cover
Contact Name
Sukma Murni
Contact Email
sukmamurni@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
collase.journal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cimahi,
Jawa barat
INDONESIA
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
ISSN : 26144085     EISSN : 26144093     DOI : -
Core Subject : Education,
Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on regional and national level.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2022)" : 25 Documents clear
Systematic Literatur Review : Integrasi Conputational Thinking dalam Kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia Sofiah Nur Marifah
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12148

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keputusan kemendikbud mengenai pembelajaran computational thinking dalam mata Pelajaran Informatika yang resmi masuk kedalam struktur kurikulum 2013 melalui Permendikbud Nomor 35, 36 dan 37 tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi pembelajaran computational thinking dalam kurikulum sekolah dasar di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review dengan cara mengumpulkan artikel yang relevan dengan topik penelitian, hasil akhir sebanyak 11 artikel dari 481 artikel yang ditemukan. Computatioal thinking (CT) diartikan sebagai sebuah cara memahami dan menyelesaikan masalah kompleks menggunakan teknik dan konsep ilmu komputer seperti dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan algoritma. CT dipandang banyak ahli merupakan salah satu kemampuan yang banyak menopang dimensi pendidikan abad 21. Berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan menggunakan artikel yang relevan serta telah melalui proses seleksi, tujuan dari penerapan CT adalah untuk menunjang kompetensi yang diperlukan di era revolusi industri 4.0 dan abad 21. Untuk mata pelajaran yang banyak digunakan dalam integrasi CT adalah matematika. Dalam proses pembelajaran, pendekatan Unplugged dan praktik latihan soal lebih dominan digunakan dalam integrasi pembelajaran CT. Sedangkan bentuk pembelajaran nya bevariasi ada yang menggunakan bebras, CS Unplugged dan STEM Family. Dan untuk kegiatan penilaian, para peneliti banyak menggunakan soal-soal pada bebras challenge.Kata Kunci: Computational Thinking, Kurikulum, Sekolah Dasar
UPAYA GURU DALAM MENGATASI KECURANGAN AKADEMIK YANG DITEMUKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 Nasrullah Husen Batu; Camelia Safitri
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12511

Abstract

Penelitian ini bermaksud agar mengetahui juga mendefinisikan tentang upaya guru dalam mengatasi kecurangan akademik yang ditemukan dalam proses pembelajaran daring selama masa pandemi covid – 19. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Kemudian hasil dari penelitian yang dilaksanakan memperlihatkan jika pengajar sudah berusaha untuk melakukan upaya untuk mengurangi kecurangan akademik terutama saat pembelajaran daring, mulai dari pembiasaan melakukan perbuatan yang baik, menjauhi melakukan perbuatan yang tidak jujur dan mengurangi kebiasaan mencontek agar siswa dapat lebih disiplin menerapkan perilaku jujur dan berbuat baik. Hanya saja masih ada peserta didik yang melakukan kecurangan tersebut tanpa memikirkan kesalahan yang telah mereka lakukan selama pembelajaran. Menurut (Sari dkk., 2021) Pada pembelajaran daring, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Akibatnya banyak diantara mereka yang melakukan kecurangan akademik pada akhirnya kesulitan dalam memahami pembelajaran yang telah diajarkan yang mana mempengaruhi kemampuan belajarnya dimasa mendatang.
Analisis Nilai Karakter Kejujuran Pada Permainan Tradisional Congklak Siswa Sekolah Dasar Kelas III Dinda Kemala Apsari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12244

