cover
Contact Name
Victoria Cindy
Contact Email
victoria.cindy@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jee@ciputra.ac.id
Editorial Address
UC Town, Citraland, Surabaya 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
ISSN : 23021802     EISSN : 25809393     DOI : https://doi.org/10.37715/jee
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship (e-ISSN: 2580-9393; p-ISSN: 2302-1802) is published twice a year in the months of March and September. It publishes manuscripts within the fields of entrepreneur and entrepreneurship. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship (JEE) is published by the Institute of Research & Community Development of Universitas Ciputra.
Articles 153 Documents
Distance Entrepreneurship Education as an Essential Strategy to Empower Indonesian Migrant Workers Tanan, Antonius
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.557 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.2

Abstract

The purpose of the entrepreneurship training is to empower learners to be entrepreneurs and when this learning process is delivered by online learning it will create much more flexibility. The training can be delivered from the home country where there is no language barrier, it is cheaper than traditional face-to-face training, it can be accessed at any time, and the content is a homeland context. This study aims to explain the training process by distance learning which is administered by Ciputra University Entrepreneurship Centre at Hongkong. The training is then strengthened by ICT infrastructure, communication strategy and comprehensive learning strategy. The result shows that there is a significant change on the entrepreneurship skills of Indonesian workers, therefore the role of government is needed to to support this significant result (the involvement, government policies, campaign of distance learning, and the comprehensive making of user friendly hardware and software).
Pengaruh Pelatihan Entrepreneurship dan Manajemen Usaha terhadap Pendapatan Usaha Mikro Makanan dan Minuman Harini, Sri
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 3 No. 1-2 (2014): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.853 KB) | DOI: 10.37715/jee.v3i1-2.164

Abstract

Usaha mikro merupakan bagian dari pelaku usaha yang mempunyai peran terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia. Namun di sisi lain, ditemukan beberapa kelemahan yang dimiliki oleh usaha mikro yang selama ini menjadi faktor penghambat daya saing usaha mikro terhadap skala usaha yang lebih besar. Dalam rangka meningkatkan kinerja usaha mikro, salah satu cara yang dilakukan peningkatan kualitas SDM melalui pelatihan. Penelitian ini menggunakan penelitian rancangan eksplanatoris. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelatihan entrepreneurship dan (2) pelatihan manajemen usaha. Variabel tergantung dalam penelitian ini adalah pendapatan pelaku usaha mikro makanan dan minuman. Indikator pelatihan dilihat dari: materi, instruktur, media, waktu, dan fasilitas pelatihan. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner terlebih dulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi, dan uji t. Hasil olah data menunjukkan bahwa pelatihan mempunyai pengaruh positif terhadap pendapatan pelaku usaha mikro makanan dan minuman. Pelatihan mempunyai kontribusi terhadap peningkatan pendapatan, dan ada perbedaan signifikan pendapatan sebelum dan sesudah pelatihan.
Penerapan Pembelajaran Model Carousel Feedback dan Showdown pada Mata Pelajaran Entrepreneurship untuk Meningkatkan Hasil Belajar, Keaktifan, dan Efikasi Diri Martha, Jefry Aulia
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 3 No. 1-2 (2014): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.308 KB) | DOI: 10.37715/jee.v3i1-2.166

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri pada siswa mata pelajaran entrepreneurship melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif yaitu carousel feedback dan showdown. Terdapat dua siklus yang digunakan dalam penelitian ini dengan tiga pertemuan per siklusnya. Masing-masing siklus terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi, dan rencana perbaikan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes, lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri atas 32 siswa kelas X jurusan Multimedia di SMKN 1 Bondowoso. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model carousel feedback dan showdown mampu meningkatkan hasil belajar, keaktifan, dan efikasi diri siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari 73,44% pada siklus pertama menjadi 86,84% pada siklus kedua, sedangkan keaktifan siswa meningkat dari 60% dari siklus pertama menjadi 79% pada siklus kedua. Ditemukan pula peningkatan jumlah siswa yang memiliki efikasi diri sangat tinggi dari 15 siswa di siklus pertama menjadi 25 siswa di siklus kedua.
Peningkatan Inovasi melalui Empowerment sebagai Penerapan Entrepreneurship Diana Dewi, Gusti Ayu Rella Mart
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 3 No. 1-2 (2014): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.08 KB) | DOI: 10.37715/jee.v3i1-2.160

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Surabaya Plaza Hotel (SPH) dengan tujuan untuk menentukan peningkatan inovasi melalui empowerment. Para informan terdiri dari perwakilan dari masingmasing departemen di hotel di mana jumlah totalnya ada sembilan departemen. Informan yang mewakili karyawan berjumlah 30 orang, sedangkan yang mewakili manajemen ada lima orang. Informasi yang berkaitan dengan inovasi dan pelaksanaan empowerment diperoleh dari wawancara langsung dengan semua informan, mengadakan observasi di lapangan dan mengumpulkan data sekunder dari perusahaan (hotel). Semua data yang terkumpul dilakukan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan empowerment di Surabaya Plaza Hotel belum 100% berjalan sempurna. Manajemen telah memberikan dukungan penuh kepada karyawan untuk melaksanakan empowerment. Keberhasilan pelaksanaan empowerment tergantung pada komitmen manajemen yang memegang fungsi kontrol, koreksi (perbaikan), dan kontrol internal dan eksternal dari karyawan.
Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship Mahasiswa Berbasis The 5E Learning Cycle Model Bernardus, Denny
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1105.592 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.3

