abstract

Pedagogical Content Knowledge (PCK) merupakan perpaduan antara pemahaman materi ajar (content knowledge) dan pemahaman cara mendidik (pedagogical knowledge) yang perlu dimiliki oleh seorang pengajar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pemahaman guru geografi SMA 1 Kota Banda Aceh dalam Pedagogical Content Knowledge. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk menganalisis kemampuan Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru geografi SMA Negeri 1 Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen penelitian berupa angket dengan menggunakan skala pengukuran Likert, kemudian dilanjutkan wawancara dan diperkuat dengan pemeriksaan dokumen dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan guru tentang Pedagogical Content Knowledge sudah memenuhi kriteria, ini terbukti bahwa dari tujuh aspek PCK guru ada enam aspek yang bisa dikuasai oleh guru yaitu pengetahuan tentang strategi pembelajaran, pengetahuan materi, pengetahuan komunikasi dengan peserta didik dan pengetahuan penilaian dan evaluasi, pengetahuan tentang peserta didik dan karakteristiknya dan pengetahuan tentang pengembangan kurikulum, serta aspek PCK guru yang belum difahami yaitu pengetahuan tentang pengembangan potensi peserta didik. Diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu pendidikan geografi mengembangkan pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan profesionalisme guru geografi.Kata kunci: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Geografi, SMAN 1 Kota Banda Aceh
Hubungan Antara Lokasi Sekolah terhadap Metode Mengajar Guru dan Hasil Ujian Nasional Geografi Arvina Meyzilia; Darsiharjo Darsiharjo; Mamat Ruhimat
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.13948

Abstract

Lokasi sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa. Sekolah yang terletak di desa dan di kota memiliki hasil belajar yang berbeda. Sekolah yang terletak di kota memiliki hasil belajar yang lebih baik daripada sekolah yang terletak di desa (Musa, 2013; Owoeye dan Yara, 2011). Selain itu, penelitian Olurotimi, dkk (2013) melaporkan bahwa ada perbedaan efektifitas mengajar guru di desa dan di kota sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Salah satu pengukuran hasil belajar yang dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan Ujian Nasional (UN). Geografi merupakan salah satu mata pelajaran peminatan yang diikut sertakan dalam UN. Berdasarkan penilaian Puspendik, hasil UN Geografi di Kabupaten Bangka tahun 2017 tergolong dalam kategori sedang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskritif. Sampel penelitian yaitu seluruh SMA Negeri di Kabupaten Bangka. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (2) Tidak ada hubungan positif antara lokasi sekolah terhadap metode mengajar guru geografi SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017, (3) Tidak ada hubungan positif antara metode mengajar guru terhadap hasil UN geografi siswa SMA Negeri Se-Kabupaten Bangka Tahun 2017.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Objek Wisata Hidden Canyon Beji Guwang Ni Putu Yunita Anggreswari; A.A. Raka Jayaningsih
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.13952

Abstract

Bali merupakan pulau penyumbang devisa pariwisata di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh semakin berkembangnya pariwisata di Bali. Besarnya pendapatan dibidang pariwisata ternyata bukan jawaban terhadap masalah kemiskinan di Bali. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, angka kemiskinan di Bali adalah 4,14%. Untuk menangani permasalahan tersebut, pemerintah provinsi dan daerah dapat melakukan program-program pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki masyarakat. Melalui program-program tersebut, masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri dan mengurangi angka pengangguran.Hidden Canyon merupakan atraksi wisata yang terletak di desa Guwang, kabupaten Gianyar, Bali. Hidden Canyon telah berhasil berkembang menjadi salah satu objek wisata yang terkenal dan menjadi salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya dan tahapan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh desa Guwang melalui objek wisata Hidden Canyon. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan uraian di atas, diketahui bahwa pemerintah desa Guwang melakukan pemberdayaan masyarakat dengan cara meyerap tenaga kerja lokal untuk bergabung di dalam pengelolaan Hidden Canyon. Tahapan pemberdayaan masyarakat yang telah dilaksanakan : pertama adalah tahap penyadaran dan pembentukan perilaku yang mana pada tahap ini masyarakat disadarkan akan kemampuan, sikap dan keterampilan yang dimiliki serta rencana dan harapan akan kondisi mereka yang lebih baik dan efektif. Kedua merupakan tahapan transformasi. Pada tahapan ini, pihak pengelola Hidden Canyon memberikan pelatihan berbahasa Inggris kepada tenaga kerja lokal. Tahapan ketiga, adalah tahapan peningkatan kemampuan intelektual, kecakapan keterampilan di mana terjadi peningkatan terhapad ketrampilan pekerja lokal.Kata kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Pengembangan Obyek Wisata
PENGARUH TIPOLOGI PROFESI WARGA TERHADAP PENGEMBANGAN KEGIATAN KEMASYARAKATAN KAMPUNG BIRU AREMA Najmah Zahiroh; Nuraini Lailiya Hanum; Okta Pujiana; Sakshita Jihan; Saiful Rofik Rosikin
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.14020

