cover
Contact Name
Andi Syaputra
Contact Email
-
Phone
+6282332189018
Journal Mail Official
jmd@sttkd.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jl. Parangtritis No.KM.4,5, Druwo, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen Dirgantara
ISSN : 22527451     EISSN : 26220946     DOI : -
Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and December). Jurnal Manajemen Dirgantara is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of management research on aviation.
Articles 29 Documents
Search results for , issue "Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023" : 29 Documents clear
ANALISIS PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI VI YOGYAKARTA SUB DIPO LOKOMOTIF SOLOBALAPAN Dila Damayanti; Prakosa Wibawa
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.790

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan khususnya karyawan di bawah naungan Dipo Lokomotif dan Kereta PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi VI Yogyakarta Sub Dipo lokomotif Solobalapan. Jenis penmelitian ini dapat digolongkan dalam jenis penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel yang digunakan diperoleh berdasar pendekatan sampel jenuh dengan jumlah 52 karyawan. Data diperoleh dengan bantuan instrument kuesioner dengan menggunakan indicator-indikator yang sesuai dengan variable yang digunakan, yaitu: (1) Variabel Budaya Organisasi, (2) Lingkungan Kerja, dan (3) Kinerja Karyawan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa budaya organisasi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Sedangkan variabel lingkungan kerja (X2) berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).
ANALISIS TREN ARUS KAS SEBELUM DAN SAAT PANDEMI PT ANGKASA PURA (PERSERO) Desiana Rachmawati; Lidia Putriana
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.810

Abstract

Penurunan trafik di bidang transportasi udara berdampak pada pendapatan yang diterima dan biaya yang dikeluarkan AP I dan AP II. Penurunan kinerja keuangan yang cukup besar ini berdampak pada aliran kas yang mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren arus kas operasi, investasi, dan pendanaan AP I dan AP II sebelum dan saat pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripti dengan analisis tren melalui time series indeks. Data dalam peneitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan AP I dan AP II tahun 2017-2019 sebelum pandemi dan tahun 2020-2021 saat pandemi yang diambil dari situs resmi perusahaan. Hasil penelitian ini mennjukkan bahwa kondisi arus kas operasi AP I dan AP II sebelum pandemi berada dalam kondisi baik, dilihat dari angka indeks saat pandemi Covid-19 yang bernilai negatif dan mulai membaik di tahun 2021. Tren arus kas investasi AP I mengalami perubahan drastis sebelum dan saat pandemi Covid-19 berbeda dengan AP II yang sudah bernilai positif di tahun 2019, hal ini menunjukan bahwa kas masuk AP II dari penerimaan hasil penjualan aset lebih besar. Tren arus kas pendanaan AP I dan AP II berada dalam kondisi yang sama yaitu mengalami peningkatan di tahun sebelum pandemi dan penurunan pada periode saat pandemi Covid-19.
PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN E-WALLET DANA PADA MAHASISWA DI KOTA YOGYAKARTA Erwan Sutrisno Erwan; Edi Setiawan
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.822

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan dan promosi penjualan terhadap keputusan penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta yang jumlahnya 266.491. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang berjumlah 100 orang dengan kuesioner online (melalui google form) di link https://bit.ly/Penelitian.Kuesioner dengan cara penyebaran melalui Whatsapp. Hasil uji t menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05); Promosi Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05). Hasil uji F menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan secara simultan terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA pada mahasiswa di Kota Yogyakarta (0,000 < 0,05). Kuatnya hubungan antara Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Penggunaan sebesar 81.9% atau sangat kuat. Nilai Adjusted R Square bahwa Kemudahan Penggunaan dan Promosi Penjualan mampu menjelaskan Keputusan Penggunaan sebesar 0,664 atau 66,4%.
ANALISIS STRATEGI PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) PERSONEL AVIATION SECURITY BANDAR UDARA SENTANI Anita Nur Masyi'ah; Joel Yulian Sembiring
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.828

