EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis kebijakan pendidikan, pengelolaan pendidikan, analisis kepemimpinan dan penelitian-penelitian lainnya di bidang praktis pendidikan.
Articles
77 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 6 (2023)"
:
77 Documents
clear
Penerapan Model PBL Hybrid dan PBL berbasis STEAM terhadap Pemahaman Konsep Dasar-Dasar Listrik Siswa SMK Teknik Instalasi Tenaga Listrik
Chufadatul Chusna;
Yoto Yoto
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5715
Memahami konsep memainkan peran penting dalam proses belajar. Cara model pembelajaran diterapkan dapat mempengaruhi tingkat pemahaman siswa tentang konsep. Tujuan dari studi ini adalah (1) untuk mengeksplorasi interaksi antara tingkat aktivitas dan pemahaman konsep dengan menerapkan dua model pembelajaran yang berbeda; (2) untuk mengungkapkan signifikansi perbedaan dalam memahami konsep antara kelas belajar aktif dan penerapan dua model belajar berbeda; dan (3) untuk menyelidiki perbedaan-perbedaan utama dalam pemahasan konseptual antara kelas aktivitas tinggi dan aktivitas rendah dengan menggunakan model pembelajaran campuran berbasis masalah. Prasyarat dan pengujian hipotetis dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep di kelas aktivitas tinggi dan kelas aktivitas rendah, ketika pembelajaran hibrida PBL berbasis STEAM diterapkan, mencapai tingkat pengertian konseptual yang moderat. Pemahaman konceptual di kelas kegiatan tinggi, ketika belajar berbasis PBL dalam pemodelan STEAM diimplementasikan, mencapai level pemahasan konsep moderat, sedangkan tingkat pemahami yang tinggi terjadi dalam pembelajaran aktif dengan penerapan model pembelajaran PBL berdasarkan STEAM yang mendapatkan nilai rata-rata yang rendah karena pemahami konsep yang tidak mencukupi
Multimedia Interaktif Game Edukasi Terintegrasi Kearifan Lokal Madura untuk Menanamkan Literasi Budaya Siswa Sekolah Dasar
Andika Adinanda Siswoyo;
Bagus Rahmad Wijaya;
Rifky Choirun Nizar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5820
Disinformasi siswa sekolah dasar akan pemahaman budaya lokal setempat, di tengah kondisi masyarakat Indonesia yang multikultural, disebabkan oleh rendahnya kemampuan literasi budaya siswa. Padahal, Perkembangan teknologi informasi di era millennial, memudahkan siswa bisa mengakses informasi dengan mudah. Pentingnya Literasi budaya bagi siswa di abad ke-21, agar mereka mengenal dan melestarikan kebudayaan daerah Madura yang merupakan perwujudan akar kebudayaan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif Game Edukasi terintegrasi budaya lokal untuk menanamkan literasi budaya siswa sekolah dasar. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian pengembangan, dengan model 4D. Subjek penelitian siswa SDN Tanjung 3 Pamekasan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Multimedia Game Edukasi terdiri dari komponen rules, competisi, challenge dan game. Hasil uji coba ahli dan uji coba lapangan, Produk ini memperoleh kriteria valid, menarik dan efektif. Sehingga secara keseluruhan produk Multimedia Interaktif Game Edukasi layak digunakan serta mampu digunakan dalam menanamkan literasi budaya siswa sekolah dasar.