Abstract

The 5E Learning Cycle Model merupakan metode pembelajaran berbasis proyek. Artinya bahwa mahasiswa tidak hanya diberikan teori tetapi juga pengalaman menerapkan setiap tahap dari The 5E Learning Cycle Model berbasis siklus yang mencakup: (1) engagement;(2) exploration; (3) identification; (4) ideation; (5) visualization and evaluation; dan (6) execution and monitoring. Melalui metode pembelajaran ini berhasil dilahirkan “startup” bisnis ritel dari mahasiswa di tempat-tempat komersial yang ditunjuk (mal dan food court). Adanya “startup” bisnis ritel bermanfaat memberikan pengalaman hands-on mengenai bagaimana proses mendirikan bisnis ritel. Selanjutnya, pengetahuan dan berbagai keterampilan manajemen penjualan dan pemasaran, operasional, keuangan dan sumber daya manusia juga berhasil ditransfer kepada mahasiswa.
Analisis Anteseden Intensi Entrepreneurial Wijaya, Tony; Moerdyanto, Moerdyanto
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 3 No. 1-2 (2014): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/jee.v3i1-2.158

Abstract

Dalam praktiknya, intensi entrepreneurial di Indonesia masih rendah. Hal tersebut merupakan masalah yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Jika penelitian terdahulu bertujuan untuk membahas faktor-faktor yang memengaruhi intensi entrepreneurial, studi ini secara spesifik bertujuan untuk mengukur pengaruh sikap entrepreneurial terhadap intensi entrepreneurial, pengaruh efikasi diri terhadap intensi entrepreneurial, pengaruh kecenderungan mengambil risiko terhadap sikap pada entrepreneurship, dan pengaruh kecenderungan mengambil risiko terhadap efikasi diri. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa di Yogyakarta. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner dan wawancara tertutup. Analisis data dilakukan dengan metode structural equation modeling. Hasil studi ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh sikap entrepreneurial terhadap intensi entrepreneurial, tetapi tidak ditemukan adanya pengaruh efikasi diri terhadap intensi entrepreneurial, pengaruh efikasi diri terhadap intensi entrepreneurial, pengaruh kecenderungan mengambil risiko terhadap sikap pada entrepreneurship, dan pengaruh kecenderungan mengambil risiko terhadap efikasi diri.
Inspiring Wednesday, Ciputra University Best Practice in Shaping Entrepreneurs in Higher Education Antonio, Tony
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (730.483 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.9

Abstract

Ciputra University has a core focus on entrepreneurship and always emphasized entrepreneurships education in a contextual way. This paper shares the best practices of Entrepreneurships Education program that’s being run at Ciputra University. The program known as “Inspiring Wednesday.” In this program, for one day each week the study will be dedicated solely to entrepreneurship topics. It is conducted through the entire campus starting with the students from the first semester all the way to the fifth semester. The program offers the students a combination of real-live learning experience along with skills which are useful assets for aspiring entrepreneurs. The Entrepreneurship education is carried out by both lecturer as entrepreneur enabler and professional entrepreneurs, called as entrepreneur in residence, in order to achieve University’s objectives. This paper covers the rationale, methods, results, and evaluation of the inspiring Wednesday in Ciputra University.
Pengaruh Pelatihan Cashflow 101 Terhadap Pola Pikir Entrepreneurship Mahasiswa Kodrat, David Sukardi; Hindarto, Paulus
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.958 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.10

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan: (1) pengaruh pelatihan Cashflow 101 terhadap pola pikir entrepreneurship mahasiswa; dan (2) perbedaan pola pikir entrepreneurship antara mahasiswa yang mengikuti pelatihan Cashflow 101 dan mahasiswa yang tidak mengikuti pelatihan. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif dan diperoleh 40 mahasiswa sebagai sampel; 20 mahasiswa mengikuti pelatihan Cashflow 101 dan 20 lainnya tidak mengikuti. Data dikumpulkan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi dan uji t. Penelitian ini menemukan adanya: (1) pengaruh signifikan pelatihan Cashflow 101 terhadap pola pikir entrepreneurship mahasiswa; dan (2) perbedaan pola pikir entrepreneurship antara mahasiswa yang mengikuti pelatihan Cashflow 101 dan mahasiswa yang tidak mengikuti pelatihan.
Pendidikan Funecopreneur di Sekolah Menengah Atas Suryaman
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (549.606 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.11

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi “pendidikan yang menyenangkan” (fun), “meng hargai alam” (eco), dan “membuat sesuatu jadi/berubah” (preneur); diintegrasikan menjadi pendidikan funecopreneur. Proses pembelajaran funecopreneur dilakukan berbasis multikultural terapan dan terintegrasi dengan pemberian kecakapan hidup. Karakter yang berfokus pada PAKSA adalah salah satuoutcome dari pendidikan multikultural dan menjadi landasan pemberian tiga keterampilan entrepreneurial (akademis, pengembangan diri, dan bisnis).
Social Entrepreneurship Makanan Ringan Berbahan Baku Hasil Bumi Lokal Hendrasmoro
Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.513 KB) | DOI: 10.37715/jee.v1i1.12

Abstract

Komunitas Gading mempunyai sejumlah permasalahan dari aspek produksi dan pemasaran. Namun demikian, terdapat sejumlah kesempatan untuk memperoleh solusi berkaitan dengan pemasaran produk, penanganan bahan baku sampai dengan penyimpanan dan pengemasan produk jadi, dan kelengkapan alat-alat proses produksi. Terlepas dari permasalahan yang dihadapinya, Komunitas Gading tetap menjalankan perannya sebagai social entrepreneurship.

Page 1 of 16 | Total Record : 153


Filter by Year

2012 2025