Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in this journal include the teaching and learning of office management, archives management, quality management systems, office communications, human resources management, information systems management, and education organizations behavior.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022"
:
10 Documents
clear
DIGITALISASI ARSIP STATIS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI
Siti Maliah Rosmaniah;
Budi Santoso;
Sambas Ali Muhidin
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46819
Keberadaan pandemi Covid-19 telah mempengaruhi layanan dan akses arsip di perguruan tinggi. Adanya pandemi menyebabkan layanan fisik arsip menjadi tidak relevan. Hal ini berkaitan dengan adanya pembatasan fisik dan sosial antar manusia guna mencegah terjadinya penularan virus. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui proses digitalisasi, layanan arsip statis serta kelebihan dan kekurangan layanan arsip digital di perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Literature Review. Hasil penelitian menunjukan bahwa digitalisasi arsip di perguruan tinggi secara umum mencakup beberapa jenis arsip diantaranya arsip tekstual, rekaman suara, kartografi, gambar statis dan bergerak. Digitalisasi arsip ini dilakukan dengan memindai arsip dalam format analog ke dalam bentuk digital. Kelebihan layanan arsip digital yakni mengurangi sentuhan fisik dan sosial antar manusia, tidak terikat ruang dan waktu, dan mempermudah dalam membuat laporan. Sedangkan kekurangan arsip digital ini ialah adanya potensi arsip digital yang disalahgunakan dan ketentuan watermark yang belum dibakukan.
IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WAHIDIN CIREBON)
Liyya Hernawati;
Tjutju Yuniarsih;
Janah Sojanah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46206
Sebagai remaja, siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dinilai rentan terhadap pengaruh negatif yang ditimbulkan dari lingkungan sekitar. Hal ini yang dapat mengakibatkan terjadinya degradasi moral bagi kalangan remaja. Selain itu, berdasarkan hasil evaluasi sasaran mutu triwulan pertama tahun 2022 terdapat 4,3% pelanggaran meliputi keterlambatan, dan cara berpakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran implementasi budaya sekolah dalam upaya menguatkan nilai karakter peserta didik di SMKS (Sekolah Menengah Kejuruan Swasta) Wahidin Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menganalisis kejadian yang terjadi pada saat berlangsungnya pada objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi budaya sekolah di SMKS Wahidin Cirebon sudah sangat baik. Hal ini terlihat dari berbagai program sekolah yang dilakukan untuk mendukung proses pembiasaan, penerapan tata tertib sekolah, kegiatan dalam menciptakan keunikan sekolah, peningkatan kegiatan literasi dan ekstrakurikuler, serta keterlibatan pemangku kepentingan. Untuk itu, budaya sekolah merupakan salah satu sarana untuk menanamkan nilai karakter seseorang, namun hal ini juga memerlukan kerja sama semua pihak berkepentingan.
PENGARUH MOTIVASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU
Zaenal Arifin Alfathan;
Hendri Winata
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46956
Penelitian ini adalah penelitian yang mengamati sebuah perilaku dalam organsasi, perilaku yang tertanam dari setiap pegawai, penelitian menduga bahwa terdapat pengaruh motivasi dan etos kerja dalam mempengaruhi kinerja di organisasi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi dan etos kerja guru terhadap kinerja guru di sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Ciamis. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi kerja etos kerja dan kinerja guru. Metode survey eksplanatori yang digunakan dalam penelitian ini dan sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan 5 skala. Jumlah responden yang digunakan menggunakan populasi yaitu sebanyak 51 responden. Objek dalam penelitian ini adalah Guru yang bertempat di SMK Negeri 1 Ciamis yang akan diteliti tingkat motivasi, tingkat etos kerja, dan tingkat kinerja, Serta Regresi ganda merupakan teknik analisis data dalam penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini mendapat gambaran tingkat motivasi guru termasuk pada kategori kurang, tingkat etos kerja guru termasuk pada kategori kurang, dan tingkat kinerja guru termasuk pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menunjukan pengaruh motivasi dan etos kerja terhadap kinerja guru secara simultan menunjukan signifikan.