Studi Komparasi Peralihan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Seni Budaya SMA
Muhamad Zulfikri Husaeni;
Yudi Sukmayadi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5402
Kemendikbudristek mengeluarkan kurikulum baru pada tahun 2022 yang dinamakan dengan kurikulum merdeka sebagai penggantinya kurikulum 2013. Tujuan artikel ini mendasari pada isu perubahan/peralihan dan juga problematika pada transisi kedua kurikulum tersebut. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan beberapa dampak dari transisi kedua kurikulum diantaranya implementasi dan juga habitus pada proses pembelajaran disekolah. Kesimpulan penelitian ini adalah kurikulum merdeka adalah nama baru kurikulum 2022 yang akan di terapkan di semua jenjang instansi sekolah baik formal, informal ataupun non formal dengan beberapa level pada kurikulum tersebut sebagai adaptasi dengan hal ini mungkin akan muncul berbagai persepsi dari setiap guru yang berelevan dengan dampak dan perubahan dari kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka. Hal tersebut akan menjadi gebrakan baru dari sebuah regulasi pendidikan indonesia, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Implikasi secara keseluruhan, peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka di SMA menunjukkan langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Survey Research Trends on English Language Teaching in Indonesia: Compare to Mathematics Teaching
Khairul Azmi Siagian
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5996
The study aimed to investigate the trends of survey research on English Language Teaching (ELT) in the Indonesian context between 2015 and 2022, including topics, samples, level of education, and locations where the previous studies were conducted. It also compared the development of the survey research on ELT and Mathematics Teaching (MT). The study used content analysis using the Semantic Scholar database as the data source. The study set some criteria to filter articles collected: (1) Indexed in a reputable journal; (2) Focus on education (ELT/MT); (3) The articles must be between 2015 and 2022; (4) The articles must use survey research design; and (5) Open access journal that has pdf. The results showed that survey research on ELT increased in the Indonesian context between 2015 and 2022. The results showed that survey research on ELT has significantly improved since 2015-2022 than survey research on MT. The most frequent topics examined in the previous study were online learning, need analysis, and attitude and motivation. Further, students became the most popular research sample used in ELT and most frequently conducted at the university level. The majority of previous studies were conducted in Java. This study was expected to help future researchers find research gaps using survey research design
The Effect of Using Quizlet Application in Improving Students’ Vocabulary Mastery
Rindi Hamida;
Atni Prawati;
Hadriana Hadriana
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5681
Technology in education receives a lot of attention because it can help modern learning problems today. The lack of interest and involvement of students during teaching and learning activities motivates teachers to utilize technology for students to increase their interest, especially in vocabulary building in English language learning. To determine whether Quizlet application is effective in expanding students' English vocabulary is the purpose of this research. The design of this research was quasi-experimental with a sample size of 45 seventh-grade students of SMPN 8 Dumai. Students underwent an initial test which was conducted to measure students' initial English word city ability. The post-test was conducted after four treatment meetings, in which the Quizlet application was used as a supporting tool in learning English. In analyzing the collected data, t-test formula and Mann-Whitney test were used. From the analysis, the results showed that the Asym Sig. value was 0.000 < 0.05. This statement shows that the alternative hypothesis (Ha), namely that using the Quizlet application significantly affects the English vocabulary skills of seventh-grade students of SMPN 8 Dumai, is accepted.
Internalisasi Nilai dari Slogan Si Tou Timou Tumou Tou dan Profil Pelajar Pancasila
Realita Meydena Andhela Totoda;
Tio Jernita Sinaga;
Trihinas Siholda Dappa’;
Suci Indah Sari Kairala;
Juliana Margareta Sumilat
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5845
Si tou timou tumou tou merupakan falsafah hidup orang minahasa yang memiliki arti manusia hidup untuk menghidupkan orang lain, falsafah ini digabungkan dengan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan merupakan kumpulan karakter dan kompetensi yang diharapkan bisa dicapaipeserta didik berdasarkan nilai-nilai luhur pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Internalisasi nilai dari slogan Si tou timou tumou tou dan profil pelajar pancasila dengan kegiatanP5 (Proyek Penguat Profil Pelajar Pancasila). Metodedari penelitian ini penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara dan analisis dokumen. Hasil akhir dari penelitian adalah prototipe proyek dengan tema “Bangunlah Jiwa dan Raganya” yang bermanfaat untuk kesehatan mental, kesehatan jasmani dan budaya positif disekolah dalam membangun rasa kemanusiaan sejak dini melalui kegiatan anti narkoba, anti bullying dan anti pornografi serta menumbuhkan rasa tanggung jawab dan melatih keberanian dari peserta didik berbicara didepan kelas untuk mempresentasikan hasil kerja didepan guru dan orang tua
Analysis of Factors that Cause Students not to Continue Education in Higher Education
Mohammad Amin Lasaiba;
Djamila Lasaiba
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023): December
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.4416
This study aims to determine the factors that cause high school graduate students not to continue their studies to college at SMA N 1 Leihitu. the type of research used is quantitative using descriptive analysis techniques. The sample in this study amounted to 62 people who were randomly selected for graduate students in 2020, 2021, and 2022. The results of this study indicate that the dominant factor that causes high school graduate students not to continue their studies to college is the economic factor, in which the economic factor gets the results were 39 respondents, or 62.9% of the 62 respondents stated that economic factors were the cause of not continuing their studies to college, then the interest factor which got results was 36 respondents or 39.13% of 62 respondents and social factors which were only 34 respondents or 17.39% of the 62 respondents. From the results of the analysis, it was concluded that economic factors were the main cause of high school graduates not continuing their studies to college with a percentage yield of 62.9%.