Abstract

AbstrakKampung Biru Arema Malang adalah salah satu dari destinasi wisata baru yang ada di Kota Malang, destinasi wisata ini memberikan pemandangan dan panorama yang indah dari sudut kota. Di samping itu, beragamnya permasalahan sosial yang ada di desa wisata ini menjadi menarik untuk dikaji. Terlebih, karena tipologi profesi warga Kampung Biru Arema dalam memajukan desanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini memaparkan harmonisasi dari solidaritas mekanis yang berbasis moralitas antara individu dan individu dengan kelompok.
Analisis Unsur-Unsur Pendidikan Masa Lalu Sebagai Dasar Penentuan Arah Kebijakan Pembelajaran Pada Era Globalisasi Ni Luh Gede Erni Sulindawati
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.14363

Abstract

This article aims to analyze the elements of education that have been applied and problems encountered in the past, as well as determining the basis of educational policies that are applied in the globalization era. Elements of education in the past continuously strived for improvement and improvement to a better direction. Basic education policies that can be applied in the future include (1) the transformation of school education to the XX1 century, (2) need to understand the significance of modernization and modernity, (3) modern life filled with inequalities, contradictions and progress can make human lose its meaning in life, to avoid this it is recommended a general education program that gives students the ability to capture the various types of meaning contained in education, and (4) learners need more emphasis on historical education, history is a lesson given to the students to understand why a society in a given time in the past took a certain decision in the face of a particular problem. Students are gradually guided to grasp the meaning of what is behind the visible or physically felt, the students are trained to understand the meaning of the small meaning to the great meaning of the meaning of life itself.
Meningkatkan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Penyusunan Rencana Kerja Sekolah Melalui Metode Focus Group Discussion Di SMA Binaan Kabupaten Lamongan Tahun 2016 Salamun Salamun
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.14375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kepala sekolah dalam menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKAS) di SMA Binaan melalui metode Focus Group Discussion. Rancangan penelitian tindakan Sekolah ini terdiri dari 3 siklus. Subyek/responden penelitian adalah dua belas SMA yang merupakan Sekolah Binaan Kepengawasan, baik Kepengawasan Manajerial maupun Pengawasan Akademik. Metode analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif penskoran yang kemudian diubah menjadi nilai. Indikator keberhasilan dari penelitian ini untuk siklus1, siklus 2 dan siklus 3 adalah minimal 75% dari responden mencapai nilai minimal 75. Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus 1 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 10 orang atau mencapai 83,33%. Pada siklus 2 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 11 orang atau mencapai 91,67%. Sedangkan pada siklus 3 banyak Kepala Sekolah yang telah mencapai nilai 75 ada sebanyak 9 orang atau mencapai  75%. Jika dibandingkan dengan Indikator Keberhasilan pada siklus 1, siklus 2 maupun siklus 3, maka ke tiga siklus tersebut dapat dikatakan berhasil.
Implementasi Program Pembinaan Propesional Untuk Meningkatkan Perubahan Perilaku Dan Kemampuan Guru Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMK Binaan Kasrip Budijanto
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.14376

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan perubahan perilaku profesional dan kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran bahasa Indonesia melalui program pembinaan profesional di SMK binaan. Subjek penelitian ini ialah 20 guru mata pelajaran bahasa Indonesia di 11 SMK binaan Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan prosedur dua siklus. Teknik pengumpulan data adalah observasi kunjungan kelas dan telaah perangkat pembelajaran. Teknik analisis data adalah statistik deskriptif yang disajikan dalam bentuk matriks tabulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembinaan profesional adalah perubahan perilaku dari guru analitik, guru tak fokus, dan guru gagal berubah menjadi guru profesional. Kemampuan guru dalam mengefektifkan pembelajaran mengalami peningkatan. Indikatornya, prasiklus kategori kurang, siklus I kategori baik, dan siklus II kategori amat baik.
Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Problem Based Learning Nyoman Suryani
Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiis.v4i1.16569

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang membuat prestasi belajar siswa rendah merupakan dasar pembuatan penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini dilakukan di kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan pada semester Genap tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Setelah semua proses dilaksanakan yang dimulai dengan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan diteruskan dengan observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan refleksi yaitu melakukan analisis, ternyata data yang diperoleh cukup menggembirakan. Nilai awal yang rata-rata awalnya masih rendah yaitu 68,80 dengan ketuntasan belajar baru mencapai 24,00% dan pada siklus I sudah meningkat menjadi 77,12 dengan ketuntasan belajar 72,00% dan meningkat signifikan pada Siklus II menjadi 82,08 dengan ketuntasan belajar 100%. Data tersebut menunjukkan keberhasilan penelitian tindakan kelas ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning  (PBL) mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A8 di SMP Negeri 3 Sawan.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 9 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 8 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 7 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 6 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 5 No. 2 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 5 No. 1 (2019): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 4 No. 1 (2018): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 3 No. 2 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 3 No. 1 (2017): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 2 No. 2 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 2 No. 1 (2016): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 1 No. 2 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial More Issue