cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
Pengaruh Sistem Layanan Jemput Tabungan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bpr Syariah Harum Hikmahnugraha Rizki Mubarak Thalib; Widwi Handari Adji
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.12718

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana Sistem Layanan Jemput Tabungan mempengaruhi kepuasan nasabah di PT BPRS Harum Hikmahnugraha. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Uji normalitas data, analisis korelasi Pearson Product Moment, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi semuanya digunakan dalam analisis.Diakui dengan baik bahwa sistem layanan berdampak pada kepuasan pelanggan berdasarkan perkiraan statistik. Korelasi product moment-Pearson sebesar 0,728 menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel, dengan koefisien determinasi sebesar 52,9 persen yang menunjukkan bahwa sistem pelayanan memiliki pengaruh sebesar 52,9 persen terhadap kepuasan pelanggan, dengan sisanya 47,1 persen dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diperiksa oleh penulis. Adapun saran-saran yang diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah: 1) Perlu meningkatkan fungsi sistem pelayanan, khususnya yang berhubungan langsung dengan pelanggan, guna meningkatkan kepuasan pelanggan; dan 2) Bank harus mengevaluasi setiap sistem pelayanan dan kemudian mengembangkan sistem yang lebih efektif dalam hal pelayanan kepada nasabah.Kata kunci: Sistem Layanan, Kepuasan Nasabah.
Analisis PEKA Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa di FEB Universitas Pamulang Rosa Lesmana; Nardi Sunardi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.18776

Abstract

Kepuasan konsumen sangat penting untuk diperhatikan karena rasa puas tersebut akan meniciptakan loyalitas dan loyalitas sudah pasti akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana strategi yang tepat dalam meningkatkan kepuasan mahasiswa, di Universitas Pamulang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan menggunakan PEKA análisis guna mmenjelaskan teori – teori yang berhubungan dengan faktor – faktor yang menentukan kepuasan mahasiswa dalam menempuh pendidikan di Universitas Pamulang. Populasi adalah mahasiswa Univeristas Pamulang dari fakultas ekonomi dan bisnis. Dari hasil análisis diketahui beberapa strategi yang dapat dijalankan guna meningkatkan kepuasan mahasiswa melalui análisis PEKA yaitu pelaksanaan pelatihan, pemberian motivasi secara berkala kepada setiap unsur yang terlibat pada proses perkuliahan di fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Pamulang.
Strategi Digital Bauran Pemasaran 4p Terhadap Kinerja UMKM Kota Palopo Muammar Khaddapi; Damayanti Damayanti; Kaharuddin Kaharuddin
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.12930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital Bauran pemasaran 4p terhadap kinerja umkm Kota Palopo. Metode ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer, metode pengambilan data menggunakan survei kuesioner kepada 112 responden UMKM Kota Palopo. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, setelah data dikumpulkan data analisis menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini dengan analisis regresi linear berganda menggunakan pengujian koefisien determinasi (R2) dan uji hiotesis  uji (T). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4),  berpengaruh positif atau signifikan terhadap kinerja UMKM.
Pengaruh Mental Kewirausahaan, Kreativitas dan Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Mayrizza Ega Delvanty
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.17358

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitiatif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 282 mahasiswa Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, sehingga diperoleh sebanyak 52 subjek penelitian yang mengembalikan kuesioner penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yaitu mental kewirausahaan, kreativitas dan sosial ekonomi orang tua menjelaskan variabel dependen minat berwirausaha sebesar 61,2%. Selanjutnya hasil analisis menunjukkan variabel mental kewirausahaan dan kreativitas berpengaruh terhadap minat berwisausaha pada mahasiswa (T-Statistics > 1,96). Sedangkan variabel sosial ekonomi orang tua menunjukkan tidak ada pengaruh terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa (T-Statistics < 1,96).
Pengaruh Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Album Fisik Boy Group EXO di Indonesia Rhodiatul Haida; Aida Sari; Rinaldi Bursan; Nuzul Inas Nabila
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.16526

Abstract

Kpop (Korean Pop) saat ini sangat digemari berbagai kalangan penikmat musik di seluruh dunia. Popularitas musik Kpop menyebabkan maraknya pembelian album fisik (CD) dikalangan para fans Kpop. EXO merupakan salah satu boy group dengan penjualan album fisik yang sangat mengagumkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mendorong keputusan pembelian album fisik boy group EXO di era digital, faktor yang diteliti yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis. Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 100 responden yang memiliki album fisik EXO dan berdomisili di Indonesia. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang diajukan dalam penelitian. Dibuktikan dengan nilai F 150.442 dengan angka signifikan sebesar 0.000. Hasil analisis diperoleh bahwa faktor pribadi dan faktor psikologis memiliki pengaruh sebesar 75% terhadap keputusan pembelian album fisik EXO dengan nilai pengaruh terbesar yaitu faktor psikologis. Hasil penemuan ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan strategi yang lebih efektif dalam upaya menaikkan penjualan album fisik di era digital.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Grab di Kota Batam Friscilla Sipayung; Triana Ananda Rustam
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.17238

