cover
Contact Name
Alfiannor
Contact Email
alfiannor.net@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
alfiannor.net@gamil.com
Editorial Address
Jl. Kuripan No. 26 Kelurahan Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan
ISSN : 25943477     EISSN : 26331027     DOI : https://doi.org/10.35130/jrimk.v3i2
Core Subject : Science,
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan terbit 2 (dua) kali dalam setahun yakni bulan Maret dan bulan September. Jurnal ini diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin yang penerbitannya dimulai pada bulan Maret 2017. Tujuan penerbitan Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan untuk menampung karya ilmiah dalam bentuk hasil kajian literatur (literatur Review) maupun penelitian lapangan dalam bidang Manajemen dan Sosial. Setiap karya ilmiah yang akan diterbitkan ke Jurnal ini akan ditelaah terlebih dahulu oleh MITRA BESTARI yang sebidang ilmunya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN" : 7 Documents clear
Pengaruh Efikasi Diri dan Penghargaan terhadap Keterikatan Karyawan dan Dampaknya pada Kesejahteraan Karyawan Perusahaan di Surabaya Erfa, Silviya; Suryani, Tatik
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.55 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.388

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam penerapan operasional perusahaan. Sebagian besar karyawan secara alami perlu mendapatkan kesejahteraan di tempat kerja. Salah satu bentuk keinginan yang ingin dicapai adalah kesejahteraan di tempat kerja. Untuk itu, setiap perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Sebagian besar penelitian berfokus pada kondisi fisik untuk menciptakan kesejahteraan karyawan, lebih sedikit yang berfokus pada keterikatan karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh efikasi diri dan penghargaan terhadap keterikatan karyawan dan dampaknya pada kesejahteraan karyawan perusahaan di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 100 karyawan perusahaan di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Hasilnya menemukan bahwa efikasi diri dan penghargaan berpengaruh positif terhadap keterikatan karyawan. Disamping itu, keterikatan karyawan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan karyawan.
Strategi Produk Berbasis Kearifan Lokal Djuarni, Wenny
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (455.233 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.394

Abstract

Product strategy based on local wisdom aims to develop marketing to produce highly competitive products. The sample selected one key informant and fifteen supporting informants, namely owners, employees and consumers of Sari Putra Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). The data used is triangulation technique with observation, interviews and documentation. Fishbone Diagram analysis method with the formulation of the percentage of assessment, verification and conclusions. The results showed that the strategy for Tengteng products based on local wisdom in an effort to develop marketing on product identity brands was 75% and brand rights were 31%, packaging attractiveness was 50%, innovation in product quality was 100%, product variants were 75% and product design was 69%, in product information label 62% and 100% halal certification. The factors that hamper Tengteng's product strategy in an effort to develop marketing are brand rights at 31% and packaging attractiveness at 50% which are categorized as low. The innovations carried out by UMKM Sari Putra on tengteng products by modifying local wisdom on products consisting of local ingredients, local food production processes and local marketing with creativity that are accepted by all market segments. The implementation of a simple product strategy using local marketing, production processes without machines and a lack of human resources, does not yet have brand rights, this is because the product marketing system has been replaced by other manufacturers, so that it has become the sole means of expanding the distribution of Tengteng's products more broadly.
Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Dukungan Organisasi terhadap Keterikatan Karyawan Serta Dampaknya pada Perilaku Kewargaan Organisasi Ardiningrum, Triananda Fakriyah; Suryani, Tatik
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.899 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.397

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pnegaruh karateristik pekerjaan (Identitas Tugas dan Variari Keterampilan) dan Dukungan Organisasi terhadap Keterikatan Karyawan serta dampaknya pada Perilaku Kewargaan Organisasi (PKO). Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. wilayah Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan 130 karyawan Bank Jatim. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan SmartPLS sebagai alat analisis. Hasil penelitian menemukan bahwa Karakteristik Pekerjaan (Identitas Tugas dan Variasi Keterampilan) dan Dukungan Organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap Keterikatan Karyawan. Penelitian juga menyatakan bahwa Keterikatan Karyawan berpengaruh positif signifikan pada Perilaku Kewargaan Organisasi.
Pengaruh Kompensasi, Motivasi, dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan HINO Service on Site Lahat Widayat, Bima Satrya; Bukhori, Mohammad; Karnawati, Tin Agustina
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (365.177 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.381

