cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota singkawang,
Kalimantan barat
INDONESIA
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
Published by STKIP Singkawang
ISSN : 24778370     EISSN : 24775916     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is an-Opened Access journal and published twice a year every Maret and August. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) in term of school counselling, career counselling, higher educational counselling. all finding in the scientific paper can be published in this journal.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022" : 6 Documents clear
Kepuasan Siswa atas Pelayanan Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Persepsi Siswa Tentang Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun Fransisca Mudjijanti
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i1.2194

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang kualitas layanan bimbingan dan konseling; tingkat kepuasan siswa atas layanan bimbingan dan konseling; pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan bimbingan dan konseling terhadap tingkat kepuasan siswa atas layanan bimbingan dan konseling; dan pengaruh dimensi kualitas layanan bimbingan dan konseling terhadap tingkat kepuasan siswa atas layanan bimbingan dan konseling. Populasi penelitian seluruh siswa SMK PGRI Wonoasri Kabupaten Madiun berjumlah 600 siswa. Sampel penelitian 25% yaitu sebanyak 150 siswa dengan teknik Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan Skala Psikologi. Analisis data dengan Statistik Deskriptif dan Regresi Linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling tergolong dalam kategori baik (83%); tingkat kepuasan siswa atas pelayanan Bimbingan dan Konseling tergolong dalam kategori memuaskan (82%); pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap kepuasan siswa atas layanan Bimbingan dan Konseling sebesar 65.4%; pengaruh dimensi kualitas layanan BK terhadap tingkat kepuasan siswa atas pelayanan BK (Kehandalan 12,74%; Daya Tanggap 19,71%; Kepastian 1,66%; Empati 13,76%; Bukti Fisik 17,47%.
Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling Ditinjau dari Kompetensi Profesional dan Dukungan Sistem Yansen Alberth Reba; Habel Saud; Andika Ari Saputra; Nindya Ayu Pristanti
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i2.2745

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura., 2 Untuk mengetahui pengaruh dukungan sistem terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura, 3) Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Profesional dan dukungan sistem terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling SMA-SMK Se-Kota Jayapura. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey dengan jenis survey cross-sectional. Dalam penelitian yang dilakukan menggunakan sampling jenuh. Dengan demikian, maka seluruh guru SMA dan SMK di kota Jayapura menjadi sampel yang berjumlah 36 orang. Hasil dari penelitian ini kompetensi Profesional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Dukungan Sistem  berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Kompetensi Profesional dan dukungan sistem berpengaruh kinerja guru bimbingan dan konseling.
Forgiveness Therapy Sebagai Salah Satu Intervensi Terapeutik Dalam Konseling Yoseph Pedhu
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i2.3281

Abstract

Perasaan sakit dan memudarnya kepercayaan dalam hubungan interpersonal memiliki prevalensi yang tinggi dan berhubungan erat dengan permasalahan keberfungsian psikologis. Banyak penelitian yang berupaya menggambarkan peran forgiveness therapy dalam memulihkan kesehatan psikologis individu yang mengalami berbagai jenis luka, kekerasan, dan pengalaman-pengalaman traumatis lainnya. Artikel ini berupaya mengeksplorasi forgiveness therapy sebagai salah satu bentuk intervensi terapeutik yang dapat digunakan dalam konseling. Penulis mengkaji konsep, model forgiveness therapy, dan penerapannya dalam konseling. Penelitian sebelumnya tentang penerapan forgiveness therapy dalam konseling juga dikaji.
Dinamika Emosi Akademik Pada Mahasiswa Baru Pepi Nuroniah; Giskha Oktaviani Khairun Nisa; Esya Anesty Mashudi; Nadia Aulia Nadhirah
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i2.2814

