cover
Contact Name
Esra Perangin-angin
Contact Email
esraperanginangin@unprimdn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalbip@unprimdn.ac.id
Editorial Address
Jalan Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20111
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Bahasa Indonesia Prima
ISSN : 2088365X     EISSN : 26846780     DOI : https://doi.org/10.34012
Jurnal Bahasa Indonesia Prima: Jurnal Bahasa, Sastra, Pendidikan, Pengajaran, Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat menerbitkan manuskrip penelitian, kajian teori, dan hasil pengabdian masyarakat, di bidang pendidikan, pengajaran, bahasa, sastra, linguistik, dan ilmu sosial. Bahasa Indonesia Prima: Jurnal ini menampilkan kebaruan penelitian, kajian teori, dan pengabdian masyarakat, termasuk naskah yang diterbitkan, dan signifikansi bagi kemajuan ilmu pengetahuan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun. Jurnal ini menyambut baik kiriman dari seluruh dunia.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)" : 10 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) OLEHSISWA KELAS VIII-BMTS FASTABIQUL KHAIROT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 dian syah syahfitri
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.964 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.467

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Selain itu, siswa juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses dan kualitas hasil peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, seluruh siswa diberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis dapat simpulkan sebagai berikut: (1) dengan menggunakan model pembelajaran CIRC proses pembelajaran menjadi efektif, proses belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya; (2) siswa aktif dalam proses pembelajaran; (3) siswa mampu bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar dengan baik; (4) dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 65,75, kemudian di siklus ke-II siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 80,4.
REALISASI IDEOLOGI PADA NOVEL-NOVEL KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY ANALISIS WACANA KRITIS wahyu - ningsih
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.877 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.468

Abstract

Ideologi pada sebuah novel merupakan konsep sentral dalam Analisis Wacana Kritis. Habiburahman El Shirazy merupakan salah satu pengarang novel yang memiliki pandangan tentang keberadaan sekitarnya melalui sebuah ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi ideologi yang mendasari novel-novel karya Habiburahman El Shirazy. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan teori Analisis Wacana Kritis van Dijk. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian analisis isi. Data pada penelitian ini adalah kalimat dan paragraf. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ideologi yang mendasari tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana karya Habiburahman El Shirazy adalah ideologi Islam dan ideologi konservatif yang direalisasikanmelalui kalimat dan paragraf. Secara menyeluruh tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana adalah novel yang mengingatkan pembaca setidaknya mampu merubah pola pikir dengan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik.
METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DENGAN MEDIA EDUCATION CARD PADA KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN kadek wirah wirahyuni
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (402.799 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.469

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di kelas salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang dipilih oleh guru. Bagi siswa sekolah dasar kelas rendah (kelas 1-3), kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh siswa. Banyak metode pembelajaran membaca permulaan yang dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas rendah, salah satunya yaitu dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). SAS merupakan salah satu jenis metode yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa pemula. Pelaksanaan membaca permulaan di kelas rendah (awal) sekolah dasar dilakukan dalam dua tahap, salah satunya yaitu membaca periode tanpa buku dengan cara mengajar dengan menggunakan media atau alat peraga selain buku misalnya kartu gambar, kartu huruf, kartu kata dan kartu kalimat (Nuryati, 2007). Salah satu pembelajaran membaca permulaan tanpa buku yakni dengan media education card atau kartu bergambar. Education card ini merupakan media peraga pada pembelajaran baca tulis huruf alphabet yang berbentuk kartu bergambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada siswa yang berupa huruf vocal dan konsonan serta menstimulasi siswa, memperkuat daya ingat dan kemampuan berfikir siswa (Wardhani, 2012). Selanjutnya, media education card ini diterapkan dalam metode SAS yang bertujuan melatih kemapuan otak kanan untuk mengingat gambar dan kata-kata, sehingga perbendaharaan kata dan kemapuan membaca anak dapat dilatih dan ditingkatkan. Tahapan metode SAS dengan media education card, yaitu: 1) menampilkan gambar, 2) menunjukkan sebuah gambar, 3) mengulangi, 4) membaca tanpa di bantu gambar, 5) mendengar dan melihat adanya kelompok-kelompok gambar 6) merangkaikan kembali suku kata dan kata menjadi kalimat seperti semula. Langkah-langkah dalam metode SAS dengan media education card pada kemampuan membaca permulaan, yaitu: memperkenalkan, mengulang, membedakan, menirukan, menyebutkan, membaca kalimat secara struktural, proses analitik, dan proses sintetik.
DIKSI PADA TAHAPAN UPACARA FALÖWA NIAS SELATAN: ANALISIS WACANA KRITIS Dina Mari Mariana
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (JBIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : BIP: Jurnal Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.56 KB) | DOI: 10.34012/bip.v1i1.470