Abstract

HINO Service on Site merupakan salah satu layanan after sales yang dimiliki oleh perusahaan HINO dengan menyediakan layanan perawatan dan perbaikan secara langsung terhadap unit HINO milik pelanggan di lokasi pelanggan. Salah satu kunci utama baiknya performa unit adalah dengan maksimalnya kinerja karyawan HINO yang bekerja onsite service di area Lahat mining dan hauling. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi terhadap kinerja, kompensasi terhadap kepuasan kerja, kompensasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja, motivasi terhadap kinerja, motivasi terhadap kepuasan kerja, motivasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja, kepuasan kerja terhadap kinerja. Metode sampling yang digunakan adalah metode sensus, jumlah karyawan yang bekerja di area Lahat mining dan hauling saat ini sejumlah 41 responden. Metode analisa menggunakanan analisis jalur dengan SMART PLS. Hasilnya menunjukkan 1) kompensasi memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap kinerja, 2) kompensasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 3) kompensasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja melalui variabel kepuasan kerja, 4) motivasi memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap kinerja, 5) motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, 6) motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja melalui variabel kepuasan kerja, dan 7) kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Brand Image dan Halal Branding Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura) Malihah, Lola; Anwar, Mukhlis Kaspul; Meilania, Gusti Tasya; Amalia, Rizqi
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.431 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.265

Abstract

Brand Image adalah tentang apa yang konsumen fikirkan dan rasakan saat mendengar atau melihat sebuah merek. Halal branding adalah brand yang penamaannya diperbolehkan mengikuti ketentuan syariat Islam yaitu Al Quran dan Hadits. Halal branding dapat bersifat eksplisit ataupun implisit, asalkan brand tersebut mencerminkan suatu keadaan, kondisi atau komposisi yang sebenarnya dan tidak ada unsur penipuan terhadap konsumen. Kedua hal tersebut juga sering dijadikan sebagai pertimbangan ketika memilih produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan halal branding terhadap motivasi / minat pembelian produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018 dan 2019. Pada penelitian ini, digunakan analisis regresi linier berganda. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi pembelian produk kosmetik. Sedangkan variabel halal branding berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelian produk kosmetik.Kata kunci: Brand Image, Halal Branding, Kosmetik.
Emosi Positif Dan Motivasi Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Online Janji Jiwa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang) Putri, Yuni Adinda
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (996.187 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.384

Abstract

Business growth in Indonesia is currently increasing rapidly. Various types of new businesses selling products have sprung up, especially businesses in the food and beverage sector. The current business trend among the public, especially millennials, is the growth of the domestic coffee shop industry, one of which is Kopi Janji Jiwa. This study discusses positive emotions and hedonic motivation toward impulsive purchases in the online application of Soul Promise. The research took a sample of 96 respondents. In analyzing this study using the SPSS application by testing the Validity Test, Reliability Test, Multiple Linear Regression Test, F Test, T-Test, Correlation Coefficient Test, and Coefficient of Determination Test. The results of the study found that positive emotions did not affect impulsive purchases in the online soul promise application.
Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Tanahwari Guna Pengembangan Usaha di Masa Pandemi Covid-19 Herlissha, Novita; Setiawan, Ryand Dandy; Fauzi, Padlun
Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia (STIMI) Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.166 KB) | DOI: 10.35130/jrimk.v7i1.408

Abstract

Di era pandemi, Pelaku Usaha harus dapat menjalankan strategi bisnis yang tepat agar usaha yang dijalankan dapat bertahan dan tetap menjadi pilihan konsumen sehingga dapat bersaing dengan usaha sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor efektif yang dapat dilakukan UMKM Tanahwari untuk mengembangkan usahanya agar dapat meningkatkan daya saingnya pada pesaing yang sejenis. Tanahwari merupakan salah satu UMKM yang bergerak di industri fashion dengan motif sejarah yang unik di Pulau Bangka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan dengan Teknik wawancara terhadap pemilik, karyawan dan beberapa konsumen UMKM di Tanahwari. Pada Penelitian ini menunjukan hasil bahwa pemasaran digital, inovasi produk dan kualitas sumber daya manusia berpengaruh terhadap daya saing usaha.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 9 No. 2 (2025): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 9 No. 1 (2025): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 8 No. 2 (2024): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 8 No. 1 (2024): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 7 No. 2 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 7 No. 1 (2023): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 6 No. 2 (2022): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol. 6 No. 1 (2022): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 6, No 1 (2022): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 5, No 2 (2021): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 5, No 1 (2021): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 4, No 2 (2020): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 4, No 1 (2020): JURNAL RISET INSPIRASI MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 3, No 2 (2019): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 2, No 2 (2018): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 2, No 1 (2018): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 1, No 2 (2017): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan More Issue