cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Instructional Development Journal
ISSN : 26571536     EISSN : 26861267     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Instructional Development Journal (IDJ) (2657-1536) pertama kali pada tahun 2018 diterbitkan oleh Center for Instructional Development (CiD) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Instructional Development Journal (IDJ) terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juli dan Januari, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan dan pembelajaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): IDJ" : 10 Documents clear
Analisis Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Kualitas Pemahaman Membaca Siswa Hotmasarih Harahap; Mardianto Mardianto; Muhammad Irwan Padli Nasution
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.23276

Abstract

The low level of understanding and writing ability of students causes students to find it difficult to accept, absorb, and understand existing lessons. This will also have an impact on the inability of students to deal with problem solving. Therefore, it is necessary to do an appropriate learning model. However, at this time there are still many educators who do not know an effective learning model to enable students to master reading comprehension skills. The solution in this case is to apply a multiliteracy learning model to hone students' higher-order thinking skills and improve their writing skills. Because this is a competency capital that must be possessed in facing the digital era of the 21st century. The purpose of this research is to find out the multiliteracy learning models that will be applied by educators to students. This research is a type of literature study qualitative research. By using primary sources derived from books and articles related to the multiliteracy learning model. The results of this study are textual, visual, musical, digital literacy models, understanding and skill representation models as well as supporting learning process models that can improve students' reading comprehension and critical thinking.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS di Kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2022/2023 Sri Rezeki
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.24154

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar Biologi pada siswa kelas XII IPS di MA Hasanah Pekanbaru menggunakan model pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan selama Januari hingga Maret 2023 dengan dua siklus penelitian. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPS MA Hasanah Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Penerapan model pembelajaran Kooperatif TPS berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Sebelumnya, tingkat ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 47%. Namun, setelah dilakukan perbaikan pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 82%, mengalami peningkatan sebesar 35%. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 100%, dengan peningkatan sebesar 10% dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Selain peningkatan ketuntasan belajar, daya serap siswa juga mengalami peningkatan. Sebelum perbaikan dilakukan, tingkat daya serap siswa adalah 71%. Namun, setelah perbaikan pada siklus I, tingkat daya serap siswa meningkat menjadi 81%, dengan peningkatan sebesar 10%. Pada siklus II, tingkat daya serap siswa dapat ditingkatkan lagi menjadi 86%, mengalami peningkatan sebesar 5% dibandingkan dengan siklus sebelumnya.
Problematika Pelaksanaan Program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Furqan Kandis Nurhayati Zein; Murny Murny; Afrida Afrida; Mirawati Mirawati; Marwan Marwan
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.23301

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW) dan problem yang terjadi dalam proses pelaksanaannya. Data diambil di MDTW Al-Furqan yang diintegrasikan dengan SMP Negeri 5 Kandis Kabupaten Siak. Pelaksanaan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan data dihimpun melalui obervasi dan wawancara dengan guru yang mengajar di MDTW lokasi penelitian. Program MDTW yang diarahkan oleh pihak Pemerintah Kabupaten Siak telah dilaksanakan oleh kepala sekolah dan guru. Namun ditemukan problem yang dihadapi oleh guru dalam menjalankan program MDTW yaitu lokasi merupakan daerah terpencil, tidak adanya panduan administrasi yang baku, pasilitas sekolah yang tidak mendukung, bervariasinya latar belakang siswa dan guru, serta tidak ada pendampingan dan pelatihan kepada guru dari pihak pemerintah dan institusi terkait. Menindaklanjuti problem yang dihadapi, guru hanya melaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga program tidak terlaksana dengan maksimal.
Analisis Strategi Multiliterasi sebagai Pembelajaran PAI di Sekolah/Madrasah Sri Wahyuni Harahap; Mardianto Mardianto; Muhammad Irwan Padli Nasution
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.23061

Abstract

This study aims to analyze multiliteracy learning strategies in schools. The research method used is a literature study with a descriptive and analytical approach. The results of the study show that the use of multiliteracy learning strategies in schools has many benefits, such as improving reading, writing and speaking skills in different languages, as well as increasing the development of digital literacy. In addition, multiliteracy learning strategies can also improve critical and creative thinking skills, and facilitate the integration of different cultures. However, the implementation of this strategy has challenges that must be faced, such as a lack of understanding of the concept of multiliteracy by educators, availability of resources, and difficulties in determining what type of literacy should be taught. Therefore, it is recommended that schools pay attention to this multiliteracy learning strategy so that it can provide a holistic and effective learning experience for students.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
Perspektif Al-Qur'an dan Fikih dalam Membangun Pendidikan Keluarga yang Berkualitas Herlina Herlina; Syarifuddin Syarifuddin; Susiba Susiba
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.24429

Abstract

Pendidikan keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk individu yang berkualitas dan harmoni dalam masyarakat. Dalam perspektif Islam, Al-Qur'an dan Fikih menyajikan landasan yang kuat untuk pendidikan keluarga yang berdasarkan nilai-nilai agama dan moral. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan keluarga dalam Al-Qur'an dan Fikih serta menguraikan implementasi praktisnya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap ayat-ayat Al-Qur'an yang berkaitan dengan pendidikan keluarga serta mengkaji pandangan para ulama dalam Fikih tentang hal ini. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa Al-Qur'an dan Fikih memberikan pedoman yang komprehensif untuk membentuk keluarga yang Islami. Konsep pendidikan keluarga yang dijelaskan dalam Al-Qur'an dan Fikih meliputi pendidikan agama, moral, akhlak, sosial, dan pendidikan gender. Selanjutnya, artikel ini menjelaskan implementasi praktis dari konsep-konsep pendidikan keluarga tersebut. Implementasi praktis meliputi pendidikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti melalui pembiasaan, pengajaran langsung, teladan, dan lingkungan keluarga yang mendukung. Artikel ini juga menyoroti pentingnya peran orang tua sebagai pendidik utama dalam keluarga dan memberikan beberapa strategi yang dapat digunakan oleh orang tua dalam melaksanakan pendidikan keluarga sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
The Effect of Parental Education Patterns on Attitudes and Learning Outcomes of Elementary School Students in the Pandemic Margaretha Sugiyanti; Rian Vebrianto; Siti Aisyah
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.24588