Abstract

Dalam menjaga keamanan penerbangan setiap bandar udara harus memiliki suatu unit kerja yang menjamin keselamatan dan kenyamanan pengguna jasa dengan menerapkan pelayanan pengamanan yang prima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelayanan prima (service excellence) personel Aviation Security di Bandar Udara Sentani dan strategi pelayanan prima (service excellence) yang diterapkan oleh personel Aviation Security untuk menjamin kualitas kinerja personel Aviation Security di Bandar Udara Sentani – Jayapura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilakukan pada bulan Januari-Februari 2023 di Bandar Udara Sentani. Penelitian ini dilakukan kepada unit Aviation Security dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk Memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil yang didapati melalui penelitian ini yaitu mengkaji pelayanan prima yang diterapkan oleh seluruh personel Aviation Security di Bandara Sentani, dengan membahas teori konsep pelayanan prima menurut Barata (2003). berdasarkan 6 unsur “A” sebagai berikut; Kemampuan (Ability), Sikap (Attitude), Kegiatan (Activity), Penampilan (Appearance), Perhatian (Attention) dan Tanggung Jawab (Responsibility) sedangkan strategi pelayanan prima menurut Barata (2006) dimana dapat digambarkan pelayanan prima, melalui konsep s-e-r-v-i-c-e antara lain; S (Self Awareness), E (Enthusiasm), R (Reform), V (value), I (Impressive), C (Care), E (Evaluation), sehingga dapat dijelaskan bahwa strategi pelayanan keamanan penerbangan yang diterapkan personil aviation security kepada pengguna jasa bandar udara telah dilakukan sesuai aturan SOP yang berlaku di unit pengamanan bandar udara dan juga sesuai dengan teori yang digunakan penulis.
NAVIGATING GLOBAL SKIES : ANALISIS STRATEGI DAN OPERASI BISNIS INTERNASIONAL AIRASIA Devina Wistiasari; Benedicte Hartono; Carol; Jackson; Vina Sonata; Winna Angelina
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.837

Abstract

Suatu perusahaan harus memiliki keunggulan kompetitif yang dapat meningkatkan kesuksesan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, termasuk untuk melakukan ekspansi internasional. Strategi dan operasi perusahaan menjadi poin penting yang perlu diperhatikan untuk menciptakan keunggulan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa strategi dan operasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan bertaraf internasional di pasar global dengan menggunakan studi kasus maskapai AirAsia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan dianalisa dengan metode analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa AirAsia menerapkan model bisnis, inovasi, dan efisiensi strategi yang menjadi kekuatan dari perusahaan dalam memperluas operasional bisnisnya ke berbagai negara. Hal ini membuat AirAsia mampu mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar low-cost carrier (LCC) dalam menghadapi persaingan industri penerbangan yang ketat. Keberhasilan AirAsia sebagai maskapai berbiaya rendah terbaik di dunia menjadi bukti nyata kemampuan AirAsia dalam menavigasi pasar yang kompleks dan sangat kompetitif.
CLUSTERING SEGMENTASI PASAR PENERBANGAN BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA – BANDUNG MENGGUNAKAN INFORMASI PENERBANGAN Fatmawati Sari; Atika Hijria Rusmayani; Marsheila Anggelina
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.839

Abstract

Peralihan fungsi Bandara Husein Sastranegara-Bandung ke Bandara Kertajati-Majalengka diharapkan dapat mengakomodir pergerakan transportasi udara di Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui segmentasi pasar penerbangan di Bandara Husein Sastranegara-Bandung menggunakan informasi penerbangan agar memudahkan calon maskapai dalam perencanaan penerbangannya di Kertajati. Segmentasi pasar menggunakan metode clustering K-Means dengan data informasi penerbangan tahun 2017 – 2021. Data informasi penerbangan yang digunakan berasal dari statistik transportasi udara BPS, merupakan data kuantatif diantaranya data bandara asal dan tujuan yang dari atau menuju Bandara Husein Sastranegara-Bandung, data pergerakan penumpang dan kargo (kg) dari tiap – tiap rute penerbangan tersedia dalam kurun wakti 2017 – 2021. Hasil clustering menunjukan segmentasi pasar penerbangan keberangkatan dari Bandung memiliki 4 cluster segmentasi pasar, dan 3 cluster untuk tujuan Bandung. Terdapat perbedaan destinasi asal dan tujuan keluar atau menuju Bandung pada kasus keberangkatan dan kedatangan. Dominasi daerah asal atau tujuan diminati pada keberangkatan dan kedatanagn ialah Semarang. Cluster keberangkatan terbanyak menuju Kualanamu dengan rata – rata 310.218 penumpang dan 3.022.091,2 kg kargo di rute tersebut. Cluster kedatangan diminati asal Jakarta (Halim Perdanakusuma) dengan rata – rata 238.613 penumpang dan kargo yang diangkut sebanyak 692.964,14 kg terbang di rute ini.
ANALISIS PENGARUH KINERJA RAMP DISPATCHER GAPURA ANGKASA PADA SAAT AIRCRAFT HANDLING PESAWAT AIRBUS A320 MASKAPAI AIR ASIA TERHADAP ON TIME PERFORMANCE DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG Syifa Fauziah; Mohammad Gilang Ramadhan
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.852