Abstract

Sebagai salah satu suku yang kaya akan tradisi, masyarakat Nias Selatan mempercayai bahwa upacara Falöwa merupakan upacara adat yang paling penting karena dianggap sebagai “Mangai Tanömö Niha” atau upacara untuk mempertahankan keturunan, sehingga perlu diberikan diksi-diksi untuk memperkokoh rumah tangga pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diksi pada tahapan upacara Falöwa Nias Selatan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan perspektif Analisis Wacana Kritis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata yang terdapat pada teks upacara Falöwa Nias Selatan yang bersumber dari informan kunci Kemudian data yang telah diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pada penelitian ini, terdapat 101 diksi yang diperoleh dari tahapan, penyambutan dihalaman (fanema’ö golayama), (2) doa bersama (fangandö niendongagö), (3) kata sambutan (huhuo sadogo-dogo), (4) Penyerahan sirih (famele’e afo), (5) penyerahan jujuran (fanika era-era mbowo) dan pemberian nasehat (famotu). Diksi tersebut dipilih dan disesuaikan dengan tamu-tamu yang hadir. Melalui sebuah diksi, terdapat kekuatan dan kekuasaan, yang nantinya diharapkan sebagai cerminan kedua pengantin dan masyarakat Nias Selatan.
KEKHASAN DIKSI ANTOLOGI CERPEN SAMPAN ZULAIHA KARYA HASAN AL-BANNA (TINJAUAN STILISTIKA) Dinanta, Sri; ginting, sri dinanta; Tamba, Ventari Dionesia
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v2i2.466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kekhasan diksi atau pemilihan kata dalam antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna dengan pembelajaran Sastra Indonesia di Perguruan Tinggi. Sumber data penelitian ini adalah antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna, catatan lapangan, dan hasil wawancara. Teknik cuplikan penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik interaktif. Simpulan penelitian ini, pertama, diksi antologi cerpen Sampan Zulaiha karya Hasan Al-Banna adalah kata konotatif, kata konkret, kata serapan, kata nama diri dan sebuatan khas, serta kata yang berasal dari bahasa daerah. Jumlah diksi adalah 344 data. Bahasa pengarang dari segi diksi adalah impresif, ekspresif, estetis, dan kedaerahan.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVEINTEGRATEDREADING AND COMPOSITION (CIRC) OLEHSISWA KELAS VIII-BMTS FASTABIQUL KHAIROT TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018 syahfitri, dian syah
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.467

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. Selain itu, siswa juga kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas proses dan kualitas hasil peningkatan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama oleh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-B MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 20 siswa. Dalam penelitian ini, seluruh siswa diberikan tugas kelompok untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Berdasarkan hasil analisis data, maka penulis dapat simpulkan sebagai berikut: (1) dengan menggunakan model pembelajaran CIRC proses pembelajaran menjadi efektif, proses belajar siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya; (2) siswa aktif dalam proses pembelajaran; (3) siswa mampu bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar dengan baik; (4) dari hasil penelitian yang dilakukan penulis di MTs Fastabiqul Khairot Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik naskah drama mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari setiap siklus. Siklus I siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 65,75, kemudian di siklus ke-II siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 80,4.
REALISASI IDEOLOGI PADA NOVEL-NOVEL KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY ANALISIS WACANA KRITIS ningsih, wahyu -
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.468

Abstract

Ideologi pada sebuah novel merupakan konsep sentral dalam Analisis Wacana Kritis. Habiburahman El Shirazy merupakan salah satu pengarang novel yang memiliki pandangan tentang keberadaan sekitarnya melalui sebuah ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana realisasi ideologi yang mendasari novel-novel karya Habiburahman El Shirazy. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, maka penelitian ini menggunakan teori Analisis Wacana Kritis van Dijk. Jenis penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian analisis isi. Data pada penelitian ini adalah kalimat dan paragraf. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ideologi yang mendasari tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana karya Habiburahman El Shirazy adalah ideologi Islam dan ideologi konservatif yang direalisasikanmelalui kalimat dan paragraf. Secara menyeluruh tiga novel-novel karya HES, yaitu novel Ayat-Ayat Cinta 2, Bidadari Bermata Bening, dan Cinta Suci Zahrana adalah novel yang mengingatkan pembaca setidaknya mampu merubah pola pikir dengan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik.
METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DENGAN MEDIA EDUCATION CARD PADA KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN wirahyuni, kadek wirah
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.469

