cover
Contact Name
Fakhriyadi Ainiyah
Contact Email
fakhriyadi044@gmail.com
Phone
+6285812783110
Journal Mail Official
fakhriyadi044@gmail.com
Editorial Address
Dsn. Agung Ds. Cagak Agung Rt.03 Rw.02 Kecamatan. Cerme Kabupaten. Gresik Jawa timur
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : 23561866     EISSN : 26148838     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam accepts original manuscripts in the field of Islamics Economics, including research reports, case reports, application of theory, critical studies and literature reviews. The spread of Islamic Economics include: 1. Islamic Finance and Capital Market 2. Islamic Banking 3. Management of Islamic Business and Entrepenuership 4. Islamic Financial Institution non Bank�
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)" : 11 Documents clear
STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) PADA 90° COFFEE DI PEMATANG SIANTAR Farhan Afdillah Pulungan; Mia Indriany Piliang; Ikhwan Husni Fauzan; Hanafi Asnan
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3452

Abstract

Pada penelitian ini akan dibahas segmentasi, targeting dan positioning dalam kaitannya dengan pemasaran 90° Coffee Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metodologi kualitatif. Sumber dan informan penelitian ini adalah founder coffe shop, waiters dan pelanggan 90° Coffee. Observasi, wawancara, dan catatan tertulis digunakan sebagai metode pengumpulan data.Temuan studi tersebut mengarahkan para peneliti pada kesimpulan bahwa pendekatan segmentasi 90° Coffee didasarkan pada segmentasi geografis dan demografis. Segmentasi geografis yaitu pemasarannya menyebar di seluruh daerah kota Pematang Siantar. Segmentasi demografinya meliputi : mahasiswa, karyawan dan pasangan muda-mudi, usia 18-30 tahun, ditujukan untuk konsumen dengan pendapatan menengah dan menengah ke bawah, baik wanita maupun pria. Mahasiswa dan karyawan dengan penghasilan antara Rp. 1.500.000 dan Rp. 5.000.000 adalah target pasar utama. Dengan menanamkan citra merek di benak konsumen, positioning tercapai.Barang yang ditawarkan diberi harga yang termasuk rendah yang disesuaikan dengan keinginan konsumen
ANALISIS TINGKAT BRAND LOYALTY PADA PRODUK SHAMPOO MEREK “SUNSILK” Surya Handoko Siregar; Muhammad Aulia Zuhri; Adawiyah Rahmayanti Siregar; Winda Maisaroh Hasibuan
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3489

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat loyalitas konsumen terhadap Sunsilk yang meliputi Switchers, Habitual Buyers, Satisfied Buyers, Liking of the Brand, dan Commitment to Sunsilk Purchases. Hasil penelitian yang diperoleh dari 34 partisipan menunjukkan bahwa: (1) Shampo merek Sunsilk memiliki basis pelanggan yang besar dengan tingkat komitmen pembelian 86,47 persen. (2) Persentase switcher, pelanggan reguler, pelanggan konten, penggemar merek, dan pelanggan berkomitmen masing-masing adalah 85,29%, 85,29%, 82,94%, 82,94%, dan 86,47%. Situasi saat ini menunjukkan bahwa kapas Sunsilk memiliki ekuitas kapas berkualitas tinggi.
Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tebo, Jambi Tommy Ferdian
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3571

Abstract

Tinjauan ini diharapkan dapat melakukan suatu pengujian dengan tujuan akhir untuk memutuskan variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM) di Kab Tebo, Jambi .Jenis tinjauan ini  menggunakan  metodologi  kuantitatif.  Faktor-faktor  dalam  tinjauan  ini  adalah  sistem informasi dan Pemanfaatan E-Commerce sebagai faktor  dependen  dan  Kinerja Usaha Usaha Kecil dan Menengah ( UMKM) sebagai independen. Teknik pemeriksaan informasi  ini  menggunakan  pemeriksaan  regresi  linier  berganda.   Dampak dari penelitian ini membuktikan Sistem informasi dan Pemanfaatan e-commerce  berpengaruh secara parsial terhadap kinerja usaha mikro,kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Tebo. Kata Kunci: Sistem Informasi, E-Commerce, UMKM
EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN HARTA WAKAF UANG TUNAI Mugni Muhit; Jajang Herawan; Ahmad Hasan Ridwan; Atang Abdul Hakim
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3664