Model Pembelajaran STEAM (Science, Techonology, Engineering, Art, and Math) dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar: Pembelajaran Berdiferensiasi
Rahmatul Hayati;
Wahyu Prima;
Suci Wulandari;
Andini Putri Yunita;
Asrina Mulyati;
Khairul Azmi
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5723
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD), karena SD merupakan tahapan awal siswa mengenal matematika secara formal, sehingga penting penanaman konsep awal bagi siswa dalam pembelajaran matematika yang sangat berguna untuk tahapan selanjutnya. Metode penelitian ini adalah studi literatur yang fokus kajiannya adalah temuan-temuan dari berbagai penelitian yang sudah dipublikasikan di jurnal bereputasi, baik nasional maupun internasional. Data dikumpulkan dari hasil studi literature artikel. Seluruh artikel diambil dari jurnal yang berhubungan dengan juduk artikel terkait. Total terdapat 25 artikel yang dianalisis. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa penerapan STEAM sangat efektif dalam pembelajaran matematika terutama dalam pelaksanaan pembelajaran yang berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Kajian ini merupakan tahapan awal yang dilakukan untuk pengembangan penelitian lebih lanjut di SD, sehingga dapat dijadikan landasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian selanjutnya. Diharapkan dengan kajian ini semakin memperdalam pemahaman peneliti maupun pembaca dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan menghubungkan antara Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics, sehingga pembelajaran lebih bermakna dan dapat mengembangkan keterampilan abad 21 bagi siswa.
Peran Guru BK dalam Mengembangkan Bakat Minat dan Potensi Belajar Siswa Kelas X
Apriyanti Apriyanti;
Hartini Hartini;
Beni Azwar
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5812
Guru BK sangat berperan penting dalam proses belajar siswa tetapi masih banyaknya siswa yang kurang melibatkan guru BK dalam hal mengembangkan bakat minat dan potensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan bakat minat dan potensi belajar siswa; 2) Faktor pendukung dan penghambat guru BK dalam mengembangkan bakat minat dan potensi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru BK di SMAN 1 Muara Enim sudah cukup baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor penghambat dalam melaksanakan bimbingan konseling yaitu sudah ada sarana dan prasarana seperti ruang khusus BK. Kemudian kendala yang dialami guru yaitu kerjasama antar pihak kepala sekolah, guru BK dan guru kelas belum berjalan sepenuhnya.
Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Pembelajaran IPS Sekolah Dasar
Niken Dwi Ariani;
Oktaviani Adhi Suciptaningsih
EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol 5, No 6 (2023)
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31004/edukatif.v5i6.5990
Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak media pembelajaran interaktif terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan adalah tinjauan pustaka dengan menganalisis 21 jurnal dan artikel terkait. Fokus utama penelitian adalah efek dari media interaktif dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar setelah penerapan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dan referensi bagi para akademisi dalam bidang pendidikan yang berminat untuk melanjutkan penelitian tentang pengaruh media interaktif terhadap minat belajar siswa