Abstract

Keberhasilan pembelajaran di kelas salah satunya ditentukan oleh metode pembelajaran yang dipilih oleh guru. Bagi siswa sekolah dasar kelas rendah (kelas 1-3), kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki oleh siswa. Banyak metode pembelajaran membaca permulaan yang dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar kelas rendah, salah satunya yaitu dengan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). SAS merupakan salah satu jenis metode yang biasa digunakan untuk proses pembelajaran membaca dan menulis permulaan bagi siswa pemula. Pelaksanaan membaca permulaan di kelas rendah (awal) sekolah dasar dilakukan dalam dua tahap, salah satunya yaitu membaca periode tanpa buku dengan cara mengajar dengan menggunakan media atau alat peraga selain buku misalnya kartu gambar, kartu huruf, kartu kata dan kartu kalimat (Nuryati, 2007). Salah satu pembelajaran membaca permulaan tanpa buku yakni dengan media education card atau kartu bergambar. Education card ini merupakan media peraga pada pembelajaran baca tulis huruf alphabet yang berbentuk kartu bergambar yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada siswa yang berupa huruf vocal dan konsonan serta menstimulasi siswa, memperkuat daya ingat dan kemampuan berfikir siswa (Wardhani, 2012). Selanjutnya, media education card ini diterapkan dalam metode SAS yang bertujuan melatih kemapuan otak kanan untuk mengingat gambar dan kata-kata, sehingga perbendaharaan kata dan kemapuan membaca anak dapat dilatih dan ditingkatkan. Tahapan metode SAS dengan media education card, yaitu: 1) menampilkan gambar, 2) menunjukkan sebuah gambar, 3) mengulangi, 4) membaca tanpa di bantu gambar, 5) mendengar dan melihat adanya kelompok-kelompok gambar 6) merangkaikan kembali suku kata dan kata menjadi kalimat seperti semula. Langkah-langkah dalam metode SAS dengan media education card pada kemampuan membaca permulaan, yaitu: memperkenalkan, mengulang, membedakan, menirukan, menyebutkan, membaca kalimat secara struktural, proses analitik, dan proses sintetik.
DIKSI PADA TAHAPAN UPACARA FALÖWA NIAS SELATAN: ANALISIS WACANA KRITIS Mariana, Dina Mari
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.470

Abstract

Sebagai salah satu suku yang kaya akan tradisi, masyarakat Nias Selatan mempercayai bahwa upacara Falöwa merupakan upacara adat yang paling penting karena dianggap sebagai “Mangai Tanömö Niha” atau upacara untuk mempertahankan keturunan, sehingga perlu diberikan diksi-diksi untuk memperkokoh rumah tangga pengantin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis diksi pada tahapan upacara Falöwa Nias Selatan. Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan perspektif Analisis Wacana Kritis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa kata yang terdapat pada teks upacara Falöwa Nias Selatan yang bersumber dari informan kunci Kemudian data yang telah diperoleh di analisis dengan menggunakan teknik interaktif yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pada penelitian ini, terdapat 101 diksi yang diperoleh dari tahapan, penyambutan dihalaman (fanema’ö golayama), (2) doa bersama (fangandö niendongagö), (3) kata sambutan (huhuo sadogo-dogo), (4) Penyerahan sirih (famele’e afo), (5) penyerahan jujuran (fanika era-era mbowo) dan pemberian nasehat (famotu). Diksi tersebut dipilih dan disesuaikan dengan tamu-tamu yang hadir. Melalui sebuah diksi, terdapat kekuatan dan kekuasaan, yang nantinya diharapkan sebagai cerminan kedua pengantin dan masyarakat Nias Selatan.
REPRESENTASI IMEJ MEWAH IKLAN “ROLEX” DALAM MAJALAH FRANCHISE HARPERS BAZAAR INDONESIA Purba, Christin Agustina
Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) Vol. 1 No. 1 (2019): Bahasa Indonesia Prima (BIP)
Publisher : Bahasa Indonesia Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.34012/bip.v1i1.1715

Abstract

Banyak cara dilakukan pembuat iklan produk untuk menarik pembeli. Setiap iklan menampilkan keunikkan dan keunggulan produknya masing-masing. Salah satu iklan yang menarik untuk diteliti adalah iklan Jam Tangan Rolex pada majalah Harpers Bazaar Indonesia. Rolex mengeluarkan berbagai edisi iklan pada majalah Harpers Bazaar Indonesia. Setelah dilakukan analisa semiotika terhadap visual iklan tersebut, ditemukan bahwa iklan tersebut menggambarkan kemawahan dari sebuah brand mewah. Menggunakan metodo Analisis Wacana semiotic strukturalis dalam mengemukan bagaimana representasi Image mewah dalam Iklan Rolex. Keyword; Representasi imej, Semiotic, Analisis wacana

Page 1 of 1 | Total Record : 10