Abstract

Abstrak Penelitian ini fokus mengenai efesien dan efektifiktas pengelolaan wakaf tunai yang ditelaah secara kualitatif dengan menggunakan kajian Pustaka. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif analitis kritis. Data yang digunakan bersumber dari data sekunder yang diperoleh dari hasil penelitian sebelumnya, artikel dan buku referensi dengan pokok bahasan berkenaan dengan wakaf dan wakaf tunai dari sudut pandang efisiensi dan efektivitasnya. Obyek yang diteliti yaitu tata kelola wakaf yang dilakukan Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Non Profit danPemerintah. Berdasarkan telaah literatur yang telah dilakukan, maka didapatkan bahwa pengelolaan wakaf yang paling efesien jika dikelola oleh Lembaga Keuangan Syariah, sebab faktanya Lembaga Keuangan Syariah ini memiliki job deskripsi dan tupoksi yang jelas dan tegas, sumber daya insani yang relatif kompeten, akuntable, serta jejaring aksesibilitas yang memadai dan amanah. Kata Kunci : Efektifitas, Efisiensi, Wakaf Tunai, Lembaga Keuangan Syariah
ANALISIS PENERAPAN AL-QAWĀ‘ID AL-FIQHIYAH DAN AL-QAWĀ‘ID AL-UṢULIYYAH PADA MUAMALAH Mugni Muhit; Royani Royani; Mustofa Hasan
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3612

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas penerapan al-Qawā'id al-Fiqhiyah dan al-Qawā'id al-Uṣuliyyah dalam transaksi muamalah pada Lembaga Keuangan Syariah. Jenis penelitiannya kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Pendekatan yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Bahwa salah satu al-Qawā'id al-Uṣuliyyah yang digunakan dalam pembuatan hukum tentang muamalah adalah aturan ين للتحر هيٌال فى االصل” Hukum asal pada larangan itu adalah haram”, ketentuan ini digunakan, sebab ayat-ayat Al-Qur'an yang bertalian dengan muamalah menggunakan kalimat nahyi (kalimat yang konteksnya menunjukkan larangan). Sementara salah satu al-Qawā'id al-Fiqhiyah yang bersifat umum digunakan dalam transaksi muamalah adalah ْى يَ ُد َّل َد لِ ْي ٌل َعلَى تَ ْح ِر ْي ِوهَا َ أ إالَّ ِإلبَا َحتُ ِت ا َهلَ ُوَعا ْص ُل فِى ال َاأل .Adapun aktivitas muamalah di sini adalah aktivitas maliyah baik yang berbasis jual beli seperti bai‟, bai‟ bitsaman „ajil, bai‟ salam, musawwamah, istishna, dan murabahah, maupun yang berbasis kemitraan seperti mudharabah, musyarakah, dan qardh). Transaksi muamalah maliyah ini diperbolehkan syara‟ selama tidak ada dalil lain yang melarangnya, berdasarkan pemahaman dan interpretasi hukum Islam para mujtahid melalui antara lain pendekatan kaidah-kaidah ushuliyah dan fiqhiyyah. Kata Kunci: Qawā’id Uṣuliyyah, Qawā’id Fiqhiyah, Mu’amalah
INTERKONEKSI NILAI FILSAFAT SYARIAH DAN FILSAFAT EKONOMI SYARIAH Mugni Muhit; Muhamad Maulana Darsono; Nurrohman Syarif
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3594

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menautkan substansi syariah dan ekonomi dengan pendekatan filsafat. Filsafat ekonomi merupakan prinsip dasar dari sebuah sistem ekonomi yang akan dirancang menjadi sebuah kontruksi sains yang padat nilai. Berdasarkan filsafat ekonomi ini, maka dapat diderivasikan berbagai misi dan tujuan ekonomi yang akan dicapai semisal prinsip ekonomi, tujuan konsumsi, produksi, distribusi, pembangunan ekonomi, kebijakan moneter, dan kebijakan fiskal. Filsafat ekonomi syariah didasarkan pada tiga konsep dasar yakni filsafat teologi, manusia (kosmis) dan alam (kosmos). Kunci filsafat ekonomi syariah terletak pada manusia dengan Tuhan, manusia dengan alam dan manusia dengan manusia lainnya. Dimensi filosofi berbasis nilai ketuhanan inilah yang mendiferensiasi ekonomi syariah dengan sistem ekonomi lainnya. Melalui metode literatur research dapat ditemukan bahwa filsafat ekonomi syariah melahirkan prinsip yang menjadi core nilai ekonomi syariah, yakni tauḣîd, maṣlaḣah, adil, akhlak, al-hurriyyah, serta wasaṭiyah. Prinsip ini berfungsi mensejahterakan masyarakat, memperkuat keyakinan, keadilan, kebersamaan, mewujudkan situasi sosial produktif kondusif, familiar, dan memberikan kesempatan kepada pelaku bisnis, dengan memanfaatkan semaksimal mungkin sumber daya alam untuk kepentingan universal. Kata kunci : Filsafat, Nilai, Ekonomi, Syariah.
PENGARUH EASE OF USE, TRUST, LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN DAN MINUMAN MELALUI APLIKASI GRAB FOOD SECARA ONLINE PADA GENERASI Z Ervina Sriwidayati; Gustin Muharani; Maimunah Salimah Manurung; Nur Ella Sari Purba; Liharman Saragih
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3413

