cover
Contact Name
Dhita Paranita Ningtyas
Contact Email
dhita@trilogi.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dhita@trilogi.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Published by Universitas Trilogi
ISSN : 26220547     EISSN : 26219859     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia dini.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini" : 8 Documents clear
PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA DINI PADA SUKU BADUY DI DESA KANEKES (PENELITIAN KUALITATIF NATURALISTIK) Dwi Puspitasari, Maya; Soekmono, Roostrianawahti; Rachmawaty, Mia
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.1968

Abstract

Pola hidup bersih dan sehat atau PHBS di sekolah hendaknya dikenalkan kepada anak sejak dini untuk menciptakan kebiasaan atau pola hidup bersih dan sehat yang dapat mencegah anak tertular berbagai penyakit terutama penyakit menular, meningkatkan kualitas kesehatan anak secara optimal untuk mewujudkan sekolah sehat. Analisis komponen ini penulis mengambil suatu kesimpulan dari data wawancara yang bersifat umum atau domain sehingga terjadi suatu satu kesatuan yang utuh dan sempurna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia baik dalam kawasannya maupun dalam peristilahnya. Hasil penelitian ini adalah temuan peneliti dalam penelitian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Anak Usia Dini Pada Suku Baduy Di Desa Kanekes (Penelitian Kualitatif Naturalistik) diantaranya adalah Cara menggunakan kecombrang/honje pada saat pengumpulan data anak suku Baduy Dalam yang sedang keramas. Cara menggunakan kecombrang/honje pada saat pengumpulan data anak suku Baduy Dalam yang sedang mencuci tangan. Cara menggunakan sabut kelapa pada saat pengumpulan data anak suku Baduy Dalam yang sedang menggosok gigi. Cara menggunakan buah lerak pada saat pengumpulan data anak suku Baduy Dalam yang sedang mencuci baju. Cara pengguan air sungai pada saat pengumpulan data anak suku Baduy Dalam melakukan kegiatan PHBS
ANALISIS BIBLIOMETRIK DALAM PERMAINAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN Hamel, Arin Auliani; Gunawan, Erlita; Samlawi, Iklimatul; Shafira, Nadia; Pertiwi, Sarah Dian; Rahima, Qhaysah Fara; Widjayatri, RR. Deni
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.1767

Abstract

Setiap anak memeliki perkembangan kognitif yang berbeda-beda. Pada penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui permainan yang dapat mengembangkan kognitif anak usia dini usia 5-6 tahun. Penelitian menggunakan pedekatan kualitatif metode Systematic Literature Review (SLR) serta analisis bibliometrik. sumber data berasal dari Google Scholar menggunakan rentang tahun 2018-2023, Harzing’s Publish or Perish (Pop) dan VOSviewer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek kognitif anak usia 5-6 tahun bisa berkembang melalui permainan; didapatkan 4 cluster yang terdiri dari 4 warna yaitu merah, biru, hijau dan kuning; permainan papan hitung buah, kartu huruf, congklak dan puzzle, masuk pada kategori sangat baik. implikasi dari penelitian  yaitu bermain sangat krusial pada kehidupan anak, tanpa disadari dengan bermain bisa mengembangkan salah satu aspek perkembangan kognitif anak.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PERMAINAN BINGO HURUF AWAL PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI SPS PAUD KAMBOJA MENTENG JAKARTA PUSAT Rahayu, Endang Sri; Soekmono, Roostrianawahti
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.2082