Abstract

Beberapa kurun waktu terakhir, tanah air diselimuti kabar baik dengan menurunnya kasus covid-19, hal ini membuat pembatasan lebih di longgarkan salah satunya yaitu penggunaan transporatsi udara. Dunia penerbangan mempunyaib beberapa faktor yang menjadi standar kualitas untuk perusahaan yang berfokus pada industri jasa transportasi udara. Salah satunya adalah On time performance (OTP) yang dilakukan petugas Ramp Dispatcher sebagai koridinator saat block on (pesawat yang telah landing) hingga pesawat block off (pesawat yang telah siap untuk terbang). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kinerja Ramp Dispatcher terhadap keberhasilan mereka mencapai OTP walau kedatangan pesawat Air Asia tidak sesuai dengan S.T.A (schedule time Arrival). Penelitian ini menggunakan metode mixed methods, yaitu metode yang mengkombinasikan atau menggabungkan antara metode kuantitatif dan metode kualitatif untuk memperoleh data yang lebih komprehensif, valid, reliabel dan obyektif. Pendekatan penelitian kuantitatif menggunakan kuesioner yang diolah di SPSS, sedangkan pendekatan kualitatif mengandalkan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk menjelaskan pengaruh setiap variabel dan indikator pada pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh dari kinerja yang dilakukan petugas Ramp Dispatcher pada saat kegiatan Aircraft Handling maskapai Indonesia air asia terhadap On Time Performance, sehingga hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima.Mengacu pada hasil uji T dari tabel koefisien dapat diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara variabel independent X (kinerja ramp dispatcher) terhadap variabel Y (on time performance), dengan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) mendapatkan nilai sebesar 0,587. dapat diartikan bahwa pengaruh dari variabel indpendent X terhadap variabel dependen Y sebesar 58,7% dan sisanya 41,3% di pengaruhi oleh faktorlain di luar penelitian, seperti kualitas dan kuantitas kinerja. Kemudian bagaimana kinerja ramp dispatcher dapat mempengaruhi on time performance yaitu dengan tiga tahap terdiri dari persiapan pesawat sebelum landing, pelaksanaan di apron, dan penyelesaian akhirs aat pesawat airbone
EVALUASI SAFETY MANAGEMENT SYSTEM DI BANDAR UDARA SULTAN BABULLAH TERNATE Sudirman Hi Umar; Edward Rizky Ahadian; Muhammad Darwis
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.857

