cover
Contact Name
Putri Hana Pebriana
Contact Email
putripebriana99@gmail.com
Phone
+6285321149444
Journal Mail Official
konselingjpdk@gmail.com
Editorial Address
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/about/editorialTeam
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Konseling
ISSN : ISSN2685     EISSN : 2685936X     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling" : 18 Documents clear
Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP Negeri 1 Panyabungan Utara Gebby Nanta Batubara; Khairuddin Khairuddin; Wedra Aprison; Hari Antoni Musril
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.17885

Abstract

Ada banyak sekali penyebab hasil belajar siswa menjadi rendah seperti pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat, diantaranya guru sering menerapkan metode ceramah (teacher centered) akibatnya siswa merasa cepat bosan dan menjadi pasif selama proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Panyabungan Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif memakai metode Pree Eksperiment dan desain “The Static Group Comparision Design”. Sampel pada penelitian ini ialah kelas eksperimen (VIII.1) dan kelas kontrol (VIII.4). Data pada penelitian ini diperoleh dari nilai posttest sesudah treatment dilaksanakan. Berdasarkan hasil uji menggunakan aplikasi SPSS versi 26.0 diperoleh mean kelas eksperimen lebih tinggi (78,64) sedangkan mean kelas kontrol (67,50). Kemudian berdasarkan uji hipotesis posttest didapatkan nilai .Sig (2-tailed) adalah 0.000 atau thitung = 3, 964 jika dibandingkan dengan nilai taraf nyata yaitu (? = 0,05) ttabel = 2, 086 artinya .Sig (2-tailed) < (? = 0,05) atau thitung > ttabel artinya H0 ditolak H1 diterima. Maka bisa disimpulkan terdapat pengaruh yang sangat baik penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya (peer teaching) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Panyabungan Utara.
Hubungan Kematangan Emosi Dengan Resiliensi Siswa Di MTSn 6 Agam Annisa, Nur; Afrinaldi, Afrinaldi; Kamal, Muhiddinur; Yusri, Fadhilla
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.18354

Abstract

Penelitian ini mengkaji hubungan antara kematangan emosi dan resiliensi siswa laki-laki kelas VIII di MTsN 6 Agam. Kematangan emosi diukur melalui emosi yang tidak matang seperti mudah marah, frustasi, kesulitan menerima masukan, cemburu, sulit memaafkan, pengaruh orang lain, penilaian tergesa-gesa, dan kurangnya kemampuan menunda keinginan. Tantangan yang dihadapi siswa termasuk perlakuan orang tua, faktor ekonomi, waktu luang, pergaulan, lingkungan, perceraian orang tua, dan konflik keluarga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis korelasi dan melibatkan 83 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan skala guttman dan dianalisis menggunakan SPSS version 26 for windows. Hasilnya menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara kematangan emosi dan resiliensi dengan koefisien korelasi 0,852 dan determinasi sebesar 72,6%. Sisanya, 27,4%, dapat dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Kata Kunci: Kematangan Emosi, Resiliensi, Siswa
Upaya Meningkatkan Kompetensi Paedagogik Guru dalam Menyusun RPP dengan Penerapan Supervisi Akademik Pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di MAN 1 Padang Pariaman Amrizon, Amrizon
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.18514