Abstract

This article aims to analyze the influence of parents' educational patterns on attitudes and student learning outcomes. The type of research used is a quantitative approach with the ex post facto method. The population in this article is all fourth grade students at SDN in the Lubuk Batu Jaya sub-district, totaling 461 people. By using proportional stratified random sampling, a sample of 83 people was obtained. The instruments used were a questionnaire on parents' educational patterns and student learning attitudes, and documentation of student learning outcomes. The results of distributing questionnaires and documentation of learning outcomes were analyzed using parametric statistics, namely simple linear regression. Based on the research results obtained data regarding the influence of the family environment on the formation of children's character, it can be concluded that: 1) there is an influence of parental education patterns on students' learning attitudes of 12.3% and 87.7% influenced by other factors; 2) there is an influence of parental educational patterns on results student learning of 4.7% and 95.3% is influenced by other factors; and 3) there is an influence of learning attitudes on student learning outcomes of 3.6% and 96.4% influenced by other factors.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Komitmen Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Pada SD Negeri Sekecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Riau Desriani Desriani; Sudarno Sudarno; Zainur Hidayah
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.25399

Abstract

Kepuasan kerja guru SD Negeri di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan masih tergolong rendah, seperti pemberian insentif TPP guru yang nilainya menurun dan sering tidak diberikan tepat waktu, serta pemberian imbalan non finansial yang masih rendah. dan kondisi kerja yang kurang mendukung, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain gaya kepemimpinan, lingkungan kerja dan komitmen guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja guru, lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, dan komitmen guru terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen kuesioner dengan metode sensus sampling sebanyak 74 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, komitmen guru, sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan kerja guru. Pengukuran variabel menggunakan Likert yang diisi skala berdasarkan persepsi guru ASN. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Berdasarkan pengujian, model memenuhi asumsi klasik dan uji kelayakan model, dan diperoleh persamaan regresi linier berganda yang menunjukkan bahwa terdapat kontribusi positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap gaya kepemimpinan. kepuasan kerja guru di SDN Kabupaten Bunut. Pelalawan, terdapat kontribusi positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru di SDN Bunut Kabupaten Pelalawan, terdapat kontribusi positif dan signifikan antara komitmen guru terhadap kepuasan kerja guru di SDN Bunut Kabupaten Pelalawan.
Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pemanfaatan Google Workspace for Education di SMPN 4 Tanah Merah Rahmat Tanjung
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.24621

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kompetensi guru di SMPN 4 Tanah Merah melalui pemanfaatan Google Workspace for Education. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan memperhatikan tema-tema yang muncul dan hubungan antarinformasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Google Workspace for Education telah memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kompetensi guru di SMPN 4 Tanah Merah. Guru-guru dapat memanfaatkan berbagai fitur dan aplikasi yang disediakan oleh Google Workspace for Education untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, kolaborasi antar guru, dan interaksi dengan siswa. Meskipun terdapat beberapa tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan akses internet dan kesiapan teknologi, manfaat yang diperoleh dari pemanfaatan Google Workspace for Education jauh lebih besar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang penggunaan teknologi dalam pendidikan dan memberikan rekomendasi bagi pihak terkait dalam mengoptimalkan pemanfaatan Google Workspace for Education di lembaga pendidikan lainnya.
Hasil Belajar Siswa: Studi Eksperimen Gaya Mengajar Guru di SMA Negeri 12 Pekanbaru Seftri Yelsi; Gusma Afriani
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.24905

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian Korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan metode-metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 420 orang. Mengingat data lebih dari 100 orang, maka penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dan sampel yang diambil sebanyak 20% dengan jumlah 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Regresi dan uji Korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat pengaruh positif gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 12 Pekanbaru, diperoleh nilai r_hitung > r_tabel yaitu 0,233 > 0,214 dengan taraf signifikan lebih kecil dari pada α yaitu 0,033 < 0,05. Besar pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 5,4%.
Pengaruh Budaya Kerja, Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Guru SDN pada Gugus II Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau Emniswati Emniswati; Sudarno Sudarno; Jaka Warsihna
Instructional Development Journal Vol 6, No 1 (2023): IDJ
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/idj.v6i1.25398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh budaya kerja, gaya kepemimpinan dan motivasi guru terhadap kinerja guru di SDN Gugus II Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 42 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja, gaya kepemimpinan, dan motivasi guru berpengaruh secara simultan terhadap kinerja guru. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa secara parsial setiap variabel juga berpengaruh terhadap kinerja guru. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah perlunya mempertahankan dan meningkatkan return dengan cara memaksimalkan kuantitas kerja karyawan seperti memberikan promosi kepada karyawan yang memiliki kualitas kerja yang baik.TRANSLATE with x EnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian //  TRANSLATE with COPY THE URL BELOW Back EMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack//

Page 1 of 1 | Total Record : 10