Abstract

Tahap awal proses membaca  pada anak usia dini  dimulai dengan memperkenalkan huruf, suara, dan kata-kata yang sederhana. Kemampuan mengenal huruf kecil  pada peserta didik usia 4-6 tahun di SPS PAUD Kamboja Menteng Jakarta Pusat masih rendah berdasarkan observasi awal.  Oleh karena itu peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model John Eliot untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui permainan bingo huruf awal. Penelitian direncanakan satu siklus dengan 8 langkah. Subyek penelitian sebanyak 15 anak usia 4 s.d. 6 tahun. Berdasarkan hasil penelitian Tindakan kelas pada siklus I yang terdiri 8 langkah untuk meningkatkan Kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-6 tahun melalui permainan bingo huruf awal di SPS PAUD Kamboja Menteng terjadi peningkatan sebesar 54%. Pada pra Tindakan kemampuan  mengenal huruf sebesar 42% kemudian setelah dilakukan Tindakan pada siklus I meningkat menjadi 96%. Sehingga sudah melampaui kriteria keberhasilan sebesar 80% dan tidak perlu dilakukan Tindakan siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa permainan bingo huruf awal dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4 s.d. 6 tahun.
PENDIDIKAN SEKSUAL MELALUI TEMA PEMBELAJARAN “DIRIKU” UNTUK ANAK USIA DINI (PENELITIAN DESKRIPTIF DI TK ISLAM CERDAS UMMAT, BOGOR) Habibah, Nasya Devriane; Darnis, Syefriani
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.2090

Abstract

Pendidikan seksual sangat penting bagi anak karena hal tersebut merupakan proses pengajaran dan pembelajaran yang difokuskan pada pengajaran dan pembelajaran berbasis kurikulum tentang aspek kognitif, emosional, fisik dan sosial seksualitas. Tujuan pendidikan seksual untuk membekali dan menyadarkan anak pentingnya menjaga kesehatan, kesejahteraan dan martabat mereka dengan cara penanaman perlindungan diri dalam mengembangkan hubungan sosial dan seksual yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan pendekatan pembelajaran yang dilakukan saat pendidikan seksual awal pada siswa TK B di TK Islam Cerdas Ummat; 2) Menjelaskan implementasi pendidikan seksual awal melalui program tematik di TK Islam Cerdas Ummat. Metode Yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan Penelitian berupa: 1) Pendidik harus mengajarkan tentang perbedaan gender dan batasan aurat yang ada; 2) Pendidik harus menerapkan toilet secara baik dan benar; 3) Pendidik harus mengenalkan bagian-bagian anggota tubuh mana saja yang boleh dan tidak boleh disentuh; 4) Menggunakan metode pembelajaran dalam penerapan pendidikan seksual sejak dini menggunakan video, bercerita, tanya jawab atau diskusi dan bernyanyi. TK Islam Cerdas Ummat menggunakan metode: 1)Video animasi; 2) Bercerita; 3)Bernyanyi; 4)Tanya Jawab; 5) Lembar kerja. dan TK Isalam Cerdas Ummat mengajarkan anak dalam pengenalan gender; etika dan Adab Islam dalam penggunaan toilet; pengenalan batasan aurat; dan pengenalan anggota tubuh yang boleh di sentuh dan yang tidak boleh disentuh.
IMPLEMENTASI APE PUPPET THEATER DALAM MENSTIMULASI BAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN Hasanah, Iklimatul; Widjayatri, RR. Deni
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.1815