Abstract

Upaya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan dan kekurangannya, maka pembinaan yang terencana dan berkesinambungan dalam supervisi akademik melalui tehnik supervise kelompok dianggap lebih efektif karena setiap permasalahan yang ditemukan bisa langsung dicarikan solusi bersama dan waktunya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing- masing guru. Untuk itu, kepala Madrasah sebagai supervisor dipandang perlu melaksanakan supervisi untuk meningkatkan kinerja para guru dalam menjalankan tugastugasnya sebagai seorang pendidik. Tujuan utama dari penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Pedagogik guru di MAN 1 Padang Pariaman, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal Penelitian ini merupakan penelitian tindakan Sekolah. Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 14 orang guru dari rumpun bahasa dan guru PJOK di MAN 1 Padang Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Berdasarkan hasil kegiatan supervisi yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkansebagai berikut : Penerapan Supervisi Akademij dapat meningkatkan kinerja/kemampuan guru dalam menyusun RPP yang baik dan inovatis. Hal ini dapat dilihat dari semakin bagusnya pemahaman guru dari pembinaan yang diberikan oleh Kepala Madrasah (ratarata hasil kemampuan guru meningkat. Perbandingan terlihat Pada komponen merumuskan identitas, KI dan KD, indikator tujuan pembelajaran yang efektif sesuai dengan standar kompetensi mata pelajaran, terlihat peningkatan dari 59,96 % kemampuan awal, menjadi 72,51% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,42 %. Pada akhir kegiatan; Pada komponen Memilih materi dan sumber belajar, terlihat peningkatan dari 56,25 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,26 % pada akhir kegiatan; Pada komponen Menentukan media dan model pembelajaran yang mencapaian tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,24% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 91,96 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan metode dan skenario pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,10 % pada kemampuan awal, menjadi 71,28% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,11 % pada akhir kegiatan ; Pada komponen Menentukan penilaian yang tepat dan sesuai dengan kegiatan pembelajaran, terlihat peningkatan dari 56,55 % pada kemampuan awal, menjadi 70,83 % pada siklus 1 dan meningkat menjadi 92,86 % pada akhir kegiatan.
Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 Sitorus , Pontas J.; Hutahaean , Juliana; Saragih , Elza L.L.
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.18843

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan media sosial instagram terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 berjumlah 30 siswa. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan sampling jenuh, yaitu hanya menggunakan satu kelas dimana seluruh sampel dijadikan sebagai populasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen One-Grup Pretest-Posttest Design .Untuk memperoleh data digunakan penugasan menulis teks berita di kelas VIII SMP Gajah Mada Medan. Sebelum menggunakan media sosial instagram diperoleh skor terendah 35 dan skor tertinggi 85 dengan rata-rata 55,66 dan sesudah menggunakan media sosial instagram diperoleh skor terendah 45 dan skor tertinggi 95 dengan rata-rata 70,83. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh Thitung = 4,33 dan Ttabel = 2,045 dengan taraf signifikan 5% = 2,045 menuju Thitung > Ttabel. maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial instagram berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita kelas VIII Gajah Mada Medan. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Kemampuan Menulis, Teks Berita. This research was conducted to determine the extent of the influence of the use of social media Instagram on students' ability to write news texts. The population in this study was all students of class VIII Gajah Mada Medan for the 2023/2024 academic year, totaling 30 students. The sampling technique was carried out using saturated sampling, namely using only one class where the entire sample was used as the population. This research used a One-Group Pretest-Posttest Design experimental design. To obtain data, an assignment to write news texts was used in class VIII of Gajah Mada Middle School, Medan. Before using Instagram social media, the lowest score was 35 and the highest score was 85 with an average of 55.66 and after using Instagram social media, the lowest score was 45 and the highest score was 95 with an average of 70.83. Based on the results of the calculations carried out, Tcount = 4.33 and Ttable = 2.045 with a significance level of 5% = 2.045 leading to Tcount > Ttable. then the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Based on the research results, it can be concluded that the use of social media instagram influences the ability to write news texts for class VIII Gajah Mada Medan. Keywords: Instagram Social Media, Writing Skills, News Text.
Implementasi Media Pembelajaran Youtube Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Kristen Kelas VII SMP Negeri 1 Sunggal Sihombing , Dicho Niko Demus; Munthe, Bangun; Butar-Butar , Imelda
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.18844

Abstract

Youtube adalah sebuah aplikasi yang dapat menyampaikan informasi penting. Media pembelajaran Youtube ini dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen. Media pembelajaran Youtube dapat membantu siswa untuk menjadikan pembelajaran yang lebih menarik, efektif, relevan, dan tidak bosan dalam pembelajaran. Dengan melalui penggunaan Youtube sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen.  
Pengaruh Penerapan Pembelajaran Diferensiasi terhadap Keterampilan Siswa Menulis Paragraf di Kelas VII SMPNegeri 1 Parbuluan Sitorus , Pontas J.; Siregar , Ance S.N.; Siagian, Beslina Afriani
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.18846