Abstract

Emosi akademik merupakan sebuah kondisi psikologis yang dialami mahasiswa sebelum, ketika, dan sesudah melaksanakan aktivitas pencapaian akademik. Secara umum, emosi akademik yang dialami mahasiswa terbagi menjadi emosi akademik positif dan negatif. Studi ini bertujuan untuk menyelidiki dinamika emosi akademik mahasiswa baru dalam pencapaian prestasi akademik. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sampel penelitian direkrut menggunakan métode purposive sampling dengan populasi yaitu mahasiswa pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa memiliki emosi akademik positif berupa rasa syukur atas apa yang dicapai, bangga dengan pencapaian yang diraih, senang memiliki teman-teman yang saling memotivasi, dan lega ketika meraih yang diinginkan tercapai. Sedangkan, perasaan emosi akademik negatif yang muncul adalah merasa cemas dengan hasil yang dicapai, sedih dan tertekan ketika diawal semester karena baru beradaptasi dengan lingkungan. Meskipun begitu, mahasiswa dapat bertahan dan memiliki pencapaian akademik karena memiliki motivasi yang tinggi, ambisi, tujuan karier setelah lulus kuliah, serta teman-teman dan keluarga yang mendukung.
Kesulitan Pengambilan Keputusan Karir dan Kepribadian Big Five Pada Remaja Di Indonesia Darojaturroofi'ah Sodiq; Dede Rahmat Hidayat
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i2.2945

Abstract

Dalam perspektif perkembangan karir, setiap fase perkembangan kehidupan manusia akan ada pembuatan keputusan karir, baik keputusan dalam menentukan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, atau menentukan pekerjaan yang akan dipilih. Realitas menunjukkan membuat keputusan karir adalah hal yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai faktor yang menyebabkan pembuatan keputusan karir adalah hal yang sulit. Menurut Osipow dkk diantara faktor yanag turut berpengaruh terhadap kesulitan membuat keputusan karir adalah faktor kepribadian. Penelitian ini akan menganalisis kesulitan pengambilan keputusan karir berdasarkan tipologi kepribadian menurut big five factor personality. Responden penelitian adalah remaja di Jakarta, usia 13-23 tahun. Responden dipilih dengan menggunakan convenience sampling yang berjumlah 560 orang. Instrumen penelitian menggunakan CDDQ untuk kesulitan pengambilan keputusan karir, BFI untuk personaliti. Berdasarkan model uji Post Hoc, diperoleh kesimpulan bahwa faktor kepribadian tidak berkontribusi terhadap kesulitan pengambilan keputusan karir. Hasil lain menunjukkan bahwa kepribadian neuroticism berpengaruh terhadap lack of information atau kurangnya informasi dalam pengambilan keputusan karir dengan nilai sig. > 0.05.
Konseling Islami Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Zakiyun Najah Nurussakinah Daulay; Azizah Hanum; Muhammad Dzaky Siregar
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia) Vol 7, No 2 (2022): Volume 7 Number 2, May 2022
Publisher : STKIP Singkawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26737/jbki.v7i2.2971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah juga strategi yang akan diimplementasikan oleh para konselor dalam Pembentukan Akhlak  santri di pesantren Zakiyun Najah; 2) Mendeskripsikan langkah-langkah juga strategi yang akan diimplementasikan oleh para konselor dalam Pembentukan Akhlak  santri di pesantren Zakiyun Najah; 3) Mengetahui fenomena-fenomana kecil yang menjadi latar belakang dibutuhkannya bimbingan konseling akhlak bagi santri Zakiyun Najah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Fenomenologi. Teknik analisis datanya menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Bimbingan dan Konseling Islam dapat membantu untuk membangun akhlak yang mulia yang menjadi karakter dan sikap peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya, tujuan pendidikan akhlak ialah menjadikan insan yang sholeh dan beriman, baik dalam pergaulannya, bertawakkal kepada Allah, menjaga silaturahmi dan persaudaraan, berdakwah dan menyiarkan agama Allah, dan yang terakhir ialah melakukan tugasa yang berkaitan dengan kemaslahatan ummat.

Page 1 of 1 | Total Record : 6