cover
Contact Name
Suesthi Rahayuningsih
Contact Email
esthiachmad@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
majamath2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2615465X     EISSN : 26144204     DOI : -
Core Subject : Education,
Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis. Jurnal yang terbit dua kali setahun, bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020" : 7 Documents clear
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Metode Mind Mapping Dhea Putri Cahya Kirani; Shafiyyah Hamami; Yulia Arum Sari; Prahesti Tirta Safitri
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.557

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII pada materi statistika melalui penerapan metode mind mapping. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Plus Islamic Village tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan metode eksperimen Pemilihan sampel dengan cara probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan asumsi seluruh anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel penelitian. Pengambilan data diperoleh melalui instrumen bantu I berupa tes tertulis untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa yang terdiri dari tujuh soal dan instrumen bantu II berupa angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VII masih tergolong rendah.
Metode Excess-of-Loss Menggunakan Bayesian untuk Memodelkan Tingkat Keparahan Klaim Felivia Kusnadi; Benny Yong; Ferry Jaya Permana
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.745

Abstract

Tingkat keparahan klaim merupakan variabel acak, terlebih pada data asuransi umum. Masalah utama dalam memodelkan data ini ialah kesenjangan yang besar antara nominal klaim. Penelitian ini dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan mencocokkan distribusi ekor panjang terhadap data. Untuk menentukan distribusi yang digunakan, penulis menggunakan Quantile-Quantile plots beserta Akaike Information Criterion (AIC) untuk setiap model. Penulis menghitung peluang posterior untuk setiap model menggunakan Teorema Bayes dan menentukan besar premi murni untuk excess layer. Penelitian ini menunjukkan statistik dari premi murni per lapisan dengan tujuan agar dapat digunakan untuk memodelkan tingkat keparahan klaim dan menentukan harga premi murni pada excess layer.
Hubungan Kecanduan Game Online terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Regulation Mahasiswa Desty Haswati; Rizka Fitriani; Yana Rika Fatonah; Arintika Mivtakhu Rohmah
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.814

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi banyak mahasiswa yang memiliki hobi bermain game online yang berdampak pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis dan (2) hubungan kecanduan game online dan self-regulation mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan pendekatan korelasional menggunakan subjek penelitian pemain game online dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang diberi angket kecanduan game online dan didapatkan 14 orang untuk diberikan form lanjutan berupa soal berpikir kreatif matematis dan angket self-regulation. Berdasarkan hasil uji korelasi Spearman menunjukan: (1) nilai signifikansi kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis = 0.071 (a > 0.05) maka tidak ada hubungan antara kecanduan game online dan kemampuan berpikir kreatif matematis; (2) nilai signifikansi kecanduan game online dan self-regulation = 0.003 (a < 0.05) dan koefisien korelasi = -0.728, maka terdapat hubungan yang signifikan antara kecanduan game online dengan self-regulation mahasiswa dan koefisien korelasinya bernilai negatif artinya hubungan yang berbanding terbalik yakni semakin tinggi tingkat kecanduan game online maka semakin rendah self-regulation tersebut.
Solusi Persamaan Diferensial Fraksional Riccati Menggunakan Metode Dekomposisi Adomian Laplace dan Analisis Kekonvergenannya Hasna Muti Andini; Eddy Djauhari; Muhamad Deni Johansyah
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.815

Abstract

Banyak fenomena-fenomena di kehidupan nyata dapat diinterpretasikan ke dalam model matematika yang diformulasikan secara matematis dan membentuk suatu persamaan diferensial. Persamaan diferensial biasa pada umumnya mempunyai orde bilangan bulat. Persamaan diferensial yang berorde pecahan disebut persamaan diferensial fraksional. Salah satu persamaan yang sering digunakan dalam kehidupan nyata yaitu persamaan diferensial Riccati. Pada penelitian ini, penulis akan mencari solusi dari persamaan diferensial fraksional Riccati menggunakan metode Dekomposisi Adomian Laplace dan analisis kekonvergenannya. Metode ini mengombinasikan antara transformasi Laplace dan dekomposisi Adomian. Sehingga, akan didapat kesimpulan bahwa barisan orde dari sebuah persamaan diferensial fraksional Riccati yang konvergen ke suatu bilangan akan mengakibatkan barisan fungsi solusi dari persamaan diferensial fraksional Riccati tersebut konvergen ke fungsi solusi persamaan diferensial fraksional Riccati dengan ordenya adalah bilangan itu sendiri.
Aproksimasi Solusi Persamaan Diferensial Osilator Fraksional Menggunakan Metode Analisis Homotopi Laplace Nirbhaya Salsabila; Endang Rusyaman; Eddy Djauhari
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.816

Abstract

Persamaan diferensial pecahan telah menarik banyak ahli untuk meneliti lebih dalam karena sangat membantu dalam pemodelan berbagai masalah, seperti persamaan diferensial osilator pecahan. Telah banyak metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut, diantaranya Metode Analisis Homotopi Laplace yang merupakan gabungan dari Transformasi Laplace dan Metode Analisis Homotopi. Penulis menggunakan metode ini untuk mencari solusi persamaan diferensial osilator pecahan nonlinier. Selanjutnya dapat diamati hubungan konvergensi antara orde persamaan diferensial osilator pecahan dan urutan fungsi solusi persamaan diferensial osilator pecahan.
E-Learning Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi dengan Menggunakan Aplikasi Blender Lia Asmalah; Angga Hidayat
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.818

Abstract

This research was conducted in order to measure how far the influence of the use of the blender application as a synchronous medium in the implementation of e-learning at Pamulang University in particular to increase distance learning motivation in learning economic mathematics. This study uses a research and development research type and a instructional design model of instructional design. The subjects in this study were learning media on the subject of economic mathematics at Pamulang University. The assessment score given by 500 Pamulang University students as respondents, became the data which was then analyzed by validity testing with the product moment correlation technique, and reliability testing using the Croanbach alpha technique. The results of the analysis show that for the validity of the assessment score given by the Respondent to the learning media of economic mathematics subject is greater than r tabek, while the reliability of the respondent's assessment score on the learning media of economic mathematics subject has a Cronbach alpha value greater than 0.7. Based on the data above, the researcher concludes that the learning media for the subject of economic mathematics using the opensources blender application are declared valid and reliable so that it can be said to be feasible to be used as a learning medium to increase distance learning motivation at Pamulang University
Dewan Redaksi & Daftar Isi Majamath Majamath
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 3 No. 2 (2020): Vol. 3 No. 2 September 2020
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v3i2.860

Abstract

Dewan Redaksi & Daftar Isi

Page 1 of 1 | Total Record : 7