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Keterampilan Siswa Menulis Paragraf di Kelas VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN”. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Eksperimen dengan desain penelitian One grup Pretest dan Posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah siswa 180 orang dan yang menjadi sampel ini adalah kelas VII-4 sebanyak 30 siswa dan kelas VII-5 sebanyak 30 siswa yang di tentukan dengan Teknik Cluster Sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Normalitas, uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Setelah dilakukan penlitian pada kelas kontrol pretest dan posttest, di peroleh nilai rata-rata pretest yaitu 60 dengan simpangan baku -1,27 dan nilai rata-rata pada posstest yaitu 77,26 dan simpangan baku -3,27 dari hasil pengujian hipotetis dalam penelitian ini dilakukan uji “t” tabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-2. df yaitu 30 maka 28. Dari df 28 diproses taraf signifikan 5% = 1,701. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan maka, dapat diketahui bahwa thitung> ttabel yaitu 6,76 > 1,701. Dengan demikian hipotesis nihil (HO) di tolak dan hipotesis di terima sehingga dinyatakan bahwa penerapan pembelajaran diferensiasi berpengaruh terhadap kemampuan menulis. Kata Kunci: Pembelajaran Diferensiasi, Menulis Paragraf Deskripsi, Keterampilan Menulis. This study aims to determine "The Effect of Applying Differentiation Learning on Students' Paragraph Writing Skills in Class VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN". This type of research is a Quantitative Experimental Research with a One-group Pretest and Posttest research design. The population in this study were all students of class VII with a total of 180 students and the samples were class VII-4 as many as 30 students and class VII-5 as much as 30 students determined by the Cluster Sampling Technique. The data analysis technique used is the Normality test, Homogeneity test and Hypothesis Test. After conducting research on the pretest and posttest control classes, the average pretest score was 60 with a standard deviation of -1.27 and the average value in the posttest was 77.26 and a standard deviation of -3.27 from the results of hypothetical testing in this study. In this case, the table "t" test was carried out at a significant level of 5% with df = N-2. df is 30 then 28. From df 28 processed at a significant level of 5% = 1.701. Based on the calculations that have been done, it can be seen that tcount> ttable is 6.76 > 1.701. Thus the null hypothesis (HO) is rejected and the hypothesis is accepted so that it is stated that the application of differentiation learning affects writing ability. This study aims to determine "The Effect of Applying Differentiation Learning on Students' Paragraph Writing Skills in Class VII SMP NEGERI 1 PARBULUAN". This type of research is a Quantitative Experimental Research with a One-group Pretest and Posttest research design. The population in this study were all students of class VII with a total of 180 students and the samples were class VII-4 as many as 30 students and class VII-5 as much as 30 students determined by the Cluster Sampling Technique. The data analysis technique used is the Normality test, Homogeneity test and Hypothesis Test. After conducting research on the pretest and posttest control classes, the average pretest score was 60 with a standard deviation of -1.27 and the average value in the posttest was 77.26 and a standard deviation of -3.27 from the results of hypothetical testing in this study. In this case, the table "t" test was carried out at a significant level of 5% with df = N-2. df is 30 then 28. From df 28 processed at a significant level of 5% = 1.701. Based on the calculations that have been done, it can be seen that tcount> ttable is 6.76 > 1.701. Thus the null hypothesis (HO) is rejected and the hypothesis is accepted so that it is stated that the application of differentiation learning affects writing ability. Keywords: Differentiation Learning, Writing Descriptive Paragraphs, Writing Skills.
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Tik Di SMK N 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman Putri, Rizka; Zakir, Supratman; Aprison, Wedra; Efriyanti, Liza
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.19075