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memilih salah satu permainan tradisional yaitu Congklak yang menjadi media pembelajaran di sekolah dasar khususnya di kelas III. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran di kelas, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran dapat membentuk karakter kejujuran, mendeskripsikan permainan tradisional Congklak sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan nilai karakter kejujuran siswa sekolah dasar kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan prosedur pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan masih terdapat dua diantara enam siswa yang belum menerapkan kejujuran dalam bermain Congklak. Dengan bobot presentase siswa D sebanyak 33% dan siswa F mendapatkan bobot persentase sebanyak 66% karena tidak memenuhi indikator yang telah ditentukan. Penelitian ini diharapkan dapat membantu melestarikan permainan tradisional Congklak serta dapat meningkatkan karakter kejujuran siswa melalui permainan tradisional Congklak.
PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN IPS MATERI INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU DI KELAS IV SD DALAM MASA PANDEMI COVID-19 Yusup Ruhiyat; Ruli Setiyadi; Febri Restu Widianto
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.5626

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pembelajaran online mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV dalam masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 084 Cikadut Kota Bandung dengan jumlah siswa sebanyak 12 orang responden yang terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 7 orang siswa perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, soal evaluasi indahnya keragaman budaya negeriku, serta angket guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa skenario dan implementasi pembelajaran online mata pelajaran IPS dalam masa pandemi Covid-19 dapat terlaksana dengan baik. Guru dan siswa memberikan respon positif meskipun masih terdapat kendala berikut ini; (1) jaringan internet tidak stabil sebesar 8%, (2) tidak ada kuota internet sebesar 25% dan (2) tidak memiliki perangkat pembelajaran sebesar 17%
NILAI KARAKTER RELIGIUS PADA FILM ANIMASI RIKO THE SERIES Lutfia Khairunnisa
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12232

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter religius yang terdapat pada film animasi Riko The Series Season 3 yang terdapat di Youtube. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik dokumentasi dan pengumpulan sumber yang relevan. Peneliti mengambil 5 episode dari animasi Riko The Series Season 3 yang meliputi episode “Kado Istimewa, “Masih Boleh Puasa Gak?”, “Semua Ikut Lebaran”, “Gizi Seimbang Itu Penting” dan “Makan Pakai Tangan Kanan”. Hasil penelitian menunjukkan pada setiap episode ditemukan nilai pendidikan karakter religius seperti shalat, bersedekah, berdo’a, mengucapkan salam, berpuasa, bersyukur, menyantuni anak yatim, merayakan hari besar dalam agama islam, berdakwah, dan mengucapkan kalimat-kalimat yang membawa nama Allah.Kata Kunci: Nilai, Religius, Film Animasi.
Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor Berbasis Socratic Method Terhadap Nilai Integritas Siswa Sekolah Dasar Fitri Nuraini; Lutfi Nur
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12154

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terkikisnya sikap jujur dan tanggung jawab yang merupakan bagian dari nilai integritas pada siswa di Sekolah Dasar. Hal ini ditandai dengan maraknya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan pemanfaatan permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method. Tujuan penelitian ini ialah mengukur, menganalisis, dan mendeskripsikan nilai integritas siswa sekolah dasar sebelum dan sesudah diberikan perlakuan permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Laboratorium UPI Kampus Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode pre-experiment design tipe one group pretest-posttest design. Analisis yang digunakan berupa analisis data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel 2013 dan SPSS 24. Nilai integritas siswa pada pretest dengan rata-rata skor 50,32. Sedangkan pada posttest dengan rata-rata sebesar 66,86. Hasil dari penelitian ini yaitu permainan tradisional gobak sodor berbasis socratic method berpengaruh terhadap nilai integritas siswa Sekolah Dasar.
HUBUNGAN IKLIM KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SEKOLAH ALAM KOTA DEPOK Dwi Anjani Hastari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12069

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa Sekolah Alam Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 5 Sekolah Alam Kota Depok. Sampel penelitian ini berjumlah 125 siswa, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket sebagai data utama, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data kedua. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan iklim kelas termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 78,49, dan motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 78,17. Berdasarkan hasil hipotesis (product moment) diperoleh angka indeks korelasi (rhitung) sebesar 0,685 dengan arti ada korelasi atau hubungan antar kedua variabel yang termasuk kategori koefisien korelasi kuat.Simpulan penelitian ini ialah ada hubungan yang signifikan antara iklim kelas dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Sekolah Alam Kota Depok, yang ditunjukan dengan uji hipotesis yang menunjukan rhitung > rtabel (0,685 > 0,175). Saran bagi guru, diharapkan dapat memunculkan atau menciptakan iklim kelas yang positif, dengan seperti itu dapat memotivasi siswa dalam belajar.
Pengaruh Pembiasaan Mendengarkan Lagu Wajib Nasional Terhadap Kemampuan Musikalitas Peserta Didik Sekolah Dasar Siska Dwi Lestari
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12255