Abstract

Tujuan terbit penentuan ini adalah menjelang menangkap ganjaran kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan gaya hidup terhadap ketentuan pembelian makanan dan minuman melalui aplikasi Grab Food online di kalangan mahasiswa milenial. Populasi penelitian terdiri dari generasi milenial SMP dan SMA yang menggunakan aplikasi Grab Food untuk memesan makanan dan minuman dari website jual beli online minimal sebanyak lima kali. Metode pengumpulan sampel untuk penentuan ini menggunakan Google From. Dalam metode ini, sampel diperoleh berdasarkan pengalaman dan kehidupan sehari-hari, terutama yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Data yang digunakan adalah informasi primer dan informasi sekunder. Metode pembicaraan informasi yang digunakan adalah pembicaraan kekurangan berganda. Hasil penentuanmemperlihatkan bahwa kemudahan penggunaan, kepercayaan, gaya hidup berkecukupan berarti terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman secara online dengan aplikasi Grab Food dipengaruhi oleh penyebab lain yang tidak digunakan dalam penentuan ini.
IMPLIKASI KEPEMILIKAN HARTA HALAL DAN HARAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN AL-HADITS Mugni Muhit; Jajang Herawan
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3663

Abstract

Abstrak Islam tidak mencegah pemeluknya mengumpulkan harta benda, sebab manusia akan selalu ikhtiar mencari kebutuhan hidupnya guna memenuhihajat primer, sekunder dan tersiernya. Namun Islam menawarkan parameter yang menjadi prinsip dan asas muamalah bagi umatnya supaya tidak israf1 , memperhatikan kaidah-kaidah kehalalan dan keharaman harta, baik dzatnya, maupun proses mendapatkannya. Karena sesungguhnya harta yang halal dan haram memiliki dampak dan konsekuensi logis yang besar kepada empunya. Dengan harta seseorang dapat menghidupi dirinya, keluarganya dan juga agamanya. Harta dapat memberikan kebahagiaan (assa‟adah) di dunia dan akhirat, manakala diperoleh dari sumber yang halal dan ditasharrufkan untuk subjek dan objek yang baik dan benar. Namun sebaliknya harta akan menjadi bencana (dharar) jika diperoleh dengan cara yang salah dan digunakan untuk hal-hal yang tercela. Oleh sebab itu, dalam mendapatkan kekayaan umat Islam wajib memperhatikan prinsip dan norma syariat Islam mengenai cara memperoleh harta halal terhindar dari yang haram. Makalah ini melalui pendekatan normatif filosofis dan metode deskriptif analitik, membahas sumber harta halal dan haram, implikasi, serta cara memiliki dan atau menghindarinya perspektif al-Qur‟an dan al-Hadits.
ANALISIS MERGER 3 BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DALAM PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP PERFORMA SAHAM DI PASAR MODAL Alpisarrin Alpisarrin; Regi Yasika; Maya Panorama
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3623

Abstract

Salah satu peristiwa pasar modal adalah pengumuman resmi penggabungan Bank Syariah Indonesia (BSI) pada 12 Oktober 2020, pendanatanganan MoU penggabungan bank BRI Syariah, BNI Syariah dan Mandiri Syariah. Informasi tersebut akan mengisyaratkan harga saham akan bergerak naik atau sebaliknya. Sinyal positif akan meningkatkan harga saham dan sinyal negatif akan menurunkan harga saham. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi pustaka. Jenis penelitian event study dalam penelitian ini berfokus pada kasus di informasikannya merger bank Syariah pada tanggal 12 Oktober 2020 terkait merger bank Syariah. Selain itu akan di analisa pula kinerja perusaaahan pada awal konsolidasi terkait dengan Return on Equity (ROE), Return on Assets (ROA), apakah ada perbedaan abnormal return (AR) Analisis trading volume activity (TVA) sebelum sesudah dan informasi merger bank syariah BUMN. bagaimana Kinerja perusahaan ikut mempengaharui peforma saham serta reaksi pasar yang berbeda terhadap sebuah isu yang sama sehingga informasi yang disampaikan tidak merubah reaksi yang berupa keputusan investor dalam berinvestasi.
PENGARUH INSENTIF PAJAK KENDARAAN BERMOTOR SELAMA PANDEMI COVID 19, SOSIALISASI DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI BANTEN Taufik Hidayat
Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 6, No 001 (2022): Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam (Special Issue 2022)
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/ad.v6i001.3722

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of Motor Vehicle Tax Incentives during the Covid 19 Pandemic, Tax Socialization, Tax Sanctions on Motor Vehicle Taxpayer Compliance. This research is a quantitative research with an associative approach. The sample used in this study was 42 respondents who were in the South Tangerang area. The sampling method used is purposive sampling. Data collection in this study was carried out using primary data, namely field research by distributing questionnaires to the intended research subjects. The results of the study show that Motor Vehicle Tax Incentives During the Covid 19 Pandemic and Tax Socialization have no effect on Motor Vehicle Taxpayer Compliance. Meanwhile, Tax Sanctions affect the Compliance of Motorized Vehicle Taxpayers.

Page 1 of 2 | Total Record : 11