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya akibat belajar proses pembelajaran TIK yang masih menggunakan pembelajaran konvensional. Salah satu pembelajaran yang diduga dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Penelitian ini bertujuan buat mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran video terhadap akibat belajar siswa kelas X pada SMKN 1 Duakoto. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini merupakan pre-experimental menggunakan pendekatan yang dipergunakan kuantitatif serta dengan desain penelitian tipe “Posttest Only Control group Design”.Sedangkan Populasi pada penelitian ini merupakan semua siswa kelas X SMKN 1 DuaKoto. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling artinya setiap populasi memiliki kesempatan yang sama buat dipilih sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas X DKV2, menjadi kelas eksperimen serta kelas X TO2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian yang akan terjadi belajar TIK siswa diperoleh asal tes akhir. sesuai hasil analisis data diperoleh rata-homogen nilai tes akhir pada kelas ekperimen yaitu 80.78 dan rata-rata nilai tes akhir pada kelas control 75.00. berasal akibat tersebut dapat disimpulkan bahwa tolak H0 serta terima H1. Hal ini menunjukkan bahwa,“hasil belajar TIK peserta didik yang memakai video pembelajaran lebih baik dari hasil belajar peserta didik memakai pembelajaran konvensional” Kata Kunci: Pengaruh,Video Pembelajaran,Hasil Belajar
Pengaruh Penggunaan Model Think-Talk-Write (Ttw) terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa Simanjuntak , Harlen; Sigalingging , Donita; Sitorus , Pontas Jamaluddin
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.19161

Abstract

Bahasa merupakan lambang bunyi yang digunakan oleh semua orang atau masyarakat untuk berhubungan dengan identifikasi diri dalam bentuk percakapan yang baik, tingkah laku dan sopan santun yang baik. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul "Pengaruh Penggunaan Model Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Morawa" Peneliti melakukan penelitian eksperimen. Desain yang akan digunakan pada penelitian ini merupakan Two Group Posttest – Posttest Design, yakni penelitian yang terdiri dari Posttest sebelum diberikan perlakuan, karena sanggup membandingkan keadaan sebelum diberikan perlakuan (Sugiyono, 2018:710).Dari hasil temuan penelitian nilai pre-test siswa diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis teks berita sebelum menggunakan Model Think-Talk-Write (TTW) adalah 60,93 berkategori kurang baik dengan standar deviasi 9,21. Nilai tertinggi siswa adalah 76 dan nilai terendah siswa adalah 44. Nilai post-test siswa diperoleh bahwa nilai rata-rata siswa dalam menulis teks berita sesudah menggunakan Model Think-Talk-Write (TTW) adalah 80,8 berkategori baik dengan standar deviasi 8,54. Dimana nilai tertinggi siswa adalah 92 dan nilai terendah siswa adalah 60. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian maka penulis memberikan saran Bagi Sekolah hendaknya menerapkan Model Think-Talk-Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan menulis teks berita agar pembelajaran lebih aktif. Kata Kunci: Pengaruh Penggunaan Model Think – Talk – Write, Kemampuan Menulis Teks Berita.
Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Gurning , Maria Rahayu Br; Sitohang , Tigor; S, Monalisa Frince
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.19162

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan metode konvensional. alau bUntuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman teks berita kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan menggunakan model pembelajaran SQ4R. Untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect dan Review (SQ4R) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, TA 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tindakan experiment dan desain penelitian Posttest-Only Control Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tes, kemudian data hasil tes diperoleh lalu dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai yang diperoleh dalam kelas eksperimen yaitu, dari 30 orang siswa dengan nilai rata-rata 83.5, yang mendapat nilai sangat baik dilihat dari hasil tes terdapat 13 orang siswa atau 43.3%, yang mendapat nilai baik terdapat 14 orang siswa atau 46.7%, dan yang mendapat nilai cukup hanya 3 orang siswa atau 10%. Karena t0 lebih besar dari ttabel yaitu 1.67 < 9.33. Maka hipotesi nol (h0) ditolak dan hipotesis akhir (h?) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Penggunaan Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review, dan Reflect (SQ4R), berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita 61 Siswa/i Kelas VIII SMP Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun pembelajaran 2023/2024. Kata Kunci: metode Pembelajaran SQ4R, Kemampuan Membaca, Pemahaman Teks
Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Siswi Kelas VIII Di Sekolah UPT SMP Negeri 37 Medan Sihombing , Shinta Uly Monalisa; Sitohang , Tigor; Panggabean , Sarma
Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) Vol. 5 No. 5 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling
Publisher : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/jpdk.v5i5.19163

Abstract

Model pembelajaran complete sentence adalah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks berita karena menuntut siswa untuk mengaitkan informasi yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap kemampuan siswa menulis teks berita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan menguji data nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa model complete sentence berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita siswa hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 70,2 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 45,06. Kata Kunci: model complete sentence, teks berita, kemampuan menulis.

Page 1 of 2 | Total Record : 18