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai pengaruh dari pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional terhadap musikalitas peserta didik kelas V. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif desain Pre Experimental dengan bentuk One Group Pretest-Postest, adapun pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes yang mengacu pada rubrik penilaian dan observasi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas 5 SDN Nyantong. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan terdapat peningkatan musikalitas peserta didik setelah dilakukan treatment pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan perolehan nilai data dari SPSS melalui uji paired sample t test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan treatment dan setelah dilakukan treatment dengan nilai rata-rata pre-test kemampuan musikalitas sebesar 71,30 sedangkan untuk post-test kemampuan musikalitas sebesar 118,90. Maka dapat disimpulkan bahwa pada rata-rata nilai post-test lebih besar. Hal tersebut menunjukan bahwa dengan pembiasaan mendengarkan lagu wajib nasional memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan musikalitas peserta didik.Kata Kunci: Pembiasaan mendengarkan lagu, kemampuan musikalitas, peserta didik
Pembelajaran Mengenal Pecahan Nilai Uang Pada Siswa SD Kelas II Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Type Teams Game Tournament Heni Widiyanti; Hana Sakura Putuarga
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.6282

Abstract

Tujuan penelitian dilakukan yaitu untuk menelaah skenario dan implementasi pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Respon guru dan siswa mengenai pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Kesulitan – kesulitan yang dialami siswa SD kelas II dalam menyelesaikan tugas – tugas soal cerita. Yang melibatkan model cooperative learning type teams game tournament pada siswa SD kelas rendah khususnya kelas II. . Penelitian ini dilandaskan dengan permasalahan tentang rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran mengenal pecahan nilai uang. Tujuan penelitian dapat dicapai dengan metode penelitian kuantitatif menggunakan data dan penjelasan oleh teori-teori yang dianggap relevan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar pengenalan pecahan nilai uang sangat menunjang aktivitas belajar matematika siswa di sekolah dasar.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Musik Euritmik terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Down Syndrome Harini Leonarti
COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) Vol 5, No 5 (2022)
Publisher : IKIP Siliwangi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22460/collase.v5i5.12233

Abstract

Abstract This study aims to determine the effectiveness of the eurythmic music learning model on the gross motor development of children with Down syndrome at SLB Negeri Ciamis. The approach used is Single Subject Research (SSR) with A-B-A' design. The subject under study is a child with Down syndrome who has weak motor control but has an interest in music. Data was collected by means of a test based on the stages of eurythmic learning, namely imitating and responding to rhythm through body movements based on slow, medium and fast tempo songs. The data obtained were analyzed through descriptive statistics displayed in line graphs. The components analyzed are the analysis under conditions and between conditions. Based on the results of the study, it was shown that there was an increase in the use of the eurythmic learning model on gross motor development in imitating and responding to tone. There is a score in the baseline-1 phase (A) there are 3 sessions with a frequency of 59,59,59. In the intervention phase (B) there were 5 sessions with a score of 61, 65. 68, 76,76. While in the Baseline-2 phase, there were 3 sessions with an achievement score of 77, 79, 80. According to the data, it is known that this learning model has a positive effect. It can be shown in the level change of 0% in the baseline-1 phase, 14% in the intervention phase and 3% in the baseline-2 phase. According to the data that has been obtained, the overall use of the eurythmic music learning model is effective for the gross motor development of children with Down syndrome. Keywords: Eurythmic, Gross Motor, Down Syndrome 

Page 1 of 3 | Total Record : 25