ANALISIS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PRIANGAN KOTA BANDUNG)
Raden Fitri Karina Suryadhiningrat;
Tjutju Yuniarsih;
Janah Sojanah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46376
Permasalahan akan muncul akibat dari kesalahan gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin organisasi kependidikan dalam meningkatkan kinerja guru untuk meningkatkan mutu pendidikan merupakan permasalahan yang perlu diatasi. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan oleh penulis melalui observasi lapangan dan wawancara mendalam dengan nara sumber tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Priangan Kota Bandung. Kesimpulan yang diperoleh pertama, bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD Muhammadiyah Priangan Kota Bandung menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif keluarga. Kedua, kinerja guru masih lemah. Ketiga, gaya kepemimpinan yang tepat digunakan Kepala SD Muhammadiyah Priangan Kota Bandung untuk meningkatkan kinerja guru adalah kepemimpinan partisipatif organisasi yang dipadukan dengan pemantauan kinerja guru yang lebih baik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa di SD Muhammadiyah Priangan Bandung.
PERILAKU KELOMPOK DAN ORGANISASI STUDI KASUS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS ISLAMIC TUTORIAL CENTER UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
Siti Maliah Rosmaniah;
Tjutju Yuniarsih;
Janah Sojanah
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46985
Dalam memenuhi kebutuhan hidup, manusia harus berinteraksi dengan individu lainnya sebagai awal terbentuknya sebuah kelompok. Berdirinya kelompok dikarenakan memiliki latar belakang dan hubungan persepsi yang sama. Terdapat dua motif sosial yang mendorong seseorang untuk berinteraksi yaitu;kebutuhan untuk berafiliasi dan kebutuhan berhubungan intim. Kelompok menjadi gerbang awal terbentuknya organisasi. Organisasi ialah sekumpulan individu yang ingin mencapai tujuan bersama. Maka adapun tujuan penulisan artikel ini ialah untuk memahami tentang perilaku kelompok dan organisasi terhadap kinerja, terutama di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Islamic Tutorial Center UPI dengan kendala dan solusinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan sebuah kelompok atau organisasi sangat berkaitan dengan perilaku individu dan perilaku pemimpin dalam menjalankan tupoksinya. Perilaku individu akan mempengaruhi kinerja kelompok, dan perilaku kelompok akan membentuk perilaku organisasi yang berdampak pada kinerja organisasi. Efektivitas kinerja organisasi bergantung pada efektivitas kinerja kelompok, sedangkan efektivitas kinerja kelompok bergantung pada efektivitas kinerja individual.
PENGARUH DESAIN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK NEGERI 1 KADIPATEN
Doni Hamdani
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46296
Desain rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang penting dalam menentukan keberhasilan proses belajar sehingga menghasilkan output siswa yang berpengetahuan, terampil, sesuai dengan yang diharapkan oleh para pendidik. Desain RPP yang kreatif dan inovatif tentu akan membuat minat belajar siswa terhadap mata pelajaran meningkat. Bagi guru, desain RPP menjadi salah satu tugas wajib untuk menyusunnya sebagai landasan dan patokan dalam menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan desain RPP mata pelajaran terhadap minat belajar siswa jurusan OTKP di SMK Negeri 1 Kadipaten dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan melibatkan guru OTKP sebagai narasumber. Hasilnya, desain RPP yang dibuat guru berpengaruh terhadap minat belajar siswa OTKP. Desain RPP yang dibuat dengan menghadirkan inovasi terbaru, metode pembelajaran yang kreatif, membuat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Selain desain RPP, penyampaian isi materi juga turut menunjang minat belajar siswa.