Abstract

Keselamatan penerbangan selalu menjadi hal serius selama bertahun-tahun hal ini dikarenakan resiko kematian yang di akibatkan oleh suatu kecelakaan pesawat terbang sangat tinggi jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Sebuah kecelakaan pesawat dapat terjadi karena banyak faktor, diantaranya faktor pesawat itu sendiri, faktor human error, faktor cuaca, atau bahkan tidak berfungsinya fasilitas-fasilitas bandara. pada tahun 2018-2022 di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate pengguna jasa penerbangan yang datang, berangkat, maupun transit mencapai angka 2.655.587 juta penumpang, Penerapan SMS pada suatu bandara tidak dapat diterapkan ke bandara lainnya karena setiap bandara adalah unik dan mempunyai karakteristik sendiri-sendiri. Terutama dalam hal operasional seperti fasilitas dan jumlah pergerakan pesawat udara, sehingga pengembangan Safety Management System (SMS) terbentuk mengikuti karakteristik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan dan pelayanan Safety management system di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, dalam upaya peningkatan keselamatan penerbangan. Dengan tahapan penelitian di mulai dari penelitian penahuluan, studi litelatur, perumusan masalah dan tujuan, pengumpulan data di lapangan, pengamatan dan implementasi, analisis hasil, kesimpulan dan rekomendasi, dan penulisan laporan penelitian. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa indikator kebijakan dan tujuan keselamatan telah dilaksanakan sebanyak 15 komponen atau 50 % dari total isian, sedangkan 15 komponen lainya atau 50 % masih dalam tahap in progress, indikator bahaya dan manajemen resiko keselamatan diperoleh identifikasi bahaya dan manajemen resiko keselamatan di Bandar udara Sultan Babullah Ternate berada pada level “dapat di terima”. Indikator jaminan keselamatan telah dilaksanakan sebesar 63,64 % dan 36,36 % berada pada tahan in progress, indikator promosi keselamatan diperoleh 95,45 % proactive terhadap aspek promosi keselamatan, dan 1 variabel atau 4,55 % yang reactive terhadap promosi keselamatan, dan untuk indikator pengembangan emergency response planning (ERP) telah titerapkan 100 %, hasil konfirmasi juga didaptkan informasi dari reponden bahwa emergency response time di Bandar udara Sultan Babullah adalah 2 menit.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN, KEPERCAYAAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA BANK BRI UNIT KARTASURA Arief Firdaus Nurdiansyah; Edy Purwo Saputro
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.862

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganaliis pengaruh kualitas pelayanan customer service terhadap kepuasan, kepercayaan dan loyalitas nasabah pada Bank Bri Unit Kartasura. Metode penelitian ini ialah kuantitatif, adapun desain penelitian ini adalah korelasional. Dalam penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah pada Bank BRI unit Kartasura. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dengan menggunakan kuesioner tertutup. Penelitian ini terdiri dari variabel dependen dan independen. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank pada bank BRI unit Kartasura. Sampel dari penelitian ini adalah 100 responden yang menjadi nasabah bank BRI unit Kartasura. Hasil penelitian ini ialah Kepuasan nasabah berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas pelayanan. Kepercayaan nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. loyalitas nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Variabel loyalitas Nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan.
PENGARUH UPAH, TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIFITAS KARYAWAN JOKO KONVEKSI Lukminto Aji Saputro; Edy Purwo Saputro
Jurnal Manajemen Dirgantara Vol 16 No 1 (2023): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2023
Publisher : Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56521/manajemen-dirgantara.v16i1.864

Abstract

Joko Konveksi menarik untuk diteliti, karena Joko konveksi bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan dari banyak pembeli. Dengan permintaan para pembeli yang beragam seperti baju batik seragaman dalam partai besar maupun kecil, baju batik Wanita, gamis batik, sarung dan lain sebagainya dalam ranah waktu yang tidak lama dengan kinerja karyawan dan bahan yang ada di Joko Konveksi. Sehingga banyak pembeli atau seller yang banyak menggunakan jasa Joko konveksi tersebut karena dalam hal kecepatan pengerjaan yang ada di Joko Konveksi. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh upah, tingkat pendidikan dan pengalaman kerja terhadap produktifitas karyawan joko konveksi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Dengan menggunakan metode penelitian kuantitafif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer tersebut diperoleh melalui pertanyaan – pertanyaan kuesioner yang telah dikirimkan kepada para responden. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di Joko Konveksi. Jumlah sampel penelitian ini ialah 35 pegawai. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling Setiap responden mempunyai kesempatan sekali untuk mengisi kuisioner. Untuk menguji kevalidan dan reliabel butir-butir pernyataan pada kuisioner maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas, dengan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini bantuan dari alat statistika SPSS. Hasil penelitian ini ialah bahwa upah berpengaruh positif signifikan terhadap Produktivitas karyawan. Tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan. Pengalaman kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan.

Page 1 of 3 | Total Record : 29