Abstract

Teknologi menjadi faktor utama saat ini, karena semua aktifitas yang dilakukan sehari-hari akan sangat erat kaitannya dengan teknologi. Di Indonesia, teknologi telah membawa banyak perubahan di berbagai bidang, terutama di sektor bisnis seperti bisnis transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, brand image , dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa grab di kota Batam. Metode penilitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner terhadap 204 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai R square sebesar 0,793 atau 79,3% dari hasil tersebut diketahui kualitas pelayanan, brand image dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 79,3% dan selebihnya sebesar 0,207 atau 20,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil pada uji t kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikan 0.232 > 0,05 dan t hitung 1,199 < t tabel 1,971 artinya bahwa variabel kulitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel brand image mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05  dan t hitung 4,111 < t tabel  1971 artinya yaitu variabel brand image berpengaruh signifikn terhadap keputusan pembelian. Variabel promosi mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung 9,735 > t tabel 1,971 artinya yaitu bahwa promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji F hasil yang diperoleh nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 255,044 >  nilai F tabel 3,04 artinya bahwa variabel kualitas pelaayanan, brand image dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. 
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung Risma Suminar Sari; Dian Candra Fatihah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.12506

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah strategi kuantitatif. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan metode studi kepustakaan, wawancara dan survei. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,729 secara tegas menunjukkan adanya derajat hubungan yang kuat. Sementara nilai kefisien determinasi juga memiliki nilai 72,9%. Artinya kualitas pelayanan mempengaruhi  kepuasan pasien sebesar 72,9%. Dan sisanya 27,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresi linier  Y = a + bX = 0,045 + 0,326 X. Dimana nilai konstanta sebesar 0,045 menyatakan jika tidak terdapat nilai kualitas pelayanan pada kepuasan pasien makanya nilainya adalah 0,045. Nilai uji t didapatkan 8,789> 1,667( thitung > ttabel ), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang memiliki arti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap. Saran yang bisa diberikan adalah agar Rumah Sakit Mata Cicendo lebih meningkatkan kualitas pelayanan guna tercapainya kepuasan pasien khususnya pada pasien rawat inap seperti penerapan pelayanan prima (senyum , sapa, salam, sopan santun) serta cepat tanggap dalam menanggapi keluhan pasien dan memberikan perhatian serta rasa nyaman kepada pasien.Kata Kunci : Kepuasan Pasien; Kualitas Pelayanan
Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Nellco Special OBH di PT. Lenko Surya Perkasa Cabang Ciracas Kris Dipayanti; Heri Hernayadi
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.15614

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan saluran distribusi terhadap loyalitas pelanggan produk nellco special obh di wilayah PT. Lenko Surya Perkasa cabang Ciracas. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan sampel sebanyak 78 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persamaan regresi Y = Y = 16,771 + 0,196 X1 +0,307 X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,414 artinya kedua variabel memiliki hubungan yang sedang dengan koefisien determinasi sebesar 17,1% sedangkan sisanya 82,9% dipengaruhi faktor lain,uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (3,326 > 1,992). Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung> F tabel atau (7,757 > 2,72) dengan demikian Ho ditolak dan H3 diterima.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Khitanan Paramedika Bandung (Studi Pada Klinik Khitan Paramedika) Noviani Siti Sundari
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.12493

Abstract

Studi ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien Klinik Khitan Paramedika. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam pengkajian ini sebanyak 30 responden.Teknik penentuan sampel memakai cara purposive sampling.Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hiptesis t  dan F, uji koefisien korelasi, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan alat bantu aplikasi SPSS Versi 23.Bersumber pada hasil studi informasi dampak kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien klinik khitan paramedika menjelaskan bahwa data berdistribusi normal dan berpengaruh positif. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,899 menunjukan bahwa tingkat hubungan pengaruh kuat antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien. Nilai koefisien determinasi adalah 80,8 % yang menyatakan bahwa kontribusi kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pasien senilai 80,8%, sementara sisanya 19,2 % didominasi oleh faktor lain yang tidak dikaji. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pasien
Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi pada Pengguna Mas Cleaner Nurmin Arianto; Lia Asmalah; Feri Rahmat
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/jpkpk.v5i2.18521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Pengguna Mas Cleaner Pada PT MAS Tangsel.. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metode Kuisioner yang di berikan oleh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dari PT MAS Tangsel  Di Tangerang yang membeli dan menggunakan Chemical Cleaner. Jumlah konsumen yang dijadikan sampel adalah 126. Analisis data terdiri dari uji kualitas data dan regresi linier berganda serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Studi Pada Pengguna Mas Cleaner Pada PT MAS Tangsel.Keywords: kualitas produks; harga; keputusan pembelian.

Page 1 of 1 | Total Record : 10