OPTIMALISASI E-ARSIP BERBASIS MICROSOFT ACCESS PADA MASA PANDEMI COVID-19
Diana Dewi Lestari;
Nasrihati Ika Riastu Ningsih;
Sopi Sopiah;
Sabrina Demi Rahayu;
Fahmi Jahidah Islamy
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.47052
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektivan penggunaan Microsoft Access dalam pengelolaan kearsipan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitan menunjukkan jika dilihat dari keberadaan aplikasi E-Arsip berbasis Microsoft Access di SMKN 1 Bandung ini dapat dikategorikan sangat efektif dengan hasil yang diperoleh sebesar 84,62%; jika dilihat dari efektivitas kegunaan dari Aplikasi E-Arsip sangat efektif dengan hasil yang diperoleh sebesar 86,70%; dan apabila dilihat dari kenyamanan dalam penggunaan aplikasi E-Arsip berbasis Ms. Access di SMKN 1 Bandung dapat dikategorikan sangat efektif dengan hasil yang diperoleh sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa aplikasi berbasis Microsoft Access di SMKN 1 Bandung pada masa pandemi Covid-19 sangat efektif sehingga dapat dikatakan bahwa aplikasi ini optimal karena dapat memudahkan pengelolaan arsip secara digital dan memudahkan dalam penemuan kembali arsip.
PENGEMBANGAN E-MODUL TERINTEGRASI LEARNING VIDEO BERBASIS DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Nurul Fitriyah D.A;
Imam Bukhori;
Mohammad Arief;
Andi Basuki
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.46182
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini ialah untuk menghasilkan produk pembelajaran yaitu Electronic Modul (E-Modul) dengan model berbasis direct instruction yang terintegrasi link video pembelajaran didalamnya, untuk mengetahui kelayakan produk sebagai bahan belajar dan untuk mengetahui beda rerata hasil belajar peserta didik di kelas yang menggunakan produk (user) dengan yang tidak menggunakan produk penelitian (non-user). Metode yang diadaptasi dalam penelitian adalah metode 4-D dengan 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk pembelajaran ini diterapkan eksperimen kepada siswa kelas XII program studi Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) yang ada di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang. Subjek uji coba adalah kelas eksperimen (XII OTKP 1) dan kelas kontrol (XII OTKP 2). Hasil pengembangan produk pembelajaran ini dinilai sangat layak dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen, dimana rerata nilai kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan rerata nilai kelas kontrol.
PENGARUH MINAT DAN PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Sovia Agustina;
Mohammad Arief;
Raisa Fitri
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.47900
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh minat dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi siswa sekolah menengah kejuruan di Turen, Kabupaten Malang. Jenis penelitian termasuk kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Keseluruhan dari populasi digunakan sebagai sampel penelitian yaitu 101 siswa kelas X Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Turen. Teknik analisis data menggunakan alat bantu SPSS 25.00 untuk analisis regresi linier berganda, uji t dan chi-square. Hasil deskriptif data menunjukkan siswa memiliki minat dan pemanfaatan sumber belajar yang cukup. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil secara parsial yaitu minat dan pemanfaatan sumber belajar siswa memiliki nilai sig. 0,05. Hasil penelitian membuktikan bahwa minat dan pemanfaatan sumber belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa.
ANALISIS INNOVATIVE WORK BEHAVIOR GURU SMK MUHAMMADIYAH 7 GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG MELALUI ORGANIZATIONAL JUSTICE DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL
Mariza Agustina;
Madziatul Churiyah;
Yuli Agustina;
Mohammad Arief
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 7, No 2 (2022): Juli 2022
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.17509/jpm.v7i2.45096
Memasuki dunia kompetitif seperti saat ini, guru dituntut agar selalu menciptakan inovasi baru yang mana akan muncul pada lingkungan organisasi yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, Kabupaten Malang melalui asumsi organizational justice dan gaya kepemimpinan transformasional yang diterapkan. Metode kuantitatif digunakan untuk mengumpulkan data melalui online kuesioner. Dari seluruh populasi guru yang ada, diambil sampel dengan teknik proportional random sampling, sehingga mendapatkan sampel sebanyak 51 orang. Uji regresi linier berganda digunakan dalam teknik analisis data melalui software SPSS. Hasil analisis menunjukan pengaruh yang positif dan signifikan antara organizational justice dan gaya kepemimpinan transformasional terhadap guru. Sehingga penelitian yang dilakukan pada masa pandemi ini dianggap memiliki kebermanfaatan untuk menentukan sejauh mana penerapan variabel organizational justice dan gaya kepemimpinan transformasional untuk mempengaruhi variabel innovative work behavior guru.