Abstract

Limited vocabulary can affect aspects of a child's language. The understanding of children aged 3-4 years reaches 900 words. The aim of the research is to determine the implementation of APE puppet theater in stimulating language aspects of children aged 3-4 years. The subjects in the research were children aged 3-4 years at TKIT Villa Madani TK-A with a total of 18 children, 9 boys and 9 girls. In this research, the method used is descriptive qualitative. The research uses data collection techniques through observation and documentation. The results obtained in the research describe the implementation of the APE puppet theater at TKIT Villa Madani, TK-A class, in the initial conditions, the language aspects of children aged 3-4 years were in good condition. After the children were given the APE puppet theater, the indicator of ability to understand language was rated quite well, there were 10 children, 6 children with a fairly good rating, 2 children with a very good rating. Meanwhile, the indicator for expressing language received a poor assessment by 1 child, a fairly good assessment was achieved by 9 children and a good assessment was achieved by 8 children. It can be concluded that (a) educational puppet theater games can stimulate the language aspects of children aged 3-4 years with good assessments. (b) the form of strategy used in educational puppet theater games is storytelling. (c) Puppet theater games can train language understanding and language expression in children aged 3-4 years. (d) gender can influence language stimulation in children aged 3-4 years. (e) the existing understanding of children aged 3-4 years can increase by approximately 500 understandings according to the stories played in the APE puppet theater. (e) during the learning process using the APE puppet theater, the children looked enthusiastic.
ANALISIS PEMBELAJARAN MUSIK DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN Yudi Santi, Sisilia Radea; Darnis, Sefriani
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.2096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran musik dan gerak dalam meningkatkan perkembangan fisik motorik anak usia dini, khususnya usia 5-6 tahun. Seiring dengan pentingnya perkembangan motorik pada masa kanak-kanak, aktivitas musik dan gerak menjadi pendekatan yang potensial dalam mendukung keterampilan motorik halus dan kasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Melalui observasi langsung dan analisis kuantitatif, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pengaruh aktivitas musik dan gerak dalam pembelajaran pada peningkatan kemampuan motorik anak. Temuan penelitian ini memiliki beberapa implikasi penting. Pertama, bagi pendidik, hasil ini mendorong penerapan aktivitas musik dan gerak secara terstruktur sebagai metode untuk mendukung perkembangan motorik anak. Integrasi kegiatan ini dalam pembelajaran sehari-hari dapat membantu anak mengasah koordinasi motorik kasar dan halus, yang penting bagi keterampilan fisik dan kesiapan akademik. Kedua, bagi pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memasukkan elemen musik dan gerak sebagai pendekatan pembelajaran holistik yang tidak hanya meningkatkan keterampilan fisik tetapi juga berpotensi mendukung aspek kognitif dan sosial-emosional anak.
MENANAMKAN CINTA BUDAYA SEJAK DINI MELALUI MEDIA SMART BOX PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Simahbengi, Hayati; Mahbengi, Nova Araini; Dwiyanti, Septia; Wulandari, Wulandari; Syahfitri, Yulia
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.2513

Abstract

Budaya merupakan hal yang sangat penting untuk dilestarikan, terutama bagi anakanak usia sekolah dasar sebagai penerus bangsa. Penelitian ini mengangkat judul aplikasi Media Pembelajaran smart box pada pembelajaran Warisan Budaya di Indonesia pada siswa kelas V SD N 10 Bebesen yang berjumlah 20 siswa. Media smart box adalah media pilihan yang digunakan peneliti. Media smart box dapat diartikan sebagai media bentuk balok atau kubus berbahan kardus dengan isi didalamnya berupa kartu, gambar, dan lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu metodelogi penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan kepada anak-anak pada media pembelajaran yang menyenangkan dan mengajak anakanak untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sehingga media pembelajaran yang diterapkan layak digunakan pada satuan pendidikan khususnya dalam pembelajaran keberagaman budaya di Indonesia. Penelitian ini diharapkan mampu menjadikan mahasiswa sebagai bibit perubahan nasional yang unggul dan mampu menjaga keutuhan yang ada di Indonesia.Kata kunci: Budaya, Inovasi Media.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MELALUI MATERI ORGAN PENCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA Harlinaina, Harlinaina; Kastari, Sarmi; Magfirah, Wahdah; Nurhayati, Nurhayati; laini, Mawaddah; Sari S, Mira Wulan
Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini Vol 7, No 1 (2024): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Prodi PG-PAUD, FKIP, Universitas Trilogi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31326/jcpaud.v7i1.2514

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis media visual yang memuat materi organ pencernaan makanan pada manusia guna meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIN 2 Aceh Tengah. Hasil validasi dari ahli materi dan media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Uji coba kelompok kecil dan besar menunjukkan peningkatan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi. Media interaktif yang dikembangkan memuat visualisasi anatomi organ pencernaan, animasi proses pencernaan, dan latihan interaktif berbasis soal. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif dapat membantu siswa memahami konsep abstrak secara lebih konkret dan menyenangkan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa abad 21, yaitu interaktif, menarik, dan mendukung keterampilan berpikir kritis. Diharapkan media ini dapat diimplementasikan secara lebih luas di berbagai satuan pendidikan dan menjadi referensi bagi guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi yang kontekstual dan inovatif.

Page 1 of 